Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Beberapa Musuh Alami Cat Mobil Anda

Beberapa Musuh Alami Cat Mobil Anda

Anda tentu Ingin Mobil Anda selalu tampak Kinclong bukan
Anda tentu Ingin Mobil Anda
selalu tampak Kinclong bukan
Semua Orang tentunya menginginkan agar Cat kendaraannya selalu tampak mengkilat dan tampil cemerlang bukan, Tanpa anda sadari beberapa item di bawah ini ternyata bisa berbahaya bagi tampilan dan keawetan Cat kendaraan Anda. Untuk itu cobalah anda mengetahui sifat dan efek dari beberapa musuh alami cat kendaraan anda. Bahan bahan dan material itu beberapa diantaranya adalah.

WAX

Wax adalah suatu bahan kimia dengan komposisi bahan tertentu yang berfungsi untuk melindungi permukaan cat mobil. Wax sangat berguna untuk memberikan pelapis pada cat dan akan memberikan kilau cemerlang pada mobil anda. Tapi waspadalah karena tidak semua Wax yang beredar dipasaran bagus untuk Cat anda, Terutama yang mengandung beberapa bahan yang bisa mengabrasif cat anda. Untuk itu selalu gunakan Wax yang baik dan dari produk yang sudah ternama. Dan kalau bisa carilah yang berbahan dasar Air sehingga relatif lebih aman.

AIR

Air adalah sebuah Pisau bermata dua bagi Cat, karena pada satu sisi air bisa menjadi teman sekaligus menjadi bumerang pada catr mobil kendaraan anda. Air bisa digunakan membersihkan kotoran kotoran yang  menempel pada cat anda. Namun yang perlu diingat jangan membiarkan air mengering dengan sendirinya diatas cat, karena itulah awal dari pembentukan jamur.  Untuk Mencegahnya mudah saja. Selalu Cucilah mobil di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan body mobil yang basah dengan lap Chamois. Dan apabila mobil anda terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera siram dan bilas mobil anda dengan air sumur atau pam, lalu keringkan, karena kita tahu kadang kadang air hujan bersifat asam akibat polusi udara.

DEBU

Selalu mencuci ditempat yang teduh
Selalu mencuci ditempat yang teduh
Debu adalah partikel lembut dari tanah, Butiran tanah  yang satu ini memang selalu kita jumpai dimana-mana sehingga mustahil bila mengharuskan cat mobil terhindar dari butiran debu. Namun butiran debu merupakan faktor utama timbulnya baret di permukaan cat, apabila cara membersihkannya salah. Hanya ada satu cara untuk membersihkannya, adalah dengan mencuci dengan air. Karena hanya airlah yang dapat mengangkat butiran debu tanpa terjadi gesekan dengan permukaan cat. Menggunakan Lap Microfiber juga konon dapat sedikit menghindari baret-baret pada cat anda.

GETAH POHON

Untuk menghindari sengatan matahari di tempat terbuka, salah satu cara yang efektif adalah memarkir mobil di bawah pohon. Tetapi buah atau getah pohon yang jatuh juga bisa merusak cat. Kalau masih baru, kotoran ini bisa dibersihkan dengan air, tetapi jika agak lama getah pohon bisa bereaksi dengan cat sehingga menimbulkan bekas atau bercak yang tidak dapat dihilangkan sekalipun dengan dipoles. Hal tersebut dikarenakan reaksi yang terjadi telah menembus sampai ke pori-pori cat yang paling dalam.

KOTORAN BURUNG dan HEWAN HEWAN KECIL

Kotoran burung mengandung bahan kimia yang bisa bereaksi dengan cat. Karena itu jangan biarkan kotoran burung melekat lama di permukaan cat karena akan menimbulkan bercak yang sangat sulit dihilangkan. Segera bersihkan dengan air.
Sedangkan Hewan hewan kecil sering kita jumpai dalam perjalanan, apalagi ketika anda melintasi daerah persawahan atau lapangan. hewan hewan kecil macam ngengat dan lalat juga bersifat seperti kotoran burung, segera bersihkan mobil anda dari badan badan hewan yang mati dan menempel pada mobil anda.

SARUNG PENUTUP BODY MOBIL

Gunakan Cover yang bagus
Gunakan Cover yang bagus
Sarung atau penutup cover mobil memang efektif melindungi mobil dari sengatan matahari dan debu. Tetapi bila bahan yang digunakan masih tembus air, pelindung ini justru bisa menjadi boomerang. Mobil yang kehujanan dalam keadaan tertutup justru membuat air terperangkap di bawahnya. Begitu penutup dibuka akan langsung terlihat jamur melekat pada permukaan cat. dan apabila bahan sarung penutup mobil anda jelek maka air dapat melarutkan bahan kimia yang terkandung dalam sarung tersebut misalnya pewarna dan lain lain, ini akan menkontaminasi cat mobil anda.

SABUN - SHAMPOO

Pakailah selalu shampoo atau sabun dengan pH seimbang mobil untuk mencuci. Janganlah menggunakan deterjen dan sejenisnya, karena justru akan membuat cat mobil kusam atau terkikis. Ada beberapa jenis sabun yang berbekas bila digunakan untuk mencuci mobil, bahkan sabun colek ada yang mengandung butiran yang bisa membuat baret permukaan cat mobil.

MINYAK REM

Hati Hati bila parkir dibawah pohon
Hati Hati bila parkir dibawah pohon
Meskipun fungsinya vital minyak rem juga sangat berbahaya bagi cat, apalagi jenis yang tidak netral. Harus ekstra hati-hati saat menuangnya, jangan sampai tumpah atau mengenai body mobil. Terutama bagi anda yang sangat suka otak atik ber DIY ( Do It Yourself ) di rumah, Waspadalah terhadap minyak rem, jangan sampe tumpah atau mengenai Cat atau bagian metal kendaraan anda, Bila Sampai Tumpah segera siramlah dengan air pada bagian tumpahan dan bila perlu bilaslah dengan air sabun, lalu keringkan.

CAIRAN ELEKTROLIT ACCU

Sebenarnya Air Accu adalah H20 Murni cairan yang tidak berbahaya, yang berbahaya adalah Cairan elektrolit accu yang sudah bereaksi dengan membrane sel accu. Jadi ketika anda menambahkan cairan elektrolit accu jangan sampai terlalu penuh, selalu lihat upper level dan lower levelnya. Karena tumpahan dan uapnya dapat merusak cat terutama dibagian kompartemen mesin. Bila hal ini terjadi segera siram bagian yang terkena cairan elektrolit accu dengan air hangat.  Hal ini hanya dapat dilakukan sesegera mungkin karena apabila tetesan atau tumpahan cairan tersebut berada di permukaan cat lebih dari sekian detik maka dipastikan anda harus mengecat ulang bagian tersebut.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)