Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips Bila Mobil Anda Terkena Abu Vulkanik

Tips Bila Mobil Anda Kena Debu Vulkanik

Seperti yang ramai diberitakan sekarang tentang Letusan Gunung Api Kelud, Tentunya kita sering bertanya tanya sebenarnya Abu Vulkanik itu berbahaya apa tidak bagi Mobil dan kesehatan mobil Kita?
Ayo kita pelajari bersama sama

Abu Vulkanik

Hujan Abu Vulkanik
Hujan Abu Vulkanik
Abu vulkanik, sering disebut juga pasir vulkanik (piroklastik) adalah bahan material vulkanik yang disemburkan ke udara saat terjadi suatu letusan gunung berapi, terdiri dari batuan berukuran besar sampai berukuran halus. Batuan yang berukuran besar (bongkah - kerikil) biasanya jatuh disekitar kawah sampai radius 5 – 7 km dari kawah, dan yang berukuran halus dapat jatuh pada jarak mencapai ratusan km bahkan ribuan km dari kawah karena dapat terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Abu yang halus dapat menyababkan radang paru-paru jika terhirup. Sebagai contoh letusan G. Krakatau tahun 1883 mengitari bumi berhari-hari, juga letusan G. Galunggung tahun 1982 dapat mencapai Australia. Abu vulkanik dapat digunakan sebagai bahan pozolan karena mengandung unsur silika dan alumunia sehingga dapat mengurangi penggunaan semen sebagai bahan bangunan. Abu vulkanik juga dapat menyuburkan tanah di sekitar gunung.

Pengaruh Abu Vulkanik untuk Mobil Anda

Mobil Terkena Abu Vulkanik
Mobil Terkena Abu Vulkanik
Sesuai kandungan yang terkandung dalam abu vulkanik yang mengandung silika (hampir seperti kaca) maka itu akan berpotensi merusak Cat mobil anda karena juga mengandung Asam. sehingga mempercepat korosi pada mobil anda. Terutama bagian Cat, Dan Daerah mesin beserta kaki kaki. Ya karena umumnya debu itu akan menyerang didaerah seputaran kaki kaki mobil anda dimana daerah itu ada rotor disc dan lain lain.
beberapa Langkah yang bisa ditempuh ketika mobil anda terkena abu
Inilah langkah-langkah praktis yang harus dilakukan untuk melindungi mobil dan kendaraan bermotor Anda saat terkena debu vulkanik:
Sektor Body
Pakailah Sampo dengan PH Balance
Pakailah Sampo dengan PH Balance
1. Setelah mobil anda menerjang abu vulkanik, segera basahi mobil anda dengan menyemprot memakai air bertekanan, Hati hati waktu menyemprot dan semprotlah bagian dari yang atas dulu lalu baru jkebawah. Yang perlu diingat jangan setel tekanan air anda dengan tekanan tinggi, cukup dengan model Guyur saja sehingga abu dengan sendirinya akan hilang.
2. Setelah memastikan debu sudah hilang anda bisa melanjutkan dengan memberi sampo pada mobil anda. Seperti yang biasa pakailah sampo khusus cat mobil, karena dengan diberi sampo kita juga bertujuan menghilangkan kandungan asam pada sisa abu vulkanik tadi. Setelah itu keringkan dengan lap Chamois. Yang Perlu diingat waktu membersihkan jangan sampe debu debu tertinggal di mobil anda ( misal menyelip disela sela lipatan lipatan karet pintu slebor, Pada Wiper Kaca Depan dan lain lain. karena itu bisa mengores kaca depan anda waktu wiper dijalankan.
3. Lalu bagian terpenting adalah menyemprot bagian Slebor dan kolong mobil anda, juga semprot juga daerah unit rem beserta rotor disc nya pastikan ngak ada abu yang tertinggal.
4. Setelah Selesai anda bisa memberi lapisan Wax pada mobil anda, Selain mengkilatkan Wax akan sedikit memberi lapisan perlindungan terhadap cat mobil anda.
Beri Lapisan Wax
Beri Lapisan Wax
Sektor Mesin
1. Bukalah mesin mobil anda, segera bungkus kabel kabel yang rentan dengan air, lalu guyur air keatas mesin sampe abu turun dna hilang,
2. Jangan Lupa semprot juga Kisi kisi radiator, AC, Condesor , Juga daerah daerah belt dan pulley, pastikan ngak ada debu yang tertinggal.
Sektor Interior
Biasanya bila hujan abu vulkanik interior tidak terlalu kotor karena mobil selalu tertutup, tapi bila kotor satu satu jalan adalah anda bisa memakai vakum cleaner untuk menyedot debu/ abu. Sedangkan untuk mobil ber bahan jok kulit, silahkan seka dengan memakai Lap chamois basah untuk mengikat debu. Ingat jangan memakai Kemoceng atau lap kering, karena hanya akan mengakibatkan debu beterbangan dan hanya berpindah tempat.

Waktu berkendara di Daerah Abu Vulkanik

1. Waktu anda mengendarai mobil didaerah yang terkena abu vulkanik selalu hidupkan lampu besar mobil anda karena jarak pandang terbatas.
2. Walaupun kelihatan tidak berdebu ada baiknya anda tetap menghidupkan lampu besar, menginggat angin bisa datang tiba tiba atau ada lontaran debu dari kendaraan lain.
3. Sebisa mungkin mengurangi pemakaian wiper bila tidak terpaksa.
4. Jaga Kecepatan dan jarak, ingat anda mengendarai mobila diatas lapisan debu yang akan sangat licin dan ban anda biasanya akan kehilangan traksi cengkraman pada jalan.
5. Selalu Keep safety Driving.

Semoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)