Cara Mencegah Mesin Overheat
Jangan Sampai Mobil Anda Overheat |
Kejadian seoperti itu biasanya terjadi pada kendaraan yang Pemiliknya lalai dalam merawat kendaraannya pada unit pendinginan mesinnya. Padahal hal hal seperti itu sangat mudah untuk anda pantau dalam merawatnya.
Berikut Ini adalah Hal Hal yang wajib diperhatikan pemilik mobil agar kendaraan anda terbebas dari overheat dan masalah pendinginan mesin dijalan.
Kipas
Kipas Radiator Electric |
Sedangkan dari sumber tenaga geraknya Kipas biasanya terbagi 2 jenis yaitu Kipas dengan sumber daya motor listrik dan Kipas dengan pengerak belt yang memakai tenaga putaran mesin.
Untuk Mengetahui Kondisi motor listrik anda tinggal mengecek putarannya ketika bekerja, bila putaran sudah mulai melemah dan tidak kencang waspadalah ada masalah dengan motornya.
Sedangkan Pada kipas dengan pengerak Belt maka anda harus rajin memeriksa kekencangan belt agar tidak terlalu kendor sehingga bisa mengakibatkan selip, dan juga jangan terlalu kencang karena akan membuat unit belt cepat aus, dan hal itu juga membebani unit mesin dan lager2 belt itu sendiri. untuk beberapa kendaraan sekarang unit kipas juga dilengkapi dengan Visco Van, disini antara kipas dan puley pengerak diberi cairan visco, dengan maksud ketika mesin masih dingin maka tidak dibutuhkan putaran kipas maka kipas akan menjadi selip (putaran tidak kencang) tapi ketika suhu mesin naik maka cairan akan memuai sehingga menekan kipas untuk bergerak lebih kencang. untuk mengetes kipas jenis ini anda tinggal mengecek ketika mesin dingin kipas akan ringan diputar akan tetapi ketika mesin panas, kipas akan lebih berat untuk diputar. ( hati hati2 ya ngeceknya waktu mesin mati lho) bila kipas waktu mesin panas kok masih ringan maka kemungkinan Cairan Visco kurang, itu bisa kita tambah sendiri. ( Kapan Kapan akan saya bahas dilain kesempatan)
Radiator
Seluruh Air yang digunakan untuk mendinginkan mesin akan didinginkan di radiator ini. Saluran saluran dalam radiator sangat rentan tersumbat akibat dari kerak dan karat. (Ingat kan pelajaran waktu SMP tentang Air Sadah ?) Bila Radiator sampe tersumbat anda harus menservisnya ditukang servis radiator untuk dibersihkan dan dibuang keraknya.Selain tersumbat dengan berjalannya waktu kadang kadang kisi kisi radiator juga tersumbat, bila tersumbat ini akan mengurangi efisiensi dari pendinginan, alangkah baiknya anda dalam 3-6 bulan sekali selalu memeriksa kondisi kisi kisi radiator.
Tutup Radiator
Tutup radiator |
Karena fungsinya sebagai katup maka biadanya ditutup radiator ada tulisan angka yang menyatakan tekanan maksimum dari tutup yang dapat ditahan, biasanya dalam angka Bar, 0,9 atau 1,1 Bar.
Water Pump
Water pump |
Thermostat
Macam2 Thermostat |
Cairan Radiator
Bila mesin Anda masih baru dan ketika semua masih bersih tentunya perawatan akan sangat mudah dilakukan karena biasanya produsen mobil sudah melengkapi unit kendaraannya dengan water coolant ( anti karat ) . Kondisi Air di di indonesia yang banyak mengandung kapur akan mudak menyebabkan terjadinya air sadah ( kerak dalam radiator ) ( ingat bukan ketika kita kecil Ketel pada emak kita biasanya berkerak coklat2 didasar ketelnya )Adalah sangat bijak bila anda menganti air radiator dengan water coolant. silahkan anda baca di http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/menguras-radiator-menganti-dengan-water.html
Jika visco fan sudah dibersihkan (silicone yg lama sudah dikeluarkan semua), berapat botol (isi per botol 15ml) yg diperlukan untuk mengisi visco fan panther kotak Om? Matur nuwun... salam paseduluran saklawase....
ReplyDeleteWah kalau tepatnya berapa botol saya kurang tahu om, yang penting diisi pada bidang datar sampe olie penub di tempatnya lalu ditutup lagi,.. kalau seingat saya kliatane butuh 2-3 botol .... :)
DeleteMatur nuwun Om, kemarin sy isi 2 btl, sekarang kalau dingin enteng banget, tapi kalau kondisi panas lumayan berat tuh kipasnya. berarti udah bener ya Om?
DeleteYa dah bener itu, karena visco kan berfungsi sebagai kopling juga, jadi ketika ada sentakan dari mesin kipas tetap aman :)
DeleteMau tanya soal kipas visco Om,kalau pakai visco berarti nggak pakai tali kipas lagi ? krn mobil sy msh pakai kipas biasa yg pakai tali kipas apakah bisa diganti dgn visco dan parts apa saja yg diganti ? terima kasih pencerahan nya.
ReplyDeletebukan um visco ya visco, mungkin yang anda maksud adalah kipas electric ( memensiunkan kipas pake belt diganti kipas motor listrik) mobilnya jenis apa um ?
DeleteZebra S89 thn 90 Om, selama ini utk mengatasi overheat saya pakai extra fan yg bekerja secara manual, jadi waktu temperatur naik melebihi batas normal baru extra fan sy hidupkan. Maksud sy kalau kipas lamanya mau ganti visco gimana caranya ?
Deleteitu ekstra vannya kan bisa di ikutkan switch thermostat, biar bisa otomotasi hidup sendiri, ( bawa aja ketukan ac buat dikonek) Pengalaman teman saya dulu ada beberapa cara membuat zebra biar lebih dingin yaitu mengganti kipas dengan bilah yang lebih banyak atau memperkecil ukuran puley water pump, jadi dengan kecepatan sama waterpump memutar air lebih banyak, :)
Deletekalo peugeot 307 sporty 2002 pakek visco oil jga ga ya om,soalnya suka overheating.....kira2 problemnya apa ya?
ReplyDeletesudah beberapa kali service di bengkel resmi ,tetep aja ga hilang..maksih bantuannya om
oh iya tambahan om,kalo ac nya di hidupin,baru tempraturnya bisa turun,kalo di matiin dia naik lagi tempraturnya
ReplyDeleteKelihatannya Mobil anda memakai unit Fan Electrik ngak pake visco Fan, Kemungkinan besar ada pada kipas pendingin yang kerjanya kurang optimal atau sensor switch kipasnya.
DeleteCoba anda perhatikan apakah unit AC anda memakai kipas tambahan. bila Ya. maka dapat dipastikan ketika AC dihidupkan dan ada pendinginan tambahan pada kipas AC maka suhu mesin akan menurun.
Kadang kala overheating itu juga dipengaru dari sensor/ ada gangugan kelistrikan, jadi ketika mesin hidup indikataor overheating, lalu ketika ada unit lain dihidupkan tiba2 sensor jadi normal ( indikator ngaco karena ada pengaruh beban listrik yang berbeda)
Coba anda rasakan ketika mengendarai waktu overheat dan ngak overheat. (unit mesin overhheat akan mempengaruhi performa mobil) bila ternyata ngak berpengaruh kemungkinan ya itu hanya gangguan dari sensornya.
mau nanya om, kadang2 mobil saya dlm keadaan mati tapi kipasnya masih nyala... apa ada masalah ya om. dan bila kipas nya nyala waktu saya starter agak berat gitu... apa pengaruh aki atau memang begitu .. mohon pencerahan Tq
ReplyDeletekalau mesin mati lalu kipasnya masih hidup, mungkin kontak anda masih di ACC belum di Off atau kipas hidup tanpa switch dari kontak on off mesin.
DeleteUntuk mesih distater terasa berat ketika kipas electrik juga hidup, ya jelas kan sumber tenaga dari Accu selain buat muter kipas dia harus untuk memutar dinamo stater tentu beban akan lebih berat
DearOom Iwan, mhn analisa dan saran.Honda HRV 2001over heat:, radiator baru , van radiator jga baru, head head sdh di slip off dan pakai packing cilinder yg flexible.(dri sini sdh tdk terlihat gelebung2 dri dlm radiator saat mesin hidup). Mesin saat turun sempat di skur klep. Sensor baru dan termostart baru. AC pendingin sdh dicheck malah gas r123 sdh dikurangi..Namun dri dri semua yg dilakukan diats blm ada perubahan yakni : mesin hidup dan mobil berjalan temp di normal, tpi begitun.AC on, tdk lama kmd temp naik, setelah AC di off, temp mesin kembali normal. Tpi mesin.secara visual tdk menujukan panas yg berlebihan dmk jga dgn radiator. Mhn penjelasan .terimakasih Oom. Rgds syams
ReplyDeletecoba diperiksa dulu soket soketnya kabel jgn jgn kendur kurang massa.
DeleteTpi dari cerita diatas kemungkinan terburuk adalah dgn pemakaian packing silinder flexsible/tebal maka ketika dipres paking itu jadi mampat lalu menutupi jalur mantel jaket air. sehingga keita mesin kerja normal maka ngak masalah tapi ketika ada bebab berat dan tambahan maka pasokan air kurang lancar jadinya overheat.
Om panther saya thermostat nya udah gak ada, gatau dr beli udah gak ada, kalo pasang tinggal plug and play atau gimana? Trus kira2 harganya berapa ya? Makash
ReplyDeletebisa anda pasang sendiri, untuk harga yang orisinal sekitar 175 ribu
Deleteom,,panther saya mesin 23 th 1995,setelah saya ganti silicone pada kipas radiatornya kenapa sekarang temperatur malah ga pernah naik,bila naik pus paling cuma di garis paling bawah,sebalumnya sya pernah ganti ring piston,water pump,skir,service radiator,air pada tangki cadangan sering berkurang,,mohon pencerahanya,terima kasih
ReplyDeleteom iwan boleh ikutan komentar tidak???
ReplyDeletemobil kijang super saya kondisi radiator lumayan sehat. Karena terakhir cucuk radiator sirkulasi masih bagus.
Yang menjadi permasalahan ialah dimana disaat membuka water pump terdapat karat yang cukup parah di pipa tempat dimana selang radiator biasa di klep, apakah bisa melakukan pengelasan pada bagian yang karat tersebut mengingat sudah berubah bentuk akbiat karat tersebut.
Permasalahan kedua ialah kenapa mobil yang biasa menggunakan air ledeng tidak bisa di gantikan dengan air radiator pabrikan yang katanya bisa menahan panas mesin hingga 300* celcius?? itu saya dapatkan dari tukang radiator.
Kenapa air di radiator saya sering berkurang padahal suhu tidak pernah lebih dari seperempat pada jarum indikasi suhu mesin di dashbord.
mohon pencerahannya, terima kasih