Menyetel Torsi Depan
Coba Isuzu Panther anda dibawa ke jalan datar, lalu diparkir, lihat bagian roda depan, bila tampak tinggi sebelah itu brarti bisa torsi anda tinggi sebelah,
Kalau anda penyuka kecepatan tinggi dan merasa ispan limbung silahkan setel torsi juga dengan cara diturunkan sedikit ..
Ayo mari kita praktekkan nurunin torsi sendiri ( cuman 30 menit kok )
|
Setel Ketinggian Torsi Roda Depan |
Keterangan Gambar:
1. Siapkan alat dan bahan, Dongkrak beserta perlengkapane, Kunci Sock 22, dan Cutter2. Dongkrak roda depan seperti gambar2
3. Coba mengolong di belakang roda depan, nanti akan ada pipa panjang sekitar 1 meter yang di ujungya ada kepala baut 22. Gambar 3 dan gambar 4 itu adalah baut torsi, Putar kekanan searah jarum jam untuk menaikkan body mobil dan putar kekiri buat menurunkan ... ( ingat pertama coba putar 1/4 putaran dulu )
4. Setelah itu setel juga bagian satunya, Torsi roda kanan dan kiri.
5. Lalu turunkan dongkrak dan lihat hasilnya ? bila udah ceper sesuai keinginan lanjut ke Gambar 5 dan 6 disebelah sock depan,.. ada karet dumper, Kalau mobil diceperken maka karet perlu dipotong ujungnya biar ngak menganggu jarak main ... silahkan potong diujungnya roda kanan dan kiri, sesuai penurunan, bila diturunkan 1 cm maka karet dipotong 1 cm juga.
6. Selesai turunkan dongkrak lalu coba test jalan,...
untuk mobil yang diceperkan 1-3 cm tidak perlu di spooring, Tetapi bila anda tidak Pede lalu kepengin melakukan ritual Spooring ya lebih baik. :)
Semoga Bermanfaat
punya saya tinggal 3 jari om,yang kiri mentok gasruk body,tapi yang kanan g' mentok,padahal udah sama 3jari(jari saya kecil kecil
ReplyDelete@um anon= Itu kalau yang kiri mentok sementara yang kanan ngak bisa ada berbagai penyebab=
ReplyDelete1. kemungkinan bagian yang mentok socknya lebih lemah dari yang tidak mentok.
2. Kondisi Terot long terot, setelan Trail dan caster dll dan lain2 kemungkinan beda ( agak goblak ya bisa gitu
3. Kemungkinan setelan jarak main belok roda di worm sterr ngak rata antara membelok pol kekanan dan kekiri ( tapi ini hanya untuk kondisi mentok waktu roda dibelokkan ... :)
Kalau bawan stdnya, Ispan GT terlalu mengayun ya..
ReplyDeleteApa siasatnya Om? Supaya agak ceper tp ga gasruk jug tetap nyaman..
Selain main torsi, shock baiknya yg mana?
Mahal ga shock itu?
Makasi Om
dengan merendahkan torsi roda depan, secara teknis itu sudah menekan kerja shock depan, sehingga mobilpun akan jadi lebih keras, selain lebih keras anda akan mendapatkan titik berat mobil yang lebih dekat ketanah, untuk socok belakang anda bisa memasang stabiliser belakang, tetapi juga dengan sedikit modifikasi seperti yang posting di blog, :) untuk shock ngak ada yang perlu diganti ...
DeleteOm itu dongkraknya bagian depan, besi yang mana yg digunakan untuk pijakan dongkrak agar ban bisa mengantung, apa mungkin besi yang dekat tempat oli mesin yng model besinya seperti huruf U...
ReplyDeleteya betul besi yang tempat gantungan arms roda depan ... itu kalau anda letakkan ditengah maka mobil kanan kiri akan mengantung :)
Deleteom, kalau bagian belakang bisa di tinggikan...
DeleteBagian belakang bisa ditinggikan dengan menganti anting belakang yang lebih panjang,... atau menganti peer yang lebih parabolic
Deleteada gambarnya untuk penggantian anting belakang atau peer parabolic....
Deletemasih awam nei, hehehehe
om iwan,, saya punya panther hi grade 96, awalnya body miring ke kanan, stlh mau di naikin baut torsi sebelah kanan macet, jadi torsi sblh kanan gak bisa dinaikin lagi,, alhasil torsi kiri yag harus diturunin biar body gk miring ke kanan,kalo harus ganti torsi apa cuma cukup bautnya yg diganti?? atau apanya??? soalnya tingginya pengen dikembaliin ke standard,mohon pencerahannya, thx
ReplyDeleteMekanisme baut torsi itu hanya seperti gigi aja dengan diputar maka dia memutar gigi didekat baut sehingga kemudian menarik atau mendorong batang torsi, kalau macet ya hanya bagian baut dan atasnya baut aja yang wajib dilumasi
Deleteudah dikasih anti karat tetep gak bisa muter om,, smpe melengkung,, takut patah, smpe yg punya bengkel muntah2 saking ngeluarin banyak tenaga buat muter tu baut
Deleteberarti biar torsi kanan bisa muter dan di setel lagi yg harus di ganti apanya aj om?? apa cm bautnya aja y?? thx
Itu brarti Bengkelnya akalnya ngak dipakai, kalau barang macet ya senjatanya ngak cuman pake anti karat dan tenaga, tapi kan bisa dipanasin dulu pake las karbit bagian berkaratnya itu, ( tentunya cara memanasinya juga pake teknik dengan cara melindungi bagian2 ngak dipanasanin pake misalnya handuk basah dll.
DeleteOm Iwan, share dikit.
ReplyDeletePunya saya yg depan kanan kiri 9cm.
yg belakang yg bikin pusing :
Kanan belakang 8cm ; kiri belakang 9.5cm
apa yg harus saya lakukan? peer daun belakang sudah pernah di roll, tapi 1 minggu balik lagi.
SA pake yg Oli juga belum lama ganti.
Saya pengen belakang agak tinggian 1-2 cm drpd yg depan.
ditunggu ya Om sarannya.
untuk Peer baiknya jangan di roll, pekerjaan sia sia itu, kalau mau hemat anda bisa ganti peer 2 baris teratas, ntar yang 2bisa pake yang lama, lalu kalau mau pasang 5 ya bisa dengan cara bagian peer ke 5 terbawah dikurangi panjangnya atau jangan diklem. untuk menambah tinggi bisa ganti anting aja, itu cara termudah dan termurah dan tercepat.
Deletesaya coba pd blazer sama2 naik 4cm . cuman roda kanan dpn jadi miring (ban akan habis sebelah dalam duluan) kho bisa yng kanan aja Om?
ReplyDeleteYa kalau habis bagian dalam brarti makan dalam itu alias hemat,... hheheee bercanda ya ,
Deleteya kalau makan dalam brarti minta di spooring, dan ingat bila miringnya dah terlalu ekstrim penyetelan dengan spooring saja ngak cukup, itu harus ke bengkel kaki kaki untuk perbaikan ( misal menganjalk sayap wisbone dll ) itu tukang di bengkel kaki kai lebih pintar :)
Numpang tanya Mas, panther 96 kondisi ceper, mau saya tinggikan. Kata teman per sudah dipotong. Harus gantikah? Kalau membawa beban 6 - 8 penumpang dewasa, terasa ( nggaduk dug dug ) ketika melewati jalan rusak/ bergelombang. Minta pendapatnya Mas, matur nuwun
ReplyDeletebiasanya peer dipotong itu ya dipotong ujungnya di bilah peer setelah ke 2,3 dst bertujunan untuk menambah empuks, sebenarnya kesehatan peer itu bisa dilihat dari ujudnya fisik, peer yang normal dia harus melengkung (parabolik) bila sudah datar maka kemampuannya akan menurun ( atau mungkin sengaja dibuat datar dengan tujuan terntu)
DeletePak iwan saya punya civic wonder 2 pintu, torsi kanan bisa naik turun tapi yg kiri baut stelan torsi macet pak jadi beda jarak kanan 1 1/2 jari kiri 2 jari pak memang ga kliatan miring banget tp apakah masih bisa diakalin pak? waktu di bawa ke tukang per katanya suruh di las pak tapi dia ga brani
ReplyDeleteitu ke tukang las maksudnya bukan dilas, tapi cuman dipanasi ama api dari las (karbit) agar macetnya hilang, selama yang manasi profesional ngak masalah, daripada mobil tinggi sebelah.
Deleteapa mungkin macet karna kropos? soalnya bodinya juga agak kropos bagian bawah nya. solusinya dipanasi bagian bautnya biar kembali normal? trims pak sarannya besok saya coba bawa ke tukang las.
Deletebiasa itu besi nempel besi lalu berkarat ya pasti mustahil dibuka kalau dipaksa malah bisa2 baut patah, harus dipanasi pake api las baru mudah dan tidak merusak drat beserta kepala bautnya
Deletekalo roda belakang agak miring, apanya yg perlu diperbaiki pak ?
ReplyDeletemiring biasanya ditemui pada suspensi independent. tentunya banyak faktor yang bisa diperiksa. tidak bisa dijelaskan detail satu persatu
Deletemiring sedikit, gardan nya di belakang bos...
DeletePanther saya th92,wrn merah modelnya apa ya om?di STNK tertulis panther BONET
ReplyDeleteitu panther 2300cc, kemungkinan masih body karoseri/ non total assy atu ada kemungkinan itu bekas pick up ang dikaroseri jadi wagon
DeleteOm klo tinggi kiri dan kanan sudah sama, namun ulir baut sisa setelan batang torsi kiri dan kanan tidak sama, apa tidak masalah..
ReplyDeletengak apa apa, banyak faktor baut setelan bisa berubah,
Deletemas iwan apa penyebabnya rem narik ke kanan..... di kecepatan 70km keatas jika di rem setir narik ke kanan.....padahal sudah di spooring... cek rem depan belakang lengkap... apakah pengaruh torsion bar ya...? apa shock depan......
ReplyDeletekalau stir lari kekanan waktu direm, kebanyakan itu hanya karena kepakeman rem depan ngak sama, yang kiri lebih tiak pakem dari yang kanan, jadi stir lari kekanan. untuk kondisi tertentu kadang gara gara baljoint, terot sudah aus juga ya bikin lari seperti itu
Deletetolong infonya gan
ReplyDeleteterima kasih ooommm,smg sukses slalu...!!!!!!
ReplyDeleteBan depan sebelah kiri miring keluar (sisi luar aus) bagaimana cara mengatasinya?
ReplyDeleteOm Iwan kalau body turun sebelah kiri lalu dinaikan dengan menaikkan mur torsi 3 cm hanya sebelah kiri berbahaya nggak
ReplyDeletesebenarnya harus di cek dulu turunnya itu penyebabnya apa, apa memang setelan torsi yang berbeda atau karena shock lemah sebelah juga bisa, bila ternyata penyebabnya shock tentu akan mempengaruhi kestabilan
DeleteOm, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang haru dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trisms
ReplyDeleteOm, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang haru dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trisms
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteOm, saya pakai panther touring 2008, abis ganti velg r15 lebar 7 inch plus ban uk 235/75/15. Pada waktu ganti velg, ban menjadi lebar dan tinggi dan otomatis akan natap pada spakbor. Akhirnya dikasih solusi dinaikkan baut torsi depan kanan kiri, jadi naik krg lbh 4 cm. Yang saya tanyakan, stlh dinaikkan kira2 apa lagi yang harus dilakukan. Cz saya denger2 klo naikkan torsi depan, ban akan menjadi ga center alias miring ke dalam..mohon advicenya..trims
ReplyDeletekalau cuman 3-4 cm ngak akan terlalu berpengaruh pada roda, tappi bila anda merasa was was anda bisa melakukan tindakan spooring
DeleteMas Iwan, saya baru ganti velg ring 16 di kijang kapsul diesel tahun 2001, (yang sebelumnya R14), ban yang diaplikasikan ukuran 215/60/R16, tapi ada kendala perputaran ke kanan dan ke kiri ban depan tidak bisa maksimal sampai mentok.... Justru yang terjadi ban mentok ke mobil sehingga gak bisa maju atau mundur mobilnya... Mau nanya penyebab dan solusinya mas Iwan bagaimana?
ReplyDeleteuntuk ban depan cara termudah ya putr torsi ditinggikan, sedang buat yang belakang anda bisa ganti anting shock yang lbih tinggi dan jangan lupa periksa travel shock belakang anda harus ganti shockyang lebih panjang jarak mainnya.
DeleteMas iwan, saya punya phanter Hi grade 2000, bearing roda depan sebelah kiri sering rusak/hancur, solusi temen katanya ganti aja komplit sekalian sama cakram rem punya kijang, apakah bagus solusi seperti itu? Mohon infonya. Tks
ReplyDeleteribet um, coba aja priksa rumah lagernya masih bagus ngak, rumah dah nga sepan ya lager cepet hancur
DeleteMas iwan, saya punya phanter higrade 2.5 thn 2000, setiap perjalanan jauh selalu min di lahar roda depan kiri, ada temen kasih saran supaya pake aja komplit satu set punya kijang (dudukan roda, kampas rem dll) punya biar aman, apakah benar solusi ini mas? Mohon infonya, tks
ReplyDeletelager roda depan umurnya tergantung dari perawtan, pemakaian, pemasangan dan kondisi barang itu sendiri, coba waktu ganti lager diperiksa as rodanya tempat dudukan lager itu. masih bagus tidak kalau, harusnya dengan pemasangan yg tepat lager tidak semudah itu rusak. mengenai ganti punya kijang saya kira tidak terlalu menyelesaikan masalah, mending anda perbaiki aja dan periksa kondisi lager anda beeserta unit pendukungnya
DeletePak iwan, saya punya civic lx baru beli tapi ceper, dan ingin saya kembalikan ke standard, bagaimana caranya Pak?
ReplyDeleteMohon pencerahannya karena saya baru punya dan belum tau pengalaman soal mobil,
di civic modif ceper biasanya ya mereka menggantidengan peer yang yang ebih endek coba aja konsultasikan dengan bengkel kaki kaki atau malah ke beres honda untuk tau penyebabnya, kan cuman konsultasi ngak bayar. heheheee
DeleteSalam kenal mas, sya pakau panther royal 1997, yang mw saya tanyakan knapa shock depan nya sering bergesekan dengan sasis, dan akibatnya shock bengkok.. kira2 apa yang hrs d perbaiki mas..?
ReplyDeleteSalam kenal mas, sya pakai panther royal 1997, yang mw saya tanyakan knapa shock depan nya sering bergesekan dengan sasis, dan akibatnya shock bengkok.. kira2 apa yang hrs d perbaiki mas..?
ReplyDeletecoba periksa ddukan shock anda dan bushing dari sayap mobil anda, siapa tau udah aus atau pernah kecelakaan jadi titik letak shocknya berubah
Deleteom mau tanya saya pake mobil sedan ferio pake velg 17 aman tapi pas di ganti dengan velg 18 ukuran ban 40 nge gasruk klo b4 ada solusinya gan?
ReplyDeleteSalam kenal mas....saya pemakai kijang kapsul..saya mau nanya shock depan kijang bisa di subtitusi dengan shock depan panther? Misalnya panther grand royal...trims..
ReplyDeletepak itu diputar kekiri untuk menurunkan maksudnya membuatnya semakin ceper mobi(roda dan suspensi semakin ngangkat)???
ReplyDeletekalau saya malah ingin menaikan bagian depan panther saya agar ga keliatan nungging berarti diputar ke kanan baut penyetel nya sehingga roda dan suspensi jadi lebih turun???
putaran kanan kiri sama ya arah nya?
itu posisi dongkrak sebelah mana ya tepat nya?
terima kasih
Gimana caranya agar bearing roda Panther Miyabi tidak mudah jebol ya om?
ReplyDeleteSudah ganti merek Toyo masih juga 1-2 bulan rusak. Ban standar, jalan aspal.
http://www.indoblazer.com
Om Iwan sy pke mobil Civic wonder sb4. Shock depan klo injak lubang suara nya ngeri dug.dug.dug apa pengaruh dari ceper nya mobil?
ReplyDeleteOm Iwan sy pke mobil Civic wonder sb4. Shock depan klo injak lubang suara nya ngeri dug.dug.dug apa pengaruh dari ceper nya mobil?
ReplyDeletebiasanya kalao bunyi dug dug itu karena kena dumper kalo terllu ceper dan nga dimodif lama lama karet dumper ya bisa kalah
DeletePak Iwan mau tanya, menaikkan 2 cm roda belakang selain ganti per & ban, tapi dg menambah karet stoper aman tdk/ pernya bisa loncat tdk nggih? apa ada cara lainnya lg.. tks
ReplyDeletePak Iwan mau tanya, mobil saya sedan ingin menaikkan 2 cm roda belakang tanpa ganti per & ban, tapi dengan karet stoper itu aman tdk ya?
ReplyDeletesalam kenal, mas mau tanya nih ?
ReplyDeleteSaya pengguna panther royal 97. Saya ingin meninggikan bagian belakang dengan mengganti anting2 per daun yg lebih panjang kira2 shockbrekernya di ganti juga nggak ?
Mohon pencerahan mas
Terima kasih
setelah ganti anting di ceck aja pak, roda didongkrak hinga posisi ngantung kira kira shock spelengnya jarak main masih jauh ngak kalau terlalu pendek takutnya shock bisa jebol
DeleteOm iwan sudjatmiko,saya punya kijang super 91..posisi tinggi body sm ban bagian depan kiri dan kanan ny nggk sama,beda 2jari..apa cara stelny sama ya seperti yg d jelaskan d atas??trs,klo buat nurunin Body belakang gmn om iwan..
ReplyDeleteOm iwan sudjatmiko,saya punya kijang super th 91..posisi tinggi ban sama body depan beda, sekitar 2jari om..apa cara penyetelannya sama seperti yg d beritahukan d atas??trs klo untuk nurunin tinggi body belakang gmn caranya om iwan..
ReplyDeletekijang super bisa disetel baut torsinya sama dengan punya panther
DeleteAssalmualkim mas iwan saya pinya panther 92 bl mna mau star sllu mnt dipnsin solar trllu lma ? Apakah tidak bisa di kontak lsung nyala mesin y ? Terima kasih
ReplyDeletePak Iwan. Saya punya ispan 2005. kendala yang saya hadapi adalah mobil agak empuk depannya. kurang sigap dalam manuver di kecepatan 60 km/jam keatas. agak slow respon dan nggliyer kanan kiri. apakah batang torsi perlu diganti dengan yang lebih keras? jika ya pakai batang torsi apa? apakah ada pengaruh dari worm stir untuk gejala nggliyernya ? tie rod, long tie rod,balljoint serta schock bilstein baru diganti. mohon pencerahannya pak iwan.....
ReplyDeletebatang torsi itu statis ngak berpengaruh padastabilan, bila semua kaki sehat dan shock depan dah keras anda bisa nambah kestabilan dengan ngasi stabiliser roda belakang dan ngasih shock yg lbh keras, bagian belakang mobil itu juga bikin andil terhadap limbungnya mobil terutama manuver
Deletebis bila bautnya udah lemah.
ReplyDeleteMas iwan saya punya panther pikup 2002 2,5, yang saya mau tanyakan kenapa jarak ban belakang dengan per rapat sekali jaraknya ngak sampe 1 cm mohon solusinya, dan roda depan terlalu tinggi setelah saya turunkan torsinya malah ban makan dalam cukup parah, bagaimana cara mengatasinya pak iwan ? Mohon di bantu pak
ReplyDeletePak Iwan, panther karoseri saya 1997 model pajero
ReplyDelete1. Jika jalan 40-60 km tikungan kekanan biasa saja, tapi jika ke kiri serasa ambles ke kanan takut glempang ban R15 235/75
Apa yang harus saya cek apakah perlu penggantian torsi, sudah ke bengkel kaki2 shock belakang clear up smua oke (rol per dan shock absober sudah ganti sepasang kayaba gas beli baru) jika di lihat dari belakang seperti miring kekanan. Terimakasih
Pak Iwan, panther karoseri saya 1997 model pajero
ReplyDelete1. Jika jalan 40-60 km tikungan kekanan biasa saja, tapi jika ke kiri serasa ambles ke kanan takut glempang ban R15 235/75
Apa yang harus saya cek apakah perlu penggantian torsi, sudah ke bengkel kaki2 shock belakang clear up smua oke (rol per dan shock absober sudah ganti sepasang kayaba gas beli baru) jika di lihat dari belakang seperti miring kekanan. Terimakasih
saya ingin menbuat mobil ford ranger lebih tinggi,bagaimana cara menyetelnya.trim"s
ReplyDeletesalam kenal mas iwan, saya pnya ranger 2900 thn 2006, kmrn gara2 miring ban sebelah kanan sya turunin dikit,nah yg jadi masalahnya skrg ban kiri yang sebelah kanan jadi tinggi sendiri... mohon pencerahan mas, kira2 ap solusinya, terimaksih
ReplyDeleteBang iwan salam kenal.. sy baru beli mobil wonder 2pintu sdh ingin saya standarkan gimana caranya untuk stel torsinya.. krn saya bawa bengkel angkat tangan.. alias katanya setelan sudah mentok sdh g bisa di tinggikan lagi.. klo mau beli torsinya sudah g di jual ditoko adanya di mobil belehan..giman solusinya kang iwan. Nuwun sebelumnya kang
ReplyDeleteIzin mas Iwan,dari Medan. Ispan touring 2008 kl nurunin torsi 1cm kira2 putaran baut stelan brp bnyk? 1/4 putaran or brp ya? Trims ilmu & infonya
ReplyDeleteMas iwan sy pengguna panter 2007 pick up masalahnya bagian depan g sama tinggi. Ketika baut torsi di setel akhirnyanya ketigiannyanya sama tapi setelenya lebihh banyak yg di bagian kiri. Kira2 masalahnya dimana mas. Apa batang torsinya harus di ganti..??
ReplyDeleteDan juga ban depannya habis bagian dalam padahal sudah ganti baljoint atas bawah tirod dan nap roda.
pak iwan, numpang tanya, mobil saya tinggi sebelah. yang kanan belakang lebih tinggi daripada yang kiri. Jarak roda dan body untuk sebelah kanan sekitar 4 jari, sedangkan yang kanan hanya sekitar 2 jari. Nah yang saya ingin tanyakan harus ganti per atau di stel aja bisa pak? Terima kasih jawabannya
ReplyDeletebila peer belakang kekerasanya ngak sama tentunya berakibat mobil tinggi sebelah, bawa aja ketukang peer biar diatur ulang
DeleteSalam kenal mas iwan.
ReplyDeleteSaya baru beli civic vti 2001.
Waktu saya beli kemarin si mobil ceper banget. Trus saya bawa ke bngkek kaki2 mau saya balikin standar alhasil saya ganti per standar sama ganti shocbreaker depan belakang katanya sih shock udah di potong. Trus skrg tinggi mobil saya jadi ga sama yg depan kiri lebih 1 jari dari yang depan kanan trus yang belakang kanan lebih tinggi 1 hari dari pada yang kiri belakang. Saya minta penjelasanya mas iwan. Makasih
Om mau tanya tinggi body standart mobil kijang grand extra depan dan belakang berapa jari ya om?
ReplyDelete