Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Setel Ketinggian Torsi Roda Depan

Menyetel Torsi Depan

Coba Isuzu Panther anda dibawa ke jalan datar, lalu diparkir, lihat bagian roda depan, bila tampak tinggi sebelah itu brarti bisa torsi anda tinggi sebelah,
Kalau anda penyuka kecepatan tinggi dan merasa ispan limbung silahkan setel torsi juga dengan cara diturunkan sedikit ..

Ayo mari kita praktekkan nurunin torsi sendiri ( cuman 30 menit kok )

Setel Ketinggian Torsi Roda Depan
Setel Ketinggian Torsi Roda Depan
Keterangan Gambar:
1. Siapkan alat dan bahan, Dongkrak beserta perlengkapane, Kunci Sock 22, dan Cutter2. Dongkrak roda depan seperti gambar2
3. Coba mengolong di belakang roda depan, nanti akan ada pipa panjang sekitar 1 meter yang di ujungya ada kepala baut 22. Gambar 3 dan gambar 4 itu adalah baut torsi, Putar kekanan searah jarum jam untuk menaikkan body mobil dan putar kekiri buat menurunkan ... ( ingat pertama coba putar 1/4 putaran dulu )
4. Setelah itu setel juga bagian satunya, Torsi roda kanan dan kiri.
5. Lalu turunkan dongkrak dan lihat hasilnya ? bila udah ceper sesuai keinginan lanjut ke Gambar 5 dan 6 disebelah sock depan,.. ada karet dumper, Kalau mobil diceperken maka karet perlu dipotong ujungnya biar ngak menganggu jarak main ... silahkan potong diujungnya roda kanan dan kiri, sesuai penurunan, bila diturunkan 1 cm maka karet dipotong 1 cm juga.
6. Selesai turunkan dongkrak lalu coba test jalan,...
untuk mobil yang diceperkan 1-3 cm tidak perlu di spooring, Tetapi bila anda tidak Pede lalu kepengin melakukan ritual Spooring ya lebih baik. :)

Semoga Bermanfaat

84 comments:

  1. punya saya tinggal 3 jari om,yang kiri mentok gasruk body,tapi yang kanan g' mentok,padahal udah sama 3jari(jari saya kecil kecil

    ReplyDelete
  2. @um anon= Itu kalau yang kiri mentok sementara yang kanan ngak bisa ada berbagai penyebab=
    1. kemungkinan bagian yang mentok socknya lebih lemah dari yang tidak mentok.
    2. Kondisi Terot long terot, setelan Trail dan caster dll dan lain2 kemungkinan beda ( agak goblak ya bisa gitu
    3. Kemungkinan setelan jarak main belok roda di worm sterr ngak rata antara membelok pol kekanan dan kekiri ( tapi ini hanya untuk kondisi mentok waktu roda dibelokkan ... :)

    ReplyDelete
  3. Kalau bawan stdnya, Ispan GT terlalu mengayun ya..
    Apa siasatnya Om? Supaya agak ceper tp ga gasruk jug tetap nyaman..
    Selain main torsi, shock baiknya yg mana?
    Mahal ga shock itu?
    Makasi Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan merendahkan torsi roda depan, secara teknis itu sudah menekan kerja shock depan, sehingga mobilpun akan jadi lebih keras, selain lebih keras anda akan mendapatkan titik berat mobil yang lebih dekat ketanah, untuk socok belakang anda bisa memasang stabiliser belakang, tetapi juga dengan sedikit modifikasi seperti yang posting di blog, :) untuk shock ngak ada yang perlu diganti ...

      Delete
  4. Om itu dongkraknya bagian depan, besi yang mana yg digunakan untuk pijakan dongkrak agar ban bisa mengantung, apa mungkin besi yang dekat tempat oli mesin yng model besinya seperti huruf U...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul besi yang tempat gantungan arms roda depan ... itu kalau anda letakkan ditengah maka mobil kanan kiri akan mengantung :)

      Delete
    2. om, kalau bagian belakang bisa di tinggikan...

      Delete
    3. Bagian belakang bisa ditinggikan dengan menganti anting belakang yang lebih panjang,... atau menganti peer yang lebih parabolic

      Delete
    4. ada gambarnya untuk penggantian anting belakang atau peer parabolic....
      masih awam nei, hehehehe

      Delete
  5. om iwan,, saya punya panther hi grade 96, awalnya body miring ke kanan, stlh mau di naikin baut torsi sebelah kanan macet, jadi torsi sblh kanan gak bisa dinaikin lagi,, alhasil torsi kiri yag harus diturunin biar body gk miring ke kanan,kalo harus ganti torsi apa cuma cukup bautnya yg diganti?? atau apanya??? soalnya tingginya pengen dikembaliin ke standard,mohon pencerahannya, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mekanisme baut torsi itu hanya seperti gigi aja dengan diputar maka dia memutar gigi didekat baut sehingga kemudian menarik atau mendorong batang torsi, kalau macet ya hanya bagian baut dan atasnya baut aja yang wajib dilumasi

      Delete
    2. udah dikasih anti karat tetep gak bisa muter om,, smpe melengkung,, takut patah, smpe yg punya bengkel muntah2 saking ngeluarin banyak tenaga buat muter tu baut
      berarti biar torsi kanan bisa muter dan di setel lagi yg harus di ganti apanya aj om?? apa cm bautnya aja y?? thx

      Delete
    3. Itu brarti Bengkelnya akalnya ngak dipakai, kalau barang macet ya senjatanya ngak cuman pake anti karat dan tenaga, tapi kan bisa dipanasin dulu pake las karbit bagian berkaratnya itu, ( tentunya cara memanasinya juga pake teknik dengan cara melindungi bagian2 ngak dipanasanin pake misalnya handuk basah dll.

      Delete
  6. Om Iwan, share dikit.
    Punya saya yg depan kanan kiri 9cm.
    yg belakang yg bikin pusing :
    Kanan belakang 8cm ; kiri belakang 9.5cm
    apa yg harus saya lakukan? peer daun belakang sudah pernah di roll, tapi 1 minggu balik lagi.
    SA pake yg Oli juga belum lama ganti.
    Saya pengen belakang agak tinggian 1-2 cm drpd yg depan.
    ditunggu ya Om sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Peer baiknya jangan di roll, pekerjaan sia sia itu, kalau mau hemat anda bisa ganti peer 2 baris teratas, ntar yang 2bisa pake yang lama, lalu kalau mau pasang 5 ya bisa dengan cara bagian peer ke 5 terbawah dikurangi panjangnya atau jangan diklem. untuk menambah tinggi bisa ganti anting aja, itu cara termudah dan termurah dan tercepat.

      Delete
  7. saya coba pd blazer sama2 naik 4cm . cuman roda kanan dpn jadi miring (ban akan habis sebelah dalam duluan) kho bisa yng kanan aja Om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalau habis bagian dalam brarti makan dalam itu alias hemat,... hheheee bercanda ya ,
      ya kalau makan dalam brarti minta di spooring, dan ingat bila miringnya dah terlalu ekstrim penyetelan dengan spooring saja ngak cukup, itu harus ke bengkel kaki kaki untuk perbaikan ( misal menganjalk sayap wisbone dll ) itu tukang di bengkel kaki kai lebih pintar :)

      Delete
  8. Numpang tanya Mas, panther 96 kondisi ceper, mau saya tinggikan. Kata teman per sudah dipotong. Harus gantikah? Kalau membawa beban 6 - 8 penumpang dewasa, terasa ( nggaduk dug dug ) ketika melewati jalan rusak/ bergelombang. Minta pendapatnya Mas, matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya peer dipotong itu ya dipotong ujungnya di bilah peer setelah ke 2,3 dst bertujunan untuk menambah empuks, sebenarnya kesehatan peer itu bisa dilihat dari ujudnya fisik, peer yang normal dia harus melengkung (parabolik) bila sudah datar maka kemampuannya akan menurun ( atau mungkin sengaja dibuat datar dengan tujuan terntu)

      Delete
  9. Pak iwan saya punya civic wonder 2 pintu, torsi kanan bisa naik turun tapi yg kiri baut stelan torsi macet pak jadi beda jarak kanan 1 1/2 jari kiri 2 jari pak memang ga kliatan miring banget tp apakah masih bisa diakalin pak? waktu di bawa ke tukang per katanya suruh di las pak tapi dia ga brani

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ke tukang las maksudnya bukan dilas, tapi cuman dipanasi ama api dari las (karbit) agar macetnya hilang, selama yang manasi profesional ngak masalah, daripada mobil tinggi sebelah.

      Delete
    2. apa mungkin macet karna kropos? soalnya bodinya juga agak kropos bagian bawah nya. solusinya dipanasi bagian bautnya biar kembali normal? trims pak sarannya besok saya coba bawa ke tukang las.

      Delete
    3. biasa itu besi nempel besi lalu berkarat ya pasti mustahil dibuka kalau dipaksa malah bisa2 baut patah, harus dipanasi pake api las baru mudah dan tidak merusak drat beserta kepala bautnya

      Delete
  10. kalo roda belakang agak miring, apanya yg perlu diperbaiki pak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. miring biasanya ditemui pada suspensi independent. tentunya banyak faktor yang bisa diperiksa. tidak bisa dijelaskan detail satu persatu

      Delete
    2. miring sedikit, gardan nya di belakang bos...

      Delete
  11. Panther saya th92,wrn merah modelnya apa ya om?di STNK tertulis panther BONET

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu panther 2300cc, kemungkinan masih body karoseri/ non total assy atu ada kemungkinan itu bekas pick up ang dikaroseri jadi wagon

      Delete
  12. Om klo tinggi kiri dan kanan sudah sama, namun ulir baut sisa setelan batang torsi kiri dan kanan tidak sama, apa tidak masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak apa apa, banyak faktor baut setelan bisa berubah,

      Delete
  13. mas iwan apa penyebabnya rem narik ke kanan..... di kecepatan 70km keatas jika di rem setir narik ke kanan.....padahal sudah di spooring... cek rem depan belakang lengkap... apakah pengaruh torsion bar ya...? apa shock depan......

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau stir lari kekanan waktu direm, kebanyakan itu hanya karena kepakeman rem depan ngak sama, yang kiri lebih tiak pakem dari yang kanan, jadi stir lari kekanan. untuk kondisi tertentu kadang gara gara baljoint, terot sudah aus juga ya bikin lari seperti itu

      Delete
  14. terima kasih ooommm,smg sukses slalu...!!!!!!

    ReplyDelete
  15. Ban depan sebelah kiri miring keluar (sisi luar aus) bagaimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  16. Om Iwan kalau body turun sebelah kiri lalu dinaikan dengan menaikkan mur torsi 3 cm hanya sebelah kiri berbahaya nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya harus di cek dulu turunnya itu penyebabnya apa, apa memang setelan torsi yang berbeda atau karena shock lemah sebelah juga bisa, bila ternyata penyebabnya shock tentu akan mempengaruhi kestabilan

      Delete
  17. Om, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang haru dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trisms

    ReplyDelete
  18. Om, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang haru dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trisms

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  20. Om, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang harus dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuman 3-4 cm ngak akan terlalu berpengaruh pada roda, tappi bila anda merasa was was anda bisa melakukan tindakan spooring

      Delete
  21. Mas Iwan, saya baru ganti velg ring 16 di kijang kapsul diesel tahun 2001, (yang sebelumnya R14), ban yang diaplikasikan ukuran 215/60/R16, tapi ada kendala perputaran ke kanan dan ke kiri ban depan tidak bisa maksimal sampai mentok.... Justru yang terjadi ban mentok ke mobil sehingga gak bisa maju atau mundur mobilnya... Mau nanya penyebab dan solusinya mas Iwan bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ban depan cara termudah ya putr torsi ditinggikan, sedang buat yang belakang anda bisa ganti anting shock yang lbih tinggi dan jangan lupa periksa travel shock belakang anda harus ganti shockyang lebih panjang jarak mainnya.

      Delete
  22. Mas iwan, saya punya phanter Hi grade 2000, bearing roda depan sebelah kiri sering rusak/hancur, solusi temen katanya ganti aja komplit sekalian sama cakram rem punya kijang, apakah bagus solusi seperti itu? Mohon infonya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribet um, coba aja priksa rumah lagernya masih bagus ngak, rumah dah nga sepan ya lager cepet hancur

      Delete
  23. Mas iwan, saya punya phanter higrade 2.5 thn 2000, setiap perjalanan jauh selalu min di lahar roda depan kiri, ada temen kasih saran supaya pake aja komplit satu set punya kijang (dudukan roda, kampas rem dll) punya biar aman, apakah benar solusi ini mas? Mohon infonya, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lager roda depan umurnya tergantung dari perawtan, pemakaian, pemasangan dan kondisi barang itu sendiri, coba waktu ganti lager diperiksa as rodanya tempat dudukan lager itu. masih bagus tidak kalau, harusnya dengan pemasangan yg tepat lager tidak semudah itu rusak. mengenai ganti punya kijang saya kira tidak terlalu menyelesaikan masalah, mending anda perbaiki aja dan periksa kondisi lager anda beeserta unit pendukungnya

      Delete
  24. Pak iwan, saya punya civic lx baru beli tapi ceper, dan ingin saya kembalikan ke standard, bagaimana caranya Pak?
    Mohon pencerahannya karena saya baru punya dan belum tau pengalaman soal mobil,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di civic modif ceper biasanya ya mereka menggantidengan peer yang yang ebih endek coba aja konsultasikan dengan bengkel kaki kaki atau malah ke beres honda untuk tau penyebabnya, kan cuman konsultasi ngak bayar. heheheee

      Delete
  25. Salam kenal mas, sya pakau panther royal 1997, yang mw saya tanyakan knapa shock depan nya sering bergesekan dengan sasis, dan akibatnya shock bengkok.. kira2 apa yang hrs d perbaiki mas..?

    ReplyDelete
  26. Salam kenal mas, sya pakai panther royal 1997, yang mw saya tanyakan knapa shock depan nya sering bergesekan dengan sasis, dan akibatnya shock bengkok.. kira2 apa yang hrs d perbaiki mas..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa ddukan shock anda dan bushing dari sayap mobil anda, siapa tau udah aus atau pernah kecelakaan jadi titik letak shocknya berubah

      Delete
  27. om mau tanya saya pake mobil sedan ferio pake velg 17 aman tapi pas di ganti dengan velg 18 ukuran ban 40 nge gasruk klo b4 ada solusinya gan?

    ReplyDelete
  28. Salam kenal mas....saya pemakai kijang kapsul..saya mau nanya shock depan kijang bisa di subtitusi dengan shock depan panther? Misalnya panther grand royal...trims..

    ReplyDelete
  29. pak itu diputar kekiri untuk menurunkan maksudnya membuatnya semakin ceper mobi(roda dan suspensi semakin ngangkat)???
    kalau saya malah ingin menaikan bagian depan panther saya agar ga keliatan nungging berarti diputar ke kanan baut penyetel nya sehingga roda dan suspensi jadi lebih turun???
    putaran kanan kiri sama ya arah nya?
    itu posisi dongkrak sebelah mana ya tepat nya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  30. Mas Iwan. Salam kenal. Mau nanya Mas....
    Saya pakai kijang grand 1996..
    Ketinggian torsi apa bisa turun dengan sendirinya Mas ??

    ReplyDelete
  31. Gimana caranya agar bearing roda Panther Miyabi tidak mudah jebol ya om?
    Sudah ganti merek Toyo masih juga 1-2 bulan rusak. Ban standar, jalan aspal.
    http://www.indoblazer.com

    ReplyDelete
  32. Om Iwan sy pke mobil Civic wonder sb4. Shock depan klo injak lubang suara nya ngeri dug.dug.dug apa pengaruh dari ceper nya mobil?

    ReplyDelete
  33. Om Iwan sy pke mobil Civic wonder sb4. Shock depan klo injak lubang suara nya ngeri dug.dug.dug apa pengaruh dari ceper nya mobil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalao bunyi dug dug itu karena kena dumper kalo terllu ceper dan nga dimodif lama lama karet dumper ya bisa kalah

      Delete
  34. Pak Iwan mau tanya, menaikkan 2 cm roda belakang selain ganti per & ban, tapi dg menambah karet stoper aman tdk/ pernya bisa loncat tdk nggih? apa ada cara lainnya lg.. tks

    ReplyDelete
  35. Pak Iwan mau tanya, mobil saya sedan ingin menaikkan 2 cm roda belakang tanpa ganti per & ban, tapi dengan karet stoper itu aman tdk ya?

    ReplyDelete
  36. salam kenal, mas mau tanya nih ?
    Saya pengguna panther royal 97. Saya ingin meninggikan bagian belakang dengan mengganti anting2 per daun yg lebih panjang kira2 shockbrekernya di ganti juga nggak ?
    Mohon pencerahan mas
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah ganti anting di ceck aja pak, roda didongkrak hinga posisi ngantung kira kira shock spelengnya jarak main masih jauh ngak kalau terlalu pendek takutnya shock bisa jebol

      Delete
  37. Om iwan sudjatmiko,saya punya kijang super 91..posisi tinggi body sm ban bagian depan kiri dan kanan ny nggk sama,beda 2jari..apa cara stelny sama ya seperti yg d jelaskan d atas??trs,klo buat nurunin Body belakang gmn om iwan..

    ReplyDelete
  38. Om iwan sudjatmiko,saya punya kijang super th 91..posisi tinggi ban sama body depan beda, sekitar 2jari om..apa cara penyetelannya sama seperti yg d beritahukan d atas??trs klo untuk nurunin tinggi body belakang gmn caranya om iwan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kijang super bisa disetel baut torsinya sama dengan punya panther

      Delete
  39. Assalmualkim mas iwan saya pinya panther 92 bl mna mau star sllu mnt dipnsin solar trllu lma ? Apakah tidak bisa di kontak lsung nyala mesin y ? Terima kasih

    ReplyDelete
  40. Pak Iwan. Saya punya ispan 2005. kendala yang saya hadapi adalah mobil agak empuk depannya. kurang sigap dalam manuver di kecepatan 60 km/jam keatas. agak slow respon dan nggliyer kanan kiri. apakah batang torsi perlu diganti dengan yang lebih keras? jika ya pakai batang torsi apa? apakah ada pengaruh dari worm stir untuk gejala nggliyernya ? tie rod, long tie rod,balljoint serta schock bilstein baru diganti. mohon pencerahannya pak iwan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. batang torsi itu statis ngak berpengaruh padastabilan, bila semua kaki sehat dan shock depan dah keras anda bisa nambah kestabilan dengan ngasi stabiliser roda belakang dan ngasih shock yg lbh keras, bagian belakang mobil itu juga bikin andil terhadap limbungnya mobil terutama manuver

      Delete
  41. Mas iwan saya punya panther pikup 2002 2,5, yang saya mau tanyakan kenapa jarak ban belakang dengan per rapat sekali jaraknya ngak sampe 1 cm mohon solusinya, dan roda depan terlalu tinggi setelah saya turunkan torsinya malah ban makan dalam cukup parah, bagaimana cara mengatasinya pak iwan ? Mohon di bantu pak

    ReplyDelete
  42. Pak Iwan, panther karoseri saya 1997 model pajero
    1. Jika jalan 40-60 km tikungan kekanan biasa saja, tapi jika ke kiri serasa ambles ke kanan takut glempang ban R15 235/75
    Apa yang harus saya cek apakah perlu penggantian torsi, sudah ke bengkel kaki2 shock belakang clear up smua oke (rol per dan shock absober sudah ganti sepasang kayaba gas beli baru) jika di lihat dari belakang seperti miring kekanan. Terimakasih

    ReplyDelete
  43. Pak Iwan, panther karoseri saya 1997 model pajero
    1. Jika jalan 40-60 km tikungan kekanan biasa saja, tapi jika ke kiri serasa ambles ke kanan takut glempang ban R15 235/75
    Apa yang harus saya cek apakah perlu penggantian torsi, sudah ke bengkel kaki2 shock belakang clear up smua oke (rol per dan shock absober sudah ganti sepasang kayaba gas beli baru) jika di lihat dari belakang seperti miring kekanan. Terimakasih

    ReplyDelete
  44. saya ingin menbuat mobil ford ranger lebih tinggi,bagaimana cara menyetelnya.trim"s

    ReplyDelete
  45. salam kenal mas iwan, saya pnya ranger 2900 thn 2006, kmrn gara2 miring ban sebelah kanan sya turunin dikit,nah yg jadi masalahnya skrg ban kiri yang sebelah kanan jadi tinggi sendiri... mohon pencerahan mas, kira2 ap solusinya, terimaksih

    ReplyDelete
  46. Bang iwan salam kenal.. sy baru beli mobil wonder 2pintu sdh ingin saya standarkan gimana caranya untuk stel torsinya.. krn saya bawa bengkel angkat tangan.. alias katanya setelan sudah mentok sdh g bisa di tinggikan lagi.. klo mau beli torsinya sudah g di jual ditoko adanya di mobil belehan..giman solusinya kang iwan. Nuwun sebelumnya kang

    ReplyDelete
  47. Izin mas Iwan,dari Medan. Ispan touring 2008 kl nurunin torsi 1cm kira2 putaran baut stelan brp bnyk? 1/4 putaran or brp ya? Trims ilmu & infonya

    ReplyDelete
  48. Mas iwan sy pengguna panter 2007 pick up masalahnya bagian depan g sama tinggi. Ketika baut torsi di setel akhirnyanya ketigiannyanya sama tapi setelenya lebihh banyak yg di bagian kiri. Kira2 masalahnya dimana mas. Apa batang torsinya harus di ganti..??
    Dan juga ban depannya habis bagian dalam padahal sudah ganti baljoint atas bawah tirod dan nap roda.

    ReplyDelete
  49. pak iwan, numpang tanya, mobil saya tinggi sebelah. yang kanan belakang lebih tinggi daripada yang kiri. Jarak roda dan body untuk sebelah kanan sekitar 4 jari, sedangkan yang kanan hanya sekitar 2 jari. Nah yang saya ingin tanyakan harus ganti per atau di stel aja bisa pak? Terima kasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila peer belakang kekerasanya ngak sama tentunya berakibat mobil tinggi sebelah, bawa aja ketukang peer biar diatur ulang

      Delete
  50. Salam kenal mas iwan.
    Saya baru beli civic vti 2001.
    Waktu saya beli kemarin si mobil ceper banget. Trus saya bawa ke bngkek kaki2 mau saya balikin standar alhasil saya ganti per standar sama ganti shocbreaker depan belakang katanya sih shock udah di potong. Trus skrg tinggi mobil saya jadi ga sama yg depan kiri lebih 1 jari dari yang depan kanan trus yang belakang kanan lebih tinggi 1 hari dari pada yang kiri belakang. Saya minta penjelasanya mas iwan. Makasih

    ReplyDelete
  51. Om mau tanya tinggi body standart mobil kijang grand extra depan dan belakang berapa jari ya om?

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)