Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Panduan Penggunaan Tang Crimping

Panduan Penggunaan Tang Crimping 

Tang Crimping
Tang Crimping
Bagi anda yang senang ber DIY terutama pada waktu pemasangan dan mengotak atik kabel tentunya tidak asing dengan nama Tang Crimping atau yang sering kita sebut dengan Tang Press. 
Tang crimping atau Tang press adalah suatu alat yang berfungsi untuk pengencangan cable lug terhadap cable.Yakni dengan cara menyatukan kabel dan cable lug dalam keadaan longgar dan ditekan dalam Tang Crimping. dengan memakai ntang Crimping akan dipastikan kekuatan dan kekencangan sambungan antara kabel beserta soketnya. Gambar disamping adalah contoh gambar Tang Crimping. untuk jenis dan modelnya bisa bermacam macam tergantung pembuatnya akan tetapi biasanya penggunaan dan caranya hampir sama. Anda Tertarik, ayo kita lihat tata cara penggunaan dibawah ini.

Cara Kerja 

Cara Penggunaan Tang Crimping
Cara Penggunaan Tang Crimping
1. Siapkan Tang Crimping anda beserta soket dan kabel. Usahakan dan sesuaikan besarnya kabel dengan soket/ skun yang tersedia.
2. Gambar Mata dari Tang Crimping dari berbagai posisi.
3. Silahkan Siapkan Kabel dan skun/ fiting kabel yang akan dipasang. Kupas juga kabel sesuai dengan skun yang tersedia. Pastikan Potongan kabel serapi mungkin dan tidak ada kawat tembaga yang putus akibat pengelupasan badan kabel. Kabel yang putus sebagian kawat tembagannya akan mengurangi kapasitas dan fungsi maksimal dari kabel 
4. Gambar kabel yang diletakkan di atas skun. Selalu ingat dalam skun ada 2 penjepit dimana jepitan pertama untuk menjepit tembaga dari kabel sementara bagian pangkalnya untuk menjepit badan kabel.
5. Masukkan skun tadi ke dalam tang lalu tekan hingga terdengar bunyi klik sekali.
6-9. Masukkan Kabel lalu jepit tang sehingga berbunyi klik sampai lock pin dari tang terlepas. dan tang akan terbuka secara otomatis.
10. Hasil Akhir.
Dari hasil gambar akan terlihat pemotongan dan pengelupasan panjang dan pendek kabel akan mempengaruhi hasil akhir. anda bisa menambah plastik pelindung pada skun pada waktu pemasangan

Gambar dan Properti adalah Karya dari

Mr. Niko Satrio (Panther Mania Club Member)

Semoga Bermanfaat

Selayang Pandang dengan tutup Radiator

Selayang Pandang dengan Tutup Radiator

Bagan Tutup Radiator
Bagan Tutup Radiator
Sering kita dengar dan saran dari forum-forum otomotif bila mobil kita terjadi overheating maka disarankan mengganti atau memeriksa tutup radiator. Mungkin bagi anda yang sudah tahu tidak terlalu menjadi soal tapi buat yang awam kadang hal ini membingungkan. Ayo coba kita uraikan penjelasan singkatnya.

Fungsi 

Seperti yang dijelaskan di atas, fungsi tutup radiator pada mobil adalah untuk mengatur tekanan yang terdapat di dalam sistem pendingin mesin mobil sebagai akibat naiknya temperatur air atau air coolant dalam sistem pendingin mesin. Coba anda amati tutup radiator disamping disitu diperlengkapi dengan tutup karet beserta peer peernya.

Cara Kerja 

Radiator dengan Reservoir
Radiator dengan Reservoir
Tutup radiator tidak hanya berfungsi untuk menutup radiator seperti saat kita menutup botol berisi air kalau sudah di tutup selesai permasalahan karena air tidak tumpah atau meluber keluar.
Di dalam sistem pendinginan mesin kendaraan, ketika mesin bekerja lalu temperatur naik, secara otomatis suhu air pendingin ikut naik dan tekanan di dalam sistem ikut naik pula. (tentunya kita ingat bila cairan memanas tentunya akan memuai, sehingga volumenya membesar, dengan memuai sementara ruangan tetap tentunya akan menaikkan tekanan air bukan), Nah pada Tutup Radiator Terdapat mekanisme di tutup radiator agar dengan naik nya suhu dan tekanan tidak menyebabkan radiator atau slang radiator meledak. karena mereka bisa membuang dan menarik kembali air yang memuai. yang ditampung pada reservoir

Mekanisme Cara Kerja

Mekanisme Gerak Tutup Radiator
Mekanisme Gerak Tutup Radiator
Berikut adalah mekanisme atau cara kerja tutup radiator untuk mempertahankan tekanan yang terdapat pada sistem pendinginan mesin mobil.
# Pada gambar disamping (A),  relief valve terdorong oleh tekanan air radiator ketika tekanan di dalam radiator melebihi tekanan pegas relief valve, besarnya tekanan biasanya tertulis di tutup radiator. Selanjutnya air mengalir ke reservoir atau tabung cadangan air radiator.
# Ketika Terjadi Proses pendinginan misal waktu hujan deras atau mesin melaju tanpa beban, maka temperatur air akan menurun sehingga volumenya akan menyusut, maka di radiator akan terjadi tekanan vakum, sehingga air akan mengalir dari reservoir menuju ke radiator kembali. Gambar B.
# Demikian Proses nya berlangsung terus menerus sesuai dengan kondisi panas dan kerja mesin.
# Setelah Membaca keterangan diatas tentunya anda bisa mengambil kesimpulan betapa pentingnya dan vital sebuah tutup radiator. Karena bila Tutup radiator lemah maka suhu tekanan belum optimal dia akan membuka dan mengalirkan air keluar maka proses pendinginan akan kurang optimal. Atau bila anda harus sering mengisi air di reservoir cobalah ganti tutup radiator dengan yang baru sebelum memvonis ada kebocoran pada unit pendinginan anda

Semoga bermanfaat

Tips Menderek Mobil Mogok Dengan Mobil Pribadi

Tips Menderek Mobil Mogok 

Punya mobil dan mogok di jalan tentunya sebuah musibah yang tidak bisa diprediksi dan dihindari nah bila kejadian itu terjadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan misalnya sewaktu waktu anda diminta tolong untuk menarik atau mendereknya. Bila ada mobil derek tentunya masalah selesai, tetapi misalnya keadaan darurat dan harus ditarik sendiri dengan mobil pribadi tentunya akan menjadi masalah tersendiri.

Persiapan

Mobil mahalpun tak terhindar dari mogok
Mobil mahalpun tak
terhindar dari mogok
# Pertama tama anda harus memperhatikan mobil yang akan ditarik. untuk amannya kalau bisa gunakan mobil penarik yang kapasitasnya lebih besar (lebih besar biasanya tentunya CC dan tenaga mesinnya lebih besar)
# Siapkan tali Penarik dan periksa juga kekuatannya.
# Untuk mobil yang dilengkapi vakum pada sistem remnya jangan sekali kali menariknya dengan mengunakan tali apabila mobil tersebut mesinnya tidak bisa hidup, karena sistem rem akan tidak berfungsi optimal. untuk mencegah hal yang tidak diinginkan WAJIB menariknya dengan bantuan Tongkat penyambung, sehingga mobil penarik dan yang ditarik menjadi satu kesatuan (Seperti Truck Gandeng).
# Selalu Ikat dan tempatkan penarik pada tempat yang benar, jangan diikatkan pada bemper dan lainnya.
# Untuk mobil yang diderek silahkan netralkan gigi beserta lepaskan hand rem.

Proses Penarikan Kendaraan

Salah satu Tali Aftermaket
Salah satu Tali Aftermaket
# Setelah semua tali dan penarik siap, terlebih dahulu pelajari rute yang akan dilalui juga konsultasikan dengan pengemudi di belakang untuk perjanjian melakukan manuver di jalan dan sebagainnya. Misalnya Klason 2x untuk minta berhenti, Klakson 3x ada Bahaya dan lain lain.
# Pastikan Anda dan driver dibelakang sudah tahu rute perjalanan.
# Setelah semua siap mulai jalankan kendaraan penarik dan perlu diingat jalankan dengan perlahan, untuk menghindari sentakan. sentakan yang terjadi bisa membahayakan kendaraan yang ditarik juga bisa membahayakan kondisi mobil anda.
# Selalu Pastikan mobil yang di tarik kelihatan dari spion anda.
# Jalankan Kendaraan dengan Pelan dan Jangan lupa hidupkan lampu dekat. untuk memberitahu kendaraan lain bahwa keadaan sedang darurat. Jangan nyalakan Lampu hazard. kecuali bila kendaraan penarik dan yang ditarik sedang berhenti dijalan.
# Untuk driver di belakang dihindari melakukan pengereman mendadak.

Semoga Bermanfaat 

Membersihkan Pompa Sedimenter Isuzu Panther

Membersihkan Pompa Sedimenter 

Bagi anda yang melakukan ritual Do it yourself mengganti filter solar kendaraan anda, tentunya pasti akan melakukan rutinitas buang angin dengan memompa Solar bukan. Nah bila ternyata suatu waktu pompa anda menjadi Loss alias tidak mau menjadi padat. Jangan buru buru stres, karena kemungkinan itu unit pompa terganjal kotoran sehingga menjadi tidak berfungsi. Sebelum memvonis rusak sedimenter, alangkah baiknya coba kita bersihkan terlebih dahulu. caranya?
Tata Cara Pengerjaan
Tata Cara Pengerjaan

Prosedur Pekerjaan

1. Silahkan anda buka Kap Mesin Mobil Anda dan ambil kunci no.10 lalu buka baut yang saya lingkari warna hijau.
2. Lalu temukan juga sebuah baut dibawahnya yang agak tersembunyi.
3. Dengan menggunakan kunci buka ketiga baut tadi (gambar1-2)
4. Lalu Lepaskan Kabel dibawah sedimenter. Jangan lupa lepaskan Selang bahan bakar out dan in nya.
5. Buka Tabung sedimenternya anda bisa menggunakan bantuan Kunci pembuka filter solar. Bersihkan tabung dari kotoran kotoran.
6. Dengan bantuan Alat peniup kompresor silahkan tiup lubang lubang in dan outnya, silahkan pake tekanan angin yang ngak terlalu kencang dengan cara menekan kompresor tidak penuh. Bila anda tidak mempunyai kompresor anda bisa meniupnya memakai Mulut. (tapi jangan diminum ya residu solarnya)
7. Bersihkan dari kotoran lalu silahkan rakit kembali ingat hati hati dengan karet karet sealnya jangan terbalik memasangnya. dan kencangkan tabung sedimenter hanya dengan tangan (jangan memakai bantuab alat pembuka filter) karena dikuatirkan bisa pecah. berhubung terbuat dari almunium tipis mur pengguncinya.
8. Sebelum dipasang kembali anda bisa mengetes pompa anda dengan cara memasang selang dari tangki sementara ujung outnya silahkan memakai botol minuman bekas, untuk menampung solar. lalu coba anda Pompa, bila sudah lancar dan mengalir silahkan dengan memakai ujung tangan silahkan tutup lubang outnya lalu pompa, bila pompa sudah bisa mengeras berarti pompa sudah normal. Setelah itu silahkan pasang kembali semuanya.

Semoga Bermanfaat 

Menyetel Baut Load Solar Kijang Kapsul Diesel (2L Engine)

Menyetel Baut Load Solar Kijang Kapsul Diesel (2L Engine)

Tidak Perlu Galau bila diesel anda boros ?
Tidak Perlu Galau
bila diesel anda boros ?
Kijang Kapsul Diesel saya Tidak Bertenaga ?
Kijang Kapsul Diesel saya boros Bahan Bakar ?
Kijang Kapsul Diesel saya Kurang Bertenaga ditanjakan ?
Kijang Kapsul diesel saya berasap Hitam waktu digas Penuh ?
Apakah Kijang Kapsul Diesel saya perlu di kalibrasi dan periksa nosel?
Ini adalah rangkuman dari berbagai pemilik mesin diesel, dan pertanyaan pertanyaan itu pasti jawabannya pertama kali adalah Memeriksa Kondisi filter solar dan filter udara. Lalu bagaimana bila ternyata kondisinya setelah kedua filter tersebut diganti ternyata tidak menyelesaikan masalah? Sebelum anda berpikir untuk berkalibrasi coba setel dulu baut load solar anda. Bila Kijang anda asapnya tipis, dan merasa kurang bertenaga anda bisa menambah sedikit pasokan solar agar mendapat tenaga tambahan. tetapi bila ternyata kijang anda asapnya benar benar hitam dan Solarnya boros, anda bisa menyetel agar kendaraan anda lebih irit. Anda Tertarik, ayo kita setel sendiri

Alat dan Bahan

Gambar Detail Letak
Gambar Detail Letak
# Untuk melakukan penyetelan anda hanya memerlukan Obeng minus panjang, Kunci Pas/ Ring 12 dan Kunci Pas/ Ring no 10.
# Detail Gambar di sebelah adalah letak detail yang perlu disetel. Coba amati gambar IP nya lalu anda akan menemukan baut OFR ( yang ada tulisannya Out) lalu tengoklah kebelakangnya disitu akan nampak baut panjang yang ujungnya ada lobang minus beserta Mur kunci 12. Nah itulah baut Load Solarnya. gambar 1
# Sedangkan gambar 2 adalah baut penyetel setelan staioner mesin.

Cara Pengerjaan

Proses Penyetelan Baut Load Solar.
Proses Penyetelan Baut Load Solar
1. Silahkan anda Buka Kap Mobil anda dan temukan Letak IP yang berada dibelakang tutup Radiator.
2. Adalah Gambar IP Mesin 2L. Untuk Detailnya bisa anda lihat gambarDetail Letak.
3. Dengan Kunci 12 silahkan Anda Kendurkan Mur Pengunci Pada gambar 1 (gambar detail dan letak)
4. Setelah Mur Agak kendor Lalu Ambilah obeng minus, Lalu Baut ujungnya silahkan anda putar.
# Putar searah jarum jam untuk membuat solar lebih banyak.
# Sedangkan Putaran berlawanan Arah jarum jam untuk mengurangi pasokan solar.
Untuk Pertama-tama silahkan anda Trial dan Error dulu Misal bila Anda ingin menambah solar cukup anda putar 90 derajat saja dulu. Setelah itu Kencangkan.Mur 12 yang anda kendorkan tadi. dan perlu diingat ketika anda mengencangkan ujung baut yang anda putar jangan sampe ikut berputar.
Lalu Silahkan anda hidupkan mesin dan Coba Test Jalan apakah performanya sesuai dengan keinginan Anda.
5. Setelah Penyetelan di rasa Cukup. Silahkan anda menuju ke baut penyetel putaran mesin, karena pasti akan stationernya berubah. (gambar2 Gambar detail Letak)
6. Kendurkan mur pengunci, lalu putar bautnya untuk menambah atau mengurangi stasioner mobil anda bila sudah sesuai kencangkan kembali mur penguncinya.

Semoga Bermanfaat