WHEEL ALIGNMENT
Proses Wheel aligment |
Mari Kita Lebih Lanjut Mempelajari Apa Itu CAMBER, CASTER dan TOE
CAMBER
Camber adalah kemiringan roda bagian atas kearah dalam/ luar terhadap garis sumbu vertikal jika kendaraan kita lihat dari depan. Besar sudut kemiringannya diukur dalam derajat. Bila kemiringan roda bagian atas ke arah luar disebut camber positif. Bila sudut camber positif terlalu besar mengakibatkan keausan roda terjadi pada bagian luar roda.
Camber positif menyebabkan pengemudian menjadi ringan
Chamber |
Camber negatif membuat kendaraan cenderung lurus dan stabil. Bila sudut camber negatif terlalu besar mengakibatkan keausan roda terjadi pada bagian dalam roda. Camber negatif menyebabkan pengemudian berat. Camber negatif menyebabkan efek kebebasan bantalan roda bertambah dan dapat memperbesar momen bengkok spindle.
Bila garis tengah roda sejajar dengan garis sumbu vertikal,maka disebut camber 0.
Camber 0 dapat mencegah keausan ban yang tidak merata. Camber 0 menyebabkan stabilitas pengemudian berkurang, menyebabkan getaran pada roda kemudi besar dan tidak stabil.
Lebih Jelasnya Bila Roda berposisi seperti
/ \ = Camber Negatif ( Ban Aus ditelapak bagian dalam)
\ / = Camber Positif ( Ban akan aus dibagian Luar )
! ! = Camber Nol
CASTER
Caster adalah kemiringan steering axis bagian atas kearah depan atau belakang terhadap garis sumbu vertikal bila dipandang dari samping kendaraan.Saat jalan lurus caster berfungsi menggerakkan roda tetap stabil dalam posisi lurus walau roda kemudi dilepas dan pada saat kendaraan membelok ban menopang pada permukaan jalan dengan baik.
Trail adalah jarak antara dari titik potong garis tengan steering axis dengan jalan dan titik pusat singgung ban dengan jalan.
Caster positif adalah bila kemiringan steering axis bagian atas ke arah belakang.
Kendaraan pada umumnya menggunakan caster positif karena menghasilkan kestabilan kendaraan saat berjalan lurus dan daya balik kemudi setelah membelok.
TOE-IN dan TOE-OUT
Adalah perbedaan antara jarak bagian depan dan jarak bagian belakang roda kanan dan kiri bila kendaraan dilihat dari atas.Bila bagian depan roda lebih kecil ke arah dalam dari pada bagian belakang roda (dilihat dari atas), ini disebut toe-in. sebaliknya susunan yang berlawanan disebut toe-out.
Bila bagian depan roda sama dengan bagian belakang roda,disebut toe-0
Beberapa Istilah Lain yang sering Kita Dengar
Steering Axis Inclination (Kingpin Inclination)
Steering axis adalah garis sumbu tempat roda berputar saat berbelok kekiri atau kekanan dan bisa digambarkan antara bagian atas dari shock absorber upper support bearing sampai lower suspension arm ball joint. Steering axis inclination adalah kemiringan steering axis bagian atas ke arah dalam bila dipandang dari depan kendaraan.Steering axis inclination juga menghasilkan daya balik kemudi dengan cara memanfaatkan berat kendaraan.
Offset (Nilai ET)
adalah jarak antara titik potong steering axis dengan jalan dan titik potong garis tengah ban dengan jalan. Offset yang lebih kecil akan membuat kemudi menjadi lebih ringan dan kejutan akibat pengereman dan percepatan berkurang. tapi kestabilan menjadi berkurang. dan sebaliknya
Negatif dan Positif offset |
Menandakan seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Hal itu ditandai dengan bilangan angka plus kode berjuluk ET. Semisal ET25, ET45, dan seterusnya. Semakin kecil angka maka penampang tengah velg makin celong ke dalam dan bibir velg lebar.
"Kalau dipasang, velg jadi makin ke luar fender," Sebaliknya, semakin besar angka, penampang tengah makin ke luar dari bibir velg. Berarti, posisi velg masuk ke dalam fender.
PCD (pitch circle diameter)
Ukuran yang berkaitan dengan diameter pola baut roda. Pengukurannya dengan mengambil titik terlurus dari masing-masing lubang baut roda.
Bila 4 baut yang diukur antara titik berseberangan dan satuan milimeter.
Kalau 5 baut, penarikan garis PCD ada di antara dua titik lubang baut yang ada di seberang lubang baut roda yang ditarik ukurannya,
Kalau 6 Baut Macam Isuzu Panther Jenis Kapsul (TBR 541) dan SUV2 maka yang diukur tentunya jarak terjauh.
Jarak PCD |
Semoga Bermanfaat
Mantabs Surantabs. Sayang sithik aku rapaty mudhenx ..... :Hë"#"hë"#"Hë:
ReplyDeleteajibbbb, cuma modelnya kurang wowwwww sambil koprol
ReplyDelete@um dwi dan um heri = wkwkwkwww .....
ReplyDeleteBeda toe in, toe out & toe 0 apa ya om iwan
ReplyDeletecoba anda pelajari teori beserta keterangan diatas :)
ReplyDeletemantabs....
ReplyDeleteWe also inspect all steering a suspension hardware and components to make sure your car will hold its alignment.
ReplyDeleteWheel Alignment San Antonio
Apakah camber bisa disetel Om? Misal kita ingin agar camber yg sekarang kondisi negatif biar jadi 0. Matur nuwun...
ReplyDeleteChamber sangat bisa di stel, bukankah waktu kita spooring ya yang di stel diantaranya adalah sudut chamber, dan bila ternyata kemiringannya ekstrim, dan sulit disetel lagi maka bisa kita rekayasa misal dengan diganjal pada sayap Wishbone dll .... :) untuk standart ispan chamber positif sekitar 0,5 derajat dengan koreksi maks +/-50 jadi bisa 0,55 atau 045 derajat
DeleteKalau ballancing bgm Mas broww
ReplyDeletekalau balancing ya perlu itu biar stir ngak getar, kalau aku balancing tiap 10 ribu kilometer bersamaan rotasi ban, dimana yang dibalancing hanya ban depan saja, yang belakang ngak ... ( menghemat )
DeleteMohon ijin share ke group kami Suzuki esteem club indonesia (SECI)
ReplyDeleteSilahkan gan,.... Semoga bermanfaat :)
DeleteKalo kadang suka belok ato goyang sendiri ( kyk ada spellingnya antara ban ma steer ) apanya itu om yang bermasalah ?
ReplyDeletespeling bisa terjadi dari cros joint ster atau dari setelan worm stir dari bawah. atau speeling dari joint joint di kaki kaki juga bisa bikin speling
DeleteStandart ukuran sudut camber caster untuk mobil avansa berapa derajat gan? Mohon informasi dan arahanya gan,terima kasih
ReplyDeletemaaf saya tidak hafal ukurannya anda bisa melihatnya di buku pedoman pemilik bagian spesifikasi
Deletemau tanya apa efek dari toe positif n negatif koq belum di jelasin diatas
ReplyDeleteklw vehicle spesification untuk mobil all new yaris ada ga...soal nya sporring tmpt aku kerja blm di update...tlg kirimin ya gan..ne alamat email aku..
ReplyDeletejonssihombing@ymail.com
Gan, ane punya problem sama mobil jazz ane, jazz ini kan roda belakangnya itu gaada stelannya, kebetulan roda belakang ane chamber, solusinya mau dibuat normal lagi gimana ya gan ?
ReplyDeletekalo baut chamber yang atas ane ganti yang lbh kecil dikit biar chamber bisa di setel bgmn gan? aman apa gak gan? mobil saya colt 120 ss ,mohon pencerahan gan mks...
ReplyDeletekalo baut chamber yang atas ane ganti yang lbh kecil dikit biar chamber bisa di setel bgmn gan? aman apa gak gan? mobil saya colt 120 ss ,mohon pencerahan gan mks...
ReplyDeleteKalau mobil suzuki katana chamber bisa di stel kagak om..dan posisi baut setelanya d bagian mana...? mohon penjelasanya om atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.
ReplyDelete..🙏🙏🙏