Membersihkan Ruang Bakar Motor Tanpa Membongkar Mesin
Kerak Pada Piston (Dished Piston) |
Ngeri bukan. Solusi terbaik adalah dengan membersihkan ruang bakar secara periodik ( beserta melakukan ritual skir klep ). Tapi kadang tindakan itu tentunya akan membuang biaya yang tidak sedikit, Sedang Solusi ke dua ada beberapa yang ditawarkan dari bengkel mulai dari menginjeksikan cairan/ Foam ke ruang bakar sehingga akan menghancurkan kerak tersebut. Tapi itu semua juga dengan biaya ngak sedikit. Sedangkan Solusi ke Tiga yaitu Bersih bersih sendiri. Anda Tertarik? Ayo Kita lakukan sendiri. Mudah Kok, Ikuti Caranya di bawah ini ya:
Cara Kerja
Membersihkan Kerak Ruang Bakar |
2. Saya Ambil contoh untuk Motor Yamaha Vega R ( Semua motor sama aja prosesnya. Silahkan anda buka businya.
3. Gambar sudah terbuka businya.
4. Dengan Bantuan Obeng masukkan obeng tersebut ke ruang buasi untuk mencdari TMA pada kendaraan anda cengan cara sedikit mengayun pedal kick stater (pedal slah)
5. Setelah Piston berada di TMA ( Titik Mati Atas ), dengan indikasi obeng anda sudah bergerak maksimal keatas. Lalu Semprotkan Cairan pada gambar no.1 kedalam lubang busi motor anda. Semprotkan secukupnya saja.
6. Lalu biarkan 15-30 menit, Kemudian Dengan memakai bantuan tangan silahkan anda Engkol Pedal Slah agar Piston bergerak naik turun.
7-8. Anda dapat memakai Bantuan Kaki. lalu tutup lubang busi dengan ujung busi sambil tetap dislah slah. Setelah Ritual selesai kembali pasang busi anda dan hidupkan motor kembali, mungkin pada waktu awal motor akan sedikit tersendat putarannya dan asap knalpot akan berwarna hitam. setelah beberapa sat akan normal kembali.
Mudah Bukan
iki contoh cairan pembersihe jenenge opo om?
ReplyDeletetrus pas obeng dileboke ng lobang busi,asal ditusuke lurus opo piye?
cairan itu asal carburator cleaner, lalu yang penting ada tulisan membersihkan kerak , obeng dimasukkan untuk ngetes kepala piston mencari TMA sambil di gerakkan pedal slagnya pelan pelan sehingga piston sampe keatas ( meminimkan ruang bakar, agar ogab juga bisa kena daerah klep)
ReplyDeleteKalau mau lebih mudah, di bagian kalter kiri terdapat dua penutup silahkan dk buka, gunakan kunci T untuk memutar lubang yang besar perhatikan lubang kecil jika tulisan T atau top berati piston sudah dalam posisi TMA
ReplyDelete