Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tahukah Anda? Kondisi Kendaraan Pada Kecepatan 100km/jam

Tahukah Anda? 

Kendaraan Pada Kecepatan 100km/jam

Spedometer 100km/jam
Spedometer 100km/jam
Seringkali kita di jalan raya dengan mudah memacu kendaraan kita, terutama ketika jalan lagi sepi, atau anda menjadi emosi terhadap pengemudi lain ( kerena diovertaking pleh pengemudi mobil yang lebih jelek kelasnya, sementara mobil anda lebih bagus atau karena perlakuan yang tidak sopan sehingga timbul ke isengan anda untuk menjajal dan membandingkan  kemampuan mobil anda dengan mobil lain dijalan raya), atau mungkin situasi darurat yang mengharuskan anda melajukan kendaraan dengan kecepatan di atas rata rata, ayo kita iseng iseng menganalisa sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan kendaraan kita dan sekeliling kita ketika melaju dengan kecepatan 100km/ jam. (maaf angka angka disini hanya hitungan kasar dan tidak presisi secara detail, hanya bertujuan untuk mengetahui secara garis besar, bukan untuk perhitungan matematika secara detail)

Tapi tahukah anda, apa yang terjadi pada kecepatan 100km/jam bagi anda dan mobil anda.

Jaga emosi Anda Waktu mengendara
Jaga emosi Anda
Waktu mengendara
1. Pada Kecepatan 100km/jam Piston mobil anda bergerak sekitar 3000 langkah permenit atau sekitar 50 langkah perdetiknya (jadi 100x) dan bila Stroke Piston anda 10cm, maka perdetik piston mobil anda akan menempuh 1000cm alias 10 meter perdetik.atau 2160km/jam (Kecepatan Airbus hanya sekitar 950km/jam)
2. Pada Kecepatan diatas itu Roda / Ban mobil anda akan berputar sekitar 14 kali dalam perdetiknya (dengan perhitungan ban berukuran 185/65 R15) tentunya bila ban mobil anda makin kecil tentunya putaran makin banyak dan sebaliknya.
3. Untuk menghentikan mobil anda, maka anda memerlukan jarak sekitar 30-60 meter ( tergantung jenis kendaraan anda) makin canggih dan premium tentunya remnya makin mumpuni bukan, Jadi jangan bandingkan kemapuan pengereman Ferrari Enzo dengan Misal Isuzu Panther atau Kijang Innova.
4. Bila anda akan mendahului mobil lain misal mobil itu berkecepatan 80km/jam maka dibutuhkan track lebih dari 300 meter. (jarak aman)
5. Pada Kecepatan sebesar 100km/jam dalam se detik mobil anda sudah melaju sejauh 27,7 meter. jadi bisa anda bayangkan bila anda kehilangan kesadaran ( karena mengantuk) atau kehilangan konsentrasi dalam 1 detik saja, mobil anda sudah berpindah sejauh 27,7 meter dari tempat semula.

Semoga setelah anda tahu mungkin anda semakin bijak dalam menjalankan kendaraan anda,
Always keep safet driving first. 

Sementara ini aja dulu ya, bagi yang mau nambah silahkan

Semoga Bermanfaat

5 comments:

  1. wah mas, itu panthernya kok RPM nya bisa sampe 5000 sih? ajarin donk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan berkunjung ke http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/05/membuat-isuzu-panther-4ja1-l-euro2.html

      Delete
  2. Mohon izin Admin, saya memiliki kendaraan kijang super tahun 1995, jarum indikator suhu mesin yang ada di dasboard tidak berfungsi. Ketika diperbaiki dibengkel sudah tidak bisa lagi dab harus dicanibal dgn milik kendaraaan lain (itupun kalau ada barangnya). ketika berjelajah di net, harga barunya mencapai Rp. 500 ribu yang bagi saya sangat mahal dan tidak sebanding dengan tahun produksi mobilnya (umur kendaraan terlalu tua). Mohon pencerahannya, sebelum dan sesudahnya saya haturkan banyak terima kasih, nuhun Admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya kijang tahun 95 juga ngak terlalu tua dan harganya juga masih mahal, suhu indikatodan didasboard itu sangat vital karena itu melibatkan nyawa dari mesin anda karena ketika over heating mesin bisa macet. solusi kanibal tentunya bisa menjadi pilihan dan jangan lupa selalu minta jaminan dari penjual.

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)