Memperbaiki Aki MF
Accu MF sebenarnya berisi Cairan Juga |
Tahukah anda bahwa Sebenarnya Aki MF itu juga Aki Basah yang hanya disegel dari Pabrik dengan desain sedikit beda agar laju penguapannya rendah sehingga tidak bisa diisi ulang dengan tambahan air ( electrolit ) istilah kerennya begitu rusak ya Buang ganti dengan baru.
Sebenarnya ada cara sederahana dan simple untuk menaikkan performa Aki MF yang sudah menurun performanya yaitu dengan cara mengisi / menambahnya dengan Cairan. Dari Pengalaman selama Aki MF anda belon Matot ( Mati Total ) maka kadang cara penambahan air ini bisa meningkatkan performa dari Aki tersebut, ( bila anda beruntung Aki yang tadinya ngak kuat mengangkat electric stater motor akan kembali bisa bekerja seperti baru )
Anda Tertarik Ayo Kita operasi sedikit Aki MF anda. Mudah Kok.
Urutan Tata Kerja
Urutan Kerja Servis Accu MF |
2. dengan Cutter bikin Luka sedikit pada sudut Accu tempat garis penutup.
3. Setelah itu dengan bantuan Obeng Minus ungkitlah / congkel tutup aki tersebut.
4-5. Adalah gambar aki sudah terlepas tutupnya.
6. Lepaskanlah penutup karet pelindung pada aki tersebut ( jumlahnya 6 biji ya )
7. Dengan Bantuan Alat suntik yang sudah dilepas jarumnya segeralah isi Aki dengan Air Accu yang sudah dipersiapkan diatas. Anda bisa memulainya dengan 5cc tiap lubang. dan pengisian tidak perlu banyak banyak 10cc tiap lubang sudah lebih dari cukup.
8. Bila anda memiliki Alat Charger aki boleh dicharge / di strum / tapi bila tidak mempunyai alat strum aki ya lewati proses ini.
9-10. Kembalikan penutup karet dan tutup kembali Aki, lalu perkuat kembali dengan Lakban atau anda mau memberi lem juga bisa.
11. Aki yang sudah tertutup rapat.
12. Aki yang sudah di isi air accu biasanya daya strumnya sudah mulai membaik.
Mudah Bukan Selamat Mencoba.
Sekedar mengingatkan anda bisa merefresh kembali tentang bubuk Edta
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/memperpanjang-usia-accu-dengan-edta.html
bagaimana cara memelihara aki agar bisa awet dipakai,atau tergantung merknya pak dan bagaiman cara memanaskan mobil yang benar apa harus di gas terus..? maaf panther saya jarang dipakai....terima kasih mas Iwan...
ReplyDeleteMemelihara Accu agar awet ya selalu bersihkan electroda dengan rutin, selalu jaga cairan di antara upper dan lower level, kalau anda menstater mobil dan ngak hidup jangan distaer terus, tapi beri jeda waktu sebentar untuk accu beristirahat.
Deletesedang memanaskan panther ya cukup distater lalu lihat indikator Olie bila sudah naik tunggu 15 -atau 30 detik udah cukup bagi mobil untuk digerakkan atau jalan, cuman diingat waktu anda jalan jangan langsung memacu mobil tapi perlakukan dengan halus, tunggu sampe suhu temepratur menjadi normal baru mobil siap bejek 100 %
kalau ga pernah dipakai berapa hari sekali mas harus dipanaskan...dan gimana cara memanaskan..apa dibiarkan stationer atau harus di gas gas...trim mas Iwan
ReplyDeletekalau ngak dipakai kalau masih sehat 1 minggu sekali dipanaskan dah lebih dari ckup, memanaskan mesin diesel cukup distater, hidup dan biarkan stationer, atau kalau mau bisa memutar choke pada dasbord untuk menaikkan putaran mesin, ketika sudu temperatur udah beranjak naik sudah cukup
Deleteair accunya yg botol tutup merah atau biru mas?
ReplyDeleteini air accu yang buat ngisi, jangan accu zuur :)
DeleteTp ada yg posting pakai zuur. Klo boleh tau knapa hrus yg isi(biru) bukan zuur(merah)?
ReplyDeletemenurut teori pertama kali kita isi accu zuur ( h2s04) dan ketika air berkurang itu yang menguap adalah airnya, sedang kandungan sukfatnya tetap, dan bahkan ketika menguap semuanya pun kandungan sulfatnya pasti masih ada dielelem accu, sebenarnya cara terbaik adalah diukur berat jenisnya pake alat higrometer, tapi apa ya kita harus beli alat itu untuk DIT ACCU yang belum tentu berhasil. he99
DeleteAjib ajib ajib...
ReplyDeletemau numpang tanya pak :
ReplyDelete1. katanya kalo mau isi ulang air aki (botol biru) harus dilakukan pd pagi hari/sblm msn spd motor dihidupkan/dijalankan (dlm keadaan dingin), tetapi kalo mau isi ulang air aki setelah motor digunakan (keadaan panas) harus pake air aki panas (air nya berwarna merah). betulkah begitu pk ?
2. jika (pertanyaan sy no 1 diatas ) adalah benar aturan pengisian aki basah hrs spt itu, nah kmdian terkait dgn pembahasan mengenai memperbaiki aki MF dgn cara isi ulang air aki nya, apakah aturannya jg sama spt isi ulang air aki basah spt no. 1 tsb. dlm artian bhwa memperbaiki aki MF dgn menggunakan air aki biasa (biru) mesin hrs benar2 dlm keadaan dingin/belum dijalankan, tp kalo spd mtr sdh pernah dihidupkan/dipake, maka air aki nya hrs air aki panas ?.
1. ngak ada hubungannya antara accu dalam keadaan panas atau dingin. dan air accu hanya satu yaitu air destilasi. bila air accu anda warna merah tentunya sudah ada campuran bahan lain yang bukan merupakan air murni ( jangan jangan warna merah itu adalah keliru dengan accu zuur merah) hati hati
Delete2. Sudah terjawab no 1
infonya sangat menarik,,semoga bermanfaat..
ReplyDeleterajalistrik.com
Mau tanya apakah pengisian dilakukan ketika aki dalam kondisi panas kendaraan habis dipakai atau dalam kondidsi dingin kendaraan atau aki belum dipakai.terimakasih.
ReplyDeleteSemua kondisi ngak bermasalah bos, mau dingin atau panas,.. itu kan cuman nambah electrolit aja.
Deletewah... saya salah ngisi pake accu zuur 20ml, gmn neh pak solusiny, apa harus saya buang/kuras dlu air aki zuur-ny?
ReplyDeletetrims
Lha kira kira Accunya nambah performa strumnya ngak? kalau membaik ya biarin aja. he99
Deletemantap pak sdh sy buktikan sndiri di skutik sy. skrg starter lgsg jreng dan hemat sampe 200rb di banding bli baru. trmksh
ReplyDeleteUntuk accu mobil 60A MF apa langkahnya sama juga pak? Kira2 bisa langsung ditambahkan berapa cc air accu setiap cell nya?
ReplyDeleteSatu hal lagi, apa tidak perlu dikuras dan dibersihkan total terlebih dahulu cairan yang ada di dalamnya?
Terima kasih sebelumnya.
ya inikan cuman buat accu yang sakit pak, mungkin air yang dibutuhkan bisa diukur dari ketinggian air kira kira 2-3 cm dari lubang pengisian
DeleteBerapa lama daya tahannya gan untuk aki yg sudah direkondisi seperti itu..???
ReplyDeletengak bisa menjawab gan, karena tergantung dari kondisi accu itu sendiri,
DeleteMantap infonya mas, Trims :)
ReplyDeletesaya sudah mencoba metodenya mas, tapi kenapa aki nya masih mati / da setrumnya
ReplyDeletesuwun
kalau accu nya sudah RIP ya percuma diisi cairan lagi, ini biasanya hanya efektif bila accu masih bisa simpan arus.
DeleteKebanyakan, kawan-2 itu salah dalam mengisi air aki tambahan, beberapa hari yl kawan saya juga melakukan hal yg sama. Jadi kalau menambah air accu sebaiknya dalam keadaan mesin sedang hidup, setelah selesai ditunggu beberapa saat sampai "charge" pada aki cukup. Apabila menambahkan air pada saat mesin mati, power nya habis sehingga seakan-2 akinya mati. Kalau itu terjadi bisa dilakukan charge Tandem dengan mobil lain atau akinya di charge terpisah.
Deletesebenernya cairan dalam accu adalah cuman electrolit, dia tidak bisa menyimpan arus, dan ngak ada hubungannya dengan power habis atau tidak karena daya strumnya disimpan dalam sel timahnya. justru mengisi accu dalam mesin hidup itu berbahaya karena ketika mesin hidup brarti ada arus ada getaran dll sementara kita bermain main dengan air didekat daerah kelistrikan.
DeleteSekarang saya jadi lebih lemat tanpa membeli aki baru.
ReplyDeleteterima kasih atas informasinya ya gan...
ReplyDeletesaya ganti aki baru merek yu.sa, belum ada seminggu sudah gak bisa starter lagi. mungkin saya akan mencoba cara ini (beli baru lagi 200rbu melayang).
ReplyDeleteapa beda air aki zurr dengan air aki biasanya mas??
ReplyDeletetrus apa keuntungan dan kerugian dari aki tersebut di atas bila kita masukkan ke dalam sell nya??
air accu adalah air suling sedang accu zuur adalah asam sulfat h2s04
DeleteMisi mas mau nanya,,,knpa orng jual accu zuur dalam kemasan sedangkan kita kalo beli aki kan sdh sama zuurnya,,kalo ada orang jual akinya aja masuk akal,,,,trimss
ReplyDeleteMaap mas mau nanya lagi,,,,aki yg sdh kondisi drop walaupun kita sdh kasih air tambah apa masi bisa baik kondisinya kalau kita kuras dan ganti dengan accu zuur
ReplyDeleteaccu yang sudah keabisa air akan sangat tergantung dari kondisi kerusakan dari accu tersebut untuk bisa puih, sedang penjual masih ada yang jual azzu zuur kan emang jaman dulu accu zuur ngak dibawain dari pabrik, hanya akhir akhir aja yang beberapa pabrik accu menyertakan accu zuur juga
DeleteMisi mas iwan.
ReplyDeleteAki saya soak ga bsa starter, klo psang lampu sein lampu display speedometer kedap-kedip. Sya ukur voltase aki 11,xx . Kira" sya isi accu zuur (merah) atau air accu (biru) ?
Thx 4 respon :)
jangan nambah pake accu zuur itu nanti kepekatan azamnya jadi terlalu pekat sel accu bisa rip. votase yang rendah ya cuman bisa di strumm saja, dan setelah distrumm bila satu -2 hari oltase hilang/ menurun banyak tentunya itu menandakan accu sudah minta pensiun
DeletePermisi mas iwan.
ReplyDeleteTo the point aja, saya punya aki bwaan hond4 be4t FI..
Saya mau pake ke UPS, pertama kali saya ukur pake multimeter tegangan di bawah 10V terus saya coba cass pake UPS sampai tegangan udh 12V.
Tapi saat UPS mulai di fungsikan, tegangan lngsung drop lg..
Kira² apa yg harus sy lakukan?
Mohon pencerahan nya.
Thanks ☺☺
Permisi mas iwan.
ReplyDeleteTo the point aja, saya punya aki bwaan hond4 be4t FI..
Saya mau pake ke UPS, pertama kali saya ukur pake multimeter tegangan di bawah 10V terus saya coba cass pake UPS sampai tegangan udh 12V.
Tapi saat UPS mulai di fungsikan, tegangan lngsung drop lg..
Kira² apa yg harus sy lakukan?
Mohon pencerahan nya.
Thanks ☺☺
itu namanya accu soak, alias ngak mau yimpan strum lagi. cara paling bisa ya cuman ditambah air aja, kalau ditambah air ngak membaik ya accu minta pensiun
Deleteapakah aki jenis MF jika pernah tekor (gak kuat utk starter) bisa dicas kembali? trima kasih
ReplyDeletemenurut pengalaman dari beberapa kasus sih accu mf yang pernah tekor karena pengisian rusak masih bisa untuk dicas kembali. dan masih bisa untuk stater kok.
DeleteGan gimana cara membuka penutup aki kering yuasa ?
ReplyDeleteSaya sudah coba seperti di atas, tapi keras / susah bener gan
Gimana solusinya ?