Serba-Serbi Diesel
Rudolf Christian Karl Diesel |
Adalah sangat mengesankan jika kita mengamati perkembangan mobil yang tidak seperti sebelumnya, Dalam beberapa tahun terakhir ini kita melihat kemajuan begitu pesatnya, sebuah perkembangan yang begitu menakjubkan. Pada saat ini adalah sangat normal bila kita mengendarai sebuah mobil melaju dengan kecepatan diatas 200km jam pada sebuah jalan bebas hambatan,
Pada Tahun 1896, Waktu pertama kali Diesel diciptakan oleh Rudolf Christian Karl Diesel, Mesin ini hanyalah sebuah benda Statis berukuran Besar dan Berat dan harus bersaing dengan mesin Uap. Diabad Milenium ini Mesin Diesel dikembangkan dengan sangat ekonomis oleh perusahaan MAN (ingat kan sering kita menjumpai ada Truck berlogo MAN). Turbin Turbin bertenaga Uap Pada Kapal juga telah bergeser oleh mesin diesel. dan DIESEL pun telah MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGEBRAK DOMINASI MESIN BENSIN PADA PENGUNAAN MOBIL PRIBADI.
Semua Produsen Mobil khususnya mobil Eropa telah menaruh kepercayaan kepada diesel, karena mesin ini menawarkan spektrum yang sangat luas, mulai dari mesin 800 cc dari mesin 3 silinder sampai mesin V-12 6000 cc pada Audi Q-7 (dari grup VW) dan dengan ditemukannya Injeksi Piezzo (commonrail generasi ke-3) yang bisa memompa tekanan pengabutan lebih dari 2000bar pada sistem diesel Common rail, semakin membuat Mesin Bensin pun terasa begitu Kuno dan Memudar pamornya. Kombinasi dari Torsi Maksimum Mesin yang besar, Pemakaian Bahan Bakar yang Efisien, dan Mesin yang lebih Ramah Lingkungan Pada Diesel Semakin memangsa porsi dari kendaraan mesin Bensin. Bagaimanakah dengan Anda? Masihkah DIESEL PHOBIA?
Beberapa alasan teknis mengapa efisiensi mesin Diesel Jauh meninggalkan mesin Bensin
Mesin Diesel Audi Q8 V-12 |
Dengan kompresi tinggi maka efisiensi pasti lebih tinggi.
2. Karakter mesin diesel dengan Torsi maksimal di sekitaran 2000 rpm dan tenaga maksimal hanya diputaran 4000an rpm, karena putaran kerja mesin rendah tentu juga konsumsi bahan bakar lebih sedikit, karena kerugian gesek dan lain lainnya juga lebih sedikit.
3. Solar memiliki kandungan energi yang lebih banyak dari pada Premium. solar meliliki kandungan energi sekitar 135000 BTU pergalonnya sedang Premium hanya sekitar 120000 BTU. Kandungan energi lebih besar tentu energinya juga akan lebih besar
4. Dalam kondisi idle perbandingan solar dengan udara pada diesel bisa mencapai 1:60 ( bandingkan dengan mesin bensin yang harus di angka AFR 1:14, tentu nya di kondisi macet seperti kota Jakarta tentu Diesel akan lebih efisien
5. Mesin bensin butuh perbandingan udara dan bensin yang tepat (AFR), sedang pada mesin diesel pengaturan tenaga di tentukan oleh semprotan solar, Jadi udara yang masuk bisa di bikin sebanyak mungkin, Sehingga efek engine pumping lost akan lebih sedikit di mesin diesel sehingga jelas lebih efisien
Mesin Diesel Terkecil
Memiliki predikat sebagai produsen mobil bensin termurah sejagat ternyata belum mebuat Tata Motors puas.. Produsen dari India ini berencana membuat mobil murah bermesin diesel.
Mobil itu tetap Tata Nano, tapi kini dibuat varian diesel. Direktur Tata Motors, Karl Slym, mengatakan versi diesel dari Tata Nano dijadwalkan meluncur pada akhir 2013 ini.
Mereka berharap Tata Nano diesel dapat memacu volume penjualan Nano hingga tumbuh 25 persen. Dengan adanya versi diesel penjualan Tata Nano diprediksi bakal meningkat dari 7.000-8.000 per bulan menjadi 10.000-11.000 unit.
Tata Nano versi diesel diproyeksi menggunakan mesin diesel terkecil di dunia, yakni mesin 800 cc dengan twin-cylinder dan turbocharged. Laporan terakhir menyebutkan, varian diesel ini sudah dalam tahap terakhir dari uji coba. Soal harga, Tata Nano versi diesel ini akan berada dikisaran Rp40,9 jutaan.
Mesin Truck yang Kencang
Kenworth T400 Bandag Bullet: |
Bandag Bullet yang memecahkan rekor dunia untuk satu kilometer lari. Dengan berbasis Delapan ton T400 Kenworth Bandag Bullet melaju mulai nol-kilometer 18,6 detik dengan kecepatan terminal lebih dari 300 km / jam.
Truck ini bisa secepat itu karena memiliki dua twin-turbo, nitro disuntikkan V8 mesin diesel dengan total kapasitas 24 liter (1500 cubic inches), yang menghasilkan 1100bhp dan 5.600 ft / lb torsi masing-masing.
Mesin Mobil Teririt
VW XL1 |
VW melengkapi XL1 dengan mesin 2-silinder TDI (48 hp), E-motor (27 hp), transmisi kopling ganda (DSG), serta baterai lithium-ion. VW XL1 hanya 1 liter diesel untuk menempuh jarak 111,111 km berkat sistem plug-in hybrid.
Bahkan XL1 dapat menjelajah sejauh 50 km hanya menggunakan energi listrik. Mobil sanggup melaju konstan 100 kpj dengan hanya mengandalkan listrik. Semuanya itu memungkinkan XL1 mengeluarkan CO2 cuma 21 gr/km.
Kecepatan maksimal XL1 mencapai 160 kpj. Sementara akselerasi 0-100 kpj dituntaskan XL1 dalam 12,7 detik. Mobil 2-seat ini memiliki panjang 3,888 mm,
Pabrik Mesin Diesel Terbesar
Isuzu Motors Ltd. merupakan sebuah perusahaan otomotif Jepang yang memproduksi berbagai macam kendaraan bermesin diesel. Isuzu kebanyakan memproduksi kendaraan komersial dan truk berat. Perusahaan ini berpusat di Tokyo, didirikan pada tahun 1937. Tahun 2005, Isuzu menjadi produsen truk medium dan truk besar yang terbesar di dunia. Perusahaan ini mempunyai pabrik di Fujisawa, prefektur Tochigi dan Hokkaido.
Isuzu motors ltd |
Perusahaan ini mempekerjakan 7.371 pekerjanya pada tahun 2007.
Kapal Terbesar
MS Allure of the Seas |
Dengan kapasitas penumpang sebanyak 1385 orang, dilengkapi 25 restoran, memiliki 2000 orang kru profesional. Royal Caribbean International Company membuat kapal ini pada tahun 2006.
Tinggi 72 meter dan panjang 360 meter, merupakan kapal pesiar termewah dan terbesar pertama.
Truck Terbesar
MaT Liebherr 282 B |
Tank
Tank memakai mesin diesel |
Diesel Berkekuatan 109.000 Tenaga Kuda
Wartsila-Sulzer RTA96-C |
Kecepatan kapal dapat ditingkatkan dengan mesin ini, dari 18-20 knot menjadi 31 knot.
Seberapa besar kekuatan mesin ini, 109.000 tenaga kuda. Mesin Wartsila-Sulzer RTA96-C memiliki tinggi 11 meter dan panjang 30 meter.
Apa saja isi mesin ini. Ada 14 silinder, 2 stroke TRA96, beratnya 2.300 ton, dengan putaran cuman 102 rpm.
Konon Ada 25 mesin seperti ini sudah siap melayani pelayaran dunia, dan 86 buah sudah dipesan.
Dan masih banyak Lagi
Wow.... nggak salah saya memilih mobil bermesin diesel... makasih lagi om .. hehehe
ReplyDeleteUntuk masa depan mesin dengan efisiensi tertinggi lah yang akan lebih survive, sementara ini unit second diesel memiliki purna jual diatas rata2 mesin bensin, lihat aja unit innova bekas bensin dan diesel atau captiva diesel dan bensin, yang diesel harga bekasnya masih kuat dan cendrung stabil. :)
DeleteMas Iwan, saya sendiri juga penggemar fanatik Mesin Diesel tipe apapun (2 Tak & 4 Tak) karena kegunaan Mesin Diesel yang serbaguna, bahkan Mesin Paku Bumi menggunakan prinsip kerja Mesin Diesel 2 Langkah tapi tidak memutar piston sama sekali. Cuma belakangan ini ada kasus Dieselgate karena gas buang Mesin Diesel mobil VW sangat beracun dari yang di iklan kan sampai2 pihak Toyota sempat berniat untuk menghentikan produksi Mesin Diesel. Yah, semoga saja kendaraan kecil bermesin Diesel tetap eksis di Indonesia dan seluruh dunia.....
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDelete