Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther Bekas (TBR 541)
Tetap Fokus mengamati Mobil Bekas Jangan tergoda Rayuan Penjual Mobil |
Sering kali kita bingung ketika akan membeli Mobil Bekas, Terutama bila mobil itu adalah jenis Diesel, khususnya Jenis Isuzu Panther. Isuzu Panther adalah tipe mobil Pekerja Keras dengan Minim Perawatan (Mobil Badak istilah orang dunia otomotif menyebutnya), Kondisi inilah menyebabkan Unit Isuzu Panther Bekas yang ada dipasaran juga menjadi kurang perawatan, Karena merasa sudah Badak maka unitpun jarang dirawat dan terawat oleh pemiliknya ( tidak semua begitu lho ya) :)
Dari pada Pusing Ayo kita coba pelajari uraian singkat dari saya, siapa tahu bisa membantu anda yang kebetulan sedang mencari unit Ispan Panther Bekas, Untuk Contoh Saya ambil ISUZU PANTHER LV kode body TBR541 dan Kode Mesin 4JA1 (normaly aspirated) (Spesial Thangkiu Buat Um Andrie Setia Pradana (PM-218) yang menyediakan Unit Dagangannya sebagai Objek Foto)
Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering |
2. Waspada terhadap olie mesin, anda harus memeriksa olie mesin, dari mobil itu, caranya tarik dipstik olie mesin tersebut, olie mesin harus normal, tidak boleh kental, bila olie kental maka waspada penjual telah memberi olie yang lebih kental agar mesin lebih halus ( menyembunyikan suara kasar). Jika Mesin masih dingin silahkan buka tutup radiator, bila radiator keruh berwarna coklat itu menandakan pemiliknya ngak terawat, tapi bila dibuka air radiator berwana hijau atau merah berarti unit pendinginan mesin terawat (mempengaruhi performa dan durabilitutas dikemudian hari)
3. Setelah semua dirasa bagus mulailah anda menghidupkan mesin, Waspadai dengan bunyi bunyian aneh yang tidak wajar, coba gas dengan pelan, mesin yang bagus suaranya masih Padat dan pada waktu gas dilepas seelah diinjak ngak ada bunyi bunyian yang mencurigakan waktu mesin kembali ke posisi idle (stationer). Ketika mesin hidup dan setelah agak panas, cobalah buka tutup olie mesin, bila keluar asap tebal waspadalah unit mesin sudah bocor kompresi. bocor kompresi brarti unit mesin sudah memberi aba aba untuk minta di overhoul.
Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan |
Daerah body |
Interior |
7. Tak kalah pentingnya adalah silahkan anda melihat kolong dari dasboard mobil , bila kabel2 nya masih tertata rapi brarti anda mendapat mobil yang utuh ( pemilik lama tidak suka memodifikasi elektronik yang berlebihan, kabel rapi dan asli menjamin mobil lebih sedikit mendapat masalah wiring dan konslet dikemudian hari.
8. Jangan lupa lihat ujung2 dan lipatan2 besi dari kolong dasboard bila ternyata ada karat dan kotor karena tanah, waspadalah unit mobil itu bisa saja adalah bekas terkena banjir. mobil bekas banjir memang bisa di rekondisi tapi itu akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
9. Priksa plafon plafon (langit-langit), Plafon yang utuh harus rajin, bila sudah direkondisi tidak akan bisa terlihat seperti gambar. juga periksa sambungan plafon dengan karet karet list pintu. Sembari memeriksa tidak ada salahnya anda mencoba kerja powerwindow, bila ngak dilengkapi power window silahkan putar tuas engkolnya,
10. Demikian beberapa titik yang perlu anda periksa, tidak ada salahnya anda membawa teman (Kir Master) yang lebih advanced dari anda mengenai permobilan, bila mau membeli mobil (dengan catatan, Ajaklah teman yang jujur jangan sampai anda malah kena double makelar dari kir master anda) ( teman yang anda bawa ternyata lalu meminta komisi tambahan dari penjual mobil secara diam diam (permufakatan Jahat) untuk kemudian akan membelokkan image dan pendapat anda agar segera membeli mobil itu) (Maaf Kejadian seperti ini sangat banyak dan sudah wajar terjadi di dunia Jual Beli mobil yang kejam).
11. Urutan pengecekan mobil bisa dibalik, anda dapat memeriksa body terlebih dahulu, karena biasanya kontak fisik pertama dalam membeli mobil adalah melihat body dulu, terutama bila anda melihat di showrum mobil bekas, jangan terburu-buru jatuh cinta kepada kemulusan body, karena kita tahu mobil di showrum bekas semua sudah dipoles dengan maksimal, beda halnya bila anda membeli dari pemilik pribadi.
Salam kenal lebih dulu ...
ReplyDeleteMohon kesediaan nya untuk bagi2 pengalaman tetang SHOCK BREAKER BELAKANG NEW PANTHER TH 2000.
Selain SB bawaan ( original ), mungkin ada SB yg lain atas dasar pengalaman anda, unyuk lebih mendapatkan kenyamanan.
Bila berkenan ... jawaban kami tunggu via email.
Terima kasih
Hormat kami yang minat jadi anggota
lukman santoso
lukmansan@gmail.com
di bandung
shock belakang itu tergantung dari selera pengemudi, bila anda pengemudi yang enthusiast pada kecepatan maka disarankan untuk memakai shock yang lebih keras, dan sebaliknya, untuk shock belakang dapat mengunakan merk lain selama asal memperhatikan jarak main shock pada waktu bebas mendapat beban dan mengantung.
DeleteSalam kenal bos, bila anda ingin bergabung dengan Klub Panther Mania, silahkan meluncur ke Panther-mania.org, atau klik aja gambar Panther mania disamping blog saya, :)
mohon bantuan informasi penyebab lampo o/d aff menyala pada panther ls matic 2011, dan berapa biaya perbaikan pada sepionnya yang tidak berfungsi lagi... trimakasih.
Deletegambarnya kekecilan,mohon diganti yang resolusinya lebih besar,biar kalau di zoom bisa terlihat jelas
ReplyDeleteMaaf gambar memang saya perkecil seukuran WEB agar blog menjadi tidak berat waktu di buka, Gambar disini hanya sebagai panduan saja, :)
DeleteMaaf om Iwan saya nubie mau tanya....Untuk cari panther yang pake turbo, hal apakah yang harus pertama kita liat terutama di bagian mesin????
ReplyDeletethanx
khusus turbo panther = perhatikan suara suara di sekitar turbo, bila ada denggung yng keras waspada unit turbo bermasalah, lalu perhatikan wastegate dll apakah ada kelainan ) sangat sulit untuk melihat kerusakan turbo hanya berdasarr visual aja krn penyakit nya biasanya kebocoran ada seal seal olie atau jalur pendingin .
Deletelihat fisiknya aja, ngk boleh ada rembesan olie dll, juga ketika idup nga aada bunyi2 kaasar dsb.
DeleteLam kenal om.
ReplyDeleteMohon masukannya untuk yang matic.
Apa saja yang perlu diperhatikan saat hunting.
Tq
matic ya silahkan ngolong dilihat fisik dari rembesan2, lalu hidupkan mesin lihat indikator instrumen di dasbord, lalu test jlan untuk mencoba kick downnya berfungsi tidak, smbil rasakan perpindahan gigi otomatisnya .... :)
DeleteSalam kenal, Om, klo melihat AC nya masih bagus ato tidak gimana caranya ? thks...
ReplyDeletePaling gampang ya hidupkan AC, terus harus dingin, lalu cobalah periksa kerja thermostatnya dengan cara mengeser tombol suhu harus bisa mati atau tidak kompresor. terakhir waktu AC bekerja periksa kompresor AC deteksi terhadap suara suara yang tidak wajar. :)
DeleteSlm panther mania...
ReplyDeleteMaaf pak sy mau tanya panther sy thn.2000 dlm keadaan mesin hidup lalu mesin dimatikan ada bunyi klotok2 ?
Dan ada suara gemuruh tp kalau koplingx diinjak suara gemuruhx hilang !
Mohon pencerahan & solusix !!
Sblmx terima kasih...
suara mesin dimatikan ada bunyi klotok klotok itu bisa bermacam2 asumsinya, bila dari luar mesin maka bisa saja datang daari gantungan knalpot dll karena goncangan terklalu keras ( efek engine mounting sudah keras)
DeleteSedang kalau suara gemuruh lalu kopling diinjak hilang kemungkinan bisa dari lagernya kopling atau kemungkinan terbesar bisa saja dari metal jalan/ duduk yang goblak sehingga ketika dikopling maka kedua area itu ikut tertekan sehinga bunyi berkurang ( tapi sangat jarang kasusnya). deteksi suara sangat bermacam2. :)
maaf mau tanya om Iwan...asap panther saya koq putih kenapa ya,saya chek oli mesinnya nggak kurang..solusinya gimana om..?Trim
ReplyDeleteAsap putih itu bisa macam macam pak, kalau memang olire mesin ngak berkurang, coba setel klep dulu sesuai spek, lalu chek timing pengabutan, setelah semua normal anda bisa melakukan purging dulu ke unit mobil anda beserta memastikan kesemua filter bagus. lalu cobalah melakaukan Italian Tune Up .... dan coba dilihat apakah asap putihnya masih keluar.
Deletetrima kasih masukan nya mas yamato.....sangat bermanfaat
DeleteMaaf pa mau tanya, panther saya tahun 1994 klo udh jalan jauh kira2 10km air radiator keluar dari selang pembuangan uap oli itu kenapa ya? Kadang aliran airnya lumayan banyak pernah sampai habis. Tapi air yg keluar bersih tidak bercampur oli. Mohon pencerahannya. Trims
DeleteKasus yang aneh, harusnya air itu kalau ada kebocoran di mantel jaket ya harus bercampur dengan olie dari mesin, Kalau air radiator dampe keluar dari napas hawa mesin brarti mantel jaket radiator ada yang bocor ( bisa bocor dari perpack atau dari silinder head yang pernah melengkung ( tidak rata)
DeleteTrima kasih atas jawabannya pa. Tapi apakah panther 2300 itu ada masalah karena temperature nya selalu di atas c satu baris? Jd bekerja dibawah suhu normal sehingga terjadi kebocoran radiator? Tetapi kondisi oli normal tidak berkurang dan tidak bercampur dgn air. Trims sebelumnya
DeleteYa ada salah kaprah dari beberapa orang mengenai posisi jarum temperatur mesin, mereka beranggapan bahwa mesin harus dingin dengan jarum berada di C, padahal tiap mobil setelan dari kondisi normal saja udah berbeda letak jarumnya, ambil contoh panther kotak 2500cc itu tempertaur standarnya ada di 1/4 sementara buat panther kapsul standarnya ada di 1/2. jadi ngak perlu dirisaukan. Anda boleh risau ketika temperatur berada diatas 1/2 atau 3/4 atau malah masuk ke garis merah ... lha itu baru darurat, wajib minggirkan mesin untuk diperiksa
DeleteOk pa terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Salam
DeleteMau nanya Mas,
ReplyDelete1. apa fungsi turbo pd mesin.
2. Ispan generasi pertama apa sdh. sistem turbo?
3. Apa mesin yg blum turbo dapat dipasang turbo?
Trims...
1. Turbo alat yang dipasang di exhaust manifold memanfaatkan gas buang untuk memutar turbo yang kemudian turbo akan menghasilkan udara bertekanan yang disalurkan ke intake manifold,
Delete2. Ispan mulai turbo ada di generasi kapsul matic. turing dan kemudian semua unit panther setelah 2007 (euro2)
3. Semua mesin pada hakekatnya bisa dipasang turbo
Trims jawabannya. Mau nanya satu hal lagim panther sy (TBR 52 thn 95) itu tda. difungsikan lagi pompa olinya. Istilah bengkel sdh di bypass. Bgmn mEnurut Mas Iwan...? Apa tdk ada pengaruh ke mesin atau akselerasi...?
ReplyDeletemaksudnya pompa olie di bypass gimana? apakah maksudnya udah ngak pake filter olie lagi ? atau gimana ?? kan unit pompa olie harus bekerja ketika mesin bekerja kalau ngak ya 1-2 menit mesin pasti hancur bila pompa olie ngak berfungsi
DeleteMw tanya Mas Iwan, panther 2008 sudah jalan 100 rb km,apakah sudah wajib ganti engine mounting. Trims
ReplyDeleteengine mounting itu hanya piranti kenyamanan, sebenarnya kalau mau bagus ya tiap beberapa tahun sekali wajib ganti karena karet sudah mampat mengendong mesin
DeleteMAaf Mas, maksunya Yang dibaypass itu pompa solarnya Bukan pompa oli.
ReplyDeleteTrimakasih jawabannya..
Pompa Solar pada Isuzu panther itu selain berfungsi sebagai pompa dia berfungsi sebagai sedimenter alias alat penangkap air pada solar, jadi apakah bermasalah atau tidak ya namanya juga kehilangan sebuah fungsi tentunya akan kurang maksimal.
Deletetks bos, sangat membantu.
ReplyDeleteMaaf om mau tanya, klau kemudi dputr kekanan mentok n ad suara mesin beradu, tu mksdnya gmn om ??
ReplyDeletemohon penjelasannya n ap yg hrus dwspadai ?? trimakasih
Ketika stir diputar maksimal ke kanan, itu yang bekerja adalah pompa powestering dan unit stering dari roda seperti joint dan terot,.. jadi coba silahkan periksa kondisi kaki kaki mobil anda.
DeleteAki sering nge drop ga bisa suplay strom ke dinamo starter, bahkan sudah ganti dgn yang baru tetap drop. Apa yang hrs diperiksa...?
DeleteKemungkinan Alternator anda tidak berfungsi optimum, silahkan meluncur ke topik
Deletehttp://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/mengenal-accu-aki-akumulator-baterai.html
Maaf om, mau nanya..saya punya panther 95 (2,3)..klo setiap oper gigi persneling dari 1 ke 2 koq agak susah tp 3 ke 5 terasa lembut. Trus lampu hazard dan lampu sein nya gak mau hidup, pernah ada keluar bau gosong dr bwh dashboard, apa ad mslh dgn kabel body ya..! Mohon komentarnya om trima kasih.
ReplyDeleteCoba periksa dulu Olie verneling ganti sesuai spesifikasi dan cek Kabel kopling anda, setel sesuai dengan aturan. Kadang Setelan kurang Prei juga bikin perindhan gigi alot, tapi bila semua oke ya siap siap aja fifi transmisi anda udah ada yang aus.
DeleteSam Nawi kucing ayas hi sporty 1998 jarang diajak jalan2 smp skr blm nyampai 100 rb km. Hanya dibawa ke kantor aja yang jaraknya pp g smp 10 km. Barusan ayas beliin prestone diesel fuel treatment. Disitu tertulis " treats up to 35 gallons". Apa ayas tuang seluruhnya untuk satu kali full tank atw separo aja, yang separo untuk diisikan full tank berikutnya? tengqu sblmx
Deletekalau 35 galon lebih dari 120 liter, ya sebaiknya anda bagi 2, dan sisanya disimpan untuk treat 5000 km yang akan datang.
DeleteKamsia Sam. Boleh tanya lg ya Sam, kucing ayas klo pedal gas ditekan mendadak bukannya kontan lari , tp malah terkesan tenaganya berkurang. Apa terlalu boros BBM? Tolong ayas dikasih pencerahan. Juga artikel ttg plus minus memajukan timing pengapian selalu ayas tunggu.
ReplyDeleteya itu tergantung dari kondisi um, bila misal anda masih pake gigi 4 jalan pelan lalu gas ditekan mendadak tentunya mesin akan seperti kehilangan tenaga, wajar itu, tapi bila anda pake gigi sesuai dengan kecepatan harusnya ketika di gas mendadak ya mesin akan lebih responsif, :)
DeleteGigi sesuai kecepatan Sam. Misal dari gigi satu ke gigi dua gitu. Jadi hrs "nggiring". Trus kenapa ya Sam n minta tips solusinya sekalian. Pengalaman yg membuat jantung deg2an ayas alami wkt naik tanjakan di cangar klo qt parkir di bawah. Gigi satu , pas mau belokan patah + tanjakan, ayas tekan gas eh malah libom tmbah krg tenaga n mw melorot. Akhirnya gas sedikit ayas kurangi n libom mau jalan walau ban belakang sempat muter kenceng terlebih dulu. Penumpang 3 org, 2 dpn n 1 ditengah.
ReplyDeletememang sistem gardan panther kan belum LSD jadi bila salah satu roda kehilangan traksi tentunya tenaga mesin hanya terjadi di roda yang berputar, Bahaya itu bisa nguling kalau ekstrim. Tanjakan Curam dan belok mendadak lalu ban belakang selip itu hanya faktor ketrampilan pengemudi saja. itu sama kasusnya ketika anda nanjak lalu salah satu roda belakang menginjak tanah basah bukan aspal tentunya mobil akan spin dan kehilangan traksi,
DeleteTambahan Sam, filter oli, filter solar baru n ori. Filter udara karena msh bgs cuman dibersihin aja. Pelumas baru ganti smua dr jenis terbaik.
ReplyDeletemas iwan, sy punya panther pick up 2005 , kalau ac di nyalain kok getaran mesin bertambah besar,sehingga pas nanjak kalo posisi ganti gigi ngga pas mesin bisa mati, pas di matikan ac nya kembali getaran normal kembali, apakah penyebab nya..mungkin mas iwan bisa punya solusi nya...trims berat
ReplyDeleteApakah ketika AC dihidupkan kondisi stationer mesin anda menurun?
DeleteBila ya kemungkinan vakum AC nya ngak bekerja ( kabel copot dll0 atau setelan kurang besar, atau untuk kondisi yang ekstrim ada kerusakan pada kompresor AC anda sehingga putaran menjadi sangat berat sehingga membebani mesin anda
panther terkenal sangat irit. bagaimana perbandingan konsumsi bahan bakar antara mesin konvensional dan menggunakan turbo?mana yg lebih irit?
ReplyDeleteterimakasih
Untuk Diesel Konvensional pengaturan pemakaian Solar diatur oleh injection pump, jadi misal anda memeliki mesin A non turbo pemakaian Solar 1:14km, Lalu cuman dicangkok Turbo, Sementara Injection Pump tidak direbuh tentunya pemakaian Solar adalah tetap. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang harus memakai udara dan bensin AFR 1:14,7
DeleteDalam Diesel udara mau di pasok berapapun tidak menjadi masalah buat mesin.
Jadi Kesimpulan tergampang pemakaian Turbo pada mesin diesel justru meningkatkan tenaga/ efisiensi mesin tanpa mengorbankan pemakaian BBM ( syarat dan ketentuan berlaku)
bos mau tanya nich kemarin habis ambil panther ls 2001 matic turbo mau tanya apakah tuas matic bisa dipindahkan saat kondisi jalan misalkan waktu tanjakan di D pindah ke 2 gitu??idesalnya kalu matic ini 1l bisa tembus brp KM Y??sama untuk suara mesin biar halus gimana ya bukannya yang model 2kapsul suara udah lmayan halus apa oli pengaruh saya pakai valvoline.tx
ReplyDeleteSangat Bisa, anda bisa bisa mengubah ke 2 atau L waktu mobil berjalan dturunan agar bisa mengunci gigi ngak lebih dari 2 ( Efek Rem mesin), Untuk unit mesin Panther dimana masih sistem lama, pemakaian olie ngak akan terlalu merubah suara mesinnya he99
Deleteuntuk pemakaian Solar untuk matic Ispan biasanya lebih boros 20% dari Panther manual ya kira kira mungkin 1:11-12km buat luar kota,
Ikut nimbrung om,mo nanya kenapa foglamp ispan 01 saya sgt sering putus bolamnya,trmz
ReplyDeleteBohlam putus ada 2 kondisi, kondisi internal, (9 arus yang besar, konsleting, dan kualitas bohlam yang jelek) sedang kondisi eksternalnya bisa karena kondisi foglam yang ngak rapat sehingga misal kena air, dll itu juga bikin bohlam cepat putus.
DeleteGan, apa bener phanter tangguh n bandel? Soalnya aku rencana mau beli phanter gen 3, tapi masih ragu takut salah pilih. Trus perawatan mudah ga?
ReplyDeleteMobil itu dilihat Ketangguhan dan Kemudahan perawatan silahkan dilihat dari purna jual bekasnya pak, misal semua orang tahu kalau mesin carry 1000 cc itu terkenal tangguh dan badak, demikian juga mesin yang dipasang pada jimny dan katana ( karena mesin sama) mereka bisa dikaakan badak karena mudah perawatab dan harga sparpart yang murah. Demikian juga panther apalagi generasi 3 (kapsul) dimana mesin berupa mesin konvensional non timing belt jadi perawatannya hanya ganti olie dan filter2nya saja. he99 Tapi hati hati kalau beli panther bekas, harus teliti, karena biasanya panther mobil perang, jarang dirawat ama pemilik sebelumnya
DeleteMas iwan mau nanya,ini aku baru beli panther 2005 standar,kemarin hbs ganti pompa solar dan filter solar serta filter oli,cm saya kow merasa kecepatan mobil saya nggak maksimal di jalan tol,sering disalip mobil2 kecil kayak xenia avansa,pada saat gigi sdh mencapai 5 sdh berat di kecapatan 110km/jam dan masih sering disalip mobil2 kecil apa yg salah speedo meter saya,karena pada saat di gigi 5 kecepatan sdh berat dan kayaknya pengen oper di gigi lbh besar,kayak blm max kecepatannya,temperatur saya stabil tp diatas 1/2 dikit itu normal nggak,tp kl ac dimatikan dibawah 1/2,kemarin stir mobil saya agak spelling trus sdh distel warm stirnya di bengkel cm koq agak berat kalau habis belok tidak langsung balik sendiri secara ringan seperti sebelumnya...mohon pendapatnya ...terimakasih
ReplyDeleteuntuk ispan 2005 seharusnya top speednya bisa 130-160an tergantungkondisi mobil dan keberanian pemilik. untuk temperatur coba anda baca di blog ini bagian radiator adan overheat mesin. kalau worm stir disetel agak berat ya jadi seperti itu, hati hati setelan diluar normal bisa bikin cepet jebol unit PS.
Deletesalam kenal om....
ReplyDeletesaya mau tanya letak nomer rangka dan nomer mesin panther pick up th 1994,
dimananya om..??
mohon jawabannya,
sebelumnya saya ucapkan terima kasih
Untuk no mesin ada didekat silinder kop bagian belakang, sedang nomer rangka persis di sasis sebelah kiri belakang ban depan kiri dekat baut torsi
Deletemohon jawabannya ke email saya om,www.fortuna9000@gmail.com
ReplyDeleteterimakasih jawabannya om,sangat berguna.
ReplyDeletesaya mau tanya lagi om...tongkat operan persneling sering aus,selama ini hanya di las bubut tp gk tahan lama,klu diganti bagusnya merk apa om dan berapa kira2 harganya..??
tankz om...!!!!!!!!
Maksudnya tongkat verneling itu apa ya um, a[akah tongkat di ruang kemudi yang buat mengoper verneling? bukankah tongkat itu hampir dikata jarang rusak?
Deletebetul om,tongkat buat ngoper persneling diruang kamudi,bagian yg msk kedalam,disitu ada bulatan,nah dibawah bulatan itulah yang sering aus om....terimakasih pencerahannya,sukses sllu bwt om...
Deleteoya om,maaf banyak nanya ni...tolong om rangkaian jalur klakson beserta warna kabelnya..terimakasih..!!!!!
DeleteUntuk tongkat kalau dengan las bubut tentunya anda hanya mendapat besi yang muda kekerasannya kurang, anda bisa pakai cara reskritalisasi tongkat tersebut dengan cara dipanaskan sampai membara lalu tiba tiba dicelupkan kedalam olie atau air (hardening)
DeleteUntuk kabel klaxson saya ngak hapal detail warna kabelnya
om iwan mau nanya,..Panther saya higrade 97' timing nya pakai timing belt ato pakai gigi ? trus soal pemakaian cairan pembersih kerak yg dcampur B,bakar apakah tdk merusak komponen ruang kompresi(ikut menggerus klep2 , ring piston dan cylinder liner ) trims atas pencerahanya
ReplyDeletemesin panther semua memakai timing gear, untuk pembersih kerak sih konon tidak berbahaya buat metal (klaim pembuatnya)
Deleteoom, tinggal dimana/kerjaan dimana? bisa kopdar? saya di jakarta barat, dan saya ingin konsultasi gratis heheh
ReplyDeleteSaya di Jateng Selatan, Untuk bantuan Konsultasi bisa berkonsultasi ama member Panther Mania lain di Jakarta um, silahkan ikut kopdar aja tiap minggu akhir bulan, waktu dan tempat coba panthau di panther-mania.org
Deletepak iwan mau nanya. panther HS 97 sekarang kalo kondisi macet panasnya 3/4 lebih, tapi kalo jalan kondisi normal 1/2 kurang dikit. apakah itu normal atau apa yang perlu di cek?soalnya dulu waktu pakai pertama panasnya cuma 1/4 kondisi normal. tapi dulu juga kalo pas macet panasnya 3/4 lebih.radiator sudah dibersihkan tapi masih tetap sama.mohon saran pak iwan. trims...
ReplyDeleteCoba diperiksa kondisi Thermosthatnya, (walau saya curiga itu udah ngak pake thermostat).
ReplyDeletePak iwan mau tanya,
ReplyDelete-kalo panther 2002 itu generasi keberapa ya? Apakah trgolong kapsul?
-Terus apakah benar 1500cc? Krn bukannya mesin diesel cc nya besar2 ?
Maaf msh awam untuk mesin diesel,
Trm ksh
panther 2002 itu generasi ke 3, atau sering disebut kapsul untuk ccnya adalah 2500cc directj injection dan untuk yang varian turing udah memakai turbo
DeleteMaaf mnta bantuan jawabannya pak Iwan segera, krn mau ambil unit punya tmn. Trm ksh
ReplyDeletekemarin sempet cek ternyata tidak ada thermostatnya, dan saya coba bongkar fan kemudian saya tambahi oli silicon akhirnya temperatur 1/4. tetapi kondisi macet naik jadi 3/4.apakah ada thermostat temperatur jadi stabil pak iwan, sedangkan tanpa thermostat aja temperatur bisa naik sampe 3/4.
ReplyDeleteterimakasih
sesuai fungsinya maka tanpa thermostat suhu mesin akan naik turun sesuai kerja mesin, bila mesin bekerja keras (akselari/ macet tentu suhu naik) bila mesin sedang jalan menurun atau hujan deras suhu temperatur akan anjlok karena overcooling. saran sebaiknya silahkan anda pasang thermostat dan kemudian lakukan flush radiator dan beri coolant agar maintenance menjadi free.
Deletemaaf pak iwan mau nanya lagi
Deleteispan HS 97 kalo jalan 1/4 kalo macet panas sampe 3/4
sesuai saran pak iwan dipasang thermostat.
sekarang selang satu jam mobil nyala dalam keadaan berhenti panas mobil 1/2 lebih sedikit. apakah itu normal atau ada yang perlu di cek lagi?
ada 2 kondisi ispan kalau kotak normalnya 1/4 kalau yang jenis kapsul 1/2, tampaknya itu beda spsifikasi thermostatnya (beda bukaan suhunya) kalau HS anda 1/2 kemungkinan itu kurang dingin sedikit, tapi bila ternyata suhunya tetap di 1/2 terus mau nanjak mau macet dll tetap1/2 ya itu brrti masih normal pak, yang ngak normal itu setelah pasang thermostat suhu tetap naik turun. ngak mau stabil
Deletelha ini kan masih kotak pak HS 97
Deletekalo di termostatnya tulisannya 82 c
coba nanti saya cek beberapa kali buat perjalanan...semoga lancar pak
terima kasih atas saran dan masukannya
terima kasih
ReplyDeleteSelamat malam p iwan
ReplyDeletekira2 mending pilih higrade thn 1997 atau panther LV tahun 2000 dilihat secara fitur dan ketangguhan mesin
terima kasih
Untuk mesin tidak ada perubahan yg signifikan, sedang untuk fitur tentunya sangat berbeda karena dalam varian hi grade itu adalah varian tertinggi, meliputi doble blower, central lock dan lain lain, tentunya tidak anda dapatkan pada varian medium level macam LV. Untuk memilih tentunya akan sangat tergantung dari selera anda karena sudah melibatkan bentuk body yang berbeda.
Deletepak iwan.sya mau tanya.kenapa panther higrade 2000 saya keluar asap dr tutup oli mesin..? mhon pnjelasan nya..trmkasih
ReplyDeleteKetika mesin bekerja, dia melakukan pembakaran, ketika terjadi kebocoran maka sebagian hasil kompresi pembakaran tersebut akan menerobos sela sela ring piston dan menuju ke ruang mesin. ketika anda membuka tutup olie mesin maka asap dari sisa pembakaran itu yang anda lihat.
Deletepak iwan saya rencana mau beli panther LS matic tahun 2001....
ReplyDeleteada saran apa pak? yang harus saya perhatikan dari mesin dll...karena saya tidak terlalu mengerti mengenai mesin mobil... apalagi matic... karena biasa bawa kijang super bensin manual....
mohon balasannya ke email saya di : heavenorth@gmail.com
makasih pak iwan
Oh ya pak iwan, panther LS semua sudah pakai Turbo kan ya pak? pak iwan di jateng selatan kota mana pak? hehehe
DeleteUntuk matic atau manual sama seperti petunjuk pembelian mobil pada umumnya, untuk turbo hanya ada pada ispan matic dan LS tahun 2005 keatas.
DeleteKalau sekedar saran sih ada baiknya anda mengambil unit manual saja. karena pada matic BBM akan lebih boros dan terasa bolot pada mesinnya.
saya berencana mau bei ispan bekas Thuan 1997 ke atas antara Hi Sporty dan HI grade recomended mana mas terimakasih
ReplyDeleteitu masalah selera um, hi sporty dan hi grade relatif sama, cuman beda kalau hi grade ada kipas kaca belakangnya. hi sporty ngak ada kipas kaca belakangnya.
Deleteom iwan, saya mau nanya, kalau spedometer mati di penunjuk kecepatan sedangkan yang lainnya hidup. itu cek kabel/switchnya disebelah mana ya om? dekat bospom?
ReplyDeletetks..
semua sensor ada di bak verneling bukan di IP, di IP cuman ada kabel selenoid buat stater.
Deletepak saya mau membeli panther ppl thn 1995....hal -hal apa saja yang perlu di cek...trimakasih informasinya
ReplyDeletesilahkan cek mesin suaranya, juga kering tidak mesinnya, waspada suara2 gesekan / kasar, lalu test jalan, pastikan perpindahan verneling lancar dan waspada suara dengung2, lalu amati body (relatif tidak bisa dijelaskan) terakhir pastikan surat2 dan no rangka mesin bagus (bila perlu ke samsat buat cek bantu fisik)
Deletenumpang nanya gan apa bener kalau mobil diesel itu tarikannya berat pada awalnya
ReplyDeletemasalah berat atau tidak itu kita harus membandingkan kriteria dengan mobil yang sekelas, misalnya captiva diesel 2000cc dengan crv 2000cc bensin. tentunya kita ngak bisa membandingkan misal tarikan bmw x1 diesel ama misal kijang inova bensin. atau honda civic terbaru dengan isuzu panther. masalah berat tidak itu tergantung dari teknologi yang menyertai.
Deletesalam kenal mas.....saya mau tanya dimana letak nomor mesin dan rangka panther hi gread thn 96..trima kasih sebelumnya
ReplyDeleteno mesin ada di bagian belakang di body mesin bawah silinder cop, sedang no rangka ada di sasis depan sebelah kiri dibawah pintu depan kiri
Deletemas iwan mau tnya nee...nilai yang resistansi (ohm) yng terukur pada coolant temperature sensor panther pada saat temperatur kerja berapa ya??mohon jawabannya...trims...
ReplyDeletewah kalau itu maaf saya tidak tahu.
Deletepak iwan panther hi sporty saya kalu pas gelontor perseneling netral itu bunyi kleteg kleteg di bawah kemudi itu apa ya pak apa gardannya
Deletecoba periksa unit stir mulai dari worm stir kopel as stir beserta tirod2nya, stationer getar sehingga bunyi itu.
DeleteTentang isuzu panther ls turbo?
ReplyDeletepermisi gan,..nih ane mau tanya seputaran mobil nyokap ane..
begini,..nyokap ane punya isuzu panther turbo 2006 yang baru dibelinya dari showroom di kota ane,..
katanya setelah di setel klep dan ganti oli,..
asapnya masih ttep putih,..ya meskipun bukan asap putih pekat,..cman tipis,..kalo digeber ntar ilang...
trus dari sistem turbonya,..di selang turbonya, yg dri intake,..ada sejenis oli gtu,..apakah itu normal?
dan apa emang turbo isuzu panther tidak bersiul kayak turbo2 lainnya?
trimakasih atas jawabannya,...
asap putih itu banyak faktor, bisa karena pembakaan tidak sempurna atau karena timing tidak pas bisa juga karena kualitas bahan bakar, edang kalau intake manifold turbo ada olie brarti kemungkinan itu olie berasar dari selang hawa mesin, untuk turbo ngak bersiul sihemang harusnya udah bersiul tapi kan panther suaranya mesin keras jadi siulan ngak begitu kedengaran, he9
Deleteowalah,..gtu ya pak,...bukan dari jeroan mesin kn klo asap putih?
Deletesoalnya ane ikut khawatir nih,..mklum dlu bawaannya ispan yg N/A....
untuk tubo sendiri gpp kan klo ada oli d saluran intakenya?
trimakasih jawabannya pak,..
sukses selalu,..^^
cara termudah melihat kesehatan mesin adalah melihat jumlah olie mesin didalam mesin. bila olie mesin berkurang itu berbahaya, brarti olie sudah naik, bila olie mesin berubah warna itu brarti tercemar kotoran/ air dari luar. selama cuman asap putih olie tetap dan tidak menggangu performa ya dibiarin aja, siapa tau cuman karena penggatuh bio solar saja
Deleteokee pak,..matursuwun pencerahan.e..
Deletesukses selalu,...^^
Salam Boss,,,,
ReplyDeleteSaya memakai Pather Grand Royal 1996, beberapa hari lalu selang radiator bagian belakang (sambungan antara selang karet dengan pipa) bocor. dan mesin sempat mengalami over heat. Sudah diperbaiki, hanya masalahnya adalah :
1. Indikator temperatur selalu naik (padahal sebelumnya tidak).
2. Asap kendaraan sering putih, dan sangat jarang hitam.
Mohon pencerahannya, terima kasih...
1, coba periksa thermostat dan kebocoran
Delete2, kalau putih macammacamsebabnya bisa dari timing pengabutan ngak pas, kualitas bbm,atau olie mesin naik juga bisa.
Salam mas Iwan,
DeleteSy rencana mau pakai panther tp belum mengenal mesinnya, tolong dijelaskan :
1. Panther tertua tahun berapa yg sdh direct-injection? th 96 apakah sdh direct injection?
2. Apakah indirect bisa dirubah jd direct? Komponen apa yg dirubah / ditambah?
3. Apakah mesin generasi 2 & 3 bisa ditambah turbocharger / yg tahun berapa saja yg masih bisa / pantas pakai turbo?
4. Touring 2001 matic bisa dirubah jd manual?
Tolong infokan ( kalau ada ) alamat bengkel yg bisa mengerjakan poin 2-4 disekitar Semarang, dan kalau mungkin perkiraan biaya komponen+jasanya.
Mohon kesediaannya utk mengirim jawabannya ke : mike3me@gmail.com
Terimakasih banyak atas semua jawabannya, semoga mas Iwan tambah sukses.
Disebutkan oleh mas Iwan diatas, bahwa H Sporty = Hi Grade, apakah spek engine dan body 99% sama, perbedaan hanya 1 yaitu di wiper belakang?
DeleteTerimakasih.
1, 1996 itu th peralihan ada yang 2300cc ada yang 2500. kalau semua 2500cc pasti udah direct injection
Delete2. bisa tapi terlalu ribet karena menganti desain dome ruang bakar.
3. semua mesin bisa dikasih turbo
4. bisa. kalau bisa sih lebih baik matic anda dijual untukganti yang manual.
higrade dan hi sporti itu beda pelek dan ban dan body lift aja + sidekirt , sementara minus wiper belakang.
Mas Iwan, mohon infonya :
ReplyDelete1. Banyak yang bilang kalo AC panther (dalam kondisi normal) lebih dingin dibanding mobil bensin karena kompresornya lebih besar. Apakah benar ?
2. Apa bedanya solar non subsidi pertamina dengan solar milik shell/total/petronas ?
3. Ada referensi penjual mobil yang bisa dipercaya karena saya rencana mau beli panther 2500 tahun 1998.
Terima kasih banyak Mas Iwan.
1. karakteristik diesel yang besar torsi maks di putaran rendah, tentunya akan membuat mesin bisa didesain mengunakan kompresor dengan daya yang besar. kompresor daya besartentunya hasilpendinginan akan maksimal.
Delete2. hampir dikatakan 11=12 hampir sama.
3. referensinya ngak ada bos, belilah mobil sesuai dengan feeling dan selera anda. he99
om iwan saya ada maalah ni di selang pernapasan panther saya keluar asap, katanyamah seal klepnya harus ganti ada tutorial ganti kepala silinder ga? rencananya saya mau DIY juga. Kemarin ganti air radiator ke coolant alhamdulilah berhasil mudah2an bagus terus. Terimakasih
ReplyDeleteuntuk mobil lama dan highmileage adalah wajar kluar asap karena kebocoran kompresi. selama jumlah olie mesin tidak berkurang drastis, tentunya proses perbaikan tidak terlalu diperlukan. karena kalau tidak menemukan bengkel dan montir yang baik tentunya proses bongkar mesin belum tentu menyelesaikan masalah.
DeleteTadinya ga keluar asap, cuma kemarintuh ceritanya mesin baunya ga enak terus sy lihat ternyata air radiator kurang ada 1 botol aqua lebih. Sejak itu mobil jadi ada asap putih di selang hawa. Kemarin sy DIY ganti seal klep. Kyknya masih berasap kyknya harus ganti ring jg ya? Mohon pencerahannya
Deletehampir sama mas, malah saya habis ganti oli dan filter oli malah jadi ngasap di selang pernapasan cuma di knalpot tidak keluar. apa yang salah ya mas? kenapa bisa seperti itu. mohon pencerahannya
DeleteLampu dasboar tidak menyala pada isuzu dmax stater jadi susah apa solusinya si
ReplyDeleteSalam kenal mas, panther sy HG 96, larinya kencang, solar 13-14 km/ liter, AC dingin, kelisttikan normal. Masalah ada pada kaki2. Klo jalan pelan2 terasa bunyi kruk2 sekitar roda depan dan dari bawah belakang bunyi nguuk2. Tp klo jalannya kencang bunyi2 itu hilang semua. Roda sdh sy dongkrak dan sy goyang2, terasa kuat tdk terasa 'oblak'. Mohon sarannya, tks.
ReplyDeletecoba pastikan semua baut2 suspensi kencang kalau jalan kencang hilang itu mungkin karena ketutup ama suara angin dan mesin
DeleteOM cari buku manual kelistrikan untuk phanter pick up dan phanter touring dimana ya
ReplyDeleteitu di manual service ada, anda bisa mencari kenalan bengkel atau toko sparepart untuk memfotokopi
DeleteGan mulai tahun brp panther turbo keluar ? , menurut saran agan enak.nya beli panther mulai tahun brp aja yg perawatannya gampang , trima ksh gan mohon pencerahannya lg cri2 panther bekas gan budget 100jtan
DeleteGan mulai tahun brp panther unit turbo mulai keluar , saran agan enaknya beli panther mulai tahun brp ? Yg menurut agan gk rewel ragat
ReplyDeleteHalo salam kenal...saya berniat beli Panther LS Matic tahun 2001 atau 2002. Apakah susah dan mahal untuk merawat transmisinya dan apabila harus diservis berapakah biayanya...?. Dan apakah juga rutin mengganti kanvas kopling seperti transmisi manual..?. Mohon pencerahannya karena saya masih awam...Terima kasih.
ReplyDeleteuntuk matic perawatannya ya hanya menganganti olie secara periodik dan karena jumlahnya volume banyak maka tentunya perawatan akan lebih mahal. Bila memang anda masih awam dan dengan kondisi ispan matic sendiri yang sudah berumur alangkah baiknya anda membeli yang manual saja. karena perbaikan dari transmisi matic bisa 5-10x lipat dari unit manual. disamping anda akan kehilangan performa dari mesin anda karena memakai unit matic.
DeleteTerima kasih pak Iwan atas masukkannya...berarti harus berganti haluan ya....salam.
ReplyDeletePak Iwan yang baik hati. saya masih awam tentang mobil panther. Saya berencana ingin membeli mobil panther LM 25 tahun 2003. yang saya baca dari beberapa literatur tentang generasi panther bahwa mobil panther keluaran tahun 1996 keatas sudah menggunakan mesin 2500 cc, tetapi yang saya heran di STNK mobil LM tahun 2003 tersebut isi silinder nya tertulis 2300 cc. yang ingin saya tanyakan:
ReplyDelete1. Apakah memang ada mobil panther LM keluaran tahun 2003 yang masih menggunakan mesin 2300cc?
2. ketika mesin hidup saya mencabut dipstik olinya untuk melihat kondisi olinya sebagaimana tips dari artikel pak iwan diatas. ketika mulai dicabut ada sedikit (tidak banyak) keluar asap putih gelap keluar dari lubang dipstik,pertanda apakah itu?
3. ketika dicabut dipstiknya posisi oli kira-kira hanya hanya 1 (satu) cm pada ujung dipstik oli, bagaimana dengan hal itu?
4. stir agak kosong/ngeloyor? kira-kira berapa biaya memperbaikinya stir yang kosong tersebut?
Terima kasih atas kebaikan Bapak. semoga bapak Sukses Selalu. Adi
Pak Iwan yang baik hati. saya masih awam tentang mobil panther. Saya berencana ingin membeli mobil panther LM 25 tahun 2003. yang saya baca dari beberapa literatur tentang generasi panther bahwa mobil panther keluaran tahun 1996 keatas sudah menggunakan mesin 2500 cc, tetapi yang saya heran di STNK mobil LM tahun 2003 tersebut isi silinder nya tertulis 2300 cc. yang ingin saya tanyakan:
ReplyDelete1. Apakah memang ada mobil panther LM keluaran tahun 2003 yang masih menggunakan mesin 2300cc?
2. ketika mesin hidup saya mencabut dipstik olinya untuk melihat kondisi olinya sebagaimana tips dari artikel pak iwan diatas. ketika mulai dicabut ada sedikit (tidak banyak) keluar asap putih gelap keluar dari lubang dipstik,pertanda apakah itu?
3. ketika dicabut dipstiknya posisi oli kira-kira hanya hanya 1 (satu) cm pada ujung dipstik oli, bagaimana dengan hal itu?
4. stir agak kosong/ngeloyor? kira-kira berapa biaya memperbaikinya stir yang kosong tersebut?
Terima kasih atas kebaikan Bapak. semoga bapak Sukses Selalu. Adi
1. tidak ada itu mungkin hanya kesalahan pengetikan aja di samsat.
Delete2. mungkin ada sedikit kebocoran kompresi
3. untuk memeriksa dipstik olie slalu pastikan mesin dalam keadaan dingin (menunggu olie mesin turun ke bak calter semua)
4. stir ngeloyor banyak penyebabnya mulai dari kaki kaki sampe suspensi depan kondisi ban pelek dll. perbaikan tergantung sikon
Selamat Sore Pak Iwan, salam kenal, saya pengguna baru untuk panther tahun 97. Namum sepertinya ada masalah di elektriknya. Jadi itu terlihat saat saya menyalakan sign atau wiper indikator voltage nya kok ikut turun bersamaan dengan kedipnya lampu sign atau geraknya wiper. Terus itu juga saya rasakan saat saya menyalakan AC, suara mesin tiba2 jadi berat dan seolah seperti mau mati saat mesin posisi idle. Nah itu permasalahannya kenapa ya Pak, apa ada yang short atau bagaimana? Mohon pencerahannya Pak, terima kasih..
ReplyDelete1. bilakondisi alternator dan accu sehat tentunya itu hanya masalah kekurangan massa/ ground aja, coba priksa di kabel jkabelsein dan motor wiper pastikan soket soket menempel dengan baik
Delete2. kalau ac nyala 9kompresor bekerja) dan mesin menjadi turun putaran stationernya kemungkinan cuman idle up ac ngak bekerja atau bekerja tappi kurang besar atau bila idle bekerja kemungkinan kompresor bermasalah jadi putaran menjadi berat. banyak faktornya
Salam kenal mas iwan,
ReplyDeleteSaya imam dr semarang.
Kemarin ditawarin panther generasi pertama (th 1992).
Mau tanya ni mas, yg taun segitu ap sudah power steering? :D
Terus, kelemahannya apa saja ya mas? Jd nanti lgsung saya ganti kalau udah kebeli.
matursuwun
Salam kenal mas iwan,
ReplyDeleteSaya imam dr semarang.
Kemarin ditawarin panther generasi pertama (th 1992).
Mau tanya ni mas, yg taun segitu ap sudah power steering? :D
Terus, kelemahannya apa saja ya mas? Jd nanti lgsung saya ganti kalau udah kebeli.
matursuwun
sy dr salatiga mau nanya om?
ReplyDeletesy pingin coba ganti sendiri filter solar,
tapi adakah yang penting/berbahaya jika dilakukan sendiri tanpa bengkel ahli??
mohon panduannya...mkh sebelumnya
filter solar sangat mudah diganti sendiri, ritual yg harus diperhatikan ya cuman jangan lupa melumasi dengan solar/olie karet filter solarnya lalu pasang dengan tangan dan pastikan memasangnya dengan benar setelah terpasang kencang boleh dikencangkan dengan kunci kira2 1/8 putaran saja. lalu setelah itu ritual yang terpenting harus dipompa untuk mengeluarkan angin di filter solar pompa sampe pompa menjadi keras. selesai
Deletemakaasih gan tips membeli mobil isuzu bekasnya hehe
ReplyDeletejadi makin lihai deh ane untuk memilah mobil bekas
sangat bermanfaat gan
Mas iwan..grill phanter turbo ls 2007 bisa ndak ya di pasang di phanter 1993.. Terima kasih
ReplyDeleteurusan dipasang tentu saja bisa, hanya saja harus banyak modifikasi beserta bikin dudukan baru
DeleteAlhamdulillah, jadi mantap milih panther... forumnya adem dan merakyat... tunggu tabungan kumpul...
ReplyDeletePak Iwan... mau nanya ...Dimana timing mark Ispan ...Aku mau kalibrasi FIP....Apakah ada tanda ( mark ) front mesin? Dan apakah timing gear2 Ispan selalu mendapat pelumasan oil... Terima kasih
ReplyDeletetandanya ya didekat IPnya, timing gear ispan selalu mendapat pelumasan olie mesin
Deletesalam kenal,2 tahun yg lalu saya prnh ngrawat kijang,lalu kami jual krn ada kprluan,nah skrg kami kpngin pelihara kucing,kr2 pilih hi grade apa hi sporty ya?mengingat sy ni awam thdp mesin,trus krmrn hmpir dpt tp kata ipar saya tu kucing hasil sulapan,itu maksudnya gmn?..sblmnya maturnuwun atas bantuannya.
ReplyDeletehi sporty atau hi grade itu tergantung selara anda bos, untuk jenis hi sporty dan sporty ada penambahan body kit da pengunaan ban lebih besar, akan tetapi penambahan besar ban tersebut tidak diikuti dengan kalibrasi spedometer dan final geer, jadi hasil akhirnya pembacaan spedometer ngak akurat. dan tentunya tarikan agak lebih berat karena finalgeernya sama dengan yang digunakan untuk ban standart.
DeletePak iwan saya baru beli panther royal 96...dri penjelasan mengenai thermostat saya trtarik utk pasang...sprtinya ispan saya blm pakai gejalanya klo macet naik smpe 1/4 klo jln lancar apalagi di pagi hari suka drop sampai dibawah garis C...pertanyaannya utk ispan kotak thermostat yg cocok yg suhunya brp?biar bsa ttp jarum temp di 1/4 apapun kondisinya...makasi pak
ReplyDeletebilang aja ke penjualnya untuk panther kotak th 96 nanti dia akan membaca dari tabelnya suhunya tertera di badan termostat itu kalau ngak salah sekitar 84 derajat
DeleteSaya Mau Beli ispan 93, ada stiker hi-grade, Tp kok tidak double blower dan central lock, mohon penjelasannya????
ReplyDeleteSaya Mau Beli ispan 93 TBR 52PRLC, ada stiker hi-grade, Tp kenapa Belum double blower dan central lock??? Mohon penjelasannya,
ReplyDeleteada 2 kemungkinan, stikernya palsu tempelan ulang atau stiker asli emang panther higrade tapi blower dan cl udah di amputasi
DeleteMas saya mau tanya, saya punya ispan deluxe tahun 1996. Saat mesin stationer lalu kopling diinjak seperti ada perbedaan suara mesin. Suara mesin terdengar lebih diredam saat kopling diinjak, penyebabnya apa ya? Sukses selalu mas Iwan
ReplyDeleteitu kemmungkinan lager verneling anda kering/ kocak. memang untuk dikopling akan terasa lebih halus karena matahari kopling anda aka menekan unit kampas kopling . kalau anda lepas pedal maka kampas kopling dkk akan bebas + ditambah getaran mesin tentunya akan jadi terasa lebih bergetar.
DeleteSelamat sore pak ikwan, saya punya ispan kapsul 2.5, kemarin sebelum service bispom asapnya enggak begitu banyak, tetapi setelah service kenapa asap putihnya tebal dan agak perih? Hanya saat baru distart, baik kondisi mesin dingin ataupun panas, tapi lama2 asapnya hilang. Oli+filter baru, filter udara baru. Mohon pencerahanya, terima kasih
ReplyDeletePanther saya tahun 2001, dan baru servis bospom...
ReplyDeleteSelamat sore pak ikwan, saya punya ispan kapsul 2.5, kemarin sebelum service bispom asapnya enggak begitu banyak, tetapi setelah service kenapa asap putihnya tebal dan agak perih? Hanya saat baru distart, baik kondisi mesin dingin ataupun panas, tapi lama2 asapnya hilang. Oli+filter baru, filter udara baru. Mohon pencerahanya, terima kasih
ReplyDelete{\rtf1\ansi\ansicpg1252
ReplyDelete{\fonttbl\f0\fnil\fcharset0 ArialMT;}
{\colortbl;\red255\green255\blue255;\red34\green34\blue34;\red255\green255\blue255;}
\deftab720
\pard\pardeftab720\partightenfactor0
\f0\fs26 \cf2 \cb3 \expnd0\expndtw0\kerning0
\outl0\strokewidth0 \strokec2 Salam kenal pak Iwan,\
Saya berencana adopsi panther secepatnya...mohon infonya untuk...\
1. Apa bedannya untuk tipe LM, LV & LS ( apa hanya di kosmetik exterior/interior atau engine Nya juga berbeda?)\
2. Mohon masukannya untuk pilihan panther dengan budget dibawah 100jt...\
\
Terimakasih....}
lm lv dan ls dibedakan dari aksesorinya, sedang mesin sama
Deleteuntuk budjet dibawah 100 saran saya ya cobalah beli yang tipe kasta tertinggi LS. karena lebih kumplit dgn danan 90an jeti anda bisa mendapat LS th 2002-2004
Bos iwan saya mau nanya dimanakah letak no cat body panther kotak
ReplyDeletesetahu saya sih ngak ada no serinya cat, karena dulu saya punya panther GR thn 1997 cuman diberi cat bawaan pabriknya adalah merk blinken dgn nama dragon green pearl. jadi mungkin warna cat katalognya hanya tukang cat dan dealaer yang tahu daftarnya
DeleteMalem iwan mau numpang tanya sy pake panther 97 2500cc setiap di idupin suka keluar asap putih tapi kalo udah jalan ilang kenapa ya? Sy test speed masih kuat 140km apakah tanda2x ngobos bukan? Makasih
ReplyDeleteAda tetangga yang mau jual panther matic LS Turbo tahun 2000, cat masih baik, tangan pertama, kondisi mesin kering, dan tarikan maticnya masih cukup baik bahkan spontan. Menurut pemiliknya di tol masih sanggup lari 140 km / jam. Tetapi saya jadi ragu, setelah baca forum ini yang menyatakan biaya servicenya bisa 5 - 10 kali lipat manual, sementara kalau baca di internet perawatan matic semestinya lebih murah dari manual asal terawat baik.
ReplyDelete1. Apakah betul harga pasaran panther matic lebih murah dibanding manual dan faktor apa yang menjadi penyebabnya ?
2. Apa yang perlu diperhatikan kalau membeli panther matic ?
3. Panther matic apakah masih diproduksi sampai saat ini ?
Terimakasih
1. untuk panther memang maticnya lebih murah, itu mungkin disebabkan karena under power dari matic. hal ini agak berbeda kasusnya untuk matik mobil yg lain.
Delete2. coba aja dipakai lalu rasakan ada getaran dan lain lain waktu pindah gigi, lalu cobalah kick down untuk mengetahui masih bekerja tidak dll.
3. tidak
Om iwan, saya pakai panther LM 2003, udh 12 thun pakai ini mobil, saya pengen nyoba pakai ban besar, tetapi saya bingung untuk ukuran ban, velg, dan setting ketinggian suspensi nya supaya terlihat lebih garang karena selama pemakaian saya cuma pakai ban dan velg standar , om iwan punya saran gak ? Butuh referensi nih hhe
ReplyDeletebagus bangett
ReplyDeletePak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.
ReplyDeletePak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.
ReplyDeletePak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.
ReplyDeletedgn budjet 120 juta anda sudah bisa mendapat varian touring atau ls dengan thn yang agak muda, dan touring sudah berturbo. hati hati waktu beli karena harga mobkas sekarang sudah banyak jatuh,
DeletePak Iwan Ysh...mhn pencerahannya, sy rcn meminang Panther LV th 2001, rcn mau sy bkin double blower. pertanyaannya :
ReplyDelete1. apakah jenis kompresor ac panther LV sama dengan panther LS?
2. apakah kinerja double blower tbhn tsb bs sma dengan panther LS?
3. estimasi biaya pnbhn blower dimaksud berapa jeti pak?
4. untuk pasaran LV th 2001 dg kondisi normal sp brp juta pak?
sekian,sblmnya sy ucpkan terimakasih atas perhatian dan pencerahannya...
salam
1. harusnya sama.
Delete2. doble blower mesin sendiri dibelakang tentunya tergantun jenis dan teknik pemasangan
3-4 konon bisa 4-8 juta tergantung merk dan jenis yg mau dipasang krn jenisnya banyak
mas iwan numpang nanya..barusan saya beli panther th 95 warna merah metalic,di sticker smping kanan kiri tulisannya HI-grade, tapi di STNKnya type phanter bonet/TBR52 PRL. apakah type bonet tsb artinya jenis hy grade ya.mohon pencerahannya.suwun
ReplyDeletemas,numpang pencerahannya..panther 95 merah metalic sticker di sisi samping tulisannya hi-grade,tapi di STNK tertulis type panther bonet . apakah type tsb sama,atau styckernya yg tempelan ya.suwun
ReplyDeleteurusan stnk saya ngak gitu paham karena itu tergantung yang ngetik di stnk, sedang panther higrade anda bisa lihat dari ciri cirinya seperti ada rpm, power window dikelima pintu dan ac doble blower, tanpa itu brarti higrade palsu dan stiker cuman cuman tempelan
DeleteSalam Bp. Iwan
ReplyDeleteSaya Budi dari cilegon banten
Saya menggunakan panther matic tahun 2002
yang ingin saya tanyakan,
1. Berapa kapasitas olie matic secara keseluruhan kalau kita kuras ?
2. Berapa kapasitas olie matic yang ada di carter perseneleng nya bila kita hanya buang dari bawah saja ?
3. Bagai mana cara menyetel atau ukuran nya sebagai patokan untuk menyetel seling perpindahan matic nya yang terhubung ke kabel gas ?
4. Mobil saya jika pagi hari harus lama manasin mesin nya , bisa sampai 15 menit, kalau langsung di gas mesin mati, belakangan saya jumper langsung selang solar dari tangki langsung ke filter solar, tidak melalui pompa. mesin langsam nya enak bisa rendah, tarikan enak, dan kalau pagi hari cukup di panasin 2 menit sudah bisa langsung gas tidak mati matian lagi.
kalau saya tidak menggunakan pompa solar yg di sebelah filter solar itu, APA MASALAH NYA ?
5. perpindahan matic saya di top speed sering tdk mau pindah, setelah saya lepas gas sedikit baru dia pindah, kenapa itu ?
6. Apakah matic menggunakan plat kopling, apakah plat kopling nya jika haus bisa di ganti seperti perseneling manual.
7. Spedometer dan rpm saya mati, apa kah bisa di perbaiki, jika memang harus di ganti, berapa kisaran harga nya, kemana saya bisa pesan spedometer nya.
Terima kasih, pa iwan.
mohon info nya
Salam Bp. Iwan
ReplyDeleteSaya Budi dari cilegon banten
Saya menggunakan panther matic tahun 2002
yang ingin saya tanyakan,
1. Berapa kapasitas olie matic secara keseluruhan kalau kita kuras ?
2. Berapa kapasitas olie matic yang ada di carter perseneleng nya bila kita hanya buang dari bawah saja ?
3. Bagai mana cara menyetel atau ukuran nya sebagai patokan untuk menyetel seling perpindahan matic nya yang terhubung ke kabel gas ?
4. Mobil saya jika pagi hari harus lama manasin mesin nya , bisa sampai 15 menit, kalau langsung di gas mesin mati, belakangan saya jumper langsung selang solar dari tangki langsung ke filter solar, tidak melalui pompa. mesin langsam nya enak bisa rendah, tarikan enak, dan kalau pagi hari cukup di panasin 2 menit sudah bisa langsung gas tidak mati matian lagi.
kalau saya tidak menggunakan pompa solar yg di sebelah filter solar itu, APA MASALAH NYA ?
5. perpindahan matic saya di top speed sering tdk mau pindah, setelah saya lepas gas sedikit baru dia pindah, kenapa itu ?
6. Apakah matic menggunakan plat kopling, apakah plat kopling nya jika haus bisa di ganti seperti perseneling manual.
7. Spedometer dan rpm saya mati, apa kah bisa di perbaiki, jika memang harus di ganti, berapa kisaran harga nya, kemana saya bisa pesan spedometer nya.
Terima kasih, pa iwan.
mohon info nya
1. kapsitas olie sekitar 8 literan saya kurang pasti jumlahnya tepat berapa
Delete2. kapasitas di carter sekitar 2 liter
3. maaf hal ini saya kurang tahu
4. pompa solar atau sedimenter ada 2 fungsi pertama dia sebagai tampungan penangkap air dari tangki bahan bakar, selain penangkap air dia juga semi filter/ tandon endapan kotoran solar. yang kedua dia berfungsi sebagai pompa ketika ada penggantia filter solar atau ada gejala masuk angin,
5, coba di ganti oli maticnya dulu
6. matic mengunakan beberapa plat kopling, dan harus diganti bila aus.
7. coba anda ke beres untuk memastikan harga, baru kemudian surve ke toko sparepart biasa.
pagi pak iwan,
ReplyDeleteinfo nya bagus sekali,
kebetulan ada unit nih tahun 2003 LM,
apakah itu sudah kategori turbo apa belum ya?
terus pernah baca-baca untuk generasi ketiga ini agak ringkih ya ketimbang generasi kedua?
swun
unit 2003 belum berturbo masih normaly aspirated, sebenarnya bukan lebih ringkih, karena mesin tidak stagnan dia selalu dikembangkan oleh pabrikan untuk lebih baik, efisiensi dll ditingkatkan, alhasil dengan itu maka semakin mesin dipaksa bekerja lebih efisien tentunya umurnya akan lebih pendek bila bahan materialnya dan teknologinya sama
Deletemalem pak iwan ,, saya yitno ,, mu nyak nih ,, saya punya masalah pada panter picup turbo 25 ,,, mesen kalau di gas suara mbrebet kayak masuk angin ,, saya pompa minyak ngak mau naik ,,, trus tak pompa lewat tangki pake pompa genjot (untuk pompa ban sepeda motor) ,,minyak mau naik ,,tak pake jalan enak ,, tapi cuma sehari aja trus mbrebet lagi ,, kira2 apa yang ngak beres ya
ReplyDeletebila pompa anda tidak bermasalah kemungkinan ya saluran selang dari tangki ke pompa buntu/ sludge coba periksa dan jangan lupa periksa juga selang angin dari lubang pengisian ke tangki/ selang hawa
DeleteMalam Pak, mohon pencerahan. Rencana saya mau beli panther LS 2010. Kira2 untuk panther yg berumur lebih dari 5 tahun, biaya perawatannya mahal atau tidak? KM baru 80rb. Terimakasih
ReplyDeletebiaya perawatan ya tergantung kondisi mobil anda apakah masih fressh atau sudah capai, bila masih fress tentunya perawatan hanya seputar ganti sparepart fast moving macam oli, filter dan kampas rem dkk
Deletesiang om hari ini sy sempat cari2 panther pick up th'2011...ada 1 yg sy incar tp sy rembesan olie di bawah terletak di atas box carter dan satu lg ada rembesan di bawah tuas perseneling yg dari bawah kelihatan kotak bentuknya ada baut 4buah...kira2 buat perbaikannya dua titik rembes itu brp ya dan termasuk mbl yang layak sy pilih atau tidak..terimakasih sebelumnya om
ReplyDeleteitu kemungkinan rembesan dari bak calter oli, coba anda kencangkan dulu baut baut dari bawah kadang itu ada yg kendor, kalau untuk verneling itu mungkin karet bootnya obek yg bagian atas , di ganti aja daripada musim hujan ntar air bisa masuk utnuk harga aya kurang paham
DeleteSalam Pak Iwan. Saya bulan lalu beli panther bonnet th 94. Saya kurang teliti waktu beli. Kondisi mesin ngablas. Keluar asap cukup banyak dari lubang pernapasan mesin. Juga klo dibuka tutup pengisian oli saat mesin hidup keluar asap. Saya baca di forum dan juga kata bengkel ring piston harus ganti. Benarkah biaya turun mesin bisa sampai 8 bahkan 10jt??? Saya jadi males ngerawatnya dan pengen dijual lagi aja secepatnya. Mohon pencerahan Pak Iwan.. Terimakasih.
ReplyDeleteselamat pagi pak iwan
ReplyDeletesaya mau tanya temperatur panther ls 2001 (kapsul) kalo normal apa menunjukan angka 1/2 ?
soalnya kalo pas hujan langsung turun drastis, pas macet naik 1/2
terimakasih
normalnya ada di setengah bila hujan langsung anjlok bisa dipastikan mobil anda non thermostat / udah dicopot
DeletePak sy punya Pather hi sporty 98. Tiap over gigi dr 1 ke 2 kok agak susah yaa?? Apa yg mnjadi kendala. Terus tiap kali rem. Bunyi terus tuu rem. Kdng udah gak d rem jg msh ada bunyi kya d Rem. Solusinya gmn yaa pak. Udah d benerin tp tetep z. Tks
ReplyDeletecoba anda ganti oli verneling dulu sesuai oli yang disyaratkan yaitu oli sae 40, bila masih alot kemungkinan gigi udah mulai kena atau mungkin setelan kopling kurang nekan / kurang prei ya bisa. untuk rem bila bunyi kemungkinan ada bos bos master rem yang sudah longgar jadi ketika rem bekerja ada clearen antara master rem beserta as asnya. atau bisa juga anting anting penahan kampas remnya pemasangan tidak mapan ditempatnya dengan sempurna
DeleteSalam kenal bung iwan...
ReplyDeleteSaya mau tanya:
1.apakah panther touring 2002 matic bisa diubah menjadi manual
2.cara membedakan panther touring matic 2002 yang sudah di ubah kemanual gimana bung.
Mohon pencerahan nya...trim's :-) :-) :-)
Selamat pagi Om iwan, saya punya LS01, kenapa jika suara mesin dikasarkan banyak asap keluar d waktu mesin dingin, dan jika d haluskan asap berkurang tapi starteran susah,,, jika mesin panas asap hilang, Udah servis bospom, nozel, n filter baru semua, mohon pencerahannya om..
ReplyDeleteMas iwan
ReplyDeleteSaya baru saja beli panther hi grade 2001 seken.. overall okay.. sesuai petunjuk dan pedoman di blog ini.. tapi saya masih bingung masalah stoplamp belakang kan ada tiga lampu.. lampu rem lampu sen dan yang satu lagi untuk lampu apa ya? Apakah lampu mundur/atret?kok milik saya mati.. jadi yang lampu tengah itu gak pernah menyala.. saya cari letak fuse untuk lampu atret jg tidak ketemu
Bisa mohon pencerahan mas.... maturnuwun
Slmt pagi pak,Tana dr Garut Isuzu Panther thn 92 TBR masalah di dinamo staternya,kalau di start susah sincron dan bunyi krek krek kadang lancar start.terus dibawa k tukang dinamo katanya bendik masih bagus,yang diganti malah bearing rotor dan kontak relay otomatis untuk start dinamo.setelah diganti dan sy pasang terus di start tetap tidak ada perubaha.apakah bendiknya atau relay untuk nonjok bendiknya sudah lemah.atau gigi gendengnya? Kalau bw k tukang dinamo takutnya beli ini dan itu sayang biaya pak mohon solusinya pak trim's
ReplyDeleterencana mau ambil panther generasi 3 tahun 2007 LM, mohon masukan donk hu. mulai panther turbo tahun brp hu, baca artikel katanya 2007 akhir? bedanya apa sih kalo yg udah turbo atau yg blon, apa lebih irit atau pegimane hehe.. kan skr ada alat yg dipasang di moncong karbu seperti turbo cyclone + turbo ventilator, apakah aplikasi seperti ini apakah fungsinya sama sbg menambah suplai udara ke karbu? kalo emang turbo ga ngaruh di irit mending ngambil LS 2001. peruntukan mobil utk bawa barang di kabin berat sekitar 200kg (supir + barang) tiap hari + sabtu minggu lukot jakarta bandung via cipularang. mohon saran hu. makasih :)
ReplyDeletePermisi om,numpang nanya,kalo membawa mobil panther di tanjakan biar trtap narek gimana ya om,mohon pencerahannya
ReplyDeleteSalam kenal mas, saya mau tanya pada knalpot mobil panther saya keluar asap putih pekat penyebab nya apa ya ? Padahal ring seher baru saya ganti. Mohon pencerahan nya.
ReplyDeleteSalam kenal mas.Iwan, maaf saya mau tanya. Kalau keluar asap putih pekat pada knalpot mobil panther penyebab nya apa ya ? Padahal ring seher baru saya ganti.
ReplyDeleteSalam pak Iwan,
ReplyDeleteArtikel anda sangat banyak membantu saya dalam menikmati perjalanan bersama panther.
Terimakasih.
Panther saya Ls Matic 2001 hampir 3 tahun belum ganti kampas rem depan belakang, kalau dilihat fisik kampas masih tebal hanya daya cengkram pengereman jadi berkurang, sebelumnya injak pedal rem sedikit langsung jedud tapi sekarang harus tambah sedikit tenaga supaya pakem. Apakah ada batasan waktu penggantian berkala kampas rem ? Master rem atas dan bawah tidak terlihat kebocoran.
Mohon informasi dan sarannya.
Terimakasih
Harga yng pantas black phanter ls, lb thn 2012 kira2 brapaan ya mas..
ReplyDeleteTerimakasih .
Pak mohon info, saya punya Panther Hi-Sporty '97, kalau dinyalain AC Centralnya sampai speed 3 hanya kedengaran bunyi blower keras sekali tapi angin ac yg keluar dari kisi-kisinya pelan sekali jga tpi blower depan masih normal.
ReplyDeleteKemudian klu dipanasin pagi hari keluar asap putih dan klu sdh lama dipanasin asapnya hilang tpi oli mesin tdk berkurang, kira2 apa yg perlu di sting lgi, mohon petunjuknya terima kasih.
Pak mohon informasinya saya punya Panther Hi-Sporty '97, kalau AC Central dinyalain sampai di speed 3 angin AC yg keluar dari kisi-kisinya pelan sekali.
ReplyDeleteKemudian kalau saya panasin pagi hari keluar asap putih nanti lama kelamaan baru hilang tpi oli mesin tidak berkurang, kira2 apa yg disetting lgi... terima kasih
Om. Panther ls matic 2001 udah ada shift lock belum. Terus letaknya dimana. ( biar mobil bisa di parkir pada posisi gigi netral ) mkasih
ReplyDelete