Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

CWPS (Condenser With Power Scoop)

CWPS (Condenser With Power Scoop)

Scoop Yamaha Champ
Scoop Yamaha Champ
Anda mungkin masih ingat di era tahun 1990-an dengan motor yamaha Alfa, Yamaha Champ, Yamaha Tiara, Yamaha 125z  Bukan, Tentunya anda ingat dengan brosur tentang Mesin Black Engine dari Yamaha yang diperlengkapi dengan Power Scoop. Mesin Bebek pada waktu itu rata rata berpendingin udara dengan memanfaatkan aliran udara yang bergerak untuk pendingin mesin (silinder copnya). Nah Teknologi itu saya coba untuk diaplikasikan sehingga memberi pendingin ektra pada Condenser AC Mobil. Karena kita tahu Condenser mobil terutama mobil berhidung biasanya Condenser AC diletakkan di depan dari radiator di mana proses pendinginan menjadi satu dengan unit radiator dan kipas pendingin mesin.
Pada intinya kita membuat Scoop atau Bahan untuk menangkap udara yang bergerak agar bisa dan diarahkan menuju Condenser, sehingga pendinginan akan lebih sempurna. dibawah ini Saya terapkan pada mobil Isuzu Panther Grand Touring saya, (Untuk mobil yang lain prosesnya sama saja kok)

Cara Kerja

Cara Pembuatan Scoop
Cara Pembuatan Scoop
1. Dengan menggunakan Kertas Kardus kita buat bahan mal dan contoh dengan perbandingan 1:1. Jangan lupa waktu membuat mal tentukan juga letak Baut dan letak dimana sekiranya scoop yang akan kita pasang mendapat kedudukan dimesin. Kebetulan pada barang ini saya akan menempatkannya pada baut diawah condenser. (letak baut anda sesuaikan melihat situasi dan kondisi mobil anda)
2. Anda bisa mengunakan plat almunium, fiber ataupun Besi. Pada Contoh saya menggunakan Casing Komputer bekas.
3. Kita potong casing sesuai bentuk contoh no1
4. Dengan bantuan Gergaji dan Gerinda kita bentuk model plat besi.
5-6. Anda bisa menambah dengan sirip agar bisa lebih mengarahkan udara yang mengalir (silahkan anda berimprovisasi sendiri).
7. Anda bisa memberikan Cat agar nampak bagus. Tentunya pengecetan setelah bahan diampelas, (tidak saya bahas)
8. Bila masih dirasa kurang, anda pun bisa menghias dengan stiker stiker agar scoop lebih menarik.
9. Adalah tempat dimana Scoop tersebut nantinya akan kita buat. (itu adalah gambar baut yang terletak persis dibawah condenser.
10. Scoop setelah terpasang dari tampak depan. Pada waktu pemasangan anda bisa mengunakan plat tipis sebagai pemegang tambahan pada scoop. (coba perhatikan gambar ssoop pada no 11 disebelah kiri akan nampak plat besi dibaut yang saya bautkan pada slebor depan. (jadi total pemegang scoop ada 3 yaitu tengan belakang dan 2 buah disebelah depan kanan) kiri. Kekuatan pemegang sangat penting. karena kita tahu waktu mobil melaju dengan kencang scoop akan mendapat beban angin yang besar.
11. Foto dari bawah.
12. Foto dari Samping

Semoga Bermanfaat

How It Works Atkinson Cycle

Siklus Atkinson

Anda mungkin pernah mendengar Siklus Atkinson?
Ya beberapa waktu yang lalu ramai dibicarakan Siklus Atkinson pada beberapa produk Toyota dan Honda.

Siklus Otto

Siklus Atkinson
Siklus Atkinson
Anda tentu tahu bukan mesin Otto yang kita pakai sekarang yaitu salah satunya adalah mesin bensin 4 tak. Pada Awalnya semua mesin 4 tak bensin mengunakan prinsip kerja Siklus Otto dimana  Bahan bakar dan udara dihisap dan melalui intake mesin masuk ke klep intake kalu kemudian dikompresi torak dan dibakar oleh percikan busi, lalu bahan bakar tersebut akan dikeluarkan ke knalpot dengan siklus tenaga dan buang. (maaf tidak saya bahas detail anda pasti tahu)

Siklus Atkinson

Sedang Pada Siklus Atkinson sebenarnya sama persis dengan Siklus Otto hanya dalam siklus Atkinson terjadi modifikasi di mana katup intake akan terbuka lebih lama,
Pada awalnya teknologi ini sangat sulit diterapkan karena ini akan membuat revolusi yang besar dengan desain langkah torak dan durasi bukaan katup juga akan berbeda. Akan tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi dengan ditemukannya Katup variabele macam VVti, Mivec atau Vanos memungkinkan mesin bekerja dalam siklus Atkinson, Karena dalam hal ini kerja nya hanya sedikit memanipulasi durasi bukaan klep intake mesin.

Keunggulan & Kekurangan Siklus Atkinson

Toyota Aqua dng Silus Aykinson
Toyota Aqua dng Silus Aykinson
Mesin dengan siklus Otto memiliki efisiensi thermal sekitar 20%, tapi dengan siklus Atkinson meningkat menjadi lebih dari 30% mendekati efisiensi termal mesin Diesel yang lebih dari 40%. Perubahan siklus Otto ke Atkinson bisa dirasakan contohnya pada mobil LCGC Daihatsu Ayla. Perubahan berupa durasi bukaan katup masuk, katup masuk terbuka lebih lama, malahan katup masih terbuka saat langkah kompresi berjalan. Akibat katup masuk terbuka saat langkah kompresi mengakibatkan gas yang sudah masuk ke silinder akan tertiup kembali ke saluran masuk. Ini menjadikan tekanan di saluran intake, sangat menguntungkan bagi silinder berikutnya yang akan melakukan langkah hisap (sudah tersedia udara bertekanan (mirip turbo). Di sisi lain udara terkompresi menjadi lebih sedikit (karena sebagian bocor pada katup intake yang masih terbuka) menyebabkan terjadinya penurunan torsi yang dihasilkan. (efek negatif)
Torsi mesin kecil yang dihasilkan dapat dengan mudah diakali oleh para insinyur pabrikan mobil melalui penyesuaian rasio gigi pada sistem transmisinya. konon penurunan torsi yang dihasilkan bisa mencapai 10-20%.
Dengan Siklus Hisap yang lebih pendek maka langkah tenaga akan terjadi secara penuh sepanjang langkah pistonnya. Ini menghasilkan tenaga lebih besar karena energi yang terbuang menjadi jauh lebih kecil. Itu yang menyebabkan mobil dengan siklus ini lebih efisien yang tentunya akan menjadi irit bahan bakar.

Semoga Bermanfaat

Topik Perdebatan Abadi Sepanjang Masa

Topik Perdebatan Abadi Sepanjang Masa

Pertengkaran
Topik Abadi 
Dalam setiap hal selalu ada Pro dan Kontra, Demikian juga mengenai Kendaraan Khususnya Mobil, Selalu ada Pendapat Pro dan Kontra, Walau sebenarnya semua sudah diketahui Jawabannya tetapi masih ada saja Perdebatan yang alot, dimana masing masing kubu merasa paling Benar dan disertai dengan Testimoni pengalaman Pribadi. Dibawah ini saya kumpulkan beberapa perdebatan abadi itu, Silahkan anda ambil kesimpulan sendiri. dan Maaf jangan Tanyakan Pendapat saya di kolom Komentar ya, Topik ini hanya sebagai selayang Pandang Saja. :)
Karena masing masing pendapat mengklaim punya pengalaman dan Teori sendiri.
Apakah Topik Itu?

Thermostat

# Thermostat Harus Dilepas.
    Thermostat
    Thermostat
  • Indonesia Adalah Negara Tropis, Dengan Suhu iklim yang selalu Panas maka Pemasangan Thermostat dalam Mesin adalah tidak Perlu bahkan mubasir, Malah kadang kadang Thermostat bisa Macet, sehingga kendaraan bisa overheating dan bisa Jebol.
# Thermostat Wajib Dipasang.
  • Mesin Memiliki Suhu Kerja untuk bisa bekerja dengan Optimal, Untuk itu maka diperlukan thermostat untuk tetap menjaga mesin selalu tercapai suhu kerja ideal. Melepas thermostat brarti mesin tidak mendapat suhu kerja yang optimal sehingga pada akhirnya bisa mempengaruhi durabilitas dan efesiensi pemakaian bahan bakar dari mesin itu sendiri.
Water Coolant
Coolant
Coolant
# Mobil Harus Non Coolant (untuk yg terlanjur pakai Air biasa)
  • Mobil yang lama terutama yang sudah berkerak karena korosi, di haramkan untuk diisi coolant, karena dengan migrasi coolant maka coolant tersebut akan mengikis kerak pada radiator sehingga kerak tersebut menjadi abrasif yang pada akhirnya akan membuat radiator rentang menjadi bocor.
  • Solusi termudah hanya melakukan periodik pengurasan radiator bila keruh dan bila udah mampet silahkan pergi ke tukang radiator untuk dibersihkan.
# Mobil Memakai Water Coolant.
  • Mobil yang sudah berkerak bisa bermigrasi ke water coolant dengan terlebih dahulu di flush sehingga bersih dari kerak. dengan migrasi ke coolant maka mesin akan mendapat keuntungan. Mesin lebih optimal pendinginannya, Unit Water Pump dll akan mendapat pelumasan dari Coolant, Terbebas dari maintenance Kuras dan Korok Radiator.

Letak Pemasangan Ban Baru / Terbaik

Ban baru dipasang dimana?
Ban baru dipasang dimana?
# Ban Baru Wajib dipasang di Roda Belakang
  • Selalu memasang ban terbaik ada di belakang, Karena ban belakang adalah sumber beban terberat dari kendaraan, sehingga dibutuhkan ban yang lebih berperforma terbaik.
  • Untuk Ban Baru juga wajib diletakkan di belakang karena Lapisan Karetnya masih baru belum mendapat traksi maksimal di jalan raya.
  • Waktu Panic braking Akan lebih aman Karena ban belakang dengan beban terberat akan memberikan pengereman yang lebih maksimal.
# Ban Baru/ Terbaik wajib dipasang di Roda Depan
  • Selalu memasang ban terbaik di depan, karena di depan ban adalah memegang kemudi dan bertugas terberat (memecah air pertama kali ketika hujan) sementara ban belakang hanya mengikuti ban belakang.
  • Bila Ban meletus maka mobil akan lebih relatif mudah dikemudikan bila yang meletus ban belakang.
  • Mobil dirancang dengan Understeer, maka Ban terbaik di depan akan mengurangi gejala Understeer
Sementara baru ini ya, nanti akan ditambah sesuai dengan Perkembangan

Semoga Bermanfaat.

Tips Memperbaiki Goresan Cat Mobil (Cat Scratches Repair)

Tips Memperbaiki Goresan Cat Mobil 

Tak Perlu Kesal bila Cat terkelupas
Tak Perlu Kesal bila Cat terkelupas
Anda Memiliki Mobil dengan banyak luka Goresan atau bintik bintik luka hingga catnya terkelupas karena hantaman batu atau kerikil dijalan?
Untuk mobil dengan warna dasar Gelap tentunya luka tersebut akan sangat mudah terlihat, terutama di daerah Bemper atau daerah di mana bahan dasarnya dari Plastik atau Fiber. Ya Karena bahan yang lunak maka Catpun juga menjadi lunak, sehingga mudah cacat ketika terkena goresan.  Solusi termudah adalah dengan mengecat Ulang. Tapi mengecat Ulang ada Konsekuensinya yaitu Mobil akan menjadi Belang bila proses pengecatan tidak perfect. Di bawah ini ada Solusi sederhada yang mungkin bisa anda kerjakan sendiri di rumah, Hasilnya tergantung dari ketelitian anda.

Cara Kerja

Menambal Goresan Cat
Menambal Goresan Cat
1. Siapkan alat nya (ingat waktu Pelajaran SMP bukan waktu kita diajarkan menulis dengan mengunakan tinta Bak / Cina). Alat itu biasanya terdapat diperlengkapan Jangka pembuat lingkaran yang saya gunakan Adalah merk Bofa made in China.
Lalu Siapkan juga Cat untuk menambalnya (Biasanya waktu anda membeli mobil disediakan sekaleng kecil Cat contoh, bila tidak ada anda bisa ke toko cat untuk membeli nomer Cat yang sesuai)
2. Bintik bintik Putih itu adalah Cat yang terkelupas karena kena hantaman kerikil dijalan.
3. Kita ambil alatnya lalu setel lebarnya dengan memutar ulirnya.
4. Kita celupkan ke Cat.
5. Cat sudah berada di dalam alat.
6. Dengan mengunakan Kertas kita bisa menyetel terlebih dahulu lebar cat yang dibutuhkan dengan cara memutar sekrup kecilnya.
7. Lalu silahkan anda mulai menitik daerah daerah yang akan diberi Cat.
8. Setelah semua bidang tertutup cat. Tunggu sampai kering, Lalu Kemudian anda bisa mengosoknya bidang yang diperbaiki dengan Wax Agar kembali mengkilap.

Semoga Bermanfaat

Tips Membersihkan AC Isuzu Panther 2300

Tips Membersihkan AC Isuzu Panther 2300

Dengan berjalannya waktu Unit AC kendaraan kita perlu dibersihkan agar kembali Segar, Nah Bagi anda yang ingin ber Do It Your Self dirumah, anda bisa membersihkan unit AC kendaraan anda sendiri di rumah, Dibawah ini ada Sharing dari Mr Banyu Nugroho (Member Panther Mania Club)

Tutorial Singkatnya

Membersihkan Blower AC
Membersihkan Blower AC
# Siapkan Peralatan secukupnya, Silahkan Lepas Laci, Head Unit dam Laci Kecil. Lalu Buka Buka Cover Evaporator dan baut baut pendukungnya. Setelah terlepas Buka dan lepaskan Cover Evaporator. (Gambar A dan B)
# Untuk Membersihkan Evaporator anda bisa memakai bantuan alat penyemprot Air. Pembersihan cukup mengunakan Air bersih dan Air sabun / Deterjen (bila diperlukan) Anda bisa memakai bantuan Kuas Kecil atau sikat gigi bekas. Jangan Lupa bagian bawah Evaporator diberi Alas sebagai penadah Air pembersih.
# Hati Hati dengan jalur-jalur Kabel dan Jalur Freon.
# Pada Gambar 1,2 dan 3 Adalah Gambar Blower yang sudah terlepas, Anda bisa melepas Blower dari dudukannya lalu keluarkan motor dari covernya, Lalu bisa anda cuci atau dibersihkan menggunakan Lap Basah.
# Setelah semua Kering silahkan rakit kembali.

Semoga Bermanfaat

Tips Memberi Tanda Pada Pulley Kruck As Isuzu Panther

Tips Memberi Tanda Pada Pulley Kruck As Isuzu Panther

Seperti beberapa waktu lalu Pada Posting Mengganti Pulley Kruck As Isuzu Panther (klik disini) Ada banyak pertanyaan seputar bagaimana cara mengetahui apakah pulley itu udah minta diganti.
dibawah ini ada Cara sederhana dan bisa diterapkan pada semua Isuzu Panther dan bisa dikerjakan sendiri beserta anda lalukan pengecekan sendiri secara berkala (beberapa bulan sekali). 

Silahkan amati gambar di bawah ini

Gambar garis Pada Pulley
Gambar garis Pada Pulley
# Silahkan anda melihat kolong mesin mobil Isuzu Panther anda, dan Lihat dari depan, Temukan sebuah pulley yang didalamnya ada 3 pulley, Satu puleey dari mesin dan 2 pulley untuk powerstering dan AC.
# Lalu ambilah Cat, atau Stiker atau sembarang yang bisa Permanen. Lalu berilah Garis Seperti Pada Gambar B, Garis dibuat melintang dari tengah menuju ke tepi pulley.
# Pada Gambar itu secara detail akan nampak Baut As Pulley lalu ada Piringan Besi lalu ada Karet Tipis dan Lalu pulley sendiri tempat meletakkan Belt
# Tujuan dengan diberi Garis Itu adalah sebagai penanda, Ketika setelah dipakai anda secara rutin bisa melihat kondisi Puley apakah garis tersebut masih lurus atau tidak, Bila Garis sudah bergeser brarti Pulley anda sudah bergeser, silahkan siap siap untuk pergantian Pulley.
# Gambar C dan Gambar D adalah detail dari berbagai posisi.

Semoga Bermanfaat 

Perluasan Jaminan Polis Asuransi Mobil (Insurance Car)

Perluasan Jaminan Polis Asuransi Mobil

Pentingnya Asuransi
Pentingnya Asuransi
Memiliki mobil idaman adalah merupakan mimpi dan impian dari sebagian orang. Dengan mobil selain berfungsi sebagai alat transportasi kadang kala fungsinya sudah bergeser menjadi Gengsi dan Prestise bagi sebagian orang.
Anda tentunya ingin melindungi mobil yang merupakan aset anda bukan, (karena harga mobil sekarang harganya tidak Murah). Salah satu perlindungan Aset anda (mobil) adalah dengan memberikannya Proteksi dengan Asuransi. Yuks Kita bahas bersama Sedikit mengenai Asuransi Mobil.

Jenis Asuransi Mobil

# Comprehensive (All Risk)
Penyelengara Asuransi akan menganti segala kerugian kendaraan anda, baik itu kerugian besar (kecelakaan fatal) ataupun hanya sekedar kecelakaan ringan dan  lecet lecet.
# Total Lost Only (TLO)
Penyelengara Asuransi hanya akan mengganti kerugian kendaraan anda Hilang, Terbakar atau mengalami kecelakaan dan kerusakan hingga melebihi dari 75% harga kendaraan yang menjadi pertanggungan.

Klausul Tambahan

Huru Hara dan Teroris pun bisa di Cover
Huru Hara & 
Teroris pun bisa di Cover
Meski mobil anda sudah diperlengkapi dengan Asuransi All Risk ataupun TLO ada baiknya anda memahami dulu beberapa klausul tambahan yang mesti dipahami dan dimengerti, salah mengerti dan memahami bisa bisa bukan penggantian kerugian yang didapat tapi malah sebaliknya.
# Huru Hara
Dalam Asuransi dikenal Istilah SRRCCMDTS ( Strike, Riot, Civil Commontion, Malicious Damage, Terorism & Sabotage). Sesuai namanya maka bila mobil anda terkena kerusakan karena Pengrusakan, Huru hara, Demontrasi anarkis maka mobil anda juga akan dilindungi, bahkan bila ada perbuatan jahat seperti Kelakuan Teroris misalnya mobil anda kena bom atau mengalami sabotase dari mereka maka anda bisa mengklaim kerusakan mobil anda.
# Third Party Liability (TPL)
Secara Harafiah ini berarti Pihak asuransi akan menanggung kerugian dari Pihak ketiga (besarnya tergantung dari perjanjian awal). Jadi misal anda sewaktu waktu secara tidak sengaja mengalami kecelakaan dan merugikan pihak lain, maka pihak tersebut dapat dicover oleh asuransi anda.
Dengan Asuransi anda tidak perlu  berselisih dengan orang lain
Dengan Asuransi anda tidak perlu
berselisih dengan orang lain
# Bencana Alam
Bencana alam disini yang dimaksud adalah akibat dari faktor alam, Atau sering dikenal sebagai Act of God. Seperti misalnya Badai, Letusan Gunung Berapi, Tanah Longsor (Landslide), Gempa Bumi, Topan.
# Banjir
Ada beberapa penyelengara Asuransi yang memisahkan Klausul Banjir menjadi tersendiri tidak mengikuti Klausul Bencana Alam. Seperti yang kita tahu Banjir terutama daerah kebanjiran sering menjadi momok yang menakutkan.

Hal Hal yang Perlu Diperhatikan

Baca Klausul dengan Teliti
Baca Klausul dengan Teliti
# Sebelum memilih pilihan-pilihan yang tersedia. Jangan lupa pastikan juga rincian lain seperti siapa saja yang berhak masuk dalam polis asuransi (umumnya anggota keluarga yang ikut menggunakan kendaraan Anda); bagaimana kebijakan perusahaan asuransi mengenai kendaraan yang disewakan; atau rincian biaya di luar premi asuransi yang mungkin dikenakan oleh perusahaan.
# Tentukan jumlah yang mampu Anda bayarkan. jumlah ini tidak hanya merupakan besaran premi yang Anda bayarkan ke perusahaan asuransi setiap bulan, tetapi mencakup keseluruhan biaya yang harus Anda keluarkan dalam skenario kecelakaan di mana Anda terluka atau melukai orang lain. Pertanyaan yang perlu Anda ajukan adalah: apakah asuransi saya dapat menutup semua biaya tersebut atau saya akan terpaksa mengeluarkan uang dari kantong?
# Pahami kondisi kendaraan atau mobil Anda. Tanyakan pada diri Anda: jika kendaraan Anda mengalami kerusakan parah, apakah Anda mampu untuk membeli mobil lain sebagai ganti alat transportasi Anda? Jika Anda tidak mampu, jenis asuransi komprehensive lebih tepat untuk Anda, karena asuransi ini umumnya didasarkan pada nilai mobil Anda.

Semoga Bermanfaat

Seandainya Mobil Kena Petir (Lightning Strikes)

Seandainya Mobil Kena Petir 

Pada Musim Yang tidak menentu seperti sekarang ( musim penghujan dan kemarau ngak bisa dibedakan waktunya). Kadang kita bertanya tanya seandainya kita mengendarai mobil lalu terkena petir dijalan gimana ya nasip kita. Untuk menjawabnya yuks kita coba berteori sedikit 

Teori Terbentuknya Petir

Petir/ Halilintar
Petir/ Halilintar
Petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi. Proses terjadinya muatan pada awan karena pergerakannya yang terus menerus secara teratur, dan selama pergerakan itu awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negative akan berkumpul pada salah satu sisi, dan muatan positif pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (electron) untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses ini, media yang dilalui electron adalah udara, dan pada saat electron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah akan terjadi ledakan suara yang menggelegar. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena adanya awan yang bermuatan positif dan negatif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Teori Faraday's Cage (Sangkar Faraday)

Sangkar Faraday Pada  Pertunjukan Sulap
Sangkar Faraday Pada
Pertunjukan Sulap
Sangkar Faraday atau tameng Faraday adalah sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal.
Tahun 1836, Michael Faraday mendapati bahwa muatan di sebuah konduktor bemuatan hanya berada di bagian luarnya dan tidak mempengaruhi apapun yang berada di dalam konduktor tersebut. Untuk mendemonstrasikan fakta ini, beliau membuat sebuah ruangan yang dilapisi dengan lembaran tipis dari logam dan mengatur agar loncatan bervoltase tinggi dari sebuah generator/ pembangkit elektrostatik menyambar apapun yang berada di luar ruangan. Dengan menggunakan sebuah elektrometer, Faraday membuktikan tidak adanya muatan listrik di bagian dalamnya tembok ruangan itu.
Kadang Kala Sangkar Faraday pun dijadikan Atraksi Sulap di mana seseorang di dalam ruangan lalu diberi arus listrik tapi orang tersebut baik baik saja.

Sangkar Faraday dikehidupan sehari-hari

Pesawat tersambar petir
Pesawat tersambar petir 
# Telepon genggam dan radio tidak menerima sinyal saat berada di dalam elevator maupun di berbagai struktur yang sama. Sejumlah bahan arsitektur tradisional bertindak sebagai perisai Faraday dalam prakteknya. Bahan-bahan tersebut memengaruhi penggunaan telepon dan jaringan nirkabel di dalam bangunan serta rumah.
# Sinyal Wi-Fi seringkali terhalang di dalam bangunan yang memiliki metal sliding.
Rumah ber-sliding dari aluminium memiliki sebagian besar karakteristik fisik sebuah sangkar Faraday, kecuali jendela dan lantai. Struktur bertipe ini terkenal menghalangi Radio Cuaca menerima sinyal yang akurat, khususnya jika penerima tidak ditempatkan dengan benar di dalam rumah.
# Mobil dan pesawat berfungsi sebagai sangkar Faraday saat disambar petir. Kulit bagian luar dan kerangka dari logamnya kendaraan membuat muatan listrik mengalir menjauhi para penumpang.
Kena Petir, Aman
Kena Petir, Aman
Anda mungkin protes bila dalam mobil bersifat sebagai Sangkar Faraday lalu mengapa HP dan Radio masih hidup di dalam mobil bukan? Itu Karena sinyal radio dan ponsel masih bisa mencapai bagian dalam kendaraan sebab panjang gelombang keduanya jauh lebih kecil dari jendela mobil dan bukaan lainnya dalam kerangka konduktifnya kendaraan.

Kesimpulan

Nah Dari kesimpulan diatas maka bila anda sewaktu waktu mengendarai mobil dan melintasi padang yang luas dimana mobil kita yang tertinggi ( seperti petir yang menyambar ke tempat paling tinggi) dan waktu itu hujan disertai Petir, maka jangan panik atau takut atau malah keluar dari mobil, tetaplah didalam mobil karena itu adalah tempat yang teraman dari sambaran petir. (Maaf masih teori lho, ngak bisa dibuktikan he99)

Semoga Bermanfaat

Mengganti Pulley Kruck As Isuzu Panther C223

Mengganti Pulley Kruck As 

Pulley Kruck As Isuzu Panther baik yang 2300 cc atau 2500 cc Terdiri dari Pulley dengan bantalan Karet sebagai peredam getaran, dengan berjalannya waktu kadang karet pun akan menjadi keras dan rusak. sehingga Pulley pun akan dapat berputar dengan asnya, hal ini bila dibiarkan akan berbahaya karena dapat menyebabkan pulley terlepas dari dudukannya, Nah bila anda ingin mengganti dengan yang baru, dibawah ibni ada sumbangan Gambar dari Rekan Saya di Klub Panther Mania yang mengganti sendiri Pulley dirumah. dan Kemungkinan Andapun bisa menggantinya sendiri. juga

Untuk Mengetahui apakah Pulley Anda Sudah waktunya Ganti atau Tidak, bisa anda lakukan Test dengan Cara Memberi Garis Pada Pulley Tersebut. Untuk Lebih Jelasnya Silahkan anda (Klik Disini)

Langkah Kerja

Mengganti Pulley Kruck As Isuzu C223
Mengganti Pulley Kruck As Isuzu C223
# Persiapkan Kunci secukupnya terutama Kunci no 24 beserta Peralatan kunci lain sebagai pendukung. (Palu, Obeng Minyak untuk pencuci dan lain lain)
# Silahkan Anda Turunkan Radiator Beserta Selang selangnya, lepas pula Fan beserta Belt Beltnya lalu simpanditempat yang aman. (gambar 1-2)
# Untuk mempermudah pengerjaan anda bisa melepas unit dinamo stater, sehingga mudah untuk menahan pulley sewaktu anda akan melepas bautnya. sehingga pulley tidak ikut berputar. (gambar 3-5)
Gambar 2
Gambar 2
# Gambar 6-10, Adalah gambar Pulley tyang berhasil dilepas akan tampak Karet yang sudah terlepas dari badan pulley. Untuk Pemasangan kembali silahkan melakukan prosedur kebalikan dari cara pelepasan
# Gambar A disamping adalah Detail Gambar mesin yang Fan dab Pulley sudah berhasil dilepas, Akan tampak 4 baut pemegang Fan ( Visco Fan) sedang yang dibawahnya yang hitam (gambar B) adalah dudukan tempat Pulley berkedudukan.
Gambar dan Properti Sumbangan dari
Mr Must Ayes (PM-568)
Mr Ngadiyanto (PM-315)
Panther Mania Member 

Semoga Bermanfaat