Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Mengeraskan Suara Klakson dengan Menambah Relay

Mengeraskan Suara Klakson dengan Menambah Relay

Emosi karena klakson kurang keras
Emosi Karena klakson kurang keras ??

Kadang Sering Menjumpai Klakson Bawaan Mobil Suaranya kurang Keras. Atau Beli Mobil Baru ternyata cuman diberi satu Klakson dari Pabrik? Atau sudah Beli Klakson double (misalkan Hella/ Bosch) tapi ngak bisa cara menyambungnya Kabel ? Atau Anda Ingin Menambah Klakson Baru Tapi tidak tahu caranya / jalur Kabel.

Klakson Orisinal Mobil anda sebenarnya Keras tapi berhubung kekurangan Daya maka jadi Lemah Suaranya?Kepengin Otak-Atik Kabel?Ayo Kita Kerjakan Sendiri Gampang Kok

Alat & Bahan: 

alat dan bahan
Alat Dan Bahan
1. Relay Hella Kaki Empat, Kalau mau merk lain misal Bosch yang Kaki 5 juga boleh, Kaki 4 dia mempunyai angka 30, 85, 86, dan 87 (diingat-ingat yaaaa)
2. Soket Perempuan (women) untuk tempat Relay tersebut.
3. Kabel Secukupnya. Kalau bisa yang Tebal ( memiliki Jumlah serabut tembaga yang banyak) makin tebal makin bagus.
4. Fiting Kabel buat horn/ klakson, beserta perlengkapannya.
5. Soket Berlubang untuk keperluan menempel di Kutup Accu dan Kabel Massa ( Ground)

Cara Kerja

Contoh Horn
Contoh Klakson
  • Disamping ini adalah contoh klakson yang akan kita tambah dengan relay. Kita ambil contoh misalnya saja klakson mobil anda cuman satu, dan dia memiliki kabel warna biru dan putih yang menancap pada horn. 
  • (ingat ini hanya contoh saja), mungkin di mobil lain warna kabel akan berbeda, jadi jangan panik dan bingung. 

Coba perhatikan Gambar Berikut ini:

  • Pertama-tama Pelajari dulu kaki soket pada Relay, dikaki soket tersebut ada angka 30, 86, 85, dan 87. nah angka dari 85 dan 86 mewakili saklar penghubung, sedang angka 30 dan 87 adalah arus yang akan dihubungkan ( waktu angka 86 dan 85 memperoleh arus listrik maka relay akan bekerja dengan menghubungkan jalur 30 dengan 87.
  • Kita Cari Tempat dimobil, dimanakah kira kira Relay dan Klakson yang baru akan ditempatkan. ( hal ini untuk mengukur panjang Kabel yang diperlukan, Setelah tempatnya siap, segera ukur panjang tempat relay ke tempat positif Accu. (angka no1) Hubungkan Kabel ke Positif Accu ke no 30 Pada relay
  • Lalu Hubungkan bekas kabel klakson yang lama ( kabel biru dan kabel warna putih ke relay no 85 dan 86.(terbalik balik tidak jadi soal) mau kabel biru yang no 85  kabel putih yang no 86, atau kabel putih yang no 86 lalu kabel biru yang no 85. (angka no2)
  • Setelah itu Siapkan dua kabel yang dijadikan satu (dicabang) lalu hubungkan ke titik 87 pada Relay (angka no3) Kabel yang menghubungkan ke Relay no 87 untuk selanjutnya kita hubungkan kesalah satu terminal dari Horn. Bila anda memakai Relay jenis Bosch yang berkaki 5 disitu terdapat 2 Kaki bernomor 87. tentunya akan lebih mudah tidak perlu menyabangkan kabel. lihat gambar
  • Yang Terakhir tariklah kabel Ground/ Massa dari baut yang memperoleh body ke terminal klakson yang lain. Lihat Gambar.
  • Jalur kabel Relay untuk klaxson
    Jalur Kabel yang sudah jadi
  • Jalur Klakson yang baru siap dan ready. coba anda pencet tombol saklar Klakson anda, Rasakan Beda Kerasnya.

Catatan.

  • Untuk Kabel yang dari Jalur NoRelay 30 dan 87 harus Kabel yang Bagus.
  • Bila Mobil anda ternyata sudah double Klakson. dan lalu ingin Menambah dengan 2 Klakson Lagi. Berarti caranya tinggal seperti diatas cuman anda membutuhkan 2 buah relay. 1 relay mengaktifkan 2 klakson, dengan cara sama. 

Selamat Mencoba

137 comments:

  1. Mantap om... lanjutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..betull. Infonya mantap dan lengkap om. Banyak menambah wawasan saya di dunia mobil. Ditunggu kunjungan baliknya di Stone Crusher Indonesia

      Delete
  2. kl sdh ada relaynya di kasih relay lg apa bisa om...dan apa bisa tambah keras lg suaranya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dah ada relaynya ya ngak usah ditambah, diservis aja relaynya (ada diblog saya cara menservis relay) :)

      Delete
  3. Beli relay nya aja di toko onderdil adakah ?

    ReplyDelete
  4. Seumur2 diajarin ttg relay, selalu mengerti dan gagal saat praktik... baru kali ini, dpt ilmu lengkap, dan berhasil saat aplikasi..
    terimakasih Om Iwan..
    Ferry-PM139

    ReplyDelete
    Replies
    1. @um ferry= ya Alhamdullilah kalau bisa bermanfaat um, sebenarnya relay itu sangat gampang penanganannya hanya kadang emang rada dibuat ribet ama montir, biar pemilik ngak mudeng dan makin binun/ :)

      Delete
  5. Mantap om tips nya, apa ga perlu dikasih fuse om?

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya Relay ngak perlu dikasih Fuse. Sekering, Tapi bila anda kepengin diberi sekring ya silahkan pasang di bypass dari jalur relay no 30 ke terminal kutub positif Accu, jadi ketika terjadi konsleting maka sekring akan memutus arus listrik. :)

    ReplyDelete
  7. Bener jg ya? Hehe.. Om, kalau mau pasang relay utk lampu tembak tambahan, bisa jg? Bgmana caranya? Ajarin yaa.. Krn klo ga salah, jumlah relay agak banyak dipakainya...

    ReplyDelete
  8. Kalau bikin jalur relay buat lampu anda harus memerlukan 3 set relay, 2 buat lampu dekat dan jauh, sedang satunya untuk pemutus arus strum yang ke pendek ketika lampu jauh dihidupkan, bila cuman pakai 2 maka begitu lampu jauh dihidupkan lampu yang pendek tetep nyala, Kliatannya DIY relay buat lampu ngak efektif bos, lebih efektif beli Kabel set yang udah jadi ... (mengingat dibutuhkan pengerjaan yang teliti antara sambungan2nya, kalau tidak bisa mengakibatkan ngefong (kebakar) he999

    ReplyDelete
  9. Kalo klaksonnya hanya 1, apakah bisa lebih mantab suaranya om kalo ditambah relay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada Intinya dengan menambah Realy adalah mendekatkan/ membypass arus listrik langsung dari sumbernya (ACCU) selama sumber arus yang didapat ngak besar tentunya dengan menambah relay akan memaksimalkan kerja dari klaxson. Kalau klakson cuman single alangkah baiknya anda menambah klaxson satu lagi, agar suara bisa menjadi stereo :)

      Delete
  10. Berhasil bos... Dah saya praktekin klakson saya jd keras bunyinya, walaupun masih klakson standar alias std, saya kasih sekring, bagusnya brp ampere ya bos sekringnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekring bisa ditempatkan diantara jalur dari positif accu ke no 30 di relay, besarnya ampere bisa dilihat dari kapasitas watt dari klaxson anda misal klaxson andda 100 watt maka bisa digunakan sekring 1,5 x atau 2x jadi 200watt/12 = bisa anda gunakan sekring 20 ampere :)

      Delete
  11. ijin copas boleh om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Um, Asal digunakan untuk berguna bagi sesama boleh um ... :) kan ini blog saya ngak saya protek bisa copas langsung :)

      Delete
  12. om boleh minta masukannya? jadi sy sudh pasang klakson merk hella supertone yg warna merah sepasang + relay di mobil, tp cuma di pasang di bag kiri (pengemudi) depan belakang, soalnya bag kanan ga muat untuk uk hella supertone ini , maksud saya mau pasang lagi klakson merk sama sepasang ditaro mana ya om? trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang klaxson paling ideal ya tetap dibagian depan, di balik grill didepan radiator, bila tempat tidak cukup anda bisa merekaayasa memakai plat besi tambahan sebagai tempat umtuk dudukan klaxson tersebut .... :)

      Delete
  13. Thank you buat OM Iwan,penjelasannya bagus bgt, mau saya coba dirumah, hehehe

    ReplyDelete
  14. apakah bisa pasang relay di klakson motor?

    ReplyDelete
  15. Saya sudah mengikuti semua instruksi di atas hanya bedanya saya hanya menggunakan 1 klakson DENSO G21 TRUMPET tapi setelah saya tekan tombol klakson sekring selalu putus. sekering yang saya gunakan 15 A, kira - kira masalahnya ada dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda ceritakan kembali jalur kabel klakson anda beserta letak sekringnya dimana, ... kalau sekring putus brarti itu ada pemakaian arus yang lebih besar dari 15 amper ( alias lebih dari 180 watt ( 12x15) kalau ngak jalur kabel keliru ya ada jalur strum yang kena ground, atau kemungkinan klaxson bermasalah ya bisa, coba anda memakai klaxson merk lain misal dipinjamkan punya motor kira kira sekring putus tidak bila tidak putus brarti masalah ada di klaxson

      Delete
  16. Nice sharing dan sangat bermanfaat, menarik untuk dicoba sendiri..

    ReplyDelete
  17. saya sudah pasang di T120SS, awal2 bisa buyi tapi hanya 2 hari setelah itu klakson mati total, saya sudah gunakan relay 4 kaki, kaki 30 ke acu yang saya kasih sekring 15A, tapi kalau konektor klakson kemasukan air apa bisa biki konsleting?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di coba aja dilangsung aja accu ke klaxson apakah bunyi tidak, kalau mati brarti klaxson anda yang mati. untuk sistem kabel yang saya gunakan ini selama tidak ada pengaktif dari tombol klaxson ( strum angka 85 dan 86) tentunya tidak arus dari accu 30 ke 87 (klaxson).

      Delete
  18. Alhamdulillah sy sdh coba, mobil kecil kami klaksonya jadi seperti bus... Terima kasih bangeet sharingnya... Insya Allah krn mas Iwan berbagi ilmunya akan bertambah......

    ReplyDelete
  19. Selamat malam om iwan... saya mau tanya ne.. saya baru pasang klakson hella untuk hyundai i 20... tp kata org bengkel nya ga usa pake relay.. itu gpp om... kata nya kl double klakson ga perlu pake relay... apa nanti bermasalah kl ga pakai relay.. mohon bantuan nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kesalahan kaprah dari pemakaian relay. Sebenarnya tujuan relay adalah membypas pemakaian strum langsung dari accu. jadi bila anda memakai relay maka unit klaxson akan mendapat strum langsung dari accu, sementara jalur strum lama hanya sebagai pengaktif/ saklar pada relay itu.
      Bila mobil anda sudah diberi 2 klaxson dari pabrik anda bisa mengganti langsung unit klaxson dengan after market. tapi bila ingin performa lebih baik(maksmil) ya silahkan anda pasang relay untuk membypas arus dari accu) jarena bagaimanapun juga jalur kabel orisinal dari pabrik biasannya kecil dan harus melalui saklar sehingga arus yang keluar ke klaxson tidak sebesar bila anda memakai relay.

      Delete
  20. Mlm om iwan..sy ingin tanya,klo kt pasang klakson double dimotor tp accunya pakai accu tambahan khusus untk klakson tp tombol klasonnya pakai tombol bw'an motornya apakah bisa ? makasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tombol klaxson tentunya ikut le perkabelan bawaan motor. bila anda pengin saklar aslinya pake accu sendiri tentunya anda harus membypass kabel klaxson anda ke sumber accu yg baru jadi accu baru akan terkonek dengantombol bawaan motor.

      Delete
  21. Pak sy coba ganti klakson pabrikan dgn 2 klakson hella.. Sy sdh pasang beserta relay.. Yg jd masalah setelah di tes kok bunyinya sama dengan klakson pabrikan? Apa krn bentrok dgn relay klakson pabrikan yg di box sekring.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lepas klaxson hella anda dan di test dengan mendapat arus langsung dari accu. bila ternyata keras tentunya jalur kabel anda belum benar.
      coba anda periksa kembali jalur kabel beserta angka angka daalam relay, lalu pastikan kedua klaxson dipasang secara pararel. bila sudah memakai relay maka jalur sekring aslinya hanya berfungsi sebagai saklar aja, dan klaxson akan mendapat arus langsung dari accu

      Delete
  22. Mo tanya Om...Kalau pemasangan mengunakan satu relay tapi di pakai untuk 1 set Hella Twin tone (2 Klakson) + 1 Klakson keong (MOCC) jadi total ada 3 Klakson apa bisa ?, mohon pencerahannya..makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan om..klakson Hella twin tone saya suaranya kok kurang keras alias lemah, padahal sudah sesuai jalur pemasangan sesuai ilmu yang Om Iwan paparkan, kenapa ya Om.? hehehehe...Matur Thank you Om Iwan

      Delete
    2. untuk satu relay berkapasitas 30 ampre dia bisa menghandle 12x30= 360 watt saya kira cukup untuk 3 klaxson. coba ganti kabel yang lebih besar dari accu ke 30 dan 87 ke klaxson kabel juga diprhtikan. juga jangan lupa koneksi harus pararel dari relay 87 menuju klaxson.

      Delete
  23. Bagaimana bila kabel klakson tidak langsung di samungkan ke accu namun dilewatkan kabel untuk listrik lampu depan yg menyebabkan lampu redup bila klakson keong saya unyikan, apakah efeknya untuk lampu ,accu & kelistrikan motor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kabel diambilkan dari jalur arus lampu, tentunya bila lampu anda bersistem saklar putus strum nanti klakson hanya hidup bila lampu depan nyala. kalau lampu besar ngak dinyalakan klaxson anda ngak mendapat arus.

      Delete
  24. Om..saya mau pasang klakson + relay juga nih,,yg mau saya tanya kan apakah bisa menggunakan kabel klakson bawaan untuk pasang relay nya,,terimakasih om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya dengan menambah relay anda tetap memakai jalur klaxson lama (fungsi sebagai pengaktif relay titik 85 dan 86) sedang untuk klaxson anda bisa ambil dari titik 87 lalu titik 30 dihubungkan positif accu.

      Delete
  25. Selama 2 tahun saya menggunakan klakson kapal, hari ini ternyata sudah matot, akhirnya saya beli klakson baru lagi tapi klakson avanza, karena yang tersedia hanya klakson 7suara dan avanza dan saya memutuskan membeli klakson avanza, tapi setelah saya coba suaranya tidak jauh beda sama suara motor standar, saya mau menukar tapi tidak diperbolehkan, saya minta solusi agar tetap memakai klakson avanza tapi dengan suara/bunyi yang berbeda.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila jalur strum sudah maksimal dan anda tidak puas dengan suara klaxson anda, ya cara satu satunya cuman ganti atau ditambah dengan klaxson tambahan lain merk nanti suaranya akan berubah sehingga menimulkan efek stereonya lebih terasa. sebagai contoh saya mengunakan 2 buah klaxson hella, 2 klaxson bawaan mobil GT, dan sebuah klaxson besar merk indopart.

      Delete
    2. klaksonya tertulis 12v 400hz, dan kemarin mekanik tidak menggunakan relay, padahal saya punya relay bekas klakson kapal, oke akan saya coba beli 1 klakson lagi tapi minta rekomendasi model,merk,type,harga apa ya biar suaranya stereo?

      ada 1 lagi, apakah klakson tanpa relay, kabelnya ada 2 warna, coklat dan merah muda, jika dipasang ke klakson, posisinya terbalik apakah akan bermasalah? soalnya sama2 berbunyi. terima kasih.. sukses selalu

      Delete
    3. untuk menimbulkan efek stereo anda harus satu suara tinggi satu suara ngebass, anda bisa coba dulu suara klaxson di accu untuk menentukan klaxson yang lain waktu dibeli. untuk kalbel klaxson biasannya arus DC maka terbalik ngak masalah, satu gound satu strum, bila ragu ragu silahkan anda coba langsung di accu

      Delete
  26. Pak Iwan, Sy mau tanya, rangkaian klakson saya tidak bunyi. Sempat sy otak atik klakson dpt berbunyi namun saat mobil berjalan tiba-tiba mati lagi. kondisi relay saat horn pad di tekan berbunyi (cetek-cetek). Rangkaiannya menggunakan 2 relay. Relay pertama (3 kaki) bawaan mobil, relay ke dua (4 kaki 30A) tambahan. Utk relay kedua (4 kaki) sy sempat ganti baru, juga tetap tidak bisa bunyi. Jalur rangkaian Kaki no 86 >> dari switch horn (soket bawaan asli dari mobil), Kaki no 85 >> ground/body. Kaki no 30 >> dari ACCU, kaki no 87 >> ke (+) klakson. Waktu cek menggunakan avo di soket yg ke no 86 menunjukan 12V. Namun waktu cek menggunakan avo, soket yang menuju katub (+) & (-) pd klakson ampere nya kecil (kurg dari 5A). Kira-kira bermasalah di bagian mana pak Iwan, mohon saran. terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalur sudah benar, coba diperiksa ground dari klaxson dan pastikan klaxson mendapat jalur dari 87 secara pararel, bukan seri soalnya kalau seri brarti klaxson anda hanya dapat strum 6 volt

      Delete
  27. mas Iwan, Tq infonya bagus banget
    saya mau nanya nih, kalau bwt grand livina yang klaksonnya udah ada 2, apakah harus dari dua kabel klakson aslinya saya sambungkan ke 85/86 di relay juga??
    ataukah cuman 1 saja
    apakah ada pengaruhnya jika cuma 1 saja yang disambungkan ke relay, sedangkan yang jalur satunya tidak difungsikan, Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aslinya sudah dua klaxson ya anda pake satu jalursaja, satunya dinon aktifkan, atau kalau mau daripada nganggur anda bisa beli satu klaxson lagi untuk diberi ke jalur yang nganggur jadi jumlahnya 3.

      Delete
    2. Mas iwan, saya beli relay set klakson yang ternyata untuk kaki relay 86 kabelnya menuju ke ground, padahal dari kabel saklar klakson yang asli ada 2 soket, apakah kabel yang ke ground tetap harus saya sambungkan ke saklar klakson yang negatif ataukah bisa tetap ke ground saja (jadi dari saklar asli cuman yang positif saja yang ke relay

      Delete
    3. klau groundnya udah model tanam ya anda tinggal konek aja positif saklarnya. negatif klaxon, negatif kabel dan ground itu adalah sama. jadi mempertemukan griound dengan ground ngak masalah.

      Delete
  28. Mas tanya kalo kabel ground yang dipararel ( kabel no.4) bolehkah penempatannya digabungkan dengan plat dudukan klakson yang menempel dengan body mobil ? Trmksh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pak, asal nempel body itu berfungsi sebagai ground

      Delete
    2. Baik pak.. Kalo kabel klakson utama putih dan biru disambung kerelay 85 dan 86 nah kalau relay yg saya miliki hanya punya 1 kabel yg tersambung ke salah satu kabel klakson utama . apakah salah satu dr kabel klakson utama tersebut menjadi grounding? Sehingga Saya bisa menutup salah satu dari kabel klakson utama dengan isolasi??? Trmksh pak semoga pertanyaannya tidak membingungkan hehehehe

      Delete
    3. klakson DC itu hanya memerlukan 1 arus dan satunya lagi untuk ground. melihat critanya kemungkinan ya kabel itu yang utama ke klaxson adalah kabel strum sementara unit ground klaxsonnya udah jadi satu dengan body klaxson

      Delete
    4. Trmksh pak, sdh terpasang hari ini... Semoga kebaikan membagi ilmu bapak mendapat balasan dr YME .. Trmksh

      Delete
    5. sama seperti kss saya, jadinya bagaimana pk, apa kbl 85 dari jalur asal n kabel 86 ke ground, atau sebaliknya,

      Delete
  29. Om.ada gak perbedaan relay kaki4 sama5.
    trmksh
    :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaki 4 dan 5 sama cuman kalau kaki 5 jumlahnya no 87 ada 2 nambah ditengah2.

      Delete
    2. Klo untuk pemasangan klakson gmna om.apa yg no 87 cm dipakai satu aja ato gmna.
      :)))

      Delete
    3. dipakai satu bisa dipakai 2 juga bisa karena itu saling berhubungan kok

      Delete
  30. Pak Iwan, Mohon Arahannya,, saya mau pasang Klakson Aftermarket di mobil merk hella, Agak bingung karena Soket bawaan klakson asli mobil cuma 1 Pin, sementara di Klakson yang baru ada 2 pin,, Mohon Arahan pemasangannya dengan menggunakan Relay Tambahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya satu pin gimana? kalau misal cuman ada satu kabel arus ya bisa satu kabel itu dimasukkan ke no 85 lalu no 86nya dapat ground lalu no 30 dan 87 sesuai gambar

      Delete
  31. Mas iwan mao nanya
    kalo pasang relay itu mesti dengan soket nya atau nggak?
    Saya pasang klakson keong suara semua uda oke tp pas saya cek ternyata sama mekanik ga dipakein soket
    jadi pake pin (sekun ya namanya?) ke kaki2 relay nya lalu diisolasi listrik di sekujur relay nya

    aman ya begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya ngak masalah ngak pake rumahnya, ya cuman ya seperti yang disebutkan anda itu skun tanpa rumah akan mudah godang dan copot karena getaran disamping itu juga estetikanya kurang bagus. anda bisa beli rumahnya lalu skun tinggal dicolokkan masuk aja. hari hati jangan terbalik karena ada pengaitnya di skun.

      Delete
  32. Agan iwan, ane mau tanya nih... Fungsi angka 86 & 85 direlay sama seperti saklar, kah ? Jadi inti y klo digabungin klakson berbunyi... Tentunya angka 30 untuk accu & 87 utuk positif klakson. Saya ingin pasang klakson tambahan tentunya dengan jalur baru tanpa sirkuit kabel yg lama. Jadi klakson yg ori punya sklar(push on) sendiri & klakson tambahan jg punya saklar(push on) jga. Jadi ada dua saklar(push on)...! Sebenar y yg bikin saya blom landing angka 85 & 86 relay... Mohon pencerahan y, gan... Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar 85 dan 86 adalah saklar, bila diberi arus maka 30 dan 87 akan terhubung.

      Delete
    2. mohon penjelasan urutan kabel mulai switch/saklar di stir (V-) menuju ke no brp pada relay?

      Delete
  33. P Iwan, mau tanya, mobil sy zebra 1.0, kemaren beli klakson merk Dens* (isi sepasang), terus beli relay merk Hell* (yg 4 konektor). No 30 dan 87 sdh jelas. Yg sy masih bingung, bagaimana cara menghubungkan kabel yang dari setir (tegangan minus/V-) ke relay nya.. misalnya menuju ke no 85 dan 86...? atau bagaimana ? mohon cara kerja relay saat saklar pada stir ditekan bagaimana ? terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengapa harus ribet , anda kan bisa memakai 2 kabel bawaan klakson yg lama buat mengubungkan 85 dan 86 selesai.

      Delete
  34. om sy pke vario125 cbs, trus mke keong yg emang spaket ama relayny,,nah kmren smpat ptus krn mamasnya yg dbengkel blg "relaynya" kmasukan aer,,awalny smpat curiga klaksony yg kena,,eh pas dcoba ms bs,,trus dganti deh relaynya,,nah,ne ru selang 3 hr dah g bunyi lg??? kondisi aki & kiprok dah sempat cek di diller n g msalah,,nah yg saya mw nanya thu ap bener masalahnya di relay ato??
    oh y mas,,klu msalnya ke tmpat jualan pernak-pernik motor gmana cara bt nemuin "Soket Perempuan (women) untuk tempat Relay tersebut "??? mksh mas bro,,salam damai....sukses slalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa lagi klaxson langung dikasih sumber strum dari accu kalau memang bunyi ya itu cuman kembali kemasalah relay atau jalur kabel saja.
      untuk soket women itu namanya skun, bilang aja skun buat klaxson, ditiap bengkel ada itu.

      Delete
  35. Itu yg no 2 d sambung ke saklar...
    Truz yg d kabel d positif aki jd 2, pa gk mngganggu pngsian akinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengisian accu kan memang jadi satu dengan kabel positif accu. kalau urusan menganggu atau tidak ya ng jelas dengan memakai relay mengambil arus langsung dari accu tentunya akan memakan daya dari accu untuk mengaktifkan klaxson.

      Delete
  36. mau tanya om, klakson bawaan livina kan cm ada 1. niatnya saya mau pasang 2 set (4pcs) klakson keong hella. nah skemanya gmn ya om dan butuh brp relay. mhn infonya ya om. tks

    ReplyDelete
  37. mau tanya om, klakson bawaan livina kan cm ada 1. niatnya saya mau pasang 2 set (4pcs) klakson keong hella. nah skemanya gmn ya om dan butuh brp relay. mhn infonya ya om. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. relay itu bisa menghandle 30 ampere atau sekitar 360 watt, cobalah anda bisa memakai satu relay dan kutup 87 silahkan anda cabang menjadi 4 kabel. bila hasilnya tidak memuaskan anda bisa memakai 2 relay caranya sama kabel arus klaxson livina anda cabang menjadi dua jadi terus di tiap relay menghandle satu set klaxson

      Delete
  38. wah mannnntaappp postingannya mas...pengen nyoba juga ni......

    ReplyDelete
  39. wah mannntaapp postingannya mas...pengen nyoba ni.....

    ReplyDelete
  40. Ass.mas mau tanya jika saya mau pasang 2 buah klakson tipe nautilus stebel di mobil bisa tidak ya dimana saat ini sudah menggunakan 1 buah klakson nautilus stebel plus relay dan mau di tambah 1 buah klakson nautilus stebel apa perlu tambah relay lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja pertama tama kabel lama di cabang jadi dua untuk 2 klaxson dan dicoba suaranya bagaimana, pada intinya penggunaan relay adalah untuk membypas strum langsung dari accu dan skalar hanya berfungsi sebagai swith saja.

      Delete
  41. Om ...saya punya motor ni. Seandainya klakson standart motor dikasih relay efeknya bgaiman ( terbakar nggak). /apa perlu ganti klakson?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak masalah buat motor atau mobil karena relay disini berfungsi untuk mendekatkan / membypass langsung dari accu langsung ke klaxson,

      Delete
  42. gan..
    kabel dari relay no 85 dan 86 dipasang dimana ?
    dipasang di saklar kah ?

    ReplyDelete
  43. Kabel no 85 dan 86 dipasanv dimana gan ?
    Saklar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saklar 85 dan 86 mengantikan kabel pada klaxson lama

      Delete
  44. om. ane kan masang klakson keong di motor..
    nah dicoba tanpa relay bunyi tpi pelan mskipun stereo.. niatan mau tmbah keras suaranya, akhirnya pasang relay jga, jalur kabel ane samakan dg penjelasan ente cma ane tmbah sekring 10A. .selesai ane tes, tpi knpa malah kagak bunyi ??? cuma ada suara cetok2 dri klakson nya..kira2 apa pengaruh sama relay lampu hazard yg sudah trpasang dluan, soal nya bgtu kontak on ada suara klik di flasher lampunya??

    ReplyDelete
  45. selamt malam pak iwan..
    saya pake klakson keong merk ONS 12V 510Hz ,,cuma 1 biji klakson ... sya pasang ke mio gt .. kata mekanik gk perlu pake relay.. dan sdh sy psang tnp relay.. itu aman gk pak buat accu??

    ReplyDelete
  46. selamt malam pak iwan..
    saya pake klakson keong merk ONS 12V 510Hz ,,cuma 1 biji klakson ... sya pasang ke mio gt .. kata mekanik gk perlu pake relay.. dan sdh sy psang tnp relay.. itu aman gk pak buat aki ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. piranti tambahan itu kan strumnya arus diambil dari accu selama pemakaian wajar saya kira tidak terlalu membebani accu anda

      Delete
  47. Bang iwan sy mau tanya nih, saya pake klakson denso(2 buah) menggunakan relay 5 kaki, sy rakit di motor, relaynya trdpt 2 angka 87 & 87a, jd saya pararel kabel (+) klakson dihubungkan di salah angka 87 sdngkan angka 87a sy kosongkan, ttpi saat sy coba kok cuma bunyi cetak - cetok direlaynya??
    Apakah (+) klakson tidak boleh dipararel bila menggunakan relay 5 kaki..?
    Mohon pencerahanya. ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak masalah mau diparalel karena 87 dan 87 a adalah sama cuman bercabang aja itu, untuk memudahkan pemasangan soket.

      Delete
  48. Saya baru memasang klaskson pake Relay... pertama jalan sih klakson langsung nyala kenceng!
    Cuman setelah keesokannya, klakson ga mau nyala .. kenapa yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa dulu klaxsonnya dengan jalan langsung diberi arus dari accu bila klaxson nyala brarti kesalahan ada di relay (mungkkin mati/kotor) atau soket2 dan sambungan kabel bermasalah

      Delete
  49. Permisi om iwan numpang tanya
    Kalo kaki relay no 30 bisa langsung disambungkan ke kabel kontak tidak??
    Jika bisa apakah harus menggunakan sekring atau tidak??
    Apakah system negative bisa mengadopsi system positive??
    Jika bisa mohon infonya rangkaian kabelnya..
    Terima kasih om iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tujuannya apa 30 disalurkan ke kunci kontak, negatif dan positif tentu tidak bisa dipertukarkan, hanya bisa dipertukarkan untuk triger pengaktif no 85 dan 86. sedang 30 dan 87 adalah jalur bypas akan terhubung ketika 85 dan 86 aktif diberi arus.

      Delete
  50. Apa beda nya pemasangan klakson yg juga menggunakan sekring 10A?
    Cz kok saya liat di motor laen ada yg menggunakan sekring 10A

    ReplyDelete
  51. Saya nyoba pasang di kendaraan saya dari 1 klakson saya tambahi 2 klakson, tp gak mau bunyi, hanya bunyi "tuk tuk tuk".. ada masalah apa ya/

    ReplyDelete
  52. Saya nyoba pasang di kendaraan saya dari 1 klakson saya tambahi 2 klakson, tp gak mau bunyi, hanya bunyi "tuk tuk tuk".. ada masalah apa ya/

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Kendaraan saya tadinya pakai 1 klakson, dua kabel terhubung lgs ke klakson, trs saya mau buat 2 klakson.... semua sudah saya hubungkan sesuai dengan yang dismpkan diatas. setelah dicoba kok tidak bunyi, hanya berbunyi"cetak cetak"... mohon saran.. kiran kira apa yang salah ya?

    ReplyDelete
  55. mohon pencerahan om iwan, mobil saya single klakson, mo dibikin double, langsung pararel klakson kira2 bisa ga ? atau bikin jalur baru dgn relay baru ? tapi saya bingung tarik kable knob dari setir nya, mohon pencerahan yak....tq sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. diparalel langsung bisa, tapi kalau mau hasil terbaik ya pakai relay, silahkan 2 kabel yang menuju ke klaxson anda kirim ke no 86 dan satunya ke 85 relay, lalu tarik kabel positif dari accu ke relay no 30. kemudian relay no 87 silahkan cabang 2 menuju ke 2 klaxson. sedang negatif klason bisa diambil langsung dari body klaxson .

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Om iwan.. mobil saya sdh 2 klakson.. pengen saya tambahin jadi 4 klakson.. apa relay ke 1 diparalel ke relay yg ke dua atau gmna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dah ada relay masih cukup lah. anda tingga mempararel kabel dari klaxson / di cabang sehingga jadi 4 kabel . relay bosch/ hella biasanya itu 30 ampere. 30 ampre bisa menghandel 30x12= 360 watt. kalau cuman 4 klaxson saya kira masih memadai

      Delete
  58. Dear Mas Iwan...Mohon bantuan ..mobilku punya 2 klakson tp tiap klakson hanya tersambung 1 kabel .
    Plan aku pasang relay n 2 klakson hella tanpa deactivated klakson yg lama . Bgmn caranya Mas?

    ReplyDelete
  59. Mas Iwan ..Mau tanya nich, klakson mblku ada 2 tp kabel yg tersambung cuman 1 tiap klakson aku plan install 2 klakson lg n relaynya tanpa melepas klason yg asli .bgmn cara nyambungnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sambung/tarik sebuah kabel dari salah satu kabel itu lalu hubungkan ke relay no 86 lalu 85 jadi ground, lalu no 30 ke accu dan no 87 dicabang 2 menuju masing masing klaxson. . selesai

      Delete
  60. Bos Iwan, klakson mobil saya honda city z bawaan pabriknya ada 2, rencana saya mau pasangin hella twintone. Pertanyaannya bisa gk klakson yg satu bawaan mobil saya lepas trus diganti klakson hella dgn skema diatas trus klakson yg satunya lg yg bawaan pabriktetap terpasang. Jd ada 3 klakson. Trims sebelumnya

    ReplyDelete
  61. tanya mas. saya habis pasang klakson denso pada motor saya old vixion. pemasangan dilakukan oleh montirnya. setelah saya cek di rumah ternyata kabel no 30 tidak dihubungkan langsung ke accu melainkan pada sebuah kabel pada bagian headlamp. itu nantinya akan berakibat bagaimana. mohon jawabanya !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti dia mengambil jalur strum pada kabel di headlamp itu, akibatya tentunya ketika klaxson di nyalakan dia akan memakai strum dari kabel itu, saya ngak tau kabel apa yang diambil,

      Delete
  62. mas, untuk mobil2 yg sdh buit in relay katanya... masih boleh nggak ditambah relay dan sekering ? supaya lbh aman misalnya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya semua mobil udah diperlengkapi fuse / skring dari pabrik, jadi bila anda menambah sekring saya rasa ngak perlu. karena bila misal kelistrikan lampu konslet maka sekring di box filter bagian jurusan ke headlamp dia akan putus.

      Delete
  63. Bro saya sudah nyoba. Tp kok cuman Bunyi di relaynya aja ya? Klaksonnya engga bunyi. Minta bantuan om biar bisa bunyi.

    ReplyDelete
  64. mau tanya nih gan bagaimana caranya nyambung klakson di sambung dengan sirine alarm( biar multi fungsi klakson jg jadi alarm juga)

    ReplyDelete
  65. Om mau nanya kan saya sudah ikutin pentunjuj diatas tapi kok klaksonnya tetep gak nyala ya padahal pas klaksonnya dites masing masing idup

    ReplyDelete
  66. Mas mau tanya dong, saya baru beli klaokson keong denso bonus relay kaki merk hella. Lalu kalau mobil saya sudah double klakson apakah harus memasang relay seperti penjelasan mas di atas atau tinggal pasang saja 2 klakson keongnya tersebut menggantikan klakson 2 klakson sebelumnya? Saya kurang paham, kalau langsung ganti saja takut memakan aki cukup boros, mohon penjelasannya mas. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  67. Mas mau tanya dong, saya baru beli klaokson keong denso bonus relay kaki empat merk hella. Lalu kalau mobil saya sudah double klakson apakah harus memasang relay seperti penjelasan mas di atas atau tinggal pasang saja 2 klakson keongnya tersebut menggantikan klakson 2 klakson sebelumnya? Saya kurang paham, kalau langsung ganti saja takut memakan aki cukup boros, mohon penjelasannya mas. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  68. Blog INI Penjelasannya yang PALING MUDAH dimengerti. Thanksss Om............

    ReplyDelete
  69. Om letak kabel saklar klakson zebra 1.0 sebelah mana ya?

    ReplyDelete
  70. Om tanya letak kabel saklar klakson zebra 1.0 disebelah mana ya?

    ReplyDelete
  71. Om tanya letak kabel saklar klakson zebra 1.0 disebelah mana ya?

    ReplyDelete
  72. Om letak kabel saklar klakson zebra 1.0 sebelah mana ya?

    ReplyDelete
  73. Thanks bro hehe klakson saya jdi keras 😂😂😂😂

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)