Menguras minyak rem dengan mudah
Mengapa Minyak Rem harus diganti?
|
Minyak rem pun wajib diganti |
Seperti kita mengganti olie mesin secara periodik, maka sebenarnya minyak rem dalam kendaraan kita lama lama akan menurun juga kualitasnya. mengapa demikian, karena fungsi dan kerja dari minyak rem itu sendiri, selain
berfungsi sebagai penyalur tekanan hidrolis, ternyata minyak rem juga berfungsi merawat
seal seal, peer peer dalam booster rem,
disamping itu minyak rem bersifat hidroskopis yaitu menyerap air, sifat hidroskopis disini diperlukan untuk menjaga performa dan kinerja dari rem itu sendiri, bila ada kandungan air dan tidak bisa bercampur dengan minyak rem tentunya ketika rem bekerja dengan suhu tinggi maka akan terjadi kegagalan pengereman.
Cara termudah untuk mengamati apakah minyak rem kendaraan kita sudah waktunya diganti atau tidak cukup mudah, amati saja kondisi fisiknya. bila sudah mulai keruh dan berwarna gelap dan menghitam. itu menunjukkan kalau minyak sudah waktunya dikuras dan diganti
Ada beberapa cara penggantian dan pengurasan minyak rem.
# Pertama dengan membuka unit rem itu sendiri (waktu servis rem dan perbaikan unit rem).
# Kedua dengan prosedur buang angin, buang angin disini juga akan mendorong minyak rem terbuang.
Yang jadi masalah cara pertama adalah anda harus membongkar unit rem. sedang cara kedua diperlukan 2 orang (satu untuk menekan pedal rem, sedang orang yang lain untuk membuka nepel pembuangan minyak rem.
Seandainya anda hanya sendiri lalu bagaimana?
Ada cara termudah dan bebas resiko. Anda tertarik Silahkan ikuti Langkah kerja di bawah ini. Seperti biasa sebagai contoh saya gunakan
Isuzu Panther , untuk kendaraan lain sama saja caranya.
Langkah Kerja
|
mengganti minyak rem |
1. Siapkan selang bening,
kunci no8 dan 10, botol bekas dan minyak rem secukupnya.
2. Bukalah kap mesin dan isi tabung rem dengan minyak sampe penuh.
3. Temukan nepel rem dibalik tromol roda. pada gambar ini adalah roda belakang kiri nepel ada dibagian atas.
4. Ambil pentil karetnya.
5. Masukkan selang bening kedalam mata nepel.
6. Lalu dengan kunci
no 10. (tergantung kendaraan anda ada yang
kunci 8 kunci 10 atau 12)
7. kendorkan sedikit saja sehingga minyak akan mengalir melalui selang.
8. Lalu tampung ujung selang tadi dengan botol bekas yang sudah disiapkan. agar tidak kotor. biarkan minyak mengalir sampai kelihatan jernih minyaknya. sementara itu silahkan anda ke ruang mesin untuk mengontrol ketinggian minyak rem
(gambar no.2) isi kembali bila minyak menurun. setelah dirasa cukup kencangkan kembali baut nepel, pasang karet pelindung. lalu anda bisa beralih ke roda yang lain.
9. Ini adalah gambar roda belakang sebelah kanan.
10. Gambar letak nepel pada roda depan kiri. (
rem cakram).
Setelah keempat roda selesai, kemudian hidupkan mesin, lalu injak pedal rem dengan kuat lakukan beberapa kali, lalu periksa kembali ketinggian minyak rem, lalu periksa ke empat nepel roda apakah ada kebocoran. bila tidak ritual mengganti minyak rem selesai.
NB:
# Hari hati waktu membuka nepel jangan sampai terbalik. dan waktu mengencangkan jangan sangat kencang. ingat baut nepel itu berongga kekuatan bautnya tidak seperti baut biasa.kencangkan secukupnya.
# Waktu menguras ada baiknya buka nepel dengan sedikit agar minyak mengalir perlahan - menetes. walau ini nanti akan memakan waktu lebih lama, tapi menghindarkan tabung rem utama tidak sampe kehabisan minyak sehingga anda tidak akan kehilangan waktu untuk mengisi lagi.
# Untuk File berukuran besar bisa di (Klik disini)
Semoga Bermanfaat