Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membuat Tempat Plat Nomor Ala JDM II

Membuat Tempat Plat Nomor Ala JDM II

Anda tentu sudah membaca artikel saya tentang membuat plat nomor ala JDM pada artikel terdahulu (Klik Disini) dibawah ini ada modifikasi membuat plat nomer ke ala JDM ke-2

Langsung amati aja Prosesnya ya.

Cara Pembuatan
Cara Pembuatan
1. Siapkan Sebuah siku L dengan panjang 23-35 cm. (Untuk Panjang sangat Relatif tentukan berdasar dari tempat dudukan platnomor kendaraan anda (lubang bautnya yang sudah disediakan pabrik)
2. Lalu beri Las pada kedua ujung siku seperti pada gambar. (anda bisa berkreasi sesuai dengan model dan keinginan sendiri).
3. Carilah plat besi yang lain lalu tekuk menjadi L kecil.
4. Plat yang sudah ditekuk beserta L panjang yang telah anda beri tambahan las (nomer2)
Setelah jadi Anda bisa mendempulnya untuk merapikan bekas las nya berikan juga pengecatan agar tampak bersih dan rapi (seperti pada gambar terbesar diatas sendiri).

Pemasangan

Pemasangan dan Hasil Akhir
Pemasangan dan Hasil Akhir
1. Pada Gambar 1 itu adalah posisi kondisi normal plat nomor tegak.
2. Posisi Plat tegak dari samping. disitu akan tampak joint dari plat yang kita bikin diatas.
3. Pada gambar ke 3 ini Plat nomor sudah miringkan medium sekitar 30 derajat
4. Kalau dilihat dari samping akan lebih jelas bahwa plat nomer akan lebih aerodinamis dan mengurangi hambatan angin.
5. Kemiringan maksimal.
6. Tampak dari samping kemiringan Maksimal. Jangan kuatir walau miring maksimal Plat nomor masih tetap dari depan sehingga tidak melanggar hukum.

Semoga Bermanfaat

Memodifikasi Stabiliser Roda Depan I

Memodifikasi Stabiliser Roda Depan I

alat dan Bahan yang dibutuhkan
Alat dan Bahan yang dibutuhkan
Sesuai Kodratnya Manusia tidak akan pernah berpuas dengan apa yang dimilikinya. ( Tidak semua nya begitu lho ya, cuman sebagian besar begitu sih ). Apalagi bila hal ini berhubungan dengan mobil pribadi, ya mobil pribadi sudah menjadi sebuah gaya hidup dan trend, bahkan kadang hidup kita pun dihabiskan lama bersama dengan mobil kita. Tentunya bagi sebagian pemilik mobil ingin mobilnya tampil dan berkondisi sesuai dengan standar dirinya.
Dibawah ini ada contoh sumbangan artikel yang bertujuan untuk memberi kestabilitasan ekstra pada suspensi depan.
Dasar Teorinya adalah batang stabiliser roda depan ( Asli Bawaan Pabrik) ternyata kadang kurang rigid ( Kaku ) karena hanya di tobang dua as yang fleksible juga ( dari karet). Dengan modifikasi dibawah ini bertujuan agar batang stabiliser lebih kaku sehingga ketika terjadi manuver maka batang stabiliser tidak terlalu berubah posisi ( melentur )

Untuk lebih jelasnya langsung kita amati aja ya

Gambar Detail Pemasangan
Gambar Detail Pemasangan

  • Gambar di atas tentang alat dan bahan, anda membutuhkan karet damper milik stabiliser roda belakang atau stabiliser roda depan (anda membutuhkan 4 karet), anda bisa membelinya di toko onderdil terdekat, lalu anda membutuhkan juga klem pengikat. beserta bautnya.
  • Kalau yang karet hitam itu adalah dari karet, sedang yang warna merah itu terbuat dari teflon. silahkan anda pilih sesuai selera anda.
  • Untuk pemasangan coba anda amati 4 gambar disamping kanan ini. karet dan plat dipasang di daerah seperti gambar.
Untuk Keterangan lebih detail bisa anda hubungi langsung ke
Mr Dhanny
https://www.facebook.com/dhanny.dhanny.505

Semoga Bermanfaat

Beberapa Modifikasi Mobil yang Kontroversial

Beberapa Modifikasi Mobil yang Kontroversial

Modifikasi Ekstrem
Modifikasi Ekstrem
Sebagai pemilik mobil tentunya anda ini tampil beda atau bahkan inin tetap eksis dengan mendandanin mobil anda, atau memodifikasi mobil anda, memang semua modifikasi dan perubahan dalam mobil anda adalah sepenuhnya hak anda karena itu adalah kendaraan anda.
akan Tetapi secara sadar atau tidak sadar kita mengendarai kendaraan di tempat umum, dimana kita harus mengikuti aturan aturan dan prosedur yang tidak tertulis dalam sopan santun berkendara. Jangan sampai modifikasi kita pada akhirnya akan membahayakan diri kita, membahayakan orang lain dan merugikan kepentingan bersama.
Tentunya anda tidak ingin merugikan kepentingan umum bukan?
Dibawah ini ada beberapa modifikasi yang mungkin sebaiknya dihindari

1. Memasang Lampu yang Berlebihan.

Pasang Lampu ala mau Rally- keHutan
Pasang Lampu
ala mau Rally- keHutan
Memang kondisi lampu bawaan dari pabrik biasanya hanya diperlengkapi lampu yang seadanya (kecuali mobil premium ya). Maka pemilik biasanya meningkatkan penerangan lampu kendaraannya dengan berbagai lampu aftermarket, mulai dari mengganti bohlam yang berdaya besar, sampe mengganti dengan LED atau Xenon. Sedangkan yang sering keluar malam bahkan sampai menambah dengan lampu tembak tambahan, Yang menjadi masalah beberapa orang sangat royal dengan memasang lampu tembak tambahan yang sangat banyak, tentunya tambahan lampu yang banyak akan membuat mobil tampak keren dan Garang, tapi bila anda tidak Bijak hal ini bisa menggangu pemakai jalan yang lain (karena terlalu silau)

2. Modifikasi Roda dengan Ekstrim.

Chamber terlalu negatif
Chamber terlalu negatif
Sering dijumpai modifikasi yang ekstrim dimana mobil dibuat sangat ceper, sehingga chamber roda sangat berubah dengan ekstrim. Tentunya hal ini akan menggangu kinerja Ban, karena ban tidak bekerja dengan maksimal dalam menapak dijalanan, ini sangat bahaya dan coba bayangkan bila ban anda meletus lalu mengakibatkan kecelakaan tentunya hal ini bisa membahayakan nyawa anda dan orang lain, hanya sebuah modifikasi yang antah berantah.

3.Memasang Sirine dan Lampu Rotary diatas mobil

Hal ini sering dilakukan oleh beberapa mobil mobil dari klub, mentang mentang anggotanya banyak dan di backup pejabat-pejabat lalu dengan seenaknya memasang lampu dan sirene begituan agar ketika konvoi bisa membuka jalan dan mengintimidasi orang lain. Tinggalkan pemasangan alat yang sekiranya melanggar aturan lalulintas yang diatur undang undang.

4. Memasang Ban tidak sesuai ukuran

Pakailah Dimensi Ban yang sesuai
Pakailah Dimensi
Ban yang sesuai
Memasang Ban yang besar atau memaksakan ukuran ban padahal tidak sesuai dengan peleknya dengan sengaja tentunya ada anggapan sangat keren dan mendongkrak penampilan mobil terutama jenis jip dan SUV. Tapi alangkah baiknya anda memikirkan fungsi dari mobil tersebut, fungsi dan pemakaian sehari hari, apakah memang membutuhkan ban yang besar. Semuanya kembali ke pemilik masing masing.

5. Pasang Header Keras

Sering dengan alasan kompitisi dan peningkat performa maka pemilik mobil berlomba lomba membuat knalpot dengan makin free flow, dengan makin free flow tentunya tenaga diputaran atas makin membaik, tapi hal itu juga diikuti dengan suara mobil yang bisa menggangu orang lain, coba bayangkan seandainya mobil anda memasuki daerah perkampungin lalu dengan suara yang keras, dan misalnya ada penduduk yang tidak senang lalu berbuat anarkis, tentunya anda sendiri yang rugi bukan. ( bukan nakut nakuti lho )

6. Sementara itu dulu ntar kalau ada yang baru akan ditambah

Semoga bermanfaat

Mengetes Berbagai Cairan Pendingin Radiator Kendaraan

Mengetes Cairan Pendingin Radiator

Kondisi Awal Perendaman
Kondisi Awal Perendaman
Dibawah ini adalah beberapa komentar di dunia maya dan dari obrolan dari para pakar pakar dan suhu suhu otomotif tentang Air Radiator.
  • Kalau yang terbaik dari Air Radiator adalah air dari kondendasi AC, karena dia tidak mengandung garam garaman.
  • Kalau saya memakai Air minum mineral buat isi radiator karena sudah teruji kebersihan dan pure nya.
  • Lebih baik pake Air Accu, karena Air Accu adalah proses destilasi.
  • Saya memakai air sumur karena air sumur saya sudah saya check di laboraterium bla bla bla.
  • Pakailah Coolant karena coolant di rancang untuk radiator dan mencegah karat beserta memberi pelumasan buat water pump dan lain lain.
Kondisi setelah 24 jam Perendaman
Kondisi setelah 24 jam Perendaman
Nah bagi anda yang awam tentu Pusing bukan dengar banyaknya statement dari para Pakar Pakar dan Master Master otomotif ( Baik itu Pakar Betulan atau Pakar Jadi Jadian kayak Dedemit (Temannya genderuwo, Suster Ngesot, Kuntil Anak, Wewe Gombel, Sundel Bolong dan sebangsanya). hiii Seremmm
Ayo Daripada pusing kita lihat Percobaan saya ini, cuman sebagai bahan masukan ajaPercobaan ini sebenarnya sudah lama dan diketahui hasilnya tapi berhubung saya tidak memiliki dokumentasi foto fotonya maka saya bikin lagi. (maaf saya tidak mengomentari hasil percobaan silahkan anda ambil kesimpulan sendiri, saya hanya memberi penjelasan detail dari percobaan.
Setelah 2 hari perendaman
Setelah 2 hari perendaman
  • Percobaan diatas memakai A (Coolant), B (Air Accu Merk ayam Jago), C (Air Kondensasi AC dari Mobil), D (Air minum merk Aqua).
  • Pada Gambar Pertama itu adalah kondisi Waktu pertama kali, untuk perendaman memakai Paku yang masih baru. ( belum berkarat ).
  • Pada Gambar ke-2 dibawahnya itu setelah perendaman mencapai umur kira kira 24 Jam.
  • Untuk Gambar ke-3 disamping ini adalah kondisi paku setelah direndam 2 hari (48 jam). dari gambar tampak bahwa bidang B,C dan C air semakin menjadi berwarna kuning-orange. bahkan serbuk karatnya dah mulai menempel pada dasar bejana.
  • Sedang kan gambar dibawahnya adalah paku yang udah saya keluarkan dari media perendaman, huruf mewakili tempat media penyimpanan. 
  • Silahkan anda Ambil Kesimpulan sendiri mau pake Cairan yang mana yang terbaik bagi kendaraan anda.

Semoga Bermanfaat

Cara instant Meningkatkan Daya Pengereman Mobil

Cara Instant Meningkatkan Daya Pengereman Mobil 

Disk Pad Bendix dan Rotor Brembo
Disk Pad Bendix dan Rotor Brembo
Begitu banyak cara dan teknik yang sering dipakai para pemilik mobil, khususnya untuk meningkatkan kepakeman Rem dari mobilnya, Terutama hal ini dilakukan, karena mobil mereka biasanya sudah ditingkatkan kemampuan akselerasi beserta top speednya.
Tentunya dengan mobil yang semakin cepat tentu juga dibutuhkan kinerja rem yang makin mumpuni untuk menghentikan laju kendaraan tersebut.
Tidak Lucu bukan kalau mobilnya bisa kencang tapi waktu di rem malah nyelonong karena kurang pakem. Ada begitu banyak modifikasi meningkatkan kinerja rem mulai dari cara yang murah sampai cara yang ekstrim. atau bahkan ada yang pakai akal akalan yang ngak diketahui Asalnya teori misalnya dengan menambah alur pada kampas rem, atau bahkan memberi lubang tambahan pada rotor dan lain lain. ( hal ini tergantung improvisasi dari pemilik )

Beberapa cara meningkatkan kinerja rem

Bendix dan Rotor Yang sudah Terpasang
Bendix dan Rotor
Yang sudah Terpasang
1. Modifikasi pemasangan ABS pada mobil yang belum dilengkapi ABS.
2. Mengganti Kampas Rem beserta Rotornya.
3. Mengganti master rem dan rotor dengan ukuran yang lebih besar.
4. Memodifikasi vakum boster, sampai dengan memperbesar ukurannya dan lain lain.
5. Menambah Perangkat Rem misal Exhaust brake.
Dari beberapa cara diatas cara termudah tanpa mengubah dan memodifikasi adalah mengganti Kampas Rem ( Disc Pad ) dengan produk after market yang berkualitas di atas komponen OEM.
Misalnya pada kasus ini saya ambil contoh adalah Isuzu Panther. Pada Isuzu Panther anda bisa mengunakan produk After market dari Bendix dan Mengganti Disc Rotornya dari Brembo.
Mengapa harus Satu Set. Karena Disc Pad dari Bendix memiliki kandungan metal yang banyak, sehingga diperlukan Rotor yang mumpuni agar tidak mudah tergerus. 
Berdasarkan Pengalaman Penulis ( Memakai Produk Disck Pad Bendix Titanium Metal King dan Disc Rotor Brembo ) Kinerja Pengereman bisa meningkat sekitar 20% ( Taksir yaaaa )
Jadi Bila anda ingin meningkatkan Kinerja mobil anda, penggantian Disc Pad dan Rotor akan sangat membantu.
Anda bisa meminta bantuan kepada bengkel untuk memasangnya, Proses pengantian Rotor beserta kampas rem tidak memakan waktu yang lama hanya sekitar 1 Jam, dan anda bisa menyimpan rotor yang lama untuk disimpan apabila someday mobil anda akan dijual kembali.

Semoga Bermanfaat 

Urutan Pengencangan Mur Roda (Bolt / Nut Tightening Procedure)

Urutan Pengencangan Mur Roda 

(Bolt / Nut Tightening Procedure)

Proses Pengencangan mur pelek roda
Proses Pengencangan
mur pelek roda
Anda Sering Membuka dan Mengganti Ban cadangan mobil anda bukan?
Ya Ketika ban anda kempis dan darurat mau tidak mau anda pasti akan menggantinya, Coba Perhatikan jumlah Baut pada pelek mobil Anda. Biasanya ada 4 baut, 5 Baut dan 6 Baut, (bahkan untuk mobil heavy duty macam truck dan Bus akan banyak banyak bautnya ya bisa 8, 10, 12 dan seterusnya.
Ternyata proses mengencangkanya tidak boleh sembarang lho, Selain memakai Prosedur Torsi (dengan kekencangan tertentu) ternyata Proses Pengencangannya juga memakai urutan tertentu.
Mengapa?, Hal ini bertujuan menjamin Pelek bisa menempel dengan simetri dan Balance pada roda, sehingga baut bisa bekerja dengan sinergi, nah bagi anda yang tertarik silahkan terus membacanya ya. (atau bila anda memakai sopir iseng iseng perhatikan waktu sopir anda mengganti ban mobil anda dan beri penjelasan ke dia) he99 ( biar menunjukkan kalau majikannya tau juga tentang mobil)
Dibawah ini saya hanya membahas urutan pengencangan baut saja, Untuk Ulasan pengencangan dengan menggunakan kunci torsi akan saya bahas di lain kesempatan,

Keterangan Gambar

Tabel Urutan PengencanganBaut
Tabel Urutan Pengencangan Baut
1. Pada Gambar 1 itu adalah untuk pelek dengan 4 roda, pelek dengan 4 roda seperti minibus kijang lama, sedan dan lain lain. pengencangannya relatif mudah hanya dengan metode silang seperti pada gambar, anda pertama pasang mur bagian atas kencangkan seperlunya pasang no 2 lalu ke 3 dan ke 4, untuk no3 dan 4 bisa di balik balik, tidak masalah.
2. Pada Gambar 2. itu adalah pelek dengan 5 mur roda misal suzuki vitara atau kijang innova, seperti pada gambar no 1 anda tinggal memasang sesuai urutan nomer. * Untuk mengingat ingat urutannya anda bisa memakai petunjuk waktu akan mengambar sebuah bintang segi 5. dari Pedoman Gambar diatas anda dapat memodifikasinya misalnya mulai dari no. 1,5,4,3 dan terakhir 2 juga bisa.
3. Ini untuk Pelek 6 baut macam Isuzu panther kapsul, Double Kabin dan lain sebagainya. Pada pelek 6 lubang ini selain urutan 1,2,3,4,5,6 pada gambar anda juga bisa memakai urutan 1,2,6,5,4 lalu terakhir 3
4. Gambar 4 itu untuk roda dengan 8 baut.
5. Gambar untuk 10 baut
6. Gambar untuk 12 Baut
7. Gambar untuk 16 Baut.
8. Gambar untuk 24 Baut.

Pengencangannya

1. 25% dari total spesifikasi  torsi, pengencangan ikut numbering sequence.
2. Lalu dukencengin lagi 50%.masih ikut numbering sequence.
3. Dikencengkan lagi sampai 75% dari total spesifikasi torsi, masih ikut numbering sequence.
4. Dikencengkan 100% sesuai spek, ikut numbering sequence juga.
5. Cek semua mur, memutar searah / berlawanan arah jarum jam.

Spesial Thangkiu untuk 
Mr Nico Satrio atas Masukan dan Idenya

Semoga Bermanfaat

Refill Pewangi Mobil

Refill Pewangi Mobil 

Refill
Refill
Tanggal Tua?
Lagi Mbokek?
Lagi banyak Pengeluaran?
Lagi Mbokek dan banyak pengeluaran eh ternyata pewangi mobil anda udah habis minta diganti, sebut aja anda memakai parfum mobil Ambi pur. Ngak usah Galau Silahkan anda membeli pewangi isi ulang bisa merk sembarang murah kok harganya paling 10 ribuan dan bisa dipakai untuk refill berkali kali.

Proses Kerja

Refill Pengharum Ruangan
Refill Pengharum Ruangan
1. Silahkan anda lepas ambi pur dari mobil anda, lalu cucilah dengan alkohol pada kapasnya. ( alkohol bertujuan menghindarkan residu pewangi dan minyak minyak yang sudah sulit menguap karena bahan penguapnya udah hilang. Selain itu dengan dicuci alkohol juga bertujuan menghilangkan bau asal dari parfum mobil anda biar ngak bertabrakan dengan bau parfum baru. ( maklum namanya juga paket hemat)
2. Setelah bersih segera isikan cairan  Refill yang telah kita beli sampai penuh, lalu pasang kapas kembali, dan pasang kembali ke tempat semula (dimobil), dan bila dikemudian hari cairan habis anda bisa mengisi lagi tanpa perlu mencuci kapas penguapnya. Mudah bukan.

Semoga Bermanfaat 

Penamaan Diesel Commonrail Pada Automotive

Penamaan Commonrail Pada Automotive

BMW 320d
BMW 320d
Dengan makin banyaknya mobil diesel commonrail yang beredar kadang kita sekarang sulit membedakan apakah mobil itu memakai mesin diesel atau mesin bensin, Cara tergampang yaitu dengan melihat ujung knalpotnya, ya jika warnanya hitam berjelaga pasti itu mesin diesel, ( kecuali mesin bensin Jebot yang udah bocor kompresi juga berjelaga hitam) he99
Cara Termudah anda bisa melihat simbol dari mobil itu, Misal Mercedes memakai tulisan CDI, Atau BMW pake simbul D misal 320d tentunya itu adalah diesel atau D 4D pada toyota

Ayo Kita lihat merk merk kendaraan lain:

mercedes slk cdi
mercedes slk cdi
Alfa Romeo memakai JTD misal 156 1.9 JTD,  156 JTD 2.4 sport Wagon
ARO memakai D saja misalnya 244 2.5 D
Audi memakai simbul TDI misal A4 2,5 TDI, A6 Avant 2,5 TDI Quattro
BMW memakai simbul D, misal 320d ,330d
Chevrolet memakai VCDi (licensed from VM Motori)
Cummins dan Scania memakai XPI (Developed under joint venture)
Cummins bersimbol CCR (Cummins pump with Bosch Injectors)
Daimler's (Mercedes) CDI
Fiat Group yang terdiri (Fiat, Alfa Romeo and Lancia) JTD (also branded as MultiJet, JTDm, Ecotec CDTi, TiD, TTiD, DDiS, Quadra-Jet)
Ford Motor Company memakai TDCi Duratorq and Powerstroke
Honda  memakai  i-CTDi & i-DTEC
Hyundai & Kia memakai CRDi
Isuzu memakai iTEQ
Komatsu Tier3, Tier4, 4D95 and higher - HPCR series Diesel engines.
Mahindra memakai CRD
Mazda MZR-CD & Skyactiv-D (1.4 MZ-CD, 1.6 MZ-CD manufactured by joint venture Ford/PSA Peugeot Citroën memakai DiTD
DID punya Mitsubishi
DID punya Mitsubishi
Mitsubishi DI-D
Nissan dCi, Infiniti dCi engines, but not branded as dCi.
Opel CDTI
Proton SCDi
PSA Peugeot Citroën HDI or HDi (1.4HDI, 1.6 HDI, 2.0 HDI, 2.2 HDI, V6 HDI)
Renault dCi
SsangYong  XDi
Subaru Legacy TD
Tata DICOR & CR4
Toyota D-4D & D-Cat
Volkswagen Group: TDI misal 6.0 V12 TDI, 4.2 TDI (V8), 2.7 and 3.0 TDI (V6), 1.6, 2.0 TDI (L4) and 1.2 TDI (L3) engines featured on current Seat, Skoda, VW and Audi models use common rail, as opposed to the earlier unit injector engines.
Volvo 2.4D and D5 engines (1.6D, 2.0D manufactured by Ford and PSA Peugeot Citroen), Volvo Penta D-serie engines
Wärtsilä-Sulzer 14RT-flex96-C "largest reciprocating engine in the world" designed by the Finnish manufacturer Wärtsilä

Semoga Bermanfaat

Lane Departure Warning System (LDWS)

Lane Departure Warning System 

LDWS
LDWS
Dengan makin berkembangnya teknologi pengamanan pada sebuah mobil maka telah dikembangkan sebuah teknologi yang bernama Lane Departure Warning System, Sesuai namanya teknologi memberikan peringatan kepada pengemudi ketika pengemudi melakukan tindakan ceroboh dengan keluar dari jalur lintasan pengemudi ketika dijalan raya (tanpa melakukan tindakan menghidupkan lampu sein). tujuan utamanya tentu adalah menghindari kecelakaan. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi kesalahan pengemudi (human Error) Misal saja anda ketika mengemudi kemudian mengantu, lalu keluar dari jalur semestinya.

Jenis dari LDWS

* Yang pertama adalah sistem yang hanya memperingatkan pengemudi ketika dia keluar dari jalur / Lintasan kendaraannya. biasanya peringatan ini bisa berupa suara atau Model Getar/ Vibrator.
* Yang Kedua Selain Peringatan maka mobil bisa mengambil langkah untuk memastikan agar kendaraan kembali atau tidak berada di lintasan sebenarnya apabila ternyata setelah adanya peringatan ternyata pengemudi tidak mengambil langkah yang diperlukan.

Alat Pendukung LDWS

Kamera Sensor LDWS
Kamera Sensor LDWS
* Sensor video , Sensor ini biasanya terpasang di belakang kaca depan dan  atau bisa terintegrasi di samping kaca spion
* Laser sensor, Sensor ini dipasang di bagian depan kendaraan
* Sensor infra merah, Sensor ini dipasang baik di belakang kaca depan ataupun di bawah kendaraan

Perkembangan LDWS

2001 Nissan Motors mulai menawarkan sistem ini pada Cima yang dipasarkan di Jepang.
2002 Toyota memperkenalkan Monitoring System Lane nya pada model Cardina dan Alphard di Jepang,. Sistem ini memperingatkan pengemudi jika kendaraan mulai bergerak keluar dari jalurnya.
2003 Honda meluncurkan Lane Keep Assist System ( LKAS ) pada Inspire. LKAS menyediakan sampai 80 % dari torsi kemudi untuk menjaga mobil di jalan di jalan raya .
2004 Untuk pertama kalinya secara masal diterapkan didaerah Amerika Utara  contohnya pada Nissan Infiniti FX
2005 Citroën menjadi yang pertama di Eropa untuk menawarkan LDWS tahun 2005 pada model C4 dan C5 nya dan C6-nya. Sistem ini menggunakan sensor infra merah untuk memonitor marka jalan di permukaan jalan, dan mekanisme getaran di kursi untuk memperingatkan pengemudi.
2007 Audi mulai menawarkan Audi Lane Assist fitur untuk pertama kalinya pada Q7.
Citroen Picasso With LDWS
Citroen Picasso With LDWS
2008
General Motors memperkenalkan Lane Departure Warning pada tahun 2008 pada model Cadillac STS, DTS dan Buick Lucerne.
BMW juga memperkenalkan Lane Departure Warning pada seri 5 dan 6 seri ,
Volvo memperkenalkan sistem Lane Departure Warning pada seri S80 , V70 dan XC70.
2009 Mercedes-Benz mulai menawarkan Lane Keeping Assist pada seri E. Sistem ini memperingatkan pengemudi ( dengan getaran roda kemudi ) jika kendaraan mulai meninggalkan jalurnya .
2010 
Kia Motors melauncing Cadenza sedan premium dengan Lane Departure Warning System opsional (LDWS) di pasar. Sistem ini menggunakan icon dashboard berkedip dan memancarkan peringatan terdengar saat kendaraan keluar jalur,
Fiat juga meluncurkan Lane dikenal sebagai Haptic Feedback Lane System Assist. Sistem ini mengintegrasikan kamera pendeteksi jalur dengan sistem electrik power steering , ketika kendaraan mulai terdeteksi meninggalkan jalur dan lampu sein tidak dinyalakan untuk berpindah jalur, maka sistem akan memerintahkan powerstering untuk secara aktif  akan mengembalikan kendaraan ke jalur yang seharusnya .

Semoga Bermanfaat

Mengenal Shock Absorber

Mengenal Shock Absorber 

Shock Absorber
Shock Absorber
Sering kita mendengar shock absorber bukan?
Bahkan ada yang nyebut dengan sokbeker, dan lain lain. 
Sesuai dengan terjemahan namanya yaitu Menyerap GuncanganShock Absorber dapat diartikan sebagai sebuah alat mekanik yang dirancang untuk meredam hentakan/ guncangan  yang disebabkan oleh energi kinetik.
Ada Banyak merk Shockabsorber yang beredar baik itu yang OEM ataupun yang after market macam Kayaba, Bilstein, Monroe, Tein, Koni, Rancho, Tanabe, HKS dll

Fungsi Utama Shock Absorber 

* Meredam ayunan/ getaran yang terjadi pada kendaraan 
* Memberikan kestabilitasan kendaraan dan memudahkan pengendalian.
* Meningkatkan kenyamanan pengendara dan penumpang.
* Memberi Keawetan pada kendaraan itu sendiri, 

Dari Media Pengisinya dibedakan menjadi

Mono Tube & Twin Tube
Mono Tube & Twin Tube
Shock Absorber Hydroulis
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli Pada saat peredam kejut bekerja, oli akan mengisi sebagian ruang pada tabung luar.
Shock Absorber Gas 
Tabung dalam (cylinder) berisi penuh dengan oli dan dimasukkan gas nitrogen bertekanan yang akan mengisi ruang pada tabung luar pada saat bekerja.
Untuk Membedakan antara Shock Absorber Oli dan Gas, Selain dari Tulisan dari keterangan badan shock tersebut, anda juga bisa mencoba untuk menekan shock tersebut. Untuk shock dari Oli dia akan diam, sementara kalau berisi Gas maka secara perlahan shock yang tadi anda tekan akan perlahan lahan kembali memanjang. ( Cara ini juga bisa untuk pertanda kalau shock tersebut masih bekerja dengan baik)

Dari Konstruksinya dibedakan menjadi

Mono Tube dan Twin Tube
Mono Tube dan Twin Tube
Mono Tube
Hanya terdiri dari satu ruangan tabung.
Twin Tube 
Terdiri dari dua tabung 
Untuk Lebih Jelasnya langsung lihat gambar disamping ini aja ya, he99

Dari Gaya Redamnya dibedakan 

Single Action
Pada Jenis Ini Gaya redam hanya terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) Sedangkan Gaya redam tidak terjadi pada langkah memendek (Compression Stroke).
Double Action
Gaya redam terjadi pada langkah memanjang (Rebound Stroke) dan langkah memendek (Compression Stroke)

Semoga Bermanfaat  

Angka Setana pada Solar (Cetane Number)

Angka Setana pada Solar (Cetane Number)

Ritual Mengisi Bahan Bakar
Ritual Mengisi Bahan Bakar
Angka Setana atau CN (Cetane Number) adalah ukuran yang menunjukkan kualitas dari bahan bakar untuk diesel, Dalam mesin diesel angka bahan bakar setana yang lebih tinggi akan memiliki periode pengapian lebih pendek daripada bahan bakar setana bernilai rendah.
Singkatnya, semakin tinggi angka setana akan lebih mudah bagi bahan bakar untuk terbakar dalam kompresi. Dengan bahan bakar yang mudah terbakar maka akan mengurangi ketukan dari mesin diesel, sehingga mesin akan lebih halus. Oleh karena itu bahan bakar yang lebih tinggi setana biasanya menyebabkan mesin untuk berjalan lebih lancar dan tenang . hal ini berbeda bila nilai setananya lebih rendah maka akan terjadi delay sehingga menambah ketukan pada proses pembakaran. (Mohon dibedakan dengan Nilai Octan pada Mesin Bensin) Karena Prinsipnya sangat berbeda jauh, kalau nilai oktan pada bensin itu bahan bakar makain sulit terbakar bila di kompresi).

Nilai Setana 

Nilai Setana dinyatakan dengan angka, dan biasanya mesin diesel bermain diangka CN 40-55. Seperti penjelasan diatas, Bahan bakar dengan setana yang lebih tinggi mengalami keterlambatan pengapian lebih pendek, akan memberikan lebih banyak waktu untuk proses pembakaran bahan bakar akan selesai. Oleh karena itu, mesin diesel high performance akan beroperasi lebih efektif dengan bahan bakar setana yang lebih tinggi .
Di Eropa , nomor setana ditetapkan minimal 38 tahun 1994 dan 40 pada tahun 2000. Pada saat ini standar untuk diesel dijual di Uni Eropa, Islandia, Norwegia dan Swiss diatur dalam EN 590, dengan setana minimal 51. Solar yang bagus (Premium) biasanya memiliki setane setinggi 60.
Di Amerika Utara, sebagian besar negara mengadopsi ASTM D975 sebagai standar bahan bakar diesel mereka dan setanaminimum ditetapkan sebesar 42-45. Beberapa Aditif sering ditambahkan ke dalam bahan bakar untuk memberikan pelumasan, deterjen untuk membersihkan injector bahan bakar dan meminimalkan deposit karbon, dispersan air, dan aditif lainnya tergantung pada kebutuhan geografis dan musim.

Aditif pada Solar

Aditif yang biasanya digunakan dalam solar adalah Alkyl nitrat (2-etilheksil nitrat) dan di ters butil peroksida keduannya digunakan sebagai aditif untuk menaikkan cetane number.
Tabel Bahan bakar
Tabel Bahan bakar

Bio Diesel

Biodiesel yang berasal dari sumber minyak nabati biasanya memiliki nilai setana 46-52, Sedang bahan dari lemak hewan berbasis biodiesel memiliki setana 56-60. Dimetil eter adalah bahan bakar diesel yang potensial karena memiliki nilai cetane tinggi (55-60) dan dapat diproduksi sebagai biofuel.

Solar Di Indonesia

Pada Solar yang dijual dan kita pakai biasanya memiliki
Biosolar memiliki angka setana sekitar 48 min sampai 51 max dengan sulphur 500 ppm
Solar biasa memiliki angka setana sekitar 48 masimal dan sulphur diatas 500ppm
Pertadex memiliki setana min 54 ( biasanya 55-56 ) dengan sulphur 300ppm
Shell Diesel memiliki setana sekitar 48-52  dengan sulphur hanya 50 ppm

Semoga Bermanfaat

Macam Alat Penambah Kestabilitasan mobil

Macam Alat Penambah Kestabilitasan mobil 

Strut Bar
Strut Bar
Dalam Dunia modifikasi sering kita mendapati beberapa piranti atau alat tambahan untuk menaikkan performa dari mobil kita, khususnya alat penambah kestabilitasan mobil, Walau kadang kala ada beberapa produsen mobil yang sudah memberikan piranti alat itu sebagai perlengkapan standar. Bila anda ingin menambah alat alat tersebut tidak perlu susah susah bikin sendiri karena Biasanya Rumah Produksi macam Tanabe, HKS, Tein, Koni, eibach dan lain lain yang biasanya mendesain untuk kendaraan anda. Pada Intinya alat penambah kestabilitasan ini membuat struktur lebih rigid/ kaku
Beberapa alat tambahan tersebut di antara nya adalah.

Strut Bar / Strut Brace / Strut Tower Brace

Sebuah strut bar, atau strut brace, atau Strut Tower Brace ( STB ) adalah aksesori tambahan (aftermarket) yang dipasang pada mobil untuk mendukung suspensi bagian depan. Strut Bar biasanya digunakan pada mobil ber tipe suspensi MacPherson struts di monocoque atau chassis unibody untuk memberikan kekakuan tambahan. Strut Bar biasanya terletak di ruang mesin yang berupa besi panjang melintang yang menghubungkan antara ujung dudukan shock depan. Strut bar ini pada intinya adalah memberikan kerigitan agar kerja suspensi tetap rigit dan mencegah goyangan yang pada akhirnya mengurangi kesabilitasan. 

Lower Arm Bar/ Under Braces

Tanabe Under Braces
Tanabe Under Braces
Lower Arm Bar sesuai namanya terletak di daerah kolong mobil, Lower Arm menghubungkan arm bagian kiri dan kanan. Macam ada beberapa jenis, ada yang memegang 2 titik saja, ada juga yang 4 titik. Lower Arm Bar kerjanya mirip dengan Strut Bar atas, yaitu menyeimbangkan kerja antara kaki-kaki kiri dan kanan, bila strutbar mendukung bagian atas maka lower bar ini bekerja dibagian bawah.

Rear Strut Tower Bar/ Rear Upper Bar


Di Kombinasikan untuk bekerja sama seperti Strut Bar di depan, berfungsi untuk meminimalisir under steer dan meningkatkan stabilitas saat corner braking. Jenis ini banyak diaplikasikan pada mobil jenis front wheel drive (FWD), 

Sway Bar/ Anti Roll Bar/ Stabiliser Bar

Sway Bar Koni
Sway Bar Koni
Sway bar atau anti-roll bar/ stabilizer bar merupakan bagian dari suspensi mobil yang membantu untuk mengurangi body roll kendaraan saat menikung dengan cepat. Bar ini menghubungkan roda kanan dan kiri melalui sebuah lengan tuas pendek yang dihubungkan oleh sebuah pegas torsi. 

Roll Bar/Cage

Mungkin anda sering mendengar Roll bar. Ya Pada Roll Bar sering kita lihat pada balapan resmi atau pada mobil off road,  Beberapa kejuaraan balap memiliki regulasi bentuk yang berbeda. Rol bar biasanya dipasang dan didesain mengikuti dari bentuk body, biasanya terbuat dari rangka rigit (bentuk Pipa). Roll bar akan memberikan perkuatan yang signifikan pada kabin, tentunya ini sangat bermanfaat untuk keselamatan pengendera misal terjadi kecelakaan dan sebagainya.

Fender Bar


Febder Bar
Fender Bar
Biasanya berbentuk segitiga, Fender Bar ditanam di dalam fender untuk mencegah Chassis Flex yang ekstrim. tekanan Chassis Flex bisa mempengaruhi dari body keseluruhan, khususnya pada konstruksi mobil tanpa sasis (monocoque). Fender Bar ini bertugas memberikan perkuatan antara suspensi depan dan Pilar A, atau kalau untuk suspensi belakang akan memberikan perkuatan suspensi belakang dengan Pilar B/ C ( tergantung jenis mobilnya).

Side Lower Bar

Side Lower Bar adalah Bar yang diletakkan pada sisi samping kiri - kanan mobil,Letaknya biasannya diantara pilar A sampai kepilar C. Fungsi utamanya sebagai tambahan penyestabil (stabilisator) supaya mobil tetap stabil dijalan. Side Lower Bar banyak digunakan untuk arena balapan Drag Race.

Semoga Bermanfaat

Memberi Warna Pada Handle Kunci Pintu

Memberi Warna Pada Handle Kunci Pintu

Anda memiliki Isuzu Panther?
Kadang Kala Ketika Malam atau Gelap kita ngak tahu apakah pintu sudah terkunci dari dalam atau belum ( untuk beberapa panther yang diperlengkapi alarm standar pabrik masih ada otomatis lock 10 detik ketika kita abis menghidupkan/ menutup pintu) tapi kalau yang belum kan repot.
Agar mempermudah, kita bisa menambah sedikit warna pada ujung tuas agar tuas pengunci menjadi lebih kelihatan terutama kalau malam tiba. (Cara Ini bisa diterapkan pada mobil jenis lain yang memiliki tipe pengunci yang sama)

Ayo kita kerjakan sendiri

Memberi Stiker pada Handle Pintu
Memberi Stiker pada Handle Pintu
1. Siap kan Stiker Scoth Light ( stiker yang bercahaya ketika terkena sinar) anda bisa membelinya di toko stiker. Untuk warna bisa dan terserah dengan selera anda. Warna pada gambar hanya sebagai contoh saja.
2. Potong stiker menjadi segitiga kecil kecil. Buatlah 4 buah ( untuk keempat pintu )
3. Stiker yang sudah jadi dan terpotong.
4. Ini adalah gambar tempat kita akan menaruh stiker.
5. Ini adalah Gambar ketika Tuas Lock sedang mengunci.
6. Adalah Gambar ketika tuas pengunci tidak dalam posisi lock. akan tampak ada stiker warna kuning bukan, Ini akan bermanfaat ketika sore hari atau keadaan dalam kabin menjadi gelap.
Note:
* Untuk pemasangan stiker dapat disesuaikan dengan selera anda, kalau penulis mengunakan ukuran dari alur pada tuas lock tersebut.
* Pada waktu pemasangan karena sangat kecil anda bisa menggunakan Pen atau tuas yang ujungnya runcing buat mengeser2 dan menekan stiker. ( Improvisasi anda)
* Mudah Bukan

Semoga Bermanfaat