Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Spesifikasi Minyak Isuzu Panther ( TBR 52, TBR 54, TBR 541 )

Spesifikasi Minyak Isuzu Panther 

Oli yang Tepat Menjamin Durability mobil anda
Oli yang Tepat Menjamin Durability mobil anda

Anda memiliki Isuzu Panther baik itu tipe yang 2300 cc, 2500cc normaly aspirated, Ataupun yang 2500 cc Turbo ? Dalam beberapa kasus perbincangan dan tanya jawab di forum umum ataupun di facebook/ twitter dan lain sebagainya, Nampak ada sedikit kerancuan mengenai penggunaan oli dari kendaraan yang mereka miliki, Hal ini biasa terjadi karena kebiasaan orang indonesia yang memang malas membaca buku Pedoman Pemilik kendaraan, atau yang misalnya ngak malas ingin baca tapi ternyata kendaraan beli second sehingga buku sudah ngak ada. Mungkin tulisan dibawah ini bisa menjadi Panduan buat anda pemilik kendaraan Isuzu Panther Mari lebih bijak dalam memilih oli/ minyak untuk kendaraan anda, cobalah hilangkan sedikit Sugesti dari pikiran anda. 

1. Oli Mesin 

Klasifikasi = Api Service CD atau CE  ( lebih baik boleh misal CF, CH, CI dan seterusnya).
Viskositas atau Kekentalan =
Single Grade =
SAE 40 bila kendaraan anda bekerja di rentang suhu diatas 30*C
MultiGrade =
10w-30 bila kendaraan anda bekerja di rentang suhu -25*C - 30*C
15w-40, 20w-40, 20w-50  bila Kendaraan anda bekerja di rentang suhu -15*C - un limit.

2. Oli verneling (Oli Transmisi)

Klasifikasi Setara dengan oli mesin  
Single Grade =
SAE 30 = untuk rentang kerja suhu -15*C - 35*C
SAE 40 dan SAE 50 = untuk rentang Kerja 15*C - un limit
MultiGrade =
10w-30 = untuk rentang kerja -25*C - 35*C
15w-40 , 20w-40 , 20w-50 = untung rentang kerja -25*C - unlimit
Tetap fokus dalam memilih Oli,  Cuek saja dengan Rayuan Penjual
Tetap fokus dalam memilih Oli,
Cuek saja dengan Rayuan Penjual

3. Olie Gardan ( Oli Differential )  

Single Grade = 
Klasifikasi GL-5
SAE 90 = untuk rentang kerja suhu -10*C - 35*C
SAE 140 = untuk rentang Kerja 15*C - un limit
MultiGrade =
80w-90 = untuk rentang kerja -25*C - 30*C
80w-140 = untung rentang kerja -25*C - unlimit

4. Oli Rem, Olie Kopling ( khusus Panther 2500cc)

Klasifikasi DOT 3 or higher 

5. Oli Powersteering

Klasifikasi Minimal Dextron IID atau Dextron 3/ III

6. Grease Roda

Klasifikasi NL GL 2 atau GL 3

7. Unit Pendingin

Long Life Coolant

Sebagai referensi

http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/selayang-pandang-mengenal-olie.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/06/ayo-mengetap-olie-gardan-versneling.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/07/membuat-alat-mengganti-olie-gardan.html
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/menguras-radiator-menganti-dengan-water.html

Semoga bermanfaat

64 comments:

  1. Panther HG 2300 CC
    1. Oli mesin = Mediterran SC
    2. Oli Perseneling = Mediteran SC
    3. Oli Gardan = Rored 140

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan Lupa Kalo pake Rored 140 pastikan Rored anda jenis HDA GL-5 bukan yang EPA GL-4 :)

      Delete
  2. kalo om iwan oli transmisinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh ini olie transmisi yang pernah saya pake buat transmisi adalah, Yamalube matic, Enduro Matic, Mesran Prima Xp, dan jaman dulu memakai meditran Sc/ Sx ... :)

      Delete
    2. thanks om..
      Soale selama ini ane pake rored 90,sekalian buat gardan soalnya.

      Delete
    3. yamalube matic yang buat motor y om..?????

      Delete
    4. ya benar itu jaso MB konon lebh encer dan lebih licin,... pas itu 2 botol masuk semua 1600cc

      Delete
  3. om maaf mo nanya nih, untuk kapasitas oli transmisi dan oli gardan kucing jadul 2.3 masing masing berapaan ya om? mksh om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transmisi dan verneling sekitar 1,6 liter, atau memakai patokan diisi sampe meluber dari baut pengisian. Untuk transmisi Isuzu Panther diharampan pake Rored tapi memakai kekentalan sesuai dengan olie mesin ( SAE 40 )

      Delete
  4. mau tanya Om Iwan...panther saya th 97 pake oli mesin Meditran SX udah cocok belum...kalau udah sampai berapa km harus ganti...soalnya kl menurut penjualnya sampai 5000 km,tp menurut saya koq kelamaan...sblmnya makasih om....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memakai meditran SX dengan klasifikasi CH-4 sudah sangat lebih dari cukup, dan sangat aman untuk diganti periodik tiap 5000km sekali.

      Delete
  5. Sy mo ganti laher dreg tp g bs melepas tongkat vresneling.gmn om?tx

    ReplyDelete
  6. om berapa liter oli mesin panter 2,3

    ReplyDelete
  7. om berapa liter oli mesin panter 2,3

    ReplyDelete
  8. om saya mo beli panther tahun 1999 grand royal plus kata penjualnya, apa ada ya om grand royal plus maaf om newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konon Grand Royal Plus itu Grand Royal yang diberi power window pada pintu penumpang belakang ( GR biasa power windownya hanya di pintu supir dan pintu penumpang depan)

      Delete
  9. Permisi Om, mau nanya, oli transmisi pakek SAE 90 dampaknya apa ya?
    Trus kalo rekomendasi merk oli yg bagus/kualitas tinggi buat transmisi,gardan,rem+kopling utk LS'02 saya pakek apa ya om? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. olie transmisi memakai olie sae 40 sedang olie gardan memakai SAE 140 atau SAE 90 juga boleh klasifikasi GL5

      Delete
  10. utk mesin saya kasih oli motul mega x/ SAE 15W-40/ API SERVICE CI-4. menurut om iwan, oli tsb cocok/tidak buat ls'02 saya. Maklum, baru beli tuh kucing. Jadi kurang tau masalah oli. Makasih sblumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk olie mesin unit ispan hanya mensyaratkan olie SAE 40 dan klasifikasi CE, jadi memakai olie dengan spek diatas itu tentu boleh boleh saja

      Delete
  11. Phanther 2300 cc timing ya apa ya boss?Gear atau Belt




    ReplyDelete
  12. om mo nanya nih. saya punya panther 1995 pakai oli eneos, bagus kagak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Olie bagus dan tidak silahkan anda lihat spesifikasi kualitas yang tertera di dinding kemasan olie tersebut, Yang utama dari olie adalah bukan merk tapi lebih ke produk yang asli, jangan sampai dapat olie Aspal,

      Delete
  13. om klo kapasitas oli mesin, transmisi, dg gardan panther touring berapa liter yah masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapasitas mesin 4,5 liter, transmisi 1,6 liter dan Gardan 1,6 liter

      Delete
    2. klo oli bawaaan standart isuzu buat panther touring ap yah?makasih om

      Delete
    3. Kalau di Beres Isuzu anda bisa diberi Meditran SX atau Castrol GTX, dll. Itu tergantung dari Bengkelnya, Kalau mungkin sekarang akan diberi oli dari isuzu (lupa saya namanya).

      Delete
    4. Klo kapasitas oli transmisi touring'02 yg matic apa sama dgn yg manual, trs bagusnya pke oli apa menurut om iwan?

      Delete
    5. Permisi om, mau nanya klo kapasitas oli transmisi touring '02 yg matic apa sama dgn yg manual, saran om iwan pake oli apa?

      Delete
    6. untuk olie transmisi matic speknya sedikit beda ama yang manual dn yg matic butuh lebih banyak apabila mau diganti semua/kuras.

      Delete
  14. Om..kalau merek oli mesin rimula udh ckupan..atau ada oli standar apa buat mbil phanter 23. Mv..karena bru dua hri pke phanter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk olie mesin syaratnya adalah dengan klasifikasi minimal CD/CE untuk ispan 2300. anda bisa melihat klasifikasi dari botol olienya.

      Delete
  15. om...mau tanya...isuzu panther 2300cc itu tipe pompa injeksi apa ?

    ReplyDelete
  16. Om.. mo tanya.. oli buat ispan smart turbo cocoknya pakai oli full syntetic apa semi.. trus merk apa mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semi atau full ngak masalah yang penting klasifikasi kalau bisa setinggi mungkin bisa pake ch4 atau ci4 tapi bila terpaksa cuman ada cf4 ya boleh (sesuai spek min dari pabrik)

      Delete
    2. Bung iwan.. bisakah saya pakai oli sigma plus sae 40. Untuk ispan lm smart turbo.. mksh infonya..

      Delete
  17. Kalau pakai oli sigma plus sae 40 bisa gak buat ispan lm smart turbo.. mksh

    ReplyDelete
  18. Kalau pakai oli sigma plus sae 40 bisa gak buat ispan lm smart turbo.. mksh

    ReplyDelete
  19. Oli sigma plus sae 40.. bisa gak buat ispan smatr turbo.. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda priksa klasifikasi yang tertera di jerigen olie tersebut, selama klasifikasi memenuhu ya brarti bisa dipakai

      Delete
  20. saya baru beli grang royal 97,injector cleaner yang bagus merk apa ya om?
    seberapa besar manfaatnya untuk mesin diesel?mksh sblmnya

    ReplyDelete
  21. Om tanya .. wastage turbo ispan saya kenapa keras.. stangnya saya tarik.. padahal gak saya ganjel per.. mohon intruksinya om mksh.. sigma plus sae 40 cf

    ReplyDelete
  22. Siang om, oli tranmisi saya pas begitu di tap kok warna nya jdi seperti abu2 ya? Tindakan selanjutnya gimana om? Langsung di isi oli baru apa perlu turun versneleng untuk nguras oli nya? MAkasih

    ReplyDelete
  23. om mu nnya....klo kapasitas oli buat mobil isuzu elf long sasiz kira kira berapa liter yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu, coba anda lihat di buku pedoman pemilik

      Delete
  24. gan mau tanya mobil phanter bonet thn 94 sangat loyo saat tanjakan kira2 apa penyebabnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karena memang output power panther 2300 memnag pas pasan dari sononya, sebagai perbandingan dengan berat yang sama panther 2300 cuman bertorsi 1,5, sedang panther kotak 2500 torsi sudah 1,66 sedang panther terbaru dengan berat yang sama sudah bertorsi 1,95

      Delete
  25. om mau tanya lagi bisa ga phanther 2300, dimodif pasang turbo, kalo bisa turbo apa yang cocok

    ReplyDelete
  26. om iwan tanya dunk,oli mesin dan oli matic untuk touring 2500 cc 2001 apa om??newbie niie,sama tanya efek kalau oli matic isinya kebanyakan apa ngaruh kalau mau mundur harus di gas sedikit?soalynya kondisi panther touring matic saya gitu om,habis kuras oli matic aku cek dipsticknya olinya nya kebanyakan om trus kalau mundur harus agak di gas dikit dulu gitu mkasih om

    ReplyDelete
  27. om aq mau nanyak nih aq baru beli phater royal 1999. pas aq mau ( ganti ) restart semua olinya aq bingung. untuk ganti olie transmisinya soalnya ada yang bilang kl olie transmisi harus paki sae 90. sam dengan gardan. utpun atas petunjuk yg punya bengkel. kl paki oli sae 40 sesuai yang sampean sampaikan. malah gak boleh. maaf orang bengkel malah bilang klau oli sae 40 yang buat transmisi. itu hanya untuk mobil mobil baru. saya jadi bingung om. sebaiknya pakai ya mana...? jadi kemaren saya pakai pertamina Rored HDA -Gl 5, yang 4 liter kepaki 3 liter karna udh penuh semua. apa gak bermaslah nantinya om. karna tanyak sama yg jual.olie jiga dia bilang pakai sae 90 buat transmisi. saya minta pencerahan om biar lega.

    ReplyDelete
  28. om saya baru beli phanter royal 1999 yang 2,500cc kemaren saya mau restat ( ganti ulang ) semua olie karna. biar enak ntar kla ganti lagi. dan kebetulan semuanya udh aq ganti cuman saya bingung waktu ganti olie untuk transmisi. karna menurut abang bengkel dan penjual olie untuk transmisi harus pakai sae 90. tp kalau menurut catatan om yg di blok ini untuk oli transmisi hatus pakai sae 40. itu kan berarti sama dengan olie yang di pakai mesin ya om. abang bengkel juga bilang kalau sae 40 sih memang bisa dipakai tapi untuk mobil mobil baru. karna punya saya agak lama lebih baik pakai yang SAE90 jadikan 1ama gardan. waktu itu saya bingung ya saya nurut aja sama yang punya bengkel dri pada ntar berdebad terus. jadi kemaren piliahanya saya jatuh pada olie Pertamina Rored HDA-Gl 5. SAE 90. kira kira bener pa gak itu om kl olie gardan di samakan dengan olie Transmisi. karna waktu itu saya beli yang 4liter dan kepakai 3 liter sisa (-+) 1liter. mohon pencerahannya apakah ntar gak ada masalah kalau dikasi SAE90 untuk transmisi.

    ReplyDelete
  29. om saya baru beli phanter royal 1999 yang 2,500cc kemaren saya mau restat ( ganti ulang ) semua olie karna. biar enak ntar kla ganti lagi. dan kebetulan semuanya udh aq ganti cuman saya bingung waktu ganti olie untuk transmisi. karna menurut abang bengkel dan penjual olie untuk transmisi harus pakai sae 90. tp kalau menurut catatan om yg di blok ini untuk oli transmisi hatus pakai sae 40. itu kan berarti sama dengan olie yang di pakai mesin ya om. abang bengkel juga bilang kalau sae 40 sih memang bisa dipakai untuk mobil mobil baru. karna punya saya agak lama lebih baik pakai yang 90 jadikan 1ama gardan. waktu itu saya bingung ya saya nurut aja sama yang punya bengkel dri pada ntar berdebad terus. jadi kemaren piliahanya saya jatuh pada olie Pertamina Rored HDA-Gl 5. SAE 90. kira kira bener pa gak itu om kl olie gardan di samakan dengan olie Transmisi. karna waktu itu saya beli yang 4liter dan kepakai 3 liter sisa (-+) 1liter. mohon pencerahannya apakah ntar gak ada masalah kalau dikasi SAE90 untuk transmisi.

    ReplyDelete
  30. Oli prosneling untuk panther SAE nya sama dengan oli mesin. Sae 40

    ReplyDelete
  31. mohon bantuan pa eko, mohon pencerahan semua jenis-jenis oli untuk panther higrade 2500 tahun 1997? soalnya saya newbie, baru mau ganti oli,, terimakasih

    ReplyDelete
  32. Om saya pakai adventure 2007 m3sin makan oli sama mekanik saya disarankan mengunakan oli yang lebih kental. Sekarang saya pakai rimula sae 40 15w. Kalau saya ganti 20w bagaiman?

    ReplyDelete
  33. Om iwan mau tanya rimula r4x apakah cocok buat panther ls 01

    ReplyDelete
  34. Sama...apkah ada efek negatifnya om..oli transmisi pkai sae 90

    ReplyDelete
    Replies
    1. efek yg jelas terasa adalah, sirkulasi oli agak terhambat, shg ketika kendaraan pertama kali jalan (msh dingin), agak susah memindah gigi satu ke gigi dua.

      Delete
    2. efek negatif nya, sirkulasi oli agak terhambat, shg ketika kndaraan pertama kali jalan ( masih dingin )
      perpindahan gigi satu ke gigi dua, agak susah

      Delete
  35. Waduh, klo sama bengkel yg transmisi pakenya rored 90 om, trus sekarang bunyi ndengung, klo saya ganti yamalub matik suara ndengungnya hilang gak ya om?

    ReplyDelete
  36. suara panther 2300 cc higrade tahun 1996 milik saya ,suara sampai ke kabin sangat berisik dari timing gear sekitarnya.Apkaha memang suara panther 2300 cc lebih berisik dari panther 2500 cc.Mohon pencerahan Om Iwan.Tkhs

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)