Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengenal lebih dekat dengan Michelin

Mengenal lebih dekat dengan Michelin
Anda Mungkin sering mendengar kata Michelin bukan, Anda mungkin sering menemukan gambar kartun seperti disamping ini?. ya itu adalah Bibendum maskot dari Michelin 
Michelin adalah produsen Ban dari Perancis. 
Ayo kita Mengenal lebih jauh dari Michelin.

Selayang Pandang

Bibendum
Bibendum
Michelin adalah nama Perancis, Nama Kumplitnya adalah: SCA Compagnie Générale des Etablissements Michelin). Michelin memproduksi ban berbasis di Clermont-Ferrand di Auvergne région Perancis. Michelin merupakan salah satu dari dua produsen ban terbesar di dunia bersama dengan Bridgestone. Selain merek Michelin, Juga memiliki anak perusahaan BFGoodrich, Kleber, Tigar, Riken, Kormoran dan Uniroyal (di Amerika Utara).
Sedangkan Maskot dari Michelin bernama Bibendum, atau lebih sering disebut Man Michelin. Beberapa Penemuan Michelin, diantaranya adalah ban pneurail (ban untuk kereta dibuat untuk berjalan di rel) dan teknologi ban radial "ban hijau" yang berguna mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sejarah

Proses produksi Michelin
Proses produksi Michelin
Pada Jaman dahulu Sebuah Ban hanyalah sebuah Karet yang terpaku pada sebuah Pelek. Adalah Dua bersaudara, Édouard dan André Michelin memiliki perusahan karet di Clermont - Ferrand , Perancis, Pada suatu hari ada pengendara sepeda memerlukan perbaikan ban muncul di pabrik. Ternyata membutuhkan waktu 3 jam untuk memaku karet pada pelek. lalu harus menunggu semalaman agar lem dan paku karet yang melekat pada pelek tersebut menjadi kering. Setelah diuji coba pada keesokan harinya ternyata Ban malah menjadi rusak. Berdasarkan pengalaman itu kemudian Michelin bersaudara menciptakan Ban.
28 Mei 1888 mereka mendirikan Michelin dan th 1891 mempatenkan ban pneumatik removable pertama. dan langsung sukses memenangkan balap sepeda
th 1934 lahir inovasi ban yang apabila ditusuk akan berjalan pada lapisan busa khusus. yang kemudian hari dikenal sebagai Run Flat Tires.

Perkembangan Selanjutnya

Michelin XDR2 Untuk Kendaraan Tambang
Michelin XDR2 Untuk
Kendaraan Tambang
Pada tahun 1888 , Michelin mengakuisisi ban dan divisi manufaktur karet dari Amerika BF Goodrich Company didirikan pada tahun 1870. Ini termasuk pabrik Norwood , North Carolina yang memasok ban ke AS Antariksa Shuttle Program. 2 tahun kemudian , mengakuisisi Uniroyal,Inc , didirikan pada tahun 1892 Amerika Serikat Rubber Company. Michelin juga mengontrol 90 % dari Taurus Tire di Hungaria , serta Kormoran, merek Polandia .
Pada 1 September 2008, Michelin menjadi produsen ban terbesar di dunia setelah selama dua tahun sebelumnya sebagai pabrik ban no 2 di belakang Bridgestone.
Michelin memproduksi ban di Perancis, Spanyol, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Brazil, Thailand, Jepang, Italia dan beberapa negara lain.
Pada tanggal 15 Januari 2010, Michelin mengumumkan penutupan perusahaan pabrik Ota, Jepang , yang mempekerjakan 380 pekerja dan membuat Michelin X - Ice ban. Produksi X - Ice akan pindah ke Eropa , Amerika Utara, dan tempat lain di Asia.

Balap

Dipakai diajang balap
Dipakai diajang balap
MotoGP
Michelin berpartisipasi dalam MotoGP 1972-2008. Mereka memperkenalkan konstruksi radial ke MotoGP pada tahun 1984, dan ban multi compound pada tahun 1994. Mereka berhasil mendapat 360 kemenangan dalam 36 tahun.
Pada tahun 2007, Setelah kemenangan Casey Stoner dengan ban Bridgestone maka ban Michelin terus dianggap sebagai inferior dari Bridgestone, dan akhirnya tahun 2008 Michelin pun mengakhiri keikutsertaaanya di MotoGP.
Formula One
Michelin pertama berkompetisi di 1977 Formula, ketika Renault memulai pengembangan mobil F1 turbocharged mereka. Michelin memperkenalkan teknologi ban radial untuk Formula One dan memenangkan Formula One Championship Drivers ' dengan Brabham , sebelum mundur pada tahun 1984 .
Perusahaan kembali ke Formula Satu pada tahun 2001, memasok Williams, Jaguar, Benetton ( berganti nama menjadi Renault pada tahun 2002 ), Prost dan tim Minardi. Toyota bergabung F1 pada tahun 2002 dengan ban Michelin, dan McLaren juga.
Balap Ketahanan
Michelin terlibat dalam balapan ketahanan seperti 24 Hours of Le Mans dan American Le Mans Series . Pada tahun 2009 Michelin disediakan ban untuk 41 dari 55 mobil yang masuk di Le Mans.

Tweel

Tweel dari Michelin
Tweel dari Michelin
Adalah inovasi dari Michelin yang di launching pada tahun 2005, Tweel beraal dari kata Tire dan Wheel, Sebuah teknologi revolusioner yang meninggalkan Ban dengan isi udara, Tapi hanya mengunakan karet padat dimana side wheelnya terbuat dari bahan khusus yang berfungsi sebagai Penyangga yang flexsible.
Ban telah diuji coba diantaranya oleh Audi A4. Silahkan anda melihat gambar disamping. Konon dari pengujian akan menghasilkan mobil yang sangat responsif handlingnya. tetapi kelihatannya belum akan dipasarkan dalam waktu dekat ini (mungkin teknologi masih terlalu mahal sehingga berkendala pada produksi massal)

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)