Indirect, Direct Injection & Common Rail
Kalau Panther 2500 cc Itu Sudah Direct Injection.
Kalau sudah Direct Injection Maka Terikan mesin Lebih Wush Wush Wush....
Kalau Kijang Kapsul Diesel Itu Indirect Injection.
Diesel Kijang Innova Sudah Common Rail makanya Halus
Mesin Commonrail Lebih Irit, Lebih Bertenaga dll.
Daripada Berpolemik ngak jelas seperti Para Politisi dan Pemerintah,
Ayo Kita Bedah Satu Persatu
Sebelum membahasnya terlebih dahulu ayo Kita pelajari Siklus Kerja Mesin 4 Langkah ( 4 Langkah Diesel dan 4 Langkah Mesin Bensin)
Siklus Kerja Mesin 4 Langkah |
- Langkah Pertama namanya langkah hisap ( gambar pertama) pada keadaan ini bahan bakar beserta udara dihisap oleh piston (mesin bensin) sedang pada mesin diesel hanya udara saja yang masuk)
- Langkah kedua bahan bakar dan udara dimampatkan oleh kompresi dan setelah mencapai titik Mati Atas Maka Busi memercikkan api sehingga udara dan bensin akan terbakar (Sedang dalam diesel pada titik inilah Bahan Bakar Solar disemprotkan kedalam ruang bakar).
- Langkah ketiga dinamakan Langkah Tenaga Piston terdorong kebawah.
- Langkah Pembilasan, Bahan bakar sisa akan didorong untuk dibuang melalui klep buang dan untuk selanjutnya Piston akan memulai lagi langkah Pertama lagi, ini dinamakan 1 siklus Pembakaran. Semoga Jelas Ya ....
Indirect Injection Pada Mesin Diesel
Indirect Injection |
Pada sistem Indirect Injection ini Biasanya dilengkapi dengan Busi Pemanas, Untuk membantu membakar bahan bakar pada waktu dihidupkan pada mesin dingin.
Indirect Injection Pada Mesin Bensin
Indirect Injection Pada Mesin Bensin |
Direct Injection
Direct Injection Pada Mesin Bensin
Direct Injection Pada Mesin Bensin |
Direct Injection Pada Mesin Diesel
Diesel Direct Injection |
Contohnya pada mesin Isuzu Panther 2500 tipe 4JA1 dia adalah tipe Mesin Diesel Direct Injection Tanpa busi Pemanas.
Direct Injection Tipe Injection Pump
Injection Pump |
Diesel Direct Injection Commonrail
Commonrail Sistem |
Beberapa Keuntungan Dari Common rail
- Dengan tekanan injeksi (pengabutan yang sangat tinggi maka efisiensi dari mesin akan lebih tinggi ( efisinsi lebih tinggi tentunya bahan bakar akan semakin irit dan tenaga jauh lebih baik)
- Mesin diperoleh getaran dan suara yang lebih halus.
- Unit dilengkapi dengan Control electronik ( ECU) sehingga waktu pengabutan, timing pengabutan dapat dengan mudah dimanipulasi oleh Piggy back untuk diperoleh tenaga yang lebih baik.
Hanya dengan menganti Injection Pump dengan Commonrail (4JA1 ke 4JK1) Torsi akan meningkat dengan Signifikan |
- Karena bekerja pada tekanan yang sangat tinggi maka diperlukan lubang nosel yang sangat kecil di ruang bakar, oleh karenanya diperlukan bahan bakar bagus yang berkadar sulphur rendah.
- Kadar sulphur yang tinggi pada solar akan menyebabkan kebuntuan pada kepala nosel common rail. sedangkan sulphur sendiri bersifat seperti Timbal pada Bensin yaitu berfungsi sebagai pelumas. dengan kadar sulphur yang rendah maka sering ditemukan Kematian dan kerusakan dini pada Perangkat Injection.
Semoga Bermanfaat
info yang bagus om iwan,direct injection yang memakai busi pemanas contohnya apa ya om??
ReplyDeleteUm Anonpm= beberapa varian Peugeot HDI atau Ford Ranger lama masih pake busi pemanas :)
ReplyDeleteom setel timing pengabutan itu darimana ya..
ReplyDeleteartikelnya bagus om.
@um octtenz= setel timing pengabutan adalah menyetel waktu semprotan solar pada TMA, Biasanya kalau pada mesin sistem Injection pump, itu tinggal mengendori baut pemegang injection pump dan kemudian injection pump digeser kekanan searah jarum jam buat memajukan dan kebalikannya buat memundurkan)
ReplyDeleteooo gt ya.
Deletentar klo maen kebengkel tak coba tanya2.
thanks om yamato..
memajukan sdikit timing bisa mendapatkan sdikit tenaga, walau suara mesin akan lebih kasar :)
DeleteKlo mo stel katup si kucing 2.5 pake tanda top d fly wheel nga om,sebelah mana ya,gambarnya dunk bos...
Deletemas iwan, tadi di sebutkan baut dikendurkan dan putar searah jarum jam atau berlawanan dengan ukuran yg ada di injection pump, kalau untuk kasus tidak ada setingan yg mas sebutkan di atas itu ada di mana ladi saya bisa seting.
DeleteOm, adakah hub yg signifikan, antara ketidakberesan bospom dengan temperatur mesin? Kucing 94, sudah ganti paking head silinder, ganti semua klep plus seal2nya, ganti water pump, korok radiator (kondisi coolant tidak berkurang/tidak ada kebocoran pd sistem pendingin), tapi sampai saat ini temperatur masih tinggi (jalan norma plus ac posisi jarum di setengah, kalau macet plus panas bisa sampa 3/4) Mtr nuwun. Eh iya, mana oleh2 dari Ghuang zhou?
ReplyDeletekalau semua sudah normal, dan ternyata suhu di dasboard tetap tinggi ( setengah) ada banyak kemungkinan.
Delete1. yang dirasa benar sebenarnya belon benar. kadang ada kasus tertentu pengerjaan mobil yang menyalahi aturan, misal gasket silinder kop di beri sealer, sehingga sealr ketika ditekan malah menghambat manter jaket jalur air. itu ya bisa ...
2. apakah benar sensor temeperatur di mobil anda? kadang itu ngaco juga berakibat seperti itu.
3. Bospum adalah mekanisme [pengatur jumlah solar yang harus disemprok melalui nosel, bila kondisi bospump bermasalah tentunya aka menjadi masalah ke semua mesin secra keseluruhan. bukankah mesin bekerja secara sinergi antara satu dengan yang lain?
Oleh olehnya foto di FB um wkwkwkwkkwww
Tambahan, asap normal, tenaga bagus, FC 1:13, silicone oil dalam visco fan sudah saya ganti dan sy isi sampai 3,5 tube @18ml.
ReplyDeletePM296
Bila asap bagusm FC 1:13 ( untuk ispan 2300 FC segitu adalah istimewa (irit) maka temperatur di dasboard biarin saja, asal ngak melebihihi tiba tiba naik kesampe garis merah.coba ntar kalau hujan lebat diamati bila temperatur tiba2 anjlok jadi dingin brarti thermosthat anda sudah dilepas.
DeleteBetul Om, thermostat sy lepas dengan pertimbangan menghemat denyut jantung wkkk.... sebab kalau thermos dipasang maka siang maupun malam jarum temperatur nongkrong stabil di 3/4 so denyut jantung saya jadi gak karu2an Om wkkk....
ReplyDeleteTambahan info lagi nih Om, kemarin saya perhatikan jarum fuel juga tidak stabil, sebelum ac hidup jarum di setengah, tapi jika AC on maka jarum fuel ada di setengah lebih dikit Om... Kira2 apa nih penyakitnya Om?
Wah mantap2 fotonya Om... ternyata di Guang Zhou gak ada tukang parkir yah wkkk...
@um 295= paling itu kabelnya ada yang ngeground, jadi jalur AC bersingungan dengan jalur kabel bahan bakar, atau kurang massa ya bisa. he9
ReplyDeletegimana ngeceknya om..?
DeleteMakasih om informasinya, sangat bermanfaat. Jadi keuntungan Common rail itu bisa lebih hemat Solar, mesin bisa lebih tenang, kurangnya tergantung kota di mana kita tinggal, apakah kualitas Solarnya sulphur rendah atau sebaliknya... Ok.. untuk investasi jangka panjang mobil bermesin diesel dengan teknologi Common rail yang paling baik (untuk saat ini) hehehe makasih banyak om ..
ReplyDeleteSedikit masukan dari beberapa referensi yang pernah saya baca om, untuk mesin diesel sekarang sebenarnya solar yang dibutuhkan untuk pembakaran sudah tidak membutuhkan sulphur (belerang) sebagai pelumas. Seperti yang disampaikan diatas, kandungan sulphur dalam solar justru akan menjadikan endapan dalam injektor dan menjadikan injektor mampet. Sulphur hanya digunakan sebagai pelumas untuk mesin diesel keluaran lama. tapi yang terjadi di negara kita bahan bakar yang diproduksi terutama solar kualitasnya tidak ada yang memenuhi standar UERO. walaupun mesin yang digunakan sudah diklaim UERO 4 sekalipun kalau menggunakan bahan bakar yang ada dipasaran hanya akan bertahan beberapa bulan setelah itu emisinya sama dengan mesin dengan UERO 0. Dari pengalaman Uji Emisi di Lapangan, Fortuner belum ada 6000km menggunakan Bio Diesel menunjukan opasitasnya melebihi 50% ambang batas emisi untuk diesel baru dari LH maksimal 40%. hal tersebut menunjukan bahwa kualitas bahan bakar diesel (terutama kandungan sulphur) sangat mempengaruhi kinerja mesin tidak peduli menggunakan teknologi yang canggih sekalipun.
ReplyDeletesedikit yang bisa saya tuliskan, bukan bersifat menyangkal. hanya ingin sharing informasi saja.
ada kurang lebih mohon maaf, wasalam.
diantara mobil diesel yg sudah ada di indonesia yg sudah common-rail apa saja?
ReplyDeletetruck Giga, Navara, triton, ranger terbaru, everst, bmw x1, 320d, pajero, fortie, ipah d4d, captiva, dmax, spin, peugeot hdi, dll
Deletemalem oom,,sy pemilik serena c26 2013,direct injeksi kaya diesel..barusan ini brebet,eeit ternyata injektor sama ruang bakarnya minta di bersihkan,karna kotor..haaaa padahal bru 11.000km plus min pertamax..kok bisa yaa..brati direct injeksi tu mmg harus oktan tinggi ya oom,sama harus bersih spbu nya?..tx
ReplyDeleteharusnya bukan karena oktan yang rendah yang bikin mampet, yang bikin mampet itu sebenarnya kandungan sulphur dalam bahan bakar, ( ingat kan kejadian beberapa taun silan yang mobil2 bensin banyak tersumbat rotaknya karena kandungan sulphur yang tinggi), untuk semakin mengejar efisiensi sebuah mesin maka pabrikan akan memperbesar tekanan pengabutan, tekanan makin besar maka jalan satu satunya ya hanya memperkecil lubang nosel, biar bisa mengabut lebih sempurna, makin kecil maka makin rentan mampet bukan... Maka selalu pakailah bahan bakar yang sesuai rekomendasi. Maklum diIndonesia ini kan sebenarnya banyak mesin yang dipaksakan memakai bahan bakar yang klebih rendah mutunya karena alasan ekonomi ::
Deleteminta pencerahan Om....kelistrikan yg masuk ke injector sama sensor map pd mobil Chevrolet spin ltz tiba2 ilang,trus di scan g Bisa...sdangkan sensor crank Udah di ganti Tp ttp g ngaruh...makasih sebelumnya...
DeleteOm min bisa gak mesin direct injection dimodifikasi Jadi common rail??
ReplyDeleteTx Om
Direct Injection adalah Penamaan Untuk Injeksi Langsung ( Pengabutan langsung ke Ruang bakar) Dewasa ini biasanya kalau sistem Common Rail Pastilah Direct Injection. Mungkin yang anda maksud adalah Modifikasi Injection Pump menjadi sistem Commonrail ?? Kalau itu sangat bisa karena hanya merubah sistem injeksi nya saja ....
Deletekalo kia carnival TDI bisa d ubah gk mas, pengaruhnya apa aja? kisaran biaya berapa? tx om
Deletesemua bisa dirubah tapi ya apakah susuai biaya dan hasilnya, lebih muddah swap mesin ke yg udah commonrail saja.
Deletemau nanyak mas iwan ; kalau mesin direc injention spt panther 2.5 kan masih memakai timing gear, berarti kalau sistem nya common real sudah ga pakai timming gear atau timing belt ya? ulasan di atas kan mengatakan kalau sistemnya sudah pki ICU,apakah ganti nya timming gear adalah sensor pada ruang bakar?
ReplyDeleteHarus dibedakan antara Timing Gear/ timing Belt dengan ECU, Timing Gear/ Timing Belt adalah sebuah penerus daya yang menyingkronkan gerak langkah piston dengan buka tutup katup/klep. Sedang Commonrail adalah sistem Injeksi bahan bakar yang mekanisme semprot diatur oleh sensor lalu di oleh oleh ECU. jangan Rancu.
DeleteKang mobil saya panther mesin 2500cc direct injektion kandalanya klo nahan di gigi 2 kaya msin mo ceket pndah ke gigi 3 gtu jg malah mogok di tanjakan ..filter solar dan pompa solar ( glow) udh di bersihiin ..kira2 apa nya ya ..nuhun
ReplyDeleteKalau ada beban berat lalu gigi 2 bisa pindah ke 3 itu bahasa jawanya adalah "Nglepeh" ada kerusakan pada unit gigi verneling.
DeleteMas Iwan...mau tanya ispan 1997 aku ganti kampas kopling dan ganti seal...setelah jd dan aku pakai kok ada rembesan oli...dan aku tanya bengkelnya karena sealnya nggak pakai per sehingga mudah bocor... Apakah bener Mas?... dan apa yang perlu aku dilakukan supaya tidak rembes...
ReplyDeletepemasangan seal ngak bener itu, solusinya ya hanya bongkar lagi dan diganti seal lagi
Deletenumpang tanya mas bro; kucing saya nda mau distater padahal kontrol pemanas nyala (secara manual) selama 2menit tp tetep aja nda mau stater sampe akhirnya hrs didorong; yang bermasalah apanya ya?
ReplyDeleteKalau didorong langsung Hidup, ya kemungkinan cuman ada di sektor pengerak ( dinamo stater dan accu) sehingga putaran mesin waktu stater kurang kencang jadi ngak hidup.
DeleteKira-kira apa tandanya timing gear panter touring harus sudah diganti...mungkin dari suara misal gemana...atau dari getaran mesin semisal gemana juga...maaf om aku nanya serba gemana.
ReplyDeleteSebenarnya agak sulit mendeteksi suara timing gear rusak, kecuali kalau rusaknya sudah parah,... jalan satu satunya ya cuman melakukan pengecekan periodik misal tiap 200.000 rb km, atau ketika ada suara suara aneh yang tidak biasanya.
DeleteBagaimana cara setting injection pump kendaraan bus hino agar irit
ReplyDeleteuntuk bus hino maaf saya ngak bisa membantu, sebenarnya di diesel kebersihan filter udara sangat berpengaruh pada keiritan mesin itu sendiri, coba selalu bersihkan filter udara bus anda secara priodik. ntar kan konsumsi solar akan turun dengan sendirinya + enaga didapat dan mesin lebih awet karena mesin menjadi lebih lean/ egt menurun
DeleteKang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims
ReplyDeleteKang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims
ReplyDeleteKang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims
ReplyDeleteuntuk panther mesin 4ja1 dirct inc udah ngak memakai busi pemanas
DeleteMau tanya pak iwan,, saya ada rencana mau beli mobil diesel mesin 1.3 common rail injection dgn turbo dan juga katanya sudah include dobel fuel filter,,, akan sejauh apa toleransi pada mesinnya jika nantinya minum solar subsidi minimal dalam waktu 5 tahun kedepannya?
ReplyDeleteApakah sama seperti toleransi mobil bensin yg diisi premium secara terus menerus? ,,FYI sekarang saya menggunakan sedan 1500cc vvt dgn konsumsi selalu premium sudah 6tahun dengan sekali turun tangki untuk membersihkan fuel filter dan sekarang baik-baik saja, apakah akan sama toleransi dr mesin diesel tersebut??
yang ditakutkan dari solar subsidi adalah angka cetane number rendah dan angka sulphur yang tinggi, angka cetane berpengaruh performa sedang angka sulphur tinggi akan biki mampet nosel injction, tapi sekarang tampaknya konon bio solar udah sulphurnya lebih rendah. jadi melihat trend macam mesin D4D dan DID mitsubishi toyota itu kliatan sejauh ini aman konsumsi solar subsidi.
DeleteOm, kenapa mitsubishi kuda diesel saya kalau mesinnya dingin/pagi hari susah start (mesti 2-3x)..kalau nyala terus sesaat keluar asap putih berbau menyengat...tapi setelah itu hilang...dan kalau sudah panas..normal..startnya mudah...dan performa juga masih enak...pernah cek glowplug normal...menurut mekanik,kemungkinan kompresinya sudah turun...apa iya...?
ReplyDeletekalau kompresi turun ya mesin dapam keadaan panas tetap sulit hidupnya, coba check tegangan accu jangan jangan udah mulai soak sehingga putaran stater kurang maksmial. atau kemungkinan anda tinggal didaerah dingin, hingga bahan bakar sedikit beku
Deletebiasanya masalah ground kalo mobil tua, alias gak ngamper. kalo bahasa umumnya. cek tegangan aki pada waktu off , dan pada waktu nyala apakah pengisian nya prima ?
Deleteom..tipe pompa injeksi pada panther 2300c itu apa ya ? inline, distributor, jerk pump ?
ReplyDeleteUntuk direct injection bisa dipasang ecu atau tidak?
ReplyDeletedirect injection adalah sistem injecsi sedang ecu adalah pengaturan semprotan memakai unit electonik/komputer. direct injection manual seperti panther diatur ip sedang direct injection pada D4D udah diatur ecu.
DeleteMas iwan blognya bagus sangat membantu memahami jenis mesin". Kalo yang seperti panther diatur ip, apakah mas iwan bisa menjelaskan tentang ip terserbut, terima kasih
DeleteBlognya bagus, sangat membantu memahami jenis" kinerja mesin mobil, kalo seperti panther kan diaturnya oleh ip, tolong pencerahannya tentang ip terserbut
DeleteMohon sarannya Pak Iwan..Saya berencana mau ngambil mpv. Ambil solar atau bensin ya? Panther atau Innova? Soalnya selama ini saya pake Kijang Super '94 sampe sekarang msh enak bawanya, hanya kaki2 depannya aja yg beberapa kali ngulah..Tks..
ReplyDeletesangat sulit menjawabnya karena itu lebih ke kegunaan dan fungsi dari mobil anda sendiri. setiap diesel dan bensin punya keuntungan dan kerugian sendiri sendiri hanya anda akan memanfaatkan yang mana. bila anda cenderung ke diesel ada panther dan innova diesel itu lebih ke kegunaan nya anda mau kemana, bila mobil hanya buat rekreasi, membawa keluarga dll alangkah idealnya anda mengambil innova diesel. tapi bila mobil anda juga digunakan untuk mobilitas tinggi, sewaktu waktu butuh muatan dll tentu panther lebih disarankan.
DeletePak iwan mohon saran, ford everest saya 2011 boros sekali, 1:6,5km apa yg harus dilakukan, saat ini pakai solar mix bio dan dex 50:50 and sudah ke ford 4-5 kali bulak balik dan permalsahan tsk selesai.
DeleteMohon saran pak Iwan, mobil saya ford everest 2011-2012 common rail, keluhan boros 1:6,5 km sudah ke ford jaksel 4-5x keluhan tetap sama. Solar yg saya pakai skrng 50 bio : 50 dex (campur)
ReplyDeletecommonrail semua semprotan sudah diatur oleh ecu, sedang anda sudah ke ford/ beres. tentunya sudah di engine scanner tapi mengapa masih boros. coba anda perhatikan pemakaian solar 1:6 itu kondisi macet atau tidak karena pengukuran jarak tempuh dgn pemakaian bbm di kota besar ya kurang mewakali pemakaian bbm karena macet. bila masih merasa sangat boros mungkin ada faktor x misal lem lengket, AC kompresor bermasalah dll. sehingga memberatkan laju kendaraan.
DeleteMohon saran dan petunjuknya Pak Iwan, mobil kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk skali dan tdk bertenaga. thn lalu coba di Kalibrasi nozel sdh berkurang asapnya dan skg kambuh lg, ada yg bilang bospom nya rusak. Apakah benar indikasi kerusakan pd bospom nya pak karna mobilnya sdh lama.. Matur nuwun sblmnya Pak
ReplyDeletePagi Pak iwan, sharing ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih sebelumnya. Pak sy minta saran, kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk dan tidak ada tenaga. Setahun lalu sdh cb di Kalibrasi nozel dan asap berkurang trus skg kambuh lg. Apa ada indikasi injeksi pump sy rusak sesuai info mekanik... Matur nuwun pak.
ReplyDeletePagi Pak iwan, sharing ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih sebelumnya. Pak sy minta saran, kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk dan tidak ada tenaga. Setahun lalu sdh cb di Kalibrasi nozel dan asap berkurang trus skg kambuh lg. Apa ada indikasi injeksi pump sy rusak sesuai info mekanik... Matur nuwun pak.
ReplyDeletediesel asap hitam tebal itu adalah identik dengan solar yang terlalu banyak diruang bakar sehingga tidak terbakar sempurna. sedang tidak sempurna pembakaran banyak faktor bisa dari nosel yang kencing , setelan solar berlebihan/ krn ada kerusakan, filter udara kotor , jalur bahan bakar terganggu, atau pemakaian bahan bakar sendiri yang jelek ya bisa berakibat seperti itu.
Deletekalo mesin nissan RD10 pernah lihat gak mas,,, saya mau tanya soalnya..
ReplyDeleteuntuk mesin nissan saya ngak bisa membantu :)
DeleteOm iwan jamu pedenya masihhhh?
ReplyDeletebanyak um, tapi dirumah
DeleteOm iwan...mau tanya...saya punya ford ranger turbo 2008 dobel cabin..sekarang mobil masih dibengkel udah selesai ganti piston ama ring, bospomp dan nosel udah diservis dan distel tapi turbonya dinonaktifkan dengan menutup oli yg masuk ke turbo dan kipas turbo jg diambil..masalahnya..mobil kok masih berasap putih kalo digas/ dibleyer2 ..sampe2 bengkelnya pusing dan sudah konsultasi kemana2 tetep belum beres..mohon bantuan om iwan kira2 apanya om? Terima kasih..
ReplyDeleteOm iwan..mau tanya..saya punya ford ranger dobel cabin turbo,sekarang masih dibengkel baru aja ganti piston ama ring, bospomp ama nosel jg udah diservis dan disetting tapi turbo dinonfungsikan dg cara oli yg ke turbo ditutup dan kipas yg diturbo dicopot..masalahnya asap masih berwarna putih kalo digas/ bleyer2..kalo distart udah jreng..kenapa masih putih pekat asapnya om..,udah konsultasi ke mana2 kok tetep sama..mohon bantuan solusinya gmn om? Soalnya bengkelnya jg pusing mikirnya om..baru nemuin ini katanya...terima kasih..
ReplyDeleteasap putih bisa macam macam, bisa dari bahan bakar/ karena kita kan sekaran solarnya dah bio, bisa juga dari top pengapian yang ngak tepat. tapi bila selama tidak ada konsumsi oli mesin ( berkurang) saya kira ngak terlalu bermasalah untuk asap yang putih
DeleteMas Iwan, Injection pump Trooper saya mesin c223 ngerembes solar dari bagian atas injection pump, apakah bisa dibetulkan saja tanpa angkat injection pump? atau harus diangkat dan dikalibrasi ulang?
ReplyDeletedear om iwan,
ReplyDeletesaya pengguna panther miyabi 95 (2300cc)
untuk mesin saya kurang paham, jadi mungkin bahasnya kurang tajam ke otomotif
mobil saya dalam beberapa waktu ini sering sulit di starter, padahal aki baru pake yg 75amper, lalu asap hitam pekat sering menghiasi udara saat saya kendarai, selain itu pun tenaga jagoan saya kurang mantap, selain itu saat saya sedang stanby manasin jagoan rpm menurun perlahan dan jika tidak di injak gasnya sempet mati eh susah lagi di staternya.
nah saya mau minta saran apa yg harus saya lakukan? apakah ada kerusakan dan yg harus di ganti?
terimakasih atas respound dan ilmunya
untuk sulit stater bila staternya putaran mesin kenceng (dinamao dan accu bagus) lalu sulit nyala, kemungkinan jgn jgn busi pijar nya bermasalah coba periksa.
Deletebila semua filter dah bagus dan jalur bahan bakar lancar, cobalah untuk memeriksa test nosel dulu sebelum kalibrasi
numpang tanya ni om iwan,punyaku krista diesel 2003 busi bbrpa bln yg lalu susah buat stater trus sm bengkel katanta harus dipasang saklar manual busi pemanas yg harus dipencet slma 1mnt.mnurut om iwan gmn tuh?mksh atas pencerahannya
ReplyDeletepunyaku krista diesel 2003 bbrpa bln yg lalu susah buat stater terus kt bengkel dibuatin saklar busi pemanas manual yg hrs dipencet slma 1mnt sblm di stater.mnurut om gmn tu,atau ada pencerahan yg lbh baik.suwun.....
ReplyDeletebrarti ada kerusakan sensornya jadi kemudian di bypass, itu sih bagus daripada mengandalkan sensor ntar malah hidup terus kan repot. itu sistemnya jadi kayak diesel jadul kalau pagi harus pijit dulu 10-20 detik biar manasin ruang bakar, setelah mesin hidup dan panas anda ngak perlu pejet busi pemanas
Deletecommonrail ngak bisa distel bisanya distel dengan mengunakan program, kalau cuman agar bertenaga anda bisa membuat kondisi filter udara selalu bersih da sedikit ganjal wastegate turbonya biar boost naik
ReplyDeleteOm iwan,bagi ilmunya dong. Saya punya ispan 1997. Belakangan saya perhatikan ada solar yg netes dr daerah inj pump. Kira2 yg biasa bocor itu di bagian mana ya om. Apa hrs ganti atau bisa diperbaiki om?
ReplyDeleteOm iwan,mau tanya ni. Saya punya ispan 1997,ada solar yg netes di sekitaran inj pump kira2 itu yg bermasalah apanya om. Harus gantikah atau msh bisa diperbaiki om? Trims
ReplyDeleteSaya memakai panther higrade 2.3 rencana mau ganti yang 2.5 mohon saran apakah banyak perbedaannya antara keduanya. Kalau sedikit saya tetap 2.3 saja trim
ReplyDeleteMohon saran saya selama ini nyaman pakai panther 2.3 rencana mau ganti 2.5 bgmna keuntungan dan kelemahan keduanya trims terutama konsumsi bbm dan tenaga
ReplyDeletekeuntungan tentunya dgn direct ijection torsi dan tenaga mesin lebih baik, dan konsumsi bbm leih hemat, secara garis besar bila anda pernah memakai mesin 2,5 tentunya akan malas bila disuruh migrasi ke mesin 2,3 ...
DeleteMisi om panther saya 2500l turbo thn 2012 masalahnya sering kena nozle dan spring nozelnnya sudah 2kali putus,apa penyebabnya om dan gmn solusinya,thanks om
ReplyDeletenosel sering rusak dan ip sering bermasalah, penyebabnya selain pemakaian dan tipe pengemudi adalah kualitas bahan bakar, kualitas bahan bakar disini adalah filter solar, selalu jaga filter solar dan sedimenter selalu dala kondisi baik, dan jangan telat ganti filter solar
DeleteMas Iwan Ysh.
ReplyDeleteSaya punya Nissan Frontier 'ZD30DDTI 2005' injection/Boschpump sering bermasalah (2 x ganti). Ada info pompa solarnya dirubah dari semi elektrik ke Manual? (http://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Ganti-Pompa-Solar-Semi-Elektrik-Jadi-Manual-Murah-Dan-Mudah).
Kira-kira Injection pump jenis apa yg cocok ke Frontier?
Demikian mas, terimakasih sebelumnya dan mohon pencerahannya.
pompa electrick maksudnya pompa solar atau rotax?? bila rotax anda bisa memakai punya daihatsu zebra, lalu sumber tenaga diambilka dari kontak on, jadi ketika mesin hidup otak akan bekerja
DeleteMohon bantuannya mas iwan.
ReplyDeleteSaya ada mobil ford ranger 2.200 cc tahun 2012 kmren awal nya mobil ford ranger saya pernah mengeluarkan asap putih pak tetapi oli saya lihat tidak pernah berkurang dan mobil ford itu saya sewakan ke perusahaan pertamina pengeboran dan setelah selesai saya melihat mobil tersebut sudah di ganti di filter solarnya kata si pemakainya tetapi saya tidak melihatnya.
Pas mobil itu hidup mobil itu tidak lagi mengeluarkan asap putih akan tetapi mobil tersebut kalau mau menghidupkannya di beri bensin dulu di injeksi ya yg kayak karburator baru dia mau hidup kalau gak di pancing pake bensin mobil tersebut tidak akan hidup terus mobil tersebut tidak mau naik rpm nya walaupun di pijak gas full rpm tetap di angka 2 .walaupun di jalankan iya tetap di angka 2.
Tolong bener pak apa penyebab mobil tersebut soal ya udah 2 bulan ini mobil gak berjalan jalan pak saya bingung pak tolong bantu saya pak untuk selanjutnya terima kasih pak.
Hendi sumatra selatan
Mas mohon maaf sebelumnya mas.
ReplyDeleteSaya ada mobil ford ranger 2.200 tahun 2012 pak.
Mobil saya ini gak bisa hidup apabila gak di pancing dengan bensin di injeksi ya yg kayak karburator itu pak di basahi dulu pakai bensin baru bisa hidup.
Dan setelah hidup mobil saya rpm ya gak bisa naik pak walaupun di pinjak gas full tetap di angka 2 pak.
Di jalankan tetap sama iya di angka 2 gak lebih.
Tolong pak di beri masukan soal ya udah 2 bulan mobil gak terpakai pak.
Selanjutnya terima kasih pak
kalau dari ceritanya brarti unit ip bermasalah pak,
DeleteMas iwan,..baru saja saya overhoul engine nissan TD42..marking di timing gear front cover sdh sesuai dan saat di start fuel sdh sampai ke ruang bakar dan menimbulkan asap..tapi kok masih belum mau running yah..type indirect injection dan glow plug not function..kalau memang masalah di derajat pengapian gmn caranya menentukan 15 derajatnya yah..??.trims.
ReplyDeletewah maaf saya ngak bisa membantu, untuk mesin TD42.
DeleteBang iwan,captiva diesel saya baru selesai overhoul (ganti liner dan ring piston),injektor sama mekanik ada di bersihkan lubang2 nya,kenapa yasekarang mesin jadi begetar dan tenaga bekurang (berat tarikan nya)
ReplyDeleteThanks
Mas iwan,captiva diesel saya baru turun mesin (bubut liner dan ganti ring piston),dan injektor ada di buka sama mekanik untuk di bersihkan lubang nya,tetapi sekarang mesin jadi begetar dan lemot tenaganya,trims
ReplyDeletejangan jangan ecunya ikut berubah, coba lakukan scan di beres, utuk mengetahui apakah ada yang berubah
DeleteMas iwan... saya pemakai L300 diesel..., mobil mudah di start cuman kalau pagi keluar asap putih dan mesin bergetar.... kira2 10 menit semua normal lagi.. apa sebabnya ya mas...
ReplyDeleteMAS KNAPA INJEKPOM L300 SEMPROTAN DARI ROTER GK SAMA KIRA2 AP YG HARUS DI STEL BIAR SEMPROTAN Y SAMA
ReplyDeletekalau ini kerjaan bengkel kalibrasi, salah sati servis kalibrasi ip, ya itu untuk meratakan jumlah debit solar tiap nosel agar sama
DeleteMas, mohon bantuannya, saya py all new ranger tapi minyak boros sekali, asapnya hitam kalo digeber kira2 apanya yg salah mas, hidupnya stabil ngak ada kepincangan bunyi mesinnya, tolong bantuan nya mas
ReplyDeletemo nanya ni gan,mobil saya ford everest 2008,kalo mesin panas starter panjang tp mesin g mau hidup..dibawa kebengkel katanya injektornya yang 2 rusak,tp giliran udh di ganti msh aja..dan skrg aki dipasang 2..mohon penjelasanya gan.
ReplyDeletemau nanya gan..mobil saya ford everest 2008..kalau mesin panas starter panjang tp mesin gak mau hidup,di baa kebenkel katanya injektornya yang 2 rusak,giliran udah di ganti masih aja..mohon penejelasanya gan
ReplyDeleteSlm knal gan, sy dr papua. Mw nanya klw injector ford ranger 2,2 selenoidnya memerlukan arus brp volt ya..?? Maklum Gan, kita di pedalaman spa tau bisa di tes manul,heheheee...
ReplyDeleteselenoid kan dari accu tentunya arusnya 12 volt??
DeleteSaya berencana ganti mobil ke jenis MPV yg kapasitas muatannya lebih banyak, irit BBM krn selain utk bawa keluarga jln2 jg kemungkinan utk mobilitas rutin kerja. ALternatif pilihan saya saat ini adalah mobil bensin <1300cc dan panther 2.3 ato 2.5cc. Mohon bantuannya dijelaskan alternatif pilihan tsb. Makasih Pak Iwan.
ReplyDeleteuntuk alternatif tergantung dananya juga, anda ngak menjelaskan dana tersedia berapa, utnuk mobil bensin yg muat banyak ya cuman seputaran daihatsu espas atau carry futura/ luxio atau kijang , sedang untuk diesel ada unit panther sedang untuk jalan jalan kluarga dewasa ini pilihan mayoritas masih ada untuk mobil berhidung macam kijang atau panther, sedang bila anda milih panther diusahakan anda harus mendapatkan mesin yang 2500
DeleteOm Iwan Yth mhn penjelsan sy punya pajero did v78 mesin 4m41 tiba2 bila posisi lansam mesinnya bergetar spt pincang gitu tp kl di rpm 1300 ke atas aman getaran hilang, sejak itu bila mau dibunyikan pertamakali di pagi hari begitu bunyi rpm naik smp 3200 br turun ke lansam mhn petunjuk n pencerahannya trims Om
DeleteOm Iwan Yth mhn penjelsan sy punya pajero did v78 mesin 4m41 tiba2 bila posisi lansam mesinnya bergetar spt pincang gitu tp kl di rpm 1300 ke atas aman getaran hilang, sejak itu bila mau dibunyikan pertamakali di pagi hari begitu bunyi rpm naik smp 3200 br turun ke lansam mhn petunjuk n pencerahannya trims Om
DeleteMas minta nopenya, sy sdang cari bospom panther 2.3 buat chevy. Mator sakalangkong
ReplyDeleteNumpang blajar..Mas gmn ya caranya mau nambah debit solar,dbody injeksi in line ada bnyak bautnya.mhon maaf klo salah brtnya..
ReplyDeleteMas mohon bantuannya mas panter pick up turbo susah di star kalau lagi dingin. Pernah tes nosel tekanannya 200 apa itu normal mas. Tapi kalau panas di star langsung nyambar. Pompa solar baru juga mas . Kira kira apa masalahnya mas.. makasih
ReplyDeleteMas Iwan Yth, saya mengalami permasalahan dengan mobil isuzu d-max 2005 4JH1-TC, saya ingin mengganti bospom (fuel injector pump) dengan yg type manual tanpa harus melibatkan ECU atau perangkat electroniknya, karna setelah saya crosscheck, ternyata terdapat banyak permasalahan pada system Engine Control nya, jadi daripada saya harus mengganti terlalu banyak komponen yg notabene harganya "WOW", lebih baik saya rubah sistem pengapianya dengan menggunakan tipe manual seperti halnya panther, untuk itu, saya mohon pencerahanya dan pertimbanganya, kira kira bospom apa yg bisa dipasang pada D-MAX ini, agar saya tidak perlu melakukan perubahan yg terlalu banyak, demikian dari saya, terimakasih
ReplyDeleteOm mau tanya mazda bt 50 sudah pakai ecu tidak
ReplyDeletebang mau tanya, mobil panther saya keluar asap ngebul dari selang pernapasan tapi tidak pada knalpot? apakah ada kemungkinan pernah mogok dipancing kompresi dengan BB bensin? suara mesin normal cuma asapnya yang gag tahan
ReplyDeleteom..saya penasaran dengan mobil panther touring saya th 2002, ketika cek bos pom kata mekaniknya bospomnya sdh bkn aslinya, katanya milik pather 2 5... jd mesinya tdk bias halus suaranya, susah di setel... mhn pendapatnya dan ciri2 bospom 25 sama yg punya touring itu gmna ya...trims iwan PM 889
ReplyDeleteIzin mas mau curhat, saya punya isuzu d max tahun 2005 mesin 4JH dan saat ini injection pump nya rusak dan sering kontak2, apa bila hidup lampu indikator engine suaranya pada saat di gas kasar dan ga ada tenaga,setelah di periksa menggunakan komputer yang di usuzu analisa komputer itu time running sircuit injection pump malfungsion.mengingat harga injection pump isuzu d max mahal jadi saya rencana mau menggantinya dengan injection pump yang manual, kira2 dengan injection pump apa ya yang cocok dan tidak mempengaruhi tenaganya krn tenaga d max ini cukup mempuni sekali pun kita ajak offroad yang sadis. Mohon pencerahan mas klu ada yang tau
ReplyDeleteBlognya sangat membantu memahami jenis" mesin. Mas iwan, saya punya panther 2.5 seri yang Ls yang tipe sebelum capsul, jika saya mau menambahkan turbo dengan intercoller apakah bisa ? Mohon pencerahannya
ReplyDeletePagi pak iwan, terima kasih share ilmunya. pak iwan bagi ilmunya lg. Sy mau tanya apakah proses kalibrasi bospom setiap merk mobil berbeda ya?
ReplyDeleteSaya punya panther 2,3....kalo bos pom nya d ganti punya 2,5 apa bisa ya?terus cilinder kop tempat busi pemanas di tutup aj pake las....so pake nozle sebangsa punya 2,5 ato pnya colt diesel kan mirip2 apa bisa ya jadi kayak direc injektion....kan dah langsung ke ruang bakar piston nyemprot nozelnya.mhon pencerahan
ReplyDeleteMas iwan mw tanya ranger 2012 tidak mw di gas yg salah apanya mas pada pompa injeksinya...apakah bandul gasnya kebalik ya mas...
ReplyDeleteom admin, kalo mesin diesle kuda gen 1 (4D56) mau diubah ke common rail bisa gk? kalo bisa apa aja ubahan dan tambahannya? thanks
ReplyDeleteMaaf om mau tanya tentang mengapa mesin ford ranger doblecabin 4×4 2500cc thn 2004 kok nggak ada tenaganya. Cara mengatasinya gimana?
ReplyDeleteMas Iwan, kenapa mesin diesel pada mobil Innova Diesel masih menggunakan busi pijar pada mesinnya? Padahal semua mobil dan truk produksi Isuzu tidak ada yang pakai busi pijar sama sekali, paling tidak untuk di Indonesia dan negara2 beriklim tropis.
ReplyDeleteOm Numpang nanya om,, saya dapet dikit masalah dengan Ford ranger 2,2L. masalah mesin Susah hidup, namaun kalau semprot pakai Contak Cleaner pada saringan masukm langsung hidup,,langkah yang saya ambil,Lepas Tangki Solar dan bersihkan,masukin solar yang baru, ganti supply pump. ganti injeector dan Common rail, namun masih susah hidup juga,,,awalnya Solar campur dengan Air,,,,kira kira apa lg masalanya ya,, udah scaner pakai Multiscan P1, tidak ada DTC,, namun masih belum bisa hidup normal....
ReplyDeleteBenar om.klau panter toring .hidup tapi tdk mau di gas.sy sdh preksa noselnya tidak terjadi pengabutan apa ada pengaruhnya ko
ReplyDeleteOm iwan boleh Tanya Kan..tekanan nozel standartnya untuk ford ranger 2500 cc brp om?Mohon bantuannya
ReplyDeleteOm, kalo memodifikasi GT2013 dengan common rail kira kira bisa ndak ya... dan high pressure pump nya yang cocok dan mendekati kesamaan dengan isuzu brand apa ya... thanks.
ReplyDeleteminta pencerahan om....mobil Chevrolet spin diesel dari injector g Ada Sinyal sama skali...sensor crank kondisi masih Bagus...kira2 apa yg Jd masalah ya om?
ReplyDeletemakasih sblmnya....