Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membersihkan Ruang Bakar Motor Tanpa Membongkar Mesin

Membersihkan Ruang Bakar Motor Tanpa Membongkar Mesin

Kerak Pada Piston (Dished Piston)
Kerak Pada Piston (Dished Piston)
Sebuah mesin dengan berjalannya waktu maka akan timbul residu hasil sisa pembakaran, hasil pembakaran tersebut biasanya akan menumpuk di ruang bakar. Dan Residu tersebut biasanya berbentuk kerak arang. Kerak tersebut akan merugikan prestasi dan kinerja dari mesin tersebut. Mengapa merugikan, ya karena selain akan merubah nilai kompresi, kerak tersebut juga merubah geometri/ bentuk ruang bakar itu sendiri, jadi ledakan yang dihasilkan akan tidak sempurna dan sesuai dengan rancangan desain dari pabrik itu sendiri. Untuk Hal yang lebih parah, Kerak akan menimbulkan detonasi, ya menimbulkan detonasi karena ketika mesin telah bekerja lama dan makin panas, ( terutama untuk mesin bensin ) maka ketika akan TMA kerak akan memberikan pembakaran dini ( Pra Ignation ) sehingga akan terjadi detonasi.
Ngeri bukan. Solusi terbaik adalah dengan membersihkan ruang bakar secara periodik ( beserta melakukan ritual skir klep ). Tapi kadang tindakan itu tentunya akan membuang biaya yang tidak sedikit, Sedang Solusi ke dua ada beberapa yang ditawarkan dari bengkel mulai dari menginjeksikan cairan/ Foam ke ruang bakar sehingga akan menghancurkan kerak tersebut. Tapi itu semua juga dengan biaya ngak sedikit. Sedangkan Solusi ke Tiga yaitu Bersih bersih sendiri. Anda Tertarik? Ayo Kita lakukan sendiri. Mudah Kok, Ikuti Caranya di bawah ini ya:

Cara Kerja

Membersihkan Kerak Ruang Bakar
Membersihkan Kerak Ruang Bakar
1.  Kita Persiapkan Obat nya berbentuk semprotan, Anda bisa menggunakan sembarang yang penting bisa digunakan untuk menyingkirkan kerak pada kemasannya.
2. Saya Ambil contoh untuk Motor Yamaha Vega R ( Semua motor sama aja prosesnya. Silahkan anda buka businya.
3. Gambar sudah terbuka businya.
4. Dengan Bantuan Obeng masukkan obeng tersebut ke ruang buasi untuk mencdari TMA pada kendaraan anda cengan cara sedikit mengayun pedal kick stater (pedal slah)
5. Setelah Piston berada di TMA ( Titik Mati Atas ), dengan indikasi obeng anda sudah bergerak maksimal keatas. Lalu Semprotkan Cairan pada gambar no.1 kedalam lubang busi motor anda. Semprotkan secukupnya saja.
6. Lalu biarkan 15-30 menit, Kemudian Dengan memakai bantuan tangan silahkan anda Engkol Pedal Slah agar Piston bergerak naik turun.
7-8. Anda dapat memakai Bantuan Kaki. lalu tutup lubang busi dengan ujung busi sambil tetap dislah slah. Setelah Ritual selesai kembali pasang busi anda dan hidupkan motor kembali, mungkin pada waktu awal motor akan sedikit tersendat putarannya dan asap knalpot akan berwarna hitam. setelah beberapa sat akan normal kembali.
Mudah Bukan

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. iki contoh cairan pembersihe jenenge opo om?
    trus pas obeng dileboke ng lobang busi,asal ditusuke lurus opo piye?

    ReplyDelete
  2. cairan itu asal carburator cleaner, lalu yang penting ada tulisan membersihkan kerak , obeng dimasukkan untuk ngetes kepala piston mencari TMA sambil di gerakkan pedal slagnya pelan pelan sehingga piston sampe keatas ( meminimkan ruang bakar, agar ogab juga bisa kena daerah klep)

    ReplyDelete
  3. Kalau mau lebih mudah, di bagian kalter kiri terdapat dua penutup silahkan dk buka, gunakan kunci T untuk memutar lubang yang besar perhatikan lubang kecil jika tulisan T atau top berati piston sudah dalam posisi TMA

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)