Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips Mengoptimalkan Penglihatan & Visibilitas Waktu Mengemudi

Mengoptimalkan Penglihatan & Visibilitas Waktu Mengemudi

Kondisi Mobil sudah oke, Badan Sudah Fit dan Bugar, Jangan Gembira dulu masih ada satu point sederhana yang kadang luput dari perhatian, yaitu Ketajaman Penglihatan waktu mengemudi.

Penglihatan Stereoskopis

Kacamata sebagai salah satu alat pelindung mata
Kacamata sebagai salah
satu alat pelindung mata
Yang dimaksud stereoskopis adalah kondisi di mana kedua mata kita baik yang kiri dan kanan memiliki kemampuan melihat yang sama, dengan kemampuan melihat yang sama antara mata kiri dan mata kanan seseorang bisa menganalisa suatu jarak objek dengan lebih akurat. Hal ini berbeda seandainya seseorang hanya memiliki pandangan satu mata atau salah satu matanya mengalami penurunan penglihatan, dengan kondisi seperti itu maka Kemampuan Visibilitasnya akan lebih terbatas karena pandangannya tidak stereoskopis.
Dengan pandangan stereoskopis maka seseorang akan memiliki deep of focusing yang baik, sehingga ketika akan mengambil tindakan misalnya melakukan manuver dijalan, dia bisa memperkirakan objek disekitarnya dengan lebih akurat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kondisi Gelap dan Terang bisa  membuat cepat Lelah Mata
Kondisi Gelap dan Terang bisa
membuat cepat Lelah Mata
Melihat arti pentingnya mata, maka hendaklah kita harus merawat mata kita dengan sebaik-baiknya, Misalnya bila anda sering beraktifitas diluar ruangan atau dibawah terik matahari sebisa mungkin proteksi mata anda terhadap sinar matahari karena sinar matahari mengandung sinar Ultra Violet yang bisa mengakibatkan Katarak, anda bisa memakai kacamata yang memiliki proteksi terhadap sinar UV. di bawah ini beberapa hal yang mungkin bisa menjadi perhatian
# Selain point memakai pelindung seperti kacamata anti UV, ada baiknya anda membatasi aktifitas mata yang terlalu berlebihan, seperti mengemudi yang terlalu lama.
# Bila anda harus mengemudi dalam waktu lama ada baiknya berilah jeda waktu sebentar misal memejamkan mata beberapa saat 4-5 menit untuk sekedar mengistirahatkan mata.
# Ada baiknya anda bisa membawa obat tetes mata untuk menyegarkan mata anda, karena kita tahu dalam kabin mobil yang berpendinginan AC biasanya udara lebih kering.
# Bila ada benda yang mengenai mata hendaknya jangan digosok, tapi cobalah kedipkan mata beberapa kali, mekanisme kerja mata biasanya akan membawa kotoran keluar dari mata bersamaan dengan keluarnya air mata,

Berkendara di Malam Hari

Kacamata Polarized
Kacamata Polarized
Seperti yang kita tahu mata kita bisa beradaptasi dengan sinar dan gelap. Akan tetapi adaptasi itu butuh waktu, Ketika mengendarai mobil di malam hari Pupil mata kita akan membesar karena kondisi lebih Gelap, Tapi Celakanya waktu mengemudi sering ada paparan Sinar dari mobil lawan. Hingga menyebapkan mata kita menjadi Silau. Untuk mengurangi Efek Silau anda bisa mengunakan kaca mata khusus (Kacamata Polarizer) sehingga bisa mengantisipasi kelebihan cahaya yang diterima mata, tapi anda tetap bisa melihat dengan jelas di malam hari.
Kacamata Polarizer memiliki warna yang macam macam, ada yang Hijau, Kuning Abu Abu dan lain lain. Untuk saran terbaik gunakan warna Abu Abu karena warna abu abu relatis hampir meneruskan warna atau tidak mendispersi warna cahaya, Artinya bila anda melihat warna hijau akan berwarna hijau dan seterusnya. Hal ini berbeda bila anda misalnya menggunakan kacamata berwarna hijau, maka bila anda melihat suatu object berwana merah maka object tersebut akan tampak berwarna kecoklat-coklatan.

Semoga Bermanfaat  

Mengenal Berbagai Jenis Chassis Kendaraan

Mengenal Berbagai Jenis Chassis 

Definisi Chassis

Chassis adalah rangka yang berfungsi sebagai penopang berat dan beban kendaraan, mesin serta penumpang. Biasanya chassis dibuat dari kerangka besi/ baja yang berfungsi memegang body dan mesin engine dari sebuah kendaraan. Syarat utama yang harus terpenuhi adalah Material tersebut harus memiliki kekuatan untuk menopang beban dari kendaraan. Chassis juga berfungsi untuk menjaga agar mobil tetap rigid, kaku dan tidak mengalami bending atau deformasi waktu digunakan.

Jenis Jenis Chassis

Ladder frame
Ladder frame
Ladder frame 
Dinamakan Ladder Frame karena bentuknya menyerupai tangga. Ladder frame adalah chassis yang tertua dan banyak digunakan khusunya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty). Chassis ini biasanya terbuat dari material baja simetris atau model balok yang kemudian di perkuat dengan crosmembers dan joint joint. untuk beberapa desain kadang kala Ladder frame diberi perkuatan besi menyilang agar tetap menjaga kekakuan strukturnya.
Monocoque 
Monocoque chassis
Monocoque Chassis
Pada Chassis jenis ini Body kendaraan berfungsi sebagai Chassis, sehingga bentuknya sanggat tergantung dari model dari kendaraan itu sendiri, Chassis monocoque atau sering kita denganr dengan nama sasis monokok, kekuatan utamanya ada pada lembaran lembaran baja/ composit yang disatukan atau diperkuat. Pada dewasa ini jenis Chassis monocoque banyak diaplikasikan pada kendaran ringan karena memiliki keuntungan diantaranya bisa menghemat pemakaian bahan selain itu dapat mempersingkat proses produksi. karena tidak perlu membuat sasis tambahan bukan.
Tubular space frame 
Tubular Space Frame
Tubular Space Frame
Jenis Chassis ini mengunakan bermacam balok atau pipa yang dirangkai menjadi satu dan hampir menyerupai ndari konstruski kendaraan tersebut. Chassis ini biasanya banyak diaplikasikan dalam dunia balap mobil, Jenis Chassis ini sangat mudah untuk ditambah atau di desain dan diberi perkuatan tambahan.  Dalam struktur jenis ini sangat penting untuk memastikan semua bidang ter triangulasi (coba anda amati kuda kuda pada rumah atau jembatan dimana semua struktur tercipta dengan sambungan model segitiga. Kekuatan dari Chassis ini amat tergantung dari mutu dan kualitas sambungan las tiap sendinya.
Backbone Chassis 
Backbone Chassis
Ide awalnya adalah dengan membuat struktur depan dan belakangnya yang terhubung dengan sebuah rangka tube yang melintang disepanjang mobil. Tidak seperti transmisi tunel, chassis backbone ini hampir seluruhnya adalah struktur kaku dan dapat menahan semua beban. Ini terdapat beberapa lubang yang kontinyu. Karena begitu sempit dindingnya umumnya dibuat tebal. Chassis Backbone memiliki kekakuan dari luas area bagian backbone itu sendiri.
Aluminium Space Frame
Aluminium Space Frame
Chassis jenis ini pertama kali dikembangkan oleh perusahaan mobil Audi (anak perusahaan Grup VW) bersama-sama dengan perusahaan pembuat aluminium Alcoa. Aluminium Chassis Frame dibuat untuk menggantikan chassis baja monocoque karena untuk menghasilkan sebuah rangka yang ringan. Konon Chassis jenis Aluminium Space Frame diklaim 40% lebih ringan dibanding dengan rangka baja monocoque namun 40% lebih Kaku / Rigid. Pada Gambar disamping adalah gambar chassis milik dari kendaraan Audi. 

Semoga Bermanfaat

Migrasi ke Ban Berprofil Tipis Agar Tetap Nyaman

Migrasi ke Ban Berprofil Tipis

Pemilihan Ban menentukan  Kenyamanan Berkendara

Beberapa waktu yang lalu di blog ini sudah saya tulis artikel tentang.
Cara menghitung Size Ban bila anda ingin mengganti Ban dengan Pelek yang lebih besar (Klik Disini)
Juga Ada Mengenal tabel dan Angka pada Ban (Klik disini).
Dibawah ini ada beberapa Teori Tambahan yang mungkin bisa menjadi pedoman bagi anda yang misalnya tetap ingin menggunakan dan mengganti Ban dan velg mobil anda dengan lebih besar dan ban dengan profil yang lebih tipis.
Tentu anda pernah mendengar selentingan dari berbagai pembicaraan dari montir atau pakar pakar otomotif yang mengatakan bahwa ban dengan profil ban lebih tipis akan lebih keras dari ban berprofil tebal, ban berprofil tipis akan lebih stabil handling dan pengendalian dari ban tebal dan sebagainya, hal ini adalah tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar. Dari Paramater kenyamanan ban setidaknya ada 3 kriteria yaitu

Sharpness, Shock & Damping

Sharpness
Adalah Tingkat kekerasan tumbukan saat ban membentur Object (Obstacle) Pertama kali, Object disini misalnya membentur lobang dijalan atau mungkin membentur Polisi Tidur.
Shock
Setelah ban menumbuk bidang object, maka kemudian ban akan bergetar bukan, disini yang dimaksudkan Shock disini adalah Proses atau tingkat Keras lembutnya getaran yang terjadi,
Damping
Bila Shock adalah tingkat keras lembutnya getaran maka Damping adalah waktu dari getaran yang terjadi sampai ban kemudian stabil kembali tidak bergetar lagi.
Analoginya Begini Bila Ban Makin Tebal maka ketika Ban tersebut melewati lubang dijalan maka, Sharpnessnya akan lebih lembut (goncangan wktu tumbukan pertama akan lebih lembut), Lalu Shocknya pun akan lebih empuk, akan tetapi Ban yang tebal memiliki Proses Damping yang lebih lama dari ban yang lebih tipis.

Beberapa Parameter yang Lain

bijaklah dalam memilih Kombinasi Ban Velg
bijaklah dalam memilih
Kombinasi Ban Velg
High speed Straight
Adalah nilai kestabilan ban pada saat kecepatan tinggi dijalan yang lurus
Line Change
Adalah Kemampuan ban dalam menerima pergeseran arah ban waktu ban digunakan, misalnya waktu anda berjalan lurus lalu tiba tiba berpindah jalur atau melakukan manuver zig zag.
Cornering
Kemampuan dan performa ban waktu menikung
Respons & Effort
Berhubungan dengan respon ban terhadap gerakan kemudi dan bobot yang dirakanan kemudi waktu menikung
Comfort & Stability
Sesuai dengan namanya ini berhubungan dengan desain, teknologi ban dan konstruksi dari pabrik yang akan menentukan tingkat comfort dan stabilitynya.

Yang Perlu diperhatikan

Angka Load Index Pada Ban
Angka Load Index Pada Ban
Proteksi Bibir Pelek
Bila anda akan menganti pelek dengan ukuran diameter yang lebih besar dan kemudian mengganti dengan ban yang berprofil tipis ada baiknya selain melihat dari ukuran offset anda juga bisa memilih ban dengan pelindung samping bibir pelek. karena seperti dijelaskan diatas maka ban makin tipis maka akan rentan menerima tumbukan maka ada baiknya selalu meilih ban dengan tambahan pelindung bibir pelek ( bagian ban yang menonjol keluar yang melindungi bibir pelek)
Load Index
Jangan lupa untuk selalu menghitung kembali kemampuan load dari Ban pengganti. jangan sampai anda hanya mengganti dengan ban saja tapi lupa untuk menghitung kemampuan bobot maksimal ban yang dapat dipikul. (anda bisa membacanya kembali di Tabel dan angka pada Ban diatas).

Semoga Bermanfaat

Tips Mencuci Mesin Dengan Aman (Washing Cars Engine)

Tips Mencuci Mesin Dengan Aman 

Jangan Lakukan ini di mesin anda
Jangan Lakukan ini
di mesin anda
Bagi Sebagian dari kita kadang kala masih menjadi topik yang kontroversial, tentang Membersihkan Ruang mesin dan Mesin mobil dengan cara Mencuci dengan Air.
Ada Kubu yang mengharamkannya, karena takut akan terjadi konsleting takut akan terjadi kerusakan pada mesin terutama kabel kabel dan sirkuit klistrikan mobil,
Sementara Ada Kubu yang boleh Mencuci mobil tapi dengan syarat syarat tertentu.
Memang untuk kondisi Ideal Air itu adalah musuh utama dari mobil, tapi seperti yang sudah sudah Air bisa menjadi Teman atau menjadi musuh dari Mobil kita tergantung dari penanganan kita. Cara Teraman ya hanya di Lap dengan Kain Basah (Chamois)
Tapi bagi anda yang pengin mencuci sendiri mesin mobil anda bisa kok ngikuti prosedur sederhana yang biasa saya lakukan pada mobil saya waktu mencucinya. Anda Tertarik Silahkan Membacanya.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan Mencuci Mesin
Alat dan Bahan Mencuci Mesin
1. Anda bisa menggunakan bahan pencuci Engine Cleaner yang dijual bebas dipasaran.
2. Bila Anda Lagi Mbokek dan  Tong Pes (Tidak Punya Uang), jangan kuatir ada solusi mudah dan murah kok. Anda Bisa mengunakan Bensin dan Sabun Colek (Sabun cuci yang berbentuk pasta) anda bisa mengambil di dapur. :))
3. Ambil Wadah buat tempat pencampur, Lalu ambil sabun colek dan letakkan pada tempat secukupnya.
4. Lalu Tuangkan Bensin kedalam wadah tersebut. Untuk Komposisi bisa tergantung dari Situasi Dan Kondisi. Bila Mesin anda sangat kotor dan dekil karena minyak, alangkah baiknya Bensin yang diperbanyak sabun sedikit, Bila mesin anda tidak terlalu kotor anda bisa memperbanyak konsentrasi dari sabun colek.
5. Ambil Kuas lalu ratakan biar campuran Mix,
6. Ambil Plastik, atau Bekas Tas Kresek beserta Karet Gelang atau Tali.

Cara Kerja

tata Cara Mencuci Mesin mobil
Mencuci Bagian Mesin
1. Silahkan Buka Kap Mesin Anda, Lalu Bungkuslah semua soket soket kelistrikan dari mobil anda terutama sambungan kabel kabel, Kotak Sekring.
2. Lalu dengan bantuan selang air silahkan siram mesin mobil, untuk membasahi. yang perlu di ingat adalah =
# Jangan memencet Selang terlalu kencang sehingga air bertekanan sangat Keras.
# Lalukan Prosedur Cuci Mesin HANYA KETIKA MESIN KONDISI DINGIN.
# Hindari Menyemprot daerah Kabel-kabel baik itu kabel listrik ataupun kabel Gas dan lain lain.
3. Lalu dengan bantuan Cairan pembersih yang telah disiapkan tadi mulai kuaslah dan bersihkan bagian bagian mobil anda. Bersihkan dengan seksama terutama bagian bagian sudut sudut yang sulit dijangkau dari kotoran dan tanah yang menempel.
4. Untuk bagian Karet karet dan bagian mesin yang berlapisan Cat anda bisa hanya gunakan Sabun Colek saja untuk menguas mobil anda.
5. Lalu dengan Air silahkan siram bagian yang telah anda kuas tadi, lalu bantu juga dengan kuas untuk membersihkannya sambil dialiri air. (Pada gambar ini terlihat kotak sekring yang saya tutup dengan Plastik hitam bekas tas Kresek- Berhubung terbatasnya Gambar yang ditampilkan)
6. Lakukan juga kedaerah mesin anda. pastikan sampai semua buih dari sabun telah terusir dengan air.
7. Setelah selesai, gunakan lap Chamois untuk mengeringkan mesin anda.
8. Buka semua plastik plastik penutup kabel anda. dan Selesai Mesin sudah bersih.

Semoga Bermanfaat

Tips Melumasi Kursi Mobil Pengemudi (Lubricate Seat Driver)

Tips Merawat Kursi Pengemudi

 Kursi Pengemudi pun  butuh di rawat
 Kursi Pengemudi pun
butuh di rawat
Bila anda memiliki waktu luang, Misalnya ketika habis bersih-bersih atau mencuci mobil kesayangan anda, ada baiknya anda meluangkan waktu sebentar 2-3 Menit untuk merawat kursi mobil anda terutama kursi pengemudi.
Mengapa kursi pengemudi ?. Karena pada kursi pengemudi ada banyak mekanisme yang terlibat disitu, Mulai dari Tuas Penarik tutup Bensin, Tuas untuk Memajukan dan memundurkan Kursi ( Maaf khusus buat kursi mekanis yang belum electric) dan Tuas untuk Menaikkan dan menurunkan ketinggian kursi. Walaupun Mekanisme dari Kursi adalah Maintenance Free, Tapi ada baiknya jika sesekali ditengok.
Anda Tertarik? Silahkan teruskan membacanya.
Seperti Biasa contohnya dari Kursi Isuzu Panther Grand Touring 2007. (untuk kursi yang lain prosedurnya sama kok).
Sebagai Tambahan Kadang kala Prosedur pelumasan kursi ini juga bisa menghilangkan bunyi-bunyian di kursi waktu mobil melaju lho. (bila anda beruntung) selamat ber DIY (Do It Yourself) 

Langkah-Langkahnya

Melumasi Kursi Pengemudi
Melumasi Kursi Pengemudi
1. Siapkan Silicon Semprot atau Grease (Gemuk).
2. Mundurkan Kursi Pengemudi ke belakang agar mempermudah pengerjaan dan penyemprotan waktu anda menengok bagian bawah kursi.
3. Tengoklah Kolong Kursi anda akan nampak Sederet Tuas Tuas, Engsel-engsel beserta peernya.
4. Semprot dengan Silikon bagian yang sulit di jangkau dengan Tangan. Semprotan Silicon selain melumasi juga akan melindungi bagian engsel dari karat.
5. Untuk Mekanisme seperti Rel dan mudah dijangkau dengan Jari Tangan, silahkan anda memberi pelumasan memakai Grease. Ingat jangan terlalu banyak cukup diolekan tipis saja.
6. Semprot juga bagian Tuas Penarik tutup bahan Bakar. Dengan Perawatan maka bunyi-bunyian dikursi akan tereliminasi.
Selesai.

Semoga Bermanfaat

Melumasi Gantungan Ban Serep (lubricate the spare tire hanger)

Melumasi Gantungan Ban Serep

Mengganti ban kempis
Waktu Mengganti Ban Serep
Anda bisa juga sekalian
merawat gantungan ban Serep
Bila Anda memiliki mobil yang memakai sistem gantungan ban untuk ban serepnya (ban serep digantungkan di kolong mobil). Maka bila ada waktu atau ketika anda sedang menurunkan ban cadangan ( misalnya untuk penggantian atau ketika ingin melakukan rotasi ban) Ada baiknya gantungan ban serep sebaiknya anda rawat dengan cara melumasinya.
Gantungan Ban serep memang maintenance free, tapi mengingat bahwa barang tersebut sangat jarang digunakan terutama letaknya di kolong mobil maka kadang kadang bisa kering atau macet. karena mekanime memakai gigi putar yang mengendalikan rantai gantungan ban serep mobil anda. Untuk Merawatnya gampang kok, anda tinggal melumasinya dengan menggunakan olie.

Cara Kerja

Melumasi Gantungan Ban Serep
Melumasi Gantungan Ban Serep
1. Silahkan turunkan ban Serep mobil anda memakai alat yang sudah tersedia.
2. Dengan mengunakan Oli Kan silahkan lumasi bagian Rantai dan mekanismenya. berilah olie agak banyakan. ( bila anda mau memakai silikon semprot juga bisa, cuman kalau silicon semprot pelumasannya kurang maksimal karena akan mudah mengering)
3. Dengan bantuan tangan silahkan putar putar Gantungan ban serep anda sampe terasa licin dan tidak berbunyi.
4. Setelah terasa Licin maka pelumasan sudah selesa. Silahkan anda Ambil Lap untuk membersihkan sisa sisa olie yang menetes di bagian Rantai. bersihkan hingga oli tidak bersisa.
5. Sebagai Optional anda bisa memberi Cat Putih pada tempat Gantungan Tuas. Dengan diberi Cat maka akan membantu anda memasang Tuas Pengungkit ban serep ketika anda mau menurunkan/ menaikkan ban serep.
6. Silahkan pasang kembali ban serep anda beserta rantai pengaman tambahan (+Gembok) dan jangan lupa untuk menambah tekanan angin ban serep dengan maksimal)

Semoga Bermanfaat

Serba Serbi Kaca Tempered (Tempered Glass)

Serba Serbi Kaca Tempered 

Logo Tempered pada kaca mobil
Logo Tempered pada kaca mobil
Anda Sering mendengar bahwa Kaca Mobil itu beda jenis dengan Kaca pada yang kita pergunakan sehari hari misalnya kaca Aquarium, Kaca Etalase dan lain lain. Sebenarnya Apa sih yang membedakan, ayo kita pelajari sedikit.

Sejarahnya

Adalah kimiawan bernama Rudolph A. Seiden, dari Austria. yang pertama kali mematenkan Kaca Tempered. Walaupun dipatenkan oleh Seiden, Tapi sebenarnya Kaca Tempered itu sudah dikela sejak jaman pertengahan sekitar tahun 1700an, Pada Masa itu sebuah Kaca akan dipanaskan hingga mencair lalu Cairan kaca itu dijatuhkan dalam Air (Proses Pendinginan Tiba tiba). Sehingga terbentuk Kaca berbentuk tetesan air. Dimana Kaca tersebut menjadi sangat keras Pada permukaan yang membulat. sementara bagian ekor sangat rapuh, bila terkena pukulan akan menghancurkan keseluruhan dari kaca.

Proses Pengerjaan

Beda bentuk pecahan
Beda bentuk pecahan
Kaca Tempered atau dalam bahasa sehari hari sering di sebut dengan Kaca yang diperkeras. Sebenarnya adalah Kaca Biasa yang kemudian dengan Teknik Pemanasan tertentu diperkeras.sehingga kaca menjadi lebih keras dari biasanya. Sebelum Kaca dikeraskan maka terlebih dahulu kaca dipotong dan dibentuk sesuai dengan kegunaannya. Misalnya Kaca buat Jendela Mobil, maka Kaca sudah dipotong dan dilubang sesuai dengan kebutuhan. Mengapa demikian, Karena Kaca yang sudah di tempered akan menjadi keras dan akan sulit dibentuk lagi karena sudah berubah sifat sifatnya.
Kemudian Kaca yang sudah siap itu ditempatkan pada sebuah media, lalu kemudian dipanaskan sampai 720 derajat Celcius ( sekitar 1328 F). Setelah Kaca mencapai suhu Tersebut maka kemudian Kaca didingankan dengan cepat memakai udara dingin yang bertekanan. Dari Proses ini maka Gaya Tarik dan Tekan pada kaca akan berubah, tapi secara wujud dan bentuk tidak berubah.

Sifat Umum

Kaca biasa bila pecah
Kaca Biasa bila Pecah
Secara Umum kaca Tempered memiliki sifat sebagai berikut.
1. Berkekuatan tinggi
Kaca tempered mempunyai daya tahan lendutan (defleksi) dan benturan keras 3-5 kali lebih kuat dari kaca biasa dengan ketebalan yang sama.
2. Ketahanan terhadap perubahan suhu
Kaca tempered juga mempunyai daya tahan terhadap perubahan suhu kira-kira 3-5 lebih tahan dari kaca float biasa.
3. Pecahan kaca dalam bentuk partikel kubus dan tumpul sehingga aman
Pecahan kaca tempered berbentuk serpihan kecil kecil dan tumpul tidak seperti biasa pecahannya sangat runcing dan tajam sehingga tidak aman..

Penggunaan Kaca Tempered

Pemakaian untuk Interior
Pemakaian untuk Interior
Ternyata Selain digunakan pada bidang Automotif yaitu sebagai kaca Utama dan kaca Jendela ternyata Kaca ini juga digunakan untuk berbagai kebutuhan. seperti peralatan didapur ( Kaca untuk Oven, Kaca Microwave, Bahkan Peralatan Alat dapur juga ) Coba anda periksa peralatan memasak ibu kita didapur, Atau kadang kala anda pernah mendengar kata Pyrex dan lain lain bukan. disitulah banyak kaca tempered juga dipergunakan. Selain itu karena sifatnya yang lebih keras dan kalau hancur menjadi potongan potongan yang kecil maka Kaca jenis ini banyak juga di gunakan pada Kaca Kaca Gedung dan bangunan. Anda tentu sering lihat adekan sebuah film action bukan, Ketika Seseorang menabrak kaca lalu kaca terbut hancur menjadi berkeping keping. lha disitulah tujuan dari penggunaan Kaca Tempered untuk Keamanan, Tidak bisa dibayangkankan bukan bila kaca tersebut tidak menjadi hancur berkeping keping tentunya akan Fatal.

Hal yang perlu diketahui

Digunakan juga   di peralatan didapur
Digunakan juga
di peralatan didapur
- Karena Kaca Tempered memiliki Tegangan Tarik dan Tegangan Tekan yang hampir mirip, Maka Kaca Tempered tidak boleh terganggu oleh proses proses pengerjaan yang dapat menggangu struktur dari kaca tersebut, Misalnya Pemotongan, Pengosokan, Pembuatan Lubang dan lain lain.Maka seperti yang dijelaskan diatas maka Semua Kaca yang akan ditemperedkan harus sudah dalam ujud yang pasti.
- Kaca Tempered sangat sulit retak karena benturan yang ringan, tapi akan pecah bila mendapat benturan atau Goresan yang dalam,
- Bila Kaca Tempered mendapat Benturan sehingga Pecah maka Titik perepecahan ini akan merambat keseluruhan Kaca.

Semoga Bermanfaat

Tips Memeriksa Kinerja Filter Angin (Air Filter)

Tips Memeriksa Kinerja Filter Angin

Apakah Filter Anda optimal?
Apakah Filter Anda optimal?
Seringkali kita mendengar dari majalah, internet atau dari perbincangan dzri teman bahwa fungsi dari filter udara pada mobil begitu sangat vital. Filter Udara berfungsi menyaring udara dari debu dan kotoran sebelum diolah dan dibakar di ruang bakar mesin. Debu dan kotoran yang tidak tersaring akan berfungsi sebagai ampelas yang bisa mengikis liner ruang bakar. Sementara Debu yang sebenarnya adalah tanah halus ketika terkompresi di ruang bakar dalam suhu tinggi dia akan berubah menjadi lapisan semacam keramik yang pada akhirnya akan merubah dimensi durang bakar, merubah nilai kompresi , dan mengakibatkan knoking pada mesin.
Dalam hati tentu anda bertanya tanya, apakah fungsi Filter udara dalam mobil saya sudah bekerja dengan optimal menyaring debu dan kotoran? Untuk mengeceknya sangat mudah kok. ayo kita Periksa di mobil kita. Seperti biasa Gambar dan Properti contoh adalah mobil Isuzu Panther Grand Touring. ( Untuk mobil yang lain Prosesnya sama kok, cuman beda bentuk dan model saja)

Cara Kerja

Memeriksa Filter Udara
Memeriksa Filter Udara
1. Silahkan buka kap mobil dan buka juga Filter udara Anda,
2. Keluarkan Filter Udara dari rumahnya. Lalu Amati Kondisi Fisiknya.
3. Lihat Filter udara pada bagian dalam.
4. Cucilah tangan anda sampe bersih dan bebas dari debu. Lalu masukkan tangan anda kedalam filter lalu dengan Jari cobalah usaplah permukaan Filter udara anda.
5. Setelah itu keluarkan Jari Anda. Bila filter Udara anda bekerja dengan sempurna menyaring debu dan kotoran maka jari anda akan bersih dan bebas dari Debu, Bila jari tangan anda menjadi kecoklakatan karena ada debu, brarti Udara yang disaring filter udara anda tidak maksimal.
6. Pengujian ke-2, Silahkan menuju ke ruang intake dari Filter udara.
7. Dengan cara yang sama silahkan usap saluran intake.
8. Periksa Jari anda terhadap kekotoran dari debu.

Note.

- Untuk mobil diesel yang berumur karena pengaruh kompresi yang tinggi mungkin ruang intake akan kotor. tapi harus anda ingat kotornya adalah berwarna hitam, bukan berwarna coklat. karena bila kotornya berwarna coklat itu adalah debu, sedang bila hitam itu adalah sisa pembakaran.

Semoga Bermanfaat