Beberapa Penyebab Kerusakan Mesin Fatal
Jangan Hal seperti ini terjadi pada mobil anda |
Beberapa hal ini adalah.
1. Mesin Overheat
Jangan Sepelekan Overheat pada mesin, bila anda waktu mengemudi dan tiba tiba melihat indikator suhu mobil meningkat dan tidak biasanya. Waspadalah dan segera menepi untuk memeriksa keadaan kendaraan anda. Faktor overheat yang biasa terjadi adalah.- Buntunya radiator karena berkerak ( tidak memakai coolant )
- Macetnya thermostat karena kerak atau memang umur yang sudah kadaluwarsa.
- Tutup radiator yang bermasalah.
- Kondisi kipas pendingin yang tidak bekerja dengan baik ( visco kering atau kipas electrik. beserta sensornya bermasalah)
- Kondisi Waterpump yang sudah tidak optimal.
- Kelainan mesin ( misal habis overhoul sehingga jalur mantel jaket tersumbat perpak dan lain lain)
2. Pompa Olie Tidak Naik
Waspadalah terhadap lampu indikator |
3. Kebocoran Olie / Hilangnya Olie
Kebocoran olie disini bisa saya artikan adalah
# Kebocoran karena olie terbakar akibat keausan. pada jenis ini mesin memang sudah waktunya overhoul, tapi biasannya dipaksakan karena belum adanya dana atau karena ada alasan tertentu. Bila anda memang menunda perbaikan selalu pastikan jumlah olie tetap sesuai batas yang dianjurkan dengan secara periodik menambah jumlah olie.
# Kebocoran karena kecelakaan misal baut tap yang sudah aus lalu lepas dijalan, bila anda tidak teliti maka mesin anda pasti hancur. Tindakan pencegahan adalah selalu teliti dalam memperhatikan instrumen kendaraan anda, dan jangan sepelekan kondisi baut penutup olie ( mesin, gardan dan verneling ) untuk selalu terkunci dengan kuat dan benar.
4. Putusnya Timing Belt
Gantilah Timing Belt Sesuai Anjuran Pabrik |
Untuk Itu Selalu gantilah Timing belt sesuai jadwal petunjuk yang di syaratkan pabrikan, dan Gantilah lebih awal bila mobil anda melalui medan yang selalu macet. Karena anda tahu bukan patokan pengantian timing belt biasanya hanya dari jarak tempuh kilometer. tetapi ketika mobil anda beroperasi didaerah perkotaan semisal Jakarta. tentunya perhitungan jarak kilometer sudah menjadi tidak berlaku atau bila berlaku tentunya akan sangat beresiko memaksa penggantian unit timing belt dari pada anda harus memperbaiki belt yang putus beserta kerusakan mesinnya/
5. Knoking berlebihan
Knoking yang berlebihan bila dipaksakan bisa berakibat fatal pada unit mesin anda, berhati-hatilah, bila anda memakai bahan bakar yang kurang bagus jangan terlalu memaksa kinerja dari mesin. selalu pakai penggunaan gigi verneling yang ideal sesuai kecepatan yang disarankan. Terutama untuk mobil mobil yang sudah dimodifikasi lebih rentan mengalami gejala knoking. (pemakaian supercharger tambahan atau Turbo )6. Water Hammer
Water hammer adalah masuknya sejumlah besar air kedalam ruang pembakaran, (biasanya terjadi karena mobil melintasi medan banjir lalu saluran napas mesin menghirup air ). Ketika air masuk keruang kompresi dalam jumlah besar, maka unit yang paling menderita adalah Piston. karena piston merupanan titik terlemah dalam unit kompresi mesin.Untuk pencegahan selalu ketahui titik tertinggi dari napas mobil anda dan bila terjadi banjir Janganlah memaksa untuk melewati, ingat mobil anda bukan perahu.
Bagaimana dengan panther kotakku katanya pakai timing gear, untuk memeriksanya dimana ya??? Matur nuwun
ReplyDeleteUntuk mobil panther yang memakai timing gear, itu umurnya unlmit umurnya ditentukan oleh pemakaian dan kualitas olie, selalu jagalah pengantian olie mesin secara periodik dan selalu dapatkan produk olie yang asli. :)
Deletebagaimana masang paking karter mesin panter
ReplyDelete,paking apa namanya yg bgus tk paking karter nya?
Silahkan beli Karter Orisinal, sudah ada itu di toko, bila ingin nambah sealer pastikan sealer jangan terlalu banyak
DeleteNumpang tanya gan, panther'91 susah hidup saat start bunyi taktak....(apa mungkin pakking knalpot dari manipol krn bocor hingga bunyi tak2) dari filter udara keluar asap.
ReplyDeleteTerima kasih.