Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther Bekas (TBR 541)

Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther Bekas (TBR 541)

Fokus mengamati Mobil bekas
Tetap Fokus mengamati Mobil Bekas
Jangan tergoda Rayuan Penjual Mobil

Sering kali kita bingung ketika akan membeli Mobil Bekas, Terutama bila mobil itu adalah jenis Diesel, khususnya Jenis Isuzu Panther. Isuzu Panther adalah tipe mobil Pekerja Keras dengan Minim Perawatan (Mobil Badak istilah orang dunia otomotif menyebutnya), Kondisi inilah menyebabkan Unit Isuzu Panther Bekas yang ada dipasaran juga menjadi kurang perawatan, Karena merasa sudah Badak maka unitpun jarang dirawat dan terawat oleh pemiliknya ( tidak semua begitu lho ya) :)

Dari pada Pusing Ayo kita coba pelajari uraian singkat dari saya, siapa tahu bisa membantu anda yang kebetulan sedang mencari unit Ispan Panther Bekas, Untuk Contoh Saya ambil ISUZU PANTHER LV kode body TBR541 dan Kode Mesin 4JA1 (normaly aspirated) (Spesial Thangkiu Buat Um Andrie Setia Pradana (PM-218) yang menyediakan Unit Dagangannya sebagai Objek Foto)

Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering
Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering
1. Pertama kali dalam membeli mobil tentu anda akan membuka mesinnya bukan, mari kita coba telusuri dari mesinnya, karena kita tahu unit Diesel mesin adalah vital, karena bila anda dapat bermasalah tentunya akan membuat Kantong menjadi jebol. Dari gambar pertama itu adalah gambar dipstik olie, daerah knalpot ( exhaust Manifold) dan power stering. Seperti Patron pertama yang harus kita ikuti adalah Mesin harus Kering, untuk itu silahkan teliti daerah-daerah tersebut apakah ada rembesan olie, kondisi baut-baut beserta ringnya, bila masih utuh dan simetri, misal baut masih bentuknya sama, kepala baut masih utuh belum banyak yang luka, ganjal ganjalan ring dan lain-lain brarti anda mendapat mesin yang berkategori utuh.
2. Waspada terhadap olie mesin, anda harus memeriksa olie mesin, dari mobil itu, caranya tarik dipstik olie mesin tersebut, olie mesin harus normal, tidak boleh kental, bila olie kental maka waspada penjual telah memberi olie yang lebih kental agar mesin lebih halus ( menyembunyikan suara kasar). Jika Mesin masih dingin silahkan buka tutup radiator, bila radiator keruh berwarna coklat itu menandakan pemiliknya ngak terawat, tapi bila dibuka air radiator berwana hijau atau merah berarti unit pendinginan mesin terawat (mempengaruhi performa dan durabilitutas dikemudian hari)
3. Setelah semua dirasa bagus mulailah anda menghidupkan mesin, Waspadai dengan bunyi bunyian aneh yang tidak wajar, coba gas dengan pelan, mesin yang bagus suaranya masih Padat dan pada waktu gas dilepas seelah diinjak ngak ada bunyi bunyian yang mencurigakan waktu mesin kembali ke posisi idle (stationer)
Ketika mesin hidup dan setelah agak panas, cobalah buka tutup olie mesin, bila keluar asap tebal waspadalah unit mesin sudah bocor kompresi. bocor kompresi brarti unit mesin sudah memberi aba aba untuk minta di overhoul.
Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan
Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan
4. Setelah mesin di check dan bila anda sudah cocok, maka teruskan pengecekan, tapi bila sudah merasa ragu ragu segera tinggalkan mobil itu untuk mencari unit yang lain. Pada gambar berikutnya, Seperti halnya bagian mesin priksalah dari kebocoran pada unit transmisi dan gardan, sambil mengecek bagian bawah tidak ada salahnya anda melihat sekalian kondisi dari lantai body bagian bawah, lihat dari karat, baut2 dan lipatan lipatan body (pertemuan plat-plat) mencurigakan.
daerah body
Daerah body
5. Setelah semua baik mari kita melangkah lebih lanjut untuk melihat body, Body non Spet ( cat ulang) akan lebih baik, tapi itu tidak terlalu menjadi soal, yang lebih penting adalah keutuhan dan orisinal dari plat2 body tersebut. Karena Mobil adalah unit bekas, dan Isuzu Panther sendiri berbodi Besar (MPV medium) tentunya body lecet2 atau luka adalah wajar. Unit mobil bekas yang sudah dicat ulang selama Plat2 bodynya masih utuh tentunya bagi Penulis tidak menjadi masalah, (malah bila mendapat body yang habis dibangun, tapi dengan catatan bahannya mentah mobil bagus itu akan menghemat anda merawat cat body untuk beberapa tahun kedepan) Perhatikan gambar2 diatas, setiap plat plat perbatasan pintu, engsel semua harus simetri dan berjarak sama, dengan berjarak sama dapat dikatakan bahwa unit itu tidak ada masalah dengan engsel pintu, bekas kenteng dan bekas dempul, Ada cara Kuno dari Orang2 dengan memukul memakai tangan bagian body bila terdengar nyaring brarti body masih kaleng, Cara ini sih benar tapi ngak sepenuhnya benar, karena hanya bisa untuk unit yang berdempul tebal, sementara yang berdempul tipis bunyinya tetap nyaring, akan tetapi dengan melihat Nat Nat (Sambungan Plat-plat body) perbatasan dari pintu kita sudah tahu mobil itu utuh atau tidak tanpa mengetuk2 bodynya memakai tangan.
Interior
Interior 
6. Bagian Interior, Pastikan unit2 engsel2, kait2 pintu juga bagus, coba banting pintu untuk melihatnya menutup, pintu yang masih bagus akan terdengar menutup dengan mantap. lihat juga detai2 dari AC, Tuas-tuas, indikator spedometer semua harus berfungsi dengan baik. Selagi anda di Kabin Pengemudi Ketika mesinsudah hidup cobalah putar kemudi kekanan mentok dan kembali ke posisi normal ( mengetes kerja power steering) waspada bila ada bunyi aneh, mesin beradu. Lalu coba injak kopling dan masukkan gigi verneling dari angka satu sampe ke R, semua harus lancar dan ringan, Bila terasa ada sendatan, waspada terhadap unit gigi transmisi.
7. Tak kalah pentingnya adalah silahkan anda melihat kolong dari dasboard mobil , bila kabel2 nya masih tertata rapi brarti anda mendapat mobil yang utuh ( pemilik lama tidak suka memodifikasi elektronik yang berlebihan, kabel rapi dan asli menjamin mobil lebih sedikit mendapat masalah wiring dan konslet dikemudian hari.
8. Jangan lupa lihat ujung2 dan lipatan2 besi dari kolong dasboard bila ternyata ada karat dan kotor karena tanah, waspadalah unit mobil itu bisa saja adalah bekas terkena banjir. mobil bekas banjir memang bisa di rekondisi tapi itu akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
9. Priksa plafon plafon (langit-langit), Plafon yang utuh harus rajin, bila sudah direkondisi tidak akan bisa terlihat seperti gambar. juga periksa sambungan plafon dengan karet karet list pintu. Sembari memeriksa tidak ada salahnya anda mencoba kerja powerwindow, bila ngak dilengkapi power window silahkan putar tuas engkolnya,
10. Demikian beberapa titik yang perlu anda periksa, tidak ada salahnya anda membawa teman (Kir Master) yang lebih advanced dari anda mengenai permobilan, bila mau membeli mobil (dengan catatan, Ajaklah teman yang jujur jangan sampai anda malah kena double makelar dari kir master anda) ( teman yang anda bawa ternyata lalu meminta komisi tambahan dari penjual mobil secara diam diam (permufakatan Jahat) untuk kemudian akan membelokkan image dan pendapat anda agar segera membeli mobil itu) (Maaf Kejadian seperti ini sangat banyak dan sudah wajar terjadi di dunia Jual Beli mobil yang kejam).

11. Urutan pengecekan mobil bisa dibalik, anda dapat memeriksa body terlebih dahulu, karena biasanya kontak fisik pertama dalam membeli mobil adalah melihat body dulu, terutama bila anda melihat di showrum mobil bekas, jangan terburu-buru jatuh cinta kepada kemulusan body, karena kita tahu mobil di showrum bekas semua sudah dipoles dengan maksimal, beda halnya bila anda membeli dari pemilik pribadi.

Semoga Bermanfaat

Mitos Mitos Tentang Serba-Serbi Mobil

Mitos Mitos Tentang Serba-Serbi Mobil

kemanan dan kenyamanan bisa terganggu karena sebuah mitos
Keamanan dan Kenyamanan bisa
terganggu hanya karena sebuah mitos

Sering kali kita mendengar banyak Mitos dan teori yang beredar di kalangan Otomotif, Terlepas apakah itu benar atau tidak,mari kita coba bahas satu persatu beberapa diantaranya.

Mengeber-geber mesin sebelum dimatikan. 

Tujuan = Agar Accu Mengisi sehingga strum dan daya maksimal sebelum mesin dimatikan, sehingga nanti ketika mesin dihidupkan menjadi gampang distater.
Ulasan = Cara ini lebih banyak Mudaratnya daripada manfaatnya, karena waktu mesin hidup sudah otomatis baterai akan charging, dengan mengeber-geber mesin kita hanya akan memaksa mesin bekerja overrunning dan membuang-buang bahan bakar, Untuk mesin yang dilengkapi Turbocharger ini malah membahayakan Turbo, karena kita tahu turbo dapat berputar hingga 100.000 rpm dan ketika mesin dimatikan turbo masih membutuhkan pelumasan untuk menghentikan putaran impelernya, untuk mesin ber Turbo charger disarankan untuk menstationer mesin beberapa saat sebelum mesin dimatikan, dengan tujuan agar putaran impler turbo sudah turun.

Mengurangi Tekanan Angin Ban Ketika Musim Hujan
Isi tekanan angin sesuai spesifikasi
Isi tekanan angin sesuai spesifikasi

Tujuan = Dengan ban sedikit kempis maka ban akan lebih mencengkram jalan lebih kuat, sehingga lebih anti selip.
Ulasan = Ban sudah dikembangkan dan didesain untuk bekerja dengan tekanan udara tertentu, dengan mengurangi tekanan angin tentunya akan merubah titik pijak dari alur ban itu sendiri, sehingga kemampuan membuang air malah dapat menurun, tekanan yang kurang juga dapat menyebapkan serat-serat sabuk baja dalam ban itu menjadi rusak sebelum pada waktunya.

Memakai  Gigi Transmisi Besar pada Kecepatan rendah

tujuan = Memakai gigi besar pada kecepatan rendah akan membuat bahan bakar menjadi irit.
Ulasan = dengan memakai gigi besar pada kecepatan rendah akan membuat Kampas kopling bekerja lebih berat, dan dibeberapa mesin yang kekurangan torsi akan menyebabkan mesin menjadi detonasi (pada mesin bensin) sedang pada mesin diesel dengan malah akan menambah boros karena mesin bekerja lebih berat sehingga IP akan memerintahkan pasokan lebih banyak, Maka jalankanlah kendaraan anda sesuai RPM yang disyaratkan pada buku pedoman pemilik.

Memanaskan mesin lama

tujuan = Agar pemanasan mesin menjadi lebih sempurna.
Ulasan = memanaskan mesin itu perlu tapi cukup satu-2 menit saja, memanaskan mesin terlalu lama hanya akan membuang bahan bakar.

Memakai Olie Mesin lebih encer

ganti olie sesuai spesifikasi
Ganti Olie sesuai spesifikasi 
Tujuan = Dengan olie lebih encer, maka hambatan mesin akan lebih berkurang, hasilnya mesin lebih enteng dan ebih irit bahan bakar.
Ulasan = Hal ini tidak salah tapi tidak benar, Mesin didesain dengan clearence tertentu, selalu ikutilah spesifikasi dari pabrik, pemakaian olie lebih encer diluar spesifikasi bisa menyebabkan olie habis ikut terbakar karena terlalu encer.

Ganti Olie sesuai Patokan Kilometer

Tujuan = sesuai aturan main.
Ulasan = ini tidak salah tapi juga tidak seluruhnya benar, pergantian olie selain ditentukan oleh jarak pemakaian juga ditentukan oleh lama dari pemakaian. jadi walau mesin ngak dipakai tetapi dia tetap butuh diganti olie, karena olie ikut merendam mesin sehingga kualitasnya pasti menurun.

Melepas Thermostat

Tujuan = Indonesia adalah negara tropis (panas) Thermostat hanya akan bikin overheating.
Ulasan = Melepas thermostat adalah Tindakan kontroversial, mesin bekerja membutuhkan suhu kerja ideal, bila melepas thermostat maka akan terjadi overcooling pada mesin, yang bisa berakibat fatal ( silinder cop melengkung dsbnya)

Menambah sedikit Premium/ Pertamax kedalam Mesin Diesel

Tujuan = Dengan menambah sedikit bensin premium/ pertamax kedalam solar maka mesin akan lebih Galak dan naik performanya.
Ulasan = Angka Octane pada Bensin dan Angka Cetane pada Solar adalah sesuatu yang berbeda. dengan menambah Premium pada bahan bakar diesel anda, maka anda sedikit demi sedikit akan membunuh mesin anda. Tinggalkan cara ini.

Mematikan Mesin pada jalanan Menurun

Tujuan = dengan dimatikan maka BBM akan menjadi irit.
Ulasan = Tindakan yang berbahaya, dengan mematikan mesin, maka anda akan kehilangan kontrol power pada mobil anda, selain itu anda akan kehilangan daya rem pada mesin yang dapat membantu menahan laju kendaraan anda, untuk kendaraan yang dilengkapi dengan booster maka dengan dimatikan mesin maka daya pengereman akan menurun dengan drastis.

Pendapat Diesel Bisa Berenang ada banjir terobos

jangan lakukan ini
Jangan Lakukan ini

Ulasan = Walau diesel tidak mengunakan pengapian dan lebih water proof, tapi mobil diesel tetaplah sebuah mesin tetaplah bijak dalam menghadapi banjir.

Memasang Accu dengan Ampere lebih Besar

Tujuan = Ampere lebih besar maka Daya akan makin besar dan makin awet.
Ulasan = Selama mobil anda tidak mengalami modifikasi mengunakan Accu lebih besar hanya akan membuat dinamo strum bekerja lebih keras, karena kita tahu semua sudah dirancang sesuai dengan kapasitasnya dari pabrikan.

Memakai Mobil Tua Lebih aman

Alasan = Mobil tua masih besi semua, besinya lebih tebal lebih aman benturan.
Ulasan = Pendapat Yang tidak Salah tetapi tidak sepenuhnya benar, Memang benar mobil tua semua platnya lebih tebal dan terbuat dari besi, tetapi ingat besi belum tentu lebih kuat dari fiber dll, dengan semakin majunya tehnologi crumple zone, dimana bagian mobil bagian depan dibuat lunak agar menyerap benturan ketika terjadi kecelakaan, sementara bagian kabin dibuat sangat kuat, apalagi dengan standar keamanan yang ketat misal dieropa tentang keselamatan pejalan kaki, mobil disana sebagian besar malah bempernya harus terbuat dari bahan yang lunak/ plastik/ fiber dan sejenisnya, Bukankah mobil yang tua brarti mobil makin berumur, piranti Rem dan Teman temannya sudah berumur dan ketika barang sudah berumur performanya pun pasti sudah menurun. 

Cara Memperlakukan dan menjalankan mobil Eropa beda dengan Mobil Asia

Alasan = Bisa Cepat Rusak.
Ulasan = Banyak kontroversi dan Jampi-Jampi Wejangan dari Montir-Montir Jaman Kompeni yang tidak kita ketahui kebenarannya, (ntah dapat wangsit dari mana), Sebuah Mesin adalah tetap mesin, kekuatan dan keawaetan tergantung dari kualitas pembuatan dan tata cara pemakaian, selama kita masih memakai dengan cara sesaui aturan dan merawat sesuai spesifikasi pabrik tentunya hal itu engak perlu diperdebatkan. 

Waktu Parkir menaikkan tangkai Wiper

Alasan = Biar Karet ngak cepat Getas
Ulasan = Memang benar hal ini bisa sedikit memberi keawetan wiper tapi ingat waktu anda parkir berapa jam? sementara mobil anda waktu jalan dengan wiper menempel kaca juga berapa jam, tampaknya ini perbuatan sia sia. dan yang lebih konyol dengan tangkai wiper mobil di naikkan ini akan membebani peer dari tangkai wiper itu sendiri, lama lama peer bisa lemah dan akan mengurangi fungsi keseluruhan dari wiper anda.

Sementara itu dulu ya, ntar kalau ada lagi bisa ditambah

Semoga bermanfaat

Mengganti Baterai Remote Alarm Mobil

Mengganti Baterai Remote Alarm Mobil 
Alarm mobil anda tiba tiba ngadat?
Alarm mobil anda tiba tiba engak responsif lagi?
Harus mendekatkan dulu kemobil baru Alarmnya bisa bekerja?
Jangan Panik dan Cemas!
Itu Kemungkinan hanya karena baterai alarm sudah melemah.
Ayo kita ganti baterainya dengan yang baru, mudah kok.
Amati Gambar dan keterangan dibawah ini ya.
gambar 1 dan 2
Gambar 1 dan 2
1. Ambil Remote yang akan kita ganti baterai, lalu amati dengan seksama, akan tampak alur dari tutup fibel plastiknya, lalu anda akan menemukan bagian yang lebih rendah (coakan). Ambil Obeng Minus ( - ) lalu masukkan ujung obeng lalu putar obeng, maka plastik cover remote akan terbuka. (lihat gambar2)

2. Lalu amati lebih lanjut disitu kelihatan baterai remotenya, lalu amati letak dudukan beserta plat penyangga negatifnya. ambil bahan yang lunak (bukan Logam) disini saya ambil contoh adalah  tutup pulpen. lalu cukil keluar baterai kearah luar . Maka Baterai sidah bisa dilepas. Silahkan anda membeli ditempat toko buku atau elektronik macam gramedia dll disiru ada Kode Kode Angka Misal CR 3022 ya anda harus mencari kode yang sesuai dengan remote anda. untuk harga sekitar 5-15 ribu rupiah, tergantung tempat dimana anda membeli dan tergantung penjual ambil untungnya berapa. :)
Gambar 3 dan 4
Gambar 3 dan 4
3. Setelah mendapat batu baterai yang baru, jangan buru buru dipasang kembali, bila anda memiliki Cairan anti static ( seperti gambar 3) silahkan semprot ke bidang kutup2 dan papan board dari remote, Jangan kuatir cairan anti static sesuai  namanya itu ngak menyalurkan listrik atau bikin konslet, dia hanya sebagai pembersih.
remote sudah bisa dipakai lagi
Remote sudah bisa dipakai Lagi

4. setelah itu ambil cotton bad, silahkan anda bersihkan papan board tersebut dari debu dan kotoran. setelah dirasa bersih, silahkan anda padang kembali baterai dengan cara terbalik pada petunjuk nomer 2 dan nomer 1 diatas. 
Mudah Bukan Caranya?. 
Jika ngak mau Repot ya Silahkan anda ke tempat servis jam atau dealer untuk diganti batu baterai tersebut, akan tetapi jangan harap pengerjaannya bisa sedetail ini. :)

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat 

Mengeraskan Suara Klakson dengan Menambah Relay

Mengeraskan Suara Klakson dengan Menambah Relay

Emosi karena klakson kurang keras
Emosi Karena klakson kurang keras ??

Kadang Sering Menjumpai Klakson Bawaan Mobil Suaranya kurang Keras. Atau Beli Mobil Baru ternyata cuman diberi satu Klakson dari Pabrik? Atau sudah Beli Klakson double (misalkan Hella/ Bosch) tapi ngak bisa cara menyambungnya Kabel ? Atau Anda Ingin Menambah Klakson Baru Tapi tidak tahu caranya / jalur Kabel.

Klakson Orisinal Mobil anda sebenarnya Keras tapi berhubung kekurangan Daya maka jadi Lemah Suaranya?Kepengin Otak-Atik Kabel?Ayo Kita Kerjakan Sendiri Gampang Kok

Alat & Bahan: 

alat dan bahan
Alat Dan Bahan
1. Relay Hella Kaki Empat, Kalau mau merk lain misal Bosch yang Kaki 5 juga boleh, Kaki 4 dia mempunyai angka 30, 85, 86, dan 87 (diingat-ingat yaaaa)
2. Soket Perempuan (women) untuk tempat Relay tersebut.
3. Kabel Secukupnya. Kalau bisa yang Tebal ( memiliki Jumlah serabut tembaga yang banyak) makin tebal makin bagus.
4. Fiting Kabel buat horn/ klakson, beserta perlengkapannya.
5. Soket Berlubang untuk keperluan menempel di Kutup Accu dan Kabel Massa ( Ground)

Cara Kerja

Contoh Horn
Contoh Klakson
  • Disamping ini adalah contoh klakson yang akan kita tambah dengan relay. Kita ambil contoh misalnya saja klakson mobil anda cuman satu, dan dia memiliki kabel warna biru dan putih yang menancap pada horn. 
  • (ingat ini hanya contoh saja), mungkin di mobil lain warna kabel akan berbeda, jadi jangan panik dan bingung. 

Coba perhatikan Gambar Berikut ini:

  • Pertama-tama Pelajari dulu kaki soket pada Relay, dikaki soket tersebut ada angka 30, 86, 85, dan 87. nah angka dari 85 dan 86 mewakili saklar penghubung, sedang angka 30 dan 87 adalah arus yang akan dihubungkan ( waktu angka 86 dan 85 memperoleh arus listrik maka relay akan bekerja dengan menghubungkan jalur 30 dengan 87.
  • Kita Cari Tempat dimobil, dimanakah kira kira Relay dan Klakson yang baru akan ditempatkan. ( hal ini untuk mengukur panjang Kabel yang diperlukan, Setelah tempatnya siap, segera ukur panjang tempat relay ke tempat positif Accu. (angka no1) Hubungkan Kabel ke Positif Accu ke no 30 Pada relay
  • Lalu Hubungkan bekas kabel klakson yang lama ( kabel biru dan kabel warna putih ke relay no 85 dan 86.(terbalik balik tidak jadi soal) mau kabel biru yang no 85  kabel putih yang no 86, atau kabel putih yang no 86 lalu kabel biru yang no 85. (angka no2)
  • Setelah itu Siapkan dua kabel yang dijadikan satu (dicabang) lalu hubungkan ke titik 87 pada Relay (angka no3) Kabel yang menghubungkan ke Relay no 87 untuk selanjutnya kita hubungkan kesalah satu terminal dari Horn. Bila anda memakai Relay jenis Bosch yang berkaki 5 disitu terdapat 2 Kaki bernomor 87. tentunya akan lebih mudah tidak perlu menyabangkan kabel. lihat gambar
  • Yang Terakhir tariklah kabel Ground/ Massa dari baut yang memperoleh body ke terminal klakson yang lain. Lihat Gambar.
  • Jalur kabel Relay untuk klaxson
    Jalur Kabel yang sudah jadi
  • Jalur Klakson yang baru siap dan ready. coba anda pencet tombol saklar Klakson anda, Rasakan Beda Kerasnya.

Catatan.

  • Untuk Kabel yang dari Jalur NoRelay 30 dan 87 harus Kabel yang Bagus.
  • Bila Mobil anda ternyata sudah double Klakson. dan lalu ingin Menambah dengan 2 Klakson Lagi. Berarti caranya tinggal seperti diatas cuman anda membutuhkan 2 buah relay. 1 relay mengaktifkan 2 klakson, dengan cara sama. 

Selamat Mencoba

Memberi Pendingin Tambahan Pada Jalur Oli ( Oli cooler )

Memberi Pendingin Tambahan Pada Jalur Oli (Oli cooler)

Dasar Teori

Sirip Pendingin
Pemakaian sirip pada motor
Pemakaian pada motor
Pendingin adalah sekeping logam yang biasanya terbuat dari aluminium atau tembaga yang berfungsi memperluas transfer panas dari sebuah bidang kerja. Logam yang digunakan bukanlah sembarang logam karena akan berpengaruh pada panas yang dihantarkan. 
Bentuk fisik pendingin berupa struktur logam yang terdiri dari satu atau lebih lempengan sebagai penghubung panas yang bersuhu tinggi. 
Gambar disamping adalah Contoh pengunaan pelepas Panas Pada Sepeda motor.
Bagian ini dapat dimodifikasi dengan menambahkan beberapa sirip yang berguna untuk memperluas permukaan pendingin sehingga panas akan terserap dengan cepat.Panas yang dihantarkan melalui benda selalu dibuang melalui proses konveksi

Penambahan Pada Ispan
Teorinya dah kita ketahui lalu apa yang dapat kita lakukan pada Mobil kita?
Mari Kita Lihat Gambar dibawah ini:
Keterangan Gambar:
  1. Gambar1 adalah contoh jalur olie dari Turbocharger pada isuzu Panther Turbo. digambar terlihat pipa jalur olie diberi sirip tambahan untuk melepas panas dengan cara memperluas bidang sentuh dengan udara bebas.
  2. Mari kita praktekkan pada mobil kita, Kita cari Almunium dengan diameter 2cm (sesuai diameter pipa yang akan kita dinginkan, Pada Gambar ini adalah Geer Pompa Olie Pada Sepedamotor Yamaha Bebek V-80.
  3. Kita potong menjadi dua bagian, dan kemudian kita beri lubang untuk memperbanyak bidang sentuh dengan udara. gambar 3 dan gambar 4
  4. Kemudian dengan bantuan Klem kita pasang pada pipa mesin dari pompa olie menuju silinder head seperti gambar 5 sampai gambar 8.
  5. Dengan cara ini maka niscaya Olie mesin panas yang melewati Pipa tersebut tentunya suhunya akan turun, dengan turunnya suhu olie maka viscositas dan kestabilan kinerja olie akan lebih terjamin, Sudah Siapkah anda membuatnya?
Semoga Bermanfaat

Membuat Tempat Plat Nomor Ala JDM

Membuat Tempat Plat Nomor Ala JDM


Plat nomer JDM mugen
Plat Nomer Mugen
Anda Waktu ditempat Variasi Tiba tiba tertarik dengan dudukan plat nomer Fiber yang fleksible?
Tapi setelah mengetahui harganya bikin kaget bukan?
Ya..... Plat nomer model Fiber Begituan yang asli bisa berharga Ratusan Ribu.
Daripada pusing mikirin isi dompet yang akan berkurang karena membeli barang begituan, mari kita bikin sendiri. Mudah dan gampang kok.

Proses Pengerjaan: 
Alat dan Bahan
- Siapkan As Besi panjang dengan 2 ulir. Dalam hal ini saya memakai Baut Ancher Motor Honda Astrea Grand/ Prima/ Supra X. (bisa anda beli di toko onderdil motor seharga sekitar 3 ribu rupiah).  Panjangnya sekitar 20 cm dengan alur baut no 10 dan 11 dikedua ujungnya.
Perakitan plat JDM
Mulai Perakitan
- Siapkan juga 4 buah plat Siku L dan memiliki lobang di kedua sisinya, bila anda report anda bisa mencari sebatang besi Siku L panjang yang berlubang2 lalu potong menjadi seperti Gambar 
- Setelah Siap maka ambil baut ancher motor kemudian pasang kedua mur di kedua ujungnya setelah itu pasang kedua plat di masing masing ujungnya. lalu terakhir kencangkan dengan mur lagi. hasil akhir akan menjadi seperti gambar.
- Setelah selesai kemudian pasang di mobil
- Untuk memperindah anda bisa mengecat As beserta plat siku L tadi.
- Dibawah ini adalah gambar pemasangan di mobil.
Pemasangan hasil akhir di mobil
Pemasangan hasil akhir di Mobil
-Mudah Bukan, Sekarang Plat Nomor anda bisa diatur fleksible Tegak Lurus, Atau Miring (Aerodinamis)
Semoga Bermanfaat

Merawat dan Memperpanjang Usia Belt

Merawat dan Memperpanjang Usia Belt

Ketika anda menghidupkan mesin terkadang bunyi berdecit.
Ketika akan membelok atau ketika menambah akselerasi terdegar juga suara decit?
Ketika Hujan lebat tiba tiba di juga muncul decit di sektor mesin?

Waspadalah itu adalah bunyi dari Belt mesin anda.
Belt bisa diakibatkan karena kendur atau karena emang aus sehingga selip dengan Puli pemutarnya. Dengan Selip tentunya akan terjadi kerugian gesek dan akan mempercepat kerusakan dari belt dan puli tempat belt itu sendiri. Ngak ada salahnya kita mengecek Belt Tersebut. Tapi Bagaimana Caranya? Ayo kita lakukan bersama sama dan ikuti Gambar ya.
Periksa Belt anda
1. Periksa kondisi belt
Mari kita buka kap mesin dan temukan letak belt ( lihat gambar ya)

Pertama kita Lihat Kondisi dari fisik Belt ketika berasa diatas Puli Belt yang Aus akan Tenggelam kedalam puli sedang dalam gambar akan terlihat kalau belt masih menumpang jauh diatas puli. brarti keadaan demikian dikatakan bahwa belt tersebut masih tebal.  

Kedua, Kita Periksa kekencengan dari Belt dengan cara belt kita tekan dengan kuat dibagian tengah antara kedua puli. Jarak kelenturan ideal adalah sekitar 1-2 cm, Jangan terlalu Kencang Juga jangan terlalu kendur, untuk cara menyetelnya silahkan anda cari di topik di blog ini ya, udah pernah saya posting. :)
Periksa Fisik Belt
2. Periksa Fisik Belt

Bila cara pemeriksaan Belt ini anda masih ragu ragu? Mari kita tingkatkan dengan memeriksa kondisi Belt, Anda harus melepas belt tersebut . Setelah belt terlepas anda harus membaliknya dan periksa satu persatu, Pada gambar disamping akan terlihat belt yang retak dan rusak. bila menemui hal ini segera Pensiun belt anda dan Ganti dengan yang Baru, daripada putus ditengah jalan. atau bila tidak mengalami cacat fisik Belt yang mulai getas dan elastis sebaiknya juga dipensiun karena kelenturannya sudah berkurang.

amplas permukaan Belt
3. Amplas permukaan Belt
kondisi setelah diamplas
4. Kondisi setelah diamplas
Cara Yang Lebih Advanced juga dapat dilakukan bila sewaktu memeriksa belt ternyata kondisi permukaan belt yang bersinggungan dengan puli sudah sangat licin dan mengkilat. Anda dapat mengambil amplas kasar bisa sekitar nomer 3 atau 4, Kemudian amplas sisi belt dengan arah searah dan tegak langsung, Ingat Cara Ini hanya cuman memberi kekasaran pada permukaan sisi belt bukan untuk mengurangi atau menghaluskan ! 
Pada Gambar 4.akan Kelihatan Permukaan A yang setelah diamplas akan terlihat kasar dan serat dari benang kelihatan. sedang permukaan pada B yang belum diamplas akan terlihat mengkilat dan licin.
Beri cairan belt Dresing
Beri Cairan Belt Dressing
Terakhir Kali setelah pengerjaan selesai bila anda memiliki Cairan Belt Dressing bisa anda semprotkan ke permukaan sisi belt, bila tidak memiliki ya tidak apa apa . Bersifat (Optional) 

Kemudian Pasang Kembali Belt Ketempat Semula.
Mudah Bukan.

Semoga Bermanfaat

Merk Automotif yang Asing di Telinga

Merk Automotif Yang Asing Di Telinga

Kalau Kita Mendengar Kata Ford, Toyota, Isuzu, Daihatsu, Peugeot Tentu sangat Familiar Bukan, Padahal Nama Nama Automotif masih banyak dan mungkin akan bikin anda heran karena namanya asing ditelinga, Yuk Kita coba Kumpulin satu persatu.

ARO (Auto Romania)

ARO
Aro 244 th 1977

ARO (singkatan Auto Romania) adalah produsen kendaraan off-road asal Rumania. Tau Rumania Bukan Negaranya Nadia Comanci ( si pesenam cilik pemecah rekor olimpiade 6x nilai 10), Berbasis di Câmpulung-muscel. The ARO memproduksi kendaraan pertama kali tahun1957, dan terakhir pada tahun 2003. Untuk sementara waktu, Daihatsu bertenaga AROS diproduksi di Spanyol dan Portugal di bawah Hisparo merek dan Portaro, masing-masing. Di Italia, Volkswagen bertenaga AROS diproduksi oleh ARO-Ciemme dan dijual di bawah merek ACM.

BUICK

buick logo
Logo Buick
Buick adalah kendaraan mewah merek General Motors (GM). Perusahaan ini didirikan oleh David Dunbar Buick tahun 1899 Kelahiran Skotlandia.Pada mula berdirinya dengan nama Buick Motor Company pada 19 Mei 1903. Model Buick dijual di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Cina, dan Israel. Buick dikenal sebagai kendaraan Amerika tertua yang masih eksis sampai sekarang. Model Buick berbagi arsitektur beberapa dengan merek GM lainnya.
buick 1949
Buick convertible 1949
Beberapa Kejadian penting mengenai pabrikan Buick
1948 - transmisi otomatis pertama ditawarkan Dynaflow
1949 - Debut portholes
1953 - 50th Anniversary Buick dan pengenalan Buick V8 engine dan Roadmaster Skylark
1957 - Baru 364 cu. masuk blok mesin & Bola depan debutnya bersama suspensi, Roadmasters sekarang memiliki aluminium bersirip drum brake
buick konsep 2007
Buick Konsep 2007
1959 - Electra, Invicta dan LeSabre dan 401 cu. masuk V-8 (di Electras & Invicta) diperkenalkan
1961 - kembali papan nama Skylark sebagai top model mobil kompak baru khusus dengan cu baru 215. masuk aluminium V-8
1963 - Riviera diperkenalkan sebagai model sendiri dengan 425 cu.in. V-8 sebagai pilihan
1970 - GSX kinerja paket pilihan tinggi pertama ditawarkan pada Gran Sport (GS) 455
Buick Regal GS
Buick Regal GS
1971 - "Perahu-ekor" diperkenalkan Riviera
1973 - Regal diperkenalkan sebagai tingkat trim atas pada Century
1975 - Park Avenue diperkenalkan sebagai tingkat trim / paket pilihan pada Electra 225 Terbatas
1978 - HUT ke-75 Buick dan V6 turbocharged diperkenalkan di Coupe Sport Regal

DACIA

Logo Dacia
Logo Dacia

Automobile Dacia SA (Dacia diucapkan sebagai Dattia) adalah juga produsen mobil Asal Rumania seperti halnya ARO, Dacia diambil dari nama untuk wilayah bersejarah yang merupakan sebagian besar kini Rumania. Dacia sekarang menjadi anak perusahaan dari produsen mobil Renault Perancis. Dacia memiliki kontribusi ekspor utama dari Romania (10% dari total ekspor).

dacia lodgy
Dacia Lodgy
Perusahaan Automobile Dacia didirikan pada tahun 1966 dengan nama Uzina de Autoturisme Piteşti (UAP). Pabrik Dacia utama dibangun pada tahun 1968, di Colibaşi (sekarang disebut Mioveni), dekat Piteşti. Dacia memperoleh perkakas dan desain dasar dari Renault 12. Namun, sampai perkakas siap diputuskan untuk menghasilkan Renault 8 dengan lisensi. Itu dikenal sebagai Dacia 1.100 Dari tahun 1968 sampai 1972.

GAZ

Logo Gaz
Logo Gaz
GAZ atau Gorkovsky Avtomobilny Zavod (Russia, Nizhny Novgorod), diterjemahkan sebagai Automobile Gorky Plant (Rusia: ГАЗ atau Горьковский автомобильный завод), dimulai pada tahun 1932 sebagai NAZ, sebuah perusahaan kerjasama antara Ford dan Uni Soviet.
GAZ adalah perusahaan inti dari Grup GAZ memegang, bagian dari kelompok usaha Elemen Dasar. Markas besar GAZ Group terletak di Nizhny Novgorod. Rusia Machines Corporation adalah pemegang saham pengendali di OAO GAZ.
Jeep GAZ yang Familiar di Indonesia
GAZ Group adalah produsen terkemuka dari kendaraan komersial di Rusia. GAZ Grup memproduksi kendaraan komersial dan menengah-tugas ringan, tugas berat truk, bus, mobil, powertrain dan komponen otomotif. Saham pasar perusahaan: sekitar 50% di segmen kendaraan komersial ringan, 58% di segmen menengah-tugas truk, 42% di segmen all-wheel drive yang heavy-duty truk dan sekitar 65% di segmen bus.
GAZ 3106
GAZ 3106
GAZ 2310
Juga Bikin Truck
Pada bulan Mei 1929 Uni Soviet menandatangani perjanjian dengan Ford Motor Company. Berdasarkan ketentuan tersebut, Soviet setuju untuk membeli $ 13.000.000 senilai mobil dan suku cadang, sementara Ford setuju untuk memberikan bantuan teknis sampai 1938 untuk membangun sebuah pabrik mobil-manufaktur terpadu di Nizhny Novgorod. Produksi dimulai pada tanggal 1 Januari 1932, dan pabrik dan marque berjudul Nizhegorodsky Avtomobilny Zavod, atau NAZ, tetapi juga ditampilkan "Ford" tanda. Kendaraan pertama GAZ adalah media-harga Ford Model A, dijual sebagai NAZ-A, dan truk ringan, Ford Model AA (NAZ-AA). NAZ-A produksi dimulai pada tahun 1932 dan berlangsung sampai tahun 1936, selama waktu lebih dari 100.000 contoh dibangun.
Pada tahun 1933, nama pabrik diubah menjadi Gorkovsky Avtomobilny Zavod, atau GAZ, ketika kota ini berganti nama setelah Maxim Gorky, sama, model diberi nama GAZ-A dan GAZ-AA. Dari 1935 ke 1956, nama resmi ditambah dengan Imeni Molotova (harfiah, dinamai Molotov).

HINDUSTAN

HM
Logo Hindustan Motor
Ambassador terbaru
Hindustan Motors adalah produsen mobil India yang berbasis di Kolkata, West Bengal, India. Ini adalah bagian dari Layanan Teknis kelompok industri Birla. Perusahaan ini adalah produsen mobil terbesar di India sebelum munculnya Maruti Udyog. Mobil Ambassador adalah salah satu produknya, banyak digunakan sebagai taksi dan sebagai limusin pemerintah. Mobil ini didesain berdasarkan pada Morris Oxford, mobil Inggris yang tahun 1954. Didirikan pada tahun 1942 oleh Mr BM Birla, Ambassador adalah pemimpin dalam penjualan mobil hingga 1980-an, ketika industri era perdagangan bebas. Sepanjang sejarahnya, perusahaan eksis hanya karena bergantung pada perlindungan pemerintah untuk penjualan. Manoj Jha adalah Managing Director dan R. Yeshwanth. Manoj Jha mengundurkan diri dari jabatannya pada 21 Februari 2012 [2] Ini dimulai di Port Okha dekat Gujarat,. Pada tahun 1948, ia pindah ke West Bengal. Tempat ini sekarang disebut Hindmotor.

IZH

Logo Izh
Mobil Izh 
Izhevsk Machinebuilding Plant (Rusia: Ижевский Mашиностроительный Завод) atau IZHMASH (ИЖМАШ) adalah produsen senjata dan kendaraan bermotor yang berbasis di Izhevsk, didirikan pada tahun 1807 atas prakarsa Tsar Alexander I, dan sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar di bidangnya. Memproduksi seri Kalashnikov terkenal senapan serbu, bersama dengan sejumlah senjata Rusia lainnya, termasuk meriam menengah, rudal. Izhmash juga memproduksi barang-barang lainnya, seperti sepeda motor dan mobil. Sampai dengan April 2012 perusahaan dinyatakan bangkrut. Pada November 2012 Dmitry Rogozin mengusulkan untuk menggabungkan Izhmash dengan Izhevsk Mechanical Plant (Izhmekh) di bawah nama baru "Kalashnikov". Dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Mr Rogozin mengatakan "Izhmash dan Izhmekh, 

LADA

lada
Logo LADA
Lada adalah merek dagang dari produsen mobil Rusia Avtovaz berbasis di Tolyatti, Samara Oblast. ( Jangan keliru ama Merica yaaa ) awalnya merek ekspor untuk model yang dijual di bawah nama Zhiguli di pasar domestik setelah Soviet Juni 1970.
Lada Putin
Mobil Lada menjadi populer di Rusia dan Eropa Timur selama dua dekade terakhir era Soviet, khususnya di negara-negara bekas blok Soviet, di mana mereka menjadi simbol kehidupan kota.
Lada secara luas diekspor dalam versi sedan dan station wagon, dan lebih dari 20 juta unit terjual sebelum produksi akhirnya berakhir pada pertengahan 2012, ia telah menjadi mobil terlaris tertinggi yang akan diproduksi tanpa perubahan desain besar.
Lada Xray
Lada lencana menggambarkan sebuah kapal berlayar Viking. Pada bulan April 2012, Avtovaz menegaskan akhir model 2107, setelah lebih dari empat puluh tahun. Produksi sisa model Lada lineup yang meliputi Kalina itu, Priora dan Granta. 
Pada bulan Agustus 2012, Lada XRAY mobil konsep diluncurkan di Moskow International Automobile Salon. XRAY ini dirancang oleh kepala desainer Steve Mattin, mantan Volvo dan Mercedes-Benz. 

MOSKVICTH

Seri sedan awal
Moskvitch (Rusia: Москвич) (kadang-kadang juga ditulis sebagai Moskvich, Moskvič atau Moskwitsch) adalah merek mobil dari Rusia yang diproduksi oleh AZLK 1945-1991 dan dengan OAO Moskvitch 1991-2002. Artikel saat ini menggabungkan informasi tentang kedua merek dan penerus saham gabungan dari AZLK demi kesederhanaan.
Tipe 2142
OAO Moskvitch adalah nama usaha diprivatisasi diberikan kepada bekas pabrik untuk menghindari masalah hukum setelah jatuhnya Uni Soviet pada tahun 1991. Karena pabrik tidak memiliki cabang perakitan di luar Rusia setelah tahun 1991, namanya sebagian besar digunakan hari ini untuk merujuk pada bangunan yang terletak di bagian Timur lebih rendah dari Moskow dan ditinggalkan sejak tahun 2006.
Kata Moskvitch (Rusia: москвич) itu sendiri diterjemahkan sebagai "(a) Moskow" ke dalam bahasa Inggris. Itu digunakan untuk menunjukkan lokasi asli dari mobil yang diproduksi di luar Moskow.

PLYMOUTH

Plymouth adalah merk mobil yang berbasis di Amerika Serikat, yang diproduksi oleh Chrysler Corporation dan DaimlerChrysler penggantinya. Produksi dihentikan pada tanggal 29 Juni 2001 di Amerika Serikat.


SEAT



SEAT, SA (Spanyol: [se.at]) adalah produsen mobil Spanyol dengan kantor pusat di Martorell, Spanyol.
 Perusahaan ini didirikan pada tanggal 9 Mei 1950, oleh Instituto Nacional de Industria (INI), milik perusahaan holding industri.
Saat ini anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Jerman Volkswagen Group, sebagai anggota yang kini tidak berfungsi Audi Brand Group, bersama-sama dengan Audi dan Lamborghini,  dan dipasarkan sebagai pembuat mobil dengan sporty muda profil Di grup Volkswagen dan di bawah grup Merek Audi, SEAT merek sendiri telah dikembangkan sebagai sebuah kelompok dengan anak perusahaan (SEAT group) dan 'SEAT, SA'. sebagai induk perusahaan.
SEAT Formula
Markas SEAT, SA terletak di kompleks industri SEAT di Martorell dekat Barcelona, Spanyol. Pada tahun 2000 produksi tahunan memuncak di lebih dari 500.000 unit, total sampai dengan tahun 2006, lebih dari 16 juta mobil telah diproduksi termasuk lebih dari 6 juta dari tanaman Martorell, dengan tiga-perempat dari produksi tahunan diekspor ke lebih dari tujuh puluh negara di seluruh dunia. 
The SEAT Nama, sebelumnya berdiri untuk akronim Sociedad Española de Automoviles de Turismo (Spanyol Touring Car Company, dalam bahasa Inggris), pada tahun 1990 berubah menjadi SEAT, SA

Semoga Bermanfaat