Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menyetel Baut Load Solar

Mesin Diesel Anda Boros? 

Mesin Diesel Anda Tidak Bertenaga? 

Mesin Diesel Anda Asapnya Terlalu Tipis?

Pusing Karena Teman-teman Menyarankan Kalibrasi? ( mahal )Jangan Kuatir Sebelum Kalibrasi Mari Kita Setel Sendiri Konsumsi Solar dengan cara menyetel kembali baut setelan solar ( bisa bikin boros atau bikin Irit )


Langkah-Langkah menyetel Baut Load Solar
Langkah-Langkah menyetel Baut Load Solar

Menyetel Baut Setelan Solar

  1. Siapkan Alat dan bahan (gambar1) Senter, palu, kunci 10, kunci 13 kunci 8 kunci 7 obeng minus.
  2. Lihat gambar 2, letak segel solar.
  3. Cungkil dengan obeng minus yang tajam bagian pantatnya (gambar 3)
  4. Gambar segel udah keluar ... (contoh ada di gambar 1 yang dilingkari lingkaran merah)
  5. Dengan kunci 13 kendurkan mur nya berlawanan dengan arah jarum jam, setelah mur kendor lalu as ujungnya diputer dengan mengunakan obeng minus, searah jarum jam untuk mborosin berlawanan untuk ngurangi). mulailah dengan 1/4 atau 1/2 putaran dulu ... ntar mesin staioner akan membesar ( tanda solar lebih banyak). kemudian kencangkan mur 13 tadi dan ingat setelan obeng minus jangan ikut berubah ( ditahan )
  6. Karena stationer membesar maka wajib dikecilkan, Gambar 7. pake kunci 10 kendurkan mur nya, lalu putar baut 10 sehingga tuas injector bisa bergerak kleluar.
  7. Setelah itu hidupkan AC lalu setel kembali putaran mesin melalui vakum AC (gambar 8) dengan cara dikendurin murnya pake kunci 7/ 8 ) lalu ujung baut diputar searah jarum jam ... stationer akan mengecil waktu AC hidup)
  8. Pekerjaan 5-6 bisa di coba berulang sambil di test jalan kira kira berapa putaran yang anda butuhkan disesuaikan dengan gaya mengemudi anda,...

Semoga Bermanfaat

127 comments:

  1. Maaf numpang nanya neh mas iwan, kalo d mesin bensin kan kita bisa mengira ngira setelan yang pas pada karburator (indikasinya dari putaran mesin yang tertinggi),,lha kalo nyetel baut load solar tuh gmn ya patokannya?apa musti trial n error sambil jalan gt?trims mas iwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti bensin, sbelum distel pastikan filter2 bersih, kemudian mobil bisa digas2 , kalau asap menghitam brarti trlalu boros, dan sebaliknya,

      Delete
  2. Replies
    1. TBR 54 adalah kode body untuk panther kotak 2500cc, jadi unitnya IP sama ... :)

      Delete
  3. trimakasih infonya mas Iwan

    ReplyDelete
  4. kalau elf asap nya putih tebal waktu pagi kenapa mas iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama olie mesinnya ngak berkurang itu biasanya cuman timing pengabutannya aja yang ngak pas, atau mesin masih dingin belum sempurna pembakarannya

      Delete
  5. tolong om ulasan untuk penyetelan solar di kijang kapsul lama, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya ngak punya kijang kapsul diesel, Coba deh nanti kalau ada teman saya buka kapnya soalnya itu butuh foto letak setelan Load beserta setelan staionernya juga

      Delete
  6. Mas,kalo taft gimana,tolong ya,,mobil ku asap itam nya parah,tp tenaganya kuat,bbm nya mau d irit mas,kalo bisa di sertakan gambar tutorial nya,thanks,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ini masalahnya saya kan ngak punya Taft, Taft itu sama aja cuman tinggal nyari letak bautnya .. prosesnya sama aja ...

      Delete
  7. saya sdh coba modif stabiliser roda blkang versi anda, utk kestabilan saya rasakan enak pd kecepatan tinggi. Tp kendalanya mobil sya jadi rontak, kenapa ya......... terima kasih

    ReplyDelete
  8. membersihkan baut ofr saya kasih wd 40 atau cairan penetran apakah boleh om. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baut ofr itu cuman dilewati solar sisa dari IP boleh boleh saja dikasih WD, yang tidak disarankan diberi WD ialah bagian yang bekerja dengan bergesekan, Misalnya Rantai, Engsel (dg tujuan memberi pelumasan-bukan untuk membuka yang macet)

      Delete
  9. Numpang tanya yang kedua kali Mas, panther saya Hi G 96, karena kecerobohan saya, sekarang keluar asap putih dari pipa gas buang di bawah mesin. Asap hitam pekat dari knalpot. Menempuh jarak 2000 km oli berkurang sekitar 0,5 liter ( sekarang sudah saya tambah oli ). Dua mingguan ini solar menjadi lebih boros. Hitungan kasar pada awalnya perbandingan 1: 15, sekarang sekitar 1 : 11. Mohon penjelasan dan sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada 2 kondisi dimesin anda=
      1. olie mesin berkurang Tentunya karena olie sebagian terbakar ikut pembakaran/ atau kemungkinan ada seal atau kebocoran.
      2. Asam hitam pekat itu menandakan bahwa proses pembakaran tidak sempurna, karena solar terlalu banyak, kondisi itu bisa bermacam macam sebab, bisa karena filter udara kotor, atau setelan Load solar terlalu banyak, atau IP dan nosel bermasalah (kencing) ... banyak penyebabnya.

      Delete
    2. Mengenai oli yang kondisinya demikian itu gmn Mas, sudah sangat parah atau bisa untuk jalan dulu. Baru ngumpulkan biaya . .. he .. he...

      Delete
    3. Untuk mobil anda yang olinya sudah mengupa karena bocor kompresi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
      1. Selalu kontrol ketinggian olie mesin di dipstik, jangan sampai jumlah kurang, bila kurang silahkan ditambah, untuk keamanan anda bisa menambah 1/2 liter dari kapasitas normal.
      2. Bila pabrikan mensyaratkan ganti olie tiap 5000 km anda bisa mengambil interval yang lebih rendah misal 4000 km sekali ganti olie mesin, karena mesin bocor kompresi maka kondisi olie mesin lebih cepat rusak karena tercemari asap pembakaran.
      3. jangan gunakan olie dengan kekentalan dibawah yang disyaratkan. agar olie ngak lebih cepat habis. anda bisa mengunakan olie SAE 40 atau mungkin SAE 50 (multigrade 20w/50

      Delete
  10. Selamat sore Pak Iwan, saya junius pengguna GR 96, kondisi mesin baru habis over haul semua (termasuk kruk as dan ring + piston) dan bocsh pump + nozzle baru dikalibrasi dan telah dilakukan pergantian saringan oli, filter solar dan saringan udara, tetapi kenapa kecepatan mobil cuma bisa lari 100km/jam (padahal sudah di gigi 5 dan rpm sudah di 4000)? dan asap agak putih apabila di geber penuh sedangkan konsumsi solar 1 : 12 untuk dalam kota. mohon pencerahannya pak Iwan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panthernya 2300 atau 2500? Overhoul mesin dan perbaikan tidak menjamin semua menjadi baik, karena itu tergantung dari proses pengerjaan dan ketelitian montirnya, istilah orang sakit dioperasi itu hanya ada 2 kemungkinan membaik atau memburuk. untuk mendiagnosa ya hanya bisa ditelusuri satu persatu, apakah setelannya sudah tepat, apakah penggantiannya dan perbaikan sudah bener, dll. banyak faktornya.

      Delete
    2. Pak Iwan, terima kasih atas responnya, panthernya yang 2500. Saya juga berpikir demikian dan untuk membuktikan hal tersebut maka langsung mobil dibawa ke bengkel resmi untuk cek kompresi mesin dan hasilnya sekitar 30-31 kg/cm2 dan hasil tes kalibarasi bosch pump sekitar 185 psi (kalau ngak salah ya). kalau untuk timing pengabutan apa bisa mempengaruhi kondisi asap putih dan top speed ya pak? mohon pencerahannya untuk hal ini, soalnya masih senang nih dengan mobilnya apalagi suaranya. terima kasih.

      Delete
    3. Timing pengabutan adalah vital di Mesin diesel. untuk kondisi GR 2500 cc yang normal harusnya gigi 5 kecepatan 100kpj hanya berputar di sekitar 3000rpm sedang untuk kapsul sekitar 2700 rpm.

      Delete
    4. Pak Iwan, apakah dalam hal ini timing pengabutan mobil saya termasuk terlalu maju atau mundur? apaka hal ini mempengaruhi top speed?

      Delete
    5. timing pengambutan mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan, untuk menjawabnya tentunya harus melakukan pengecekan. cobalah anda konsultasi dengan beberapa bengkel lain. atau mungkin ceck kecepatan memakai GPS jangan jangan spedometernya yang ngaco. hi999

      Delete
  11. salam kenal mas...bagaimana cara agar mesin l300 diesel yang sudah saya ganti mensinya dengan mesin pajero 4d56T tetapi mengapa suara mesin nya tidak bisa halus seperti l200 strada padahal mesinnya sama apakah ada seting mesinya beda mohon bantuanya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya silahkan anda beri peredam, kan kompertemen mesin L300 ngak diberi lapisan peredam sebaik punya Pajero dll. dan bila masih kasar memang untuk diesel commonrail yang udah berumur lama kelamaan suaranya juga kembali seperti truck lagi. dah emang takdirnya diesel begitu. xixixiiiii

      Delete
  12. assalamualaikum oom iwan....
    setelah melakukan langkah2 diatas, dan saya mendapatkan putaran mesin yang diinginkan...
    tetapi ada di satu waktu stationer drop dan gas seperti kosong nyeplos tanpa tenaga), kira2 itu kenapa yaa oom??? terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wassalammualaikum um,
      menyetel baut load sebenarnya bukan untuk menyetel stationer um, tapi untuk membuat rich atau leand semprotan solar.
      stationer drop dan los itu dalam kondisi apa um? apakah ac hidup, mesin panas atau lainnya.

      Delete
  13. assalamu'alaikum om iwan..
    mau nanya nih, ispan yang saya pake kok kalah responsif sama pickup ya? sama-sama ispan 2,5 turbo saya pake minibus

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pickup panther dan minibus mulai 2007 spek mesinnya sama, tentunya dengan spek yang sama pickup lebih ringan 500an kg dari minibus tentunya mesin akan terasa lebih enteng ditambah dengan pelek panther pick up yang lebih kecil tentunya akan membuat perbandigan final geer menjadi lebih ringan.

      Delete
  14. 1 lagi om
    Tadi saya perjalan tol jakarta, dan g ada tenaganya, asapnya saja yg tebal, saya lanjutkan ke bangkel langganan dekat kantor, setelah beberpa percobaan, saya coba tanpa menggunakan filtel solar, dan hasil wow, renposif, apakah ini feed pump yg udah turun kinerjanya?
    Terimakasih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. melakukan perjalanan tanpa filter solar akan sangat ceroboh, tanpa filter solar kotaran akan masuk ke ip, dan akhirnya akan mengeluarkan biaya yg tidak sedikit. mungkin jalur solar anda kotor atau tangki super kotor jadi solar ngak bisa naik ke mesin

      Delete
  15. salam kenal mas Iwan.... mau nanya nih, panther new hg 2000.... suara mesin stasioner 800rpm, tapi seperti kurang garing suaranya atau di kabin mendengun kurang nyaring... smua filter baru.. tiap perpindahan gigi bergetar... padahal kampas koplig baru...konsumsi solar 1:16... lukot

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dilihat setelan timing pengabutannya jangan jangan bergeser mundur, kembalikan ke aslinya.

      Delete
  16. om iwan gambar fuel load solarnya kekecilan kurang jelas

    ReplyDelete
  17. selamat sore pak iwan,saya mau tanya..saya punya elf nkr 55 turbo tapi larinya gak ada,gigi 2 kaya gigi 1 gigi 3 kayak gigi 2 mesin berasa teriak..kira kira permasalahanya dimana ya pak,tolong penjelasanya pak iwan,saya sudah bolak balik ke bengkel langganan tetapi permasalahan tidak teratasi,terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diperiksa dulu jalur bahan bakar, filter2 udara solar dll pastikan kondisi prima, lalu periksa kembali setelan klep beserta periksa timing pengabutan. kalau mesin hanya teriak kliatannya sektor kopling bermasalah. dan jangan lupa periksa rem dll jangan 2 remnya lengket.

      Delete
  18. selamat malam pak iwan, saya punya mitsubhisi fe tahun 79, saya ingin bertanya bagaimana cara mengganti bosch pump milik mitsubhisi fe tahun 79 menjadi bosch pump ragaza atau bosch pump mitsubishi 120ps, untuk sekernya sendiri sudah saya ganti punya mitsubishi 120ps. terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya mas iwan.

    ReplyDelete
  19. mas iwan saya mau tanyak kalok mobil diesel asap putih banyak pekat pada waktu RPM atau pada waktu mobil jalan di gass penuh itu irit apa boros? terus mau tanyak juga kalok terlalu irit solar bisa ngerusak mesin endak mas iwan?

    ReplyDelete
  20. mas iwan saya mau tanyak kalok mobil diesel pada waktu RPM tinggi atau pada waktu mobil jalan digass penuh asap putih pekat itu tanda nya irit apa boros? terus kalok terlalu irit bahan bakar bisa ngerusak mesin dieselnyaa edak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. asap putih bnayak penyebabnya bisa timing ngak pas, kualitas bahan bakar jelek dan lain lain
      untuk diesel terbalik dengan mesin bensin . di diesel setelan solar makin irit maka nilai egt akan makin rendah sehingga umur mesin akan lebih panjang / awet karena mesin lebih "dingin"

      Delete
  21. selamat malam pak...salam kenal
    saya penasaran sekali dengan timing pengabutan, letak setelannya di sebelah mana jika pada IP model rotari 4 cylider
    bagaimana langkah penyetelannya untuk memajukan atau memundurkan timing pengabutan
    terimakasih

    ReplyDelete
  22. Mas Iwan , letak segel solar mitsubishi colt diesel 120 ps dimana ya ?

    ReplyDelete
  23. Mas Iwan , letak segel solar mitsubishi colt diesel120 ps itu dimana ya ? l

    ReplyDelete
  24. Apa efek jangka panjang jika timing pengabutan dimajukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. timing dimajukan itu akan membuat kerja IP lebih berat karena membutuhkan tekanan yang besar untuk menyemprotkan bahan bakar, akan tetapi sensasi efeknya akan membuat mesin lebih bertenaga diputaran bawah dan suara mesin agak lebih garing/keras

      Delete
    2. nahh kalo timing dimajukann,,apa pasokan solar jg harus ditambah?

      Delete
    3. kalau mau lebih efektif setelah majuin timing ya gunakan solar dex yang kadar cetanenya lebih tinggi

      Delete
  25. Cara menyetel hino RKJ bus biar joss lari nya gmana bang?

    ReplyDelete
  26. Halo Mas Iwan

    Saya punya panther LS Matic tahun 2000, ada beberapa keluhan barangkali bisa bantu

    1. Pada kondisi jalan tanjakan power hilang, tapi tidak mati, jadi cuma bisa alon-alon asal kelakon saja. Apakah Kanpas kopling harus di ganti? atau ada masalah dengan transmisinya? penumpang cuma 1 orang yaitu supirnya aja. Filter semua baru, oli juga baru dan belum lama ini saya baru kalibrasi, tapi tanjakan tetep letoy

    2. Keluar asap tipis dari knalpot baik ketika dipanaskan maupun mesin panas. Ketika mesin panas, saya copot dipstik oli mesin aman, tidak keluar asap sama sekali dari lubang dipstik oli mesin.

    3. Kecepatan maksimal yang bisa di capai hanya 90-100kpj, powernya habis.

    4. Ketika stir diputar mentok, tenaga juga seperti hilang,jadi mesin suka mati, terutama ketika menggunakan AC. Apa ada masalah dengan power steeringnya?


    Mohon pencerahannya ya mas Iwan. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. cara menyetel hardtop bj 40 biar kencang larinya serta ringan terasa dan meredam/setel suara mesin yang keras

    ReplyDelete
  28. cara menyetel hardtop bj 40 biar terasa ringan dan kencang larinya serta mengurangi polusi suara mesin yg berlebihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengurangi polusi suara anda bisa menambah peredam pada firewall, dinding pintu / doortrim beserta pada lantainya. untuk kencang nambah tenaga anda bisa membaca pada tread tread yang lain.

      Delete
  29. Selamat malam psk Iwan
    Taft kalau start pagi hari medin getat seperti nyendat tapi hanya sebentar, kira apa penybabnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pagi hari getar dan nyendat kemungkinan karena suplai jalur bbm belum normal, itu mungkin hanya bisa karena solar membeku, jadi belum lancar.

      Delete
  30. itu berlaku juga buat marine engin nggak..?

    ReplyDelete
  31. itu berlaku juga buat marine engin nggak..?

    ReplyDelete
  32. itu berlaku juga buat marine engin nggak..?

    ReplyDelete
  33. itu berlaku juga buat marine engin nggak...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama IPnya jenis model VE/ boschpump tentunya akan sama saja, hanya mungkin berbeda letak bentuk dan desain dari ip tersebut.

      Delete
  34. selamat sore pak,
    saya ada panther hi grade tahun 2000 udah jalan 240.000 km
    yang saya mau tanyakan adalah kalau konsumsi solarnya 1:18-1:20 itu wajar pa gak?
    soalnya masih bisa lari 120 km/jam tapi ngoyo banget (istilah jowone) haha.... pake gps android!
    ane tanya paman yg juga bawa panther katanya irit banget!
    kalau akselerasinya sih lumayan lambat
    kira-kira kalau mau di borosin diputer 1/4 aja atau 1/2 ya??
    mohon pencerahannya pak...!!
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu irit itu, mobil diesel terlalu irit sih bagus, karena mesinnya dingin tapi ya itu tenaga ngak ada, istilah jawanya ampang. coba puter 1/4 dulu aja llalu test jalan. 1/4 putaran efeknya dah sangat terasa

      Delete
  35. Salam kenal Om Iwan, Saya Franky mau tanya Om, kalau stasioner langsam Ispan berapa yah normalnya? Ispan saya new royale 2009, kalau tanpa ac di kisaran 550 rpm-an kalau ac di buka 1/4 langsung naik ke 800 rpm-an temp mesin sdh naik di atas garis bawah sedikit. Ketinggian gak Om? Soalnya perasaan agak ngegerung dikit mesinnya. Thanks yah Om Iwan buat tanggapannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk staioner sih rata rata sekitar 800an tapi itu relatif karena tachometer biasanya ngaco. jadi setelah pake feeling. dan jangan lupa bikin stasioner flat dimana pake ac dan non ac stationer tetap sama.

      Delete
  36. Makasih banyak atas tanggapannya, betul Om Iwan apa Om ada artikel untuk setel stasioner jdi flat seperti itu bagaimana. Terinakasih banyak maaf Om jadi banyak nanya2 nih.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Om Iwan maaf tolong pertanyaan saya soal cara meratakan rpm ketika on dan off, diabaikan saja Om. Karena sdh terjawab setelah membaca artikel di atas. Yg saya cari ada di poin no 7. Kemarin saya bingung cari setelan vakum ac u/ menurunkan rpm nya yg besar 200 rpm an ketika ac on jadi mobil seperti kaget. Terima kasih banyak Om Iwan sukses selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca kembali no7 dan 8 panther masih pake tuas manual dengan vakum. madsud flat disini adalah ketika staioner dengan ac dan ac off stationer harus sama ,

      Delete
  39. Iya Om sekarang sdh rata rpm-nya antara ac on dan off. Artikel2nya bermanfaat sekali. Terima Kasih Om Iwan, semoga sehat dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. selamat malam pak iwan, saya punya mitsubhisi fe tahun 79, saya ingin bertanya bagaimana cara mengganti bosch pump milik mitsubhisi fe tahun 79 menjadi bosch pump ragaza atau bosch pump mitsubishi 120ps, untuk sekernya sendiri sudah saya ganti punya mitsubishi 120ps. terima kasih sebelumnya, saya tunggu jawabannya mas iwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau urusan begini maaf saya ngak bisa membantu pak. :)

      Delete
  42. Terima kasih Mas Iwan atas info penyetelan baut load solar, setelah sy melakukan penyetelan maka tarikan panther 2500 ku lebih baik, hanya rpm stasioner agak tinggi. Blm tau cara menyetel spy rpm stasioner turun. Ketika sy setel irit, tarikan ngempos, terjadi gejala kosong ketika menginjak pedal gas, rpm stasioner turun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba amati gambar 7 tentang menurunkan stationer

      Delete
  43. Siang om iwan,klo untuk truk caranya sama gak om,soalnya udah saya coba beberapa kali ga da hasil,tetep boros om

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk truck dengan IP caranya sama, kalau tetep boros coba style mengemudinya yang agak diubah hehehehee jangan main gas dan injak rem aja. lalu pastikan filter udara selalu bersih

      Delete
  44. Mau tanya pak,kl panther pas dingin di stater koq ngginjal ya,gk bisa stasioner....to cuma sebentar,itu kenapa ya....trs konsumsi solar 10km/lt itu dlm kota panthernya ls th 2000,trima kasih atas responya.

    ReplyDelete
  45. Mau tanya pak,kl panther pas dingin di stater koq ngginjal ya,gk bisa stasioner....tp cuma sebentar,itu kenapa ya....trs konsumsi solar 10km/lt itu dlm kota panthernya ls th 2000,trima kasih atas responya.

    ReplyDelete
  46. Mau tanya pak,panther ls th 2000 kl pas mesin dingin di stater ngginjal/gk stasiiner tp cuma sbentar itu knp ya,sm konsumsi solar -+10km/ltr dlm kota itu termasuk gimana pak...trima kasih jawabanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pengaruh dari bahan bakar yang membeku ya bisa terutama untuk daerah yang dingin,

      Delete
  47. Assalamualaikum om, mobil phanter 2500 tahun 1996, dari saringan udaranya keluar asap penyebabnya apa ya, trims

    ReplyDelete
  48. Numpang nanya Pak Iwan, dari saringan udara panther 2500 tahun 1996 keluar asap, saya suda ganti ring piston apa penyebabnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek setelan klep sesuaikan aslinya dan cek juga timing pengabutan, bila itu masih kluar asap kemungkinan salah stu klep in mungkin ada yang bocor

      Delete
    2. Selamat sore mas Iwan
      Punya saya ip 2,3 th 93 ... Ketika di gas knalpot keluar asap hitam kayak Bis kota, Bisakah cara tsb di terapkan pada mobil tsb

      Delete
    3. Mas iwan ... Bisakah gambarnya di perbesar

      Delete
    4. coba anda ganti dulu filter udara , bila masih kluar asap item brarti anda bisa mengurangi pasokan solar, dari baut load, maaf file gambar yang besar udah hilang krn topik udah lama

      Delete
  49. Selamat pagi. mau tanya, berapa jumlah oli sekali pemakaian terbanyak untuk HINO DUTRO 130 HD apakah benar 80 liter

    ReplyDelete
  50. Mau nanya nich Pak Iwan,mobil saya panther touring th 2011,saat mau start pertama terasa bergetar dan harus dibantu injak pedal gas kalau sdh dipanasi normal,apa penyebabnya yach..dan juga pada saat idle keluar asap walau tidak banyak,tapi saat idle dan AC on asapnya banyak,apakah normal Pak Iwan,mohon penjelasannya,terima kasih Pak...

    ReplyDelete
  51. Salam kenal Pak Iwan,mau tanya nich saya pakai mobil panther touring 2011,tapi kalau saat start pertama mobil agak bergetar dan harus dibantu injak pedal gas,klu sdh dipanasi normal start nya,dan saat idle keluar asap walau tdk byk,dan kalau AC on asapnya jadi banyak,apakah normal,mohon penjelasannya Pak Iwan,terima kasih Pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila unit bahan bakar beserta filter2 bagus dan bersih kemungkinan staioner kurang besar, dan ketika ac on asap banyak kemungkinan setelan vakum idle acnya terlalu besar .

      Delete
  52. selamat malam pak.saya mau nanya.saya punya mobil colt 120 ps,yag kurang tarikan alias ngak kuat mendaki.kalau buleh tau kira kira bermasalah dimana pak.? mohon diberi penjelasan.!

    ReplyDelete
  53. Om tlg info agak menyimpang mungkin, kalau aliran solar tidak lancar disedot oleh injektion pump kira kira kenapa ya om?bagian mana yg perlu diperbaiki dan disebabkan apa ya om?terima kasih Om Iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ada 2 kondisi, 1. memang sedotan dari ip lemah, 2. jalur ada yang mampet karena kotor atau ada retak rambut sehingga menimbulkan masuk angin di jalur solar , sementara jalur solar meliptui tangki bb, selang sedimenter beserta filter solar

      Delete
  54. Assalam . tarif kalibrasi bospom brapa ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikum salam ... untuk tarip nya itu tergantung dari bengkelnya dan pekerjaannya pak... tiap kota berbeda beda. tepatnya saya kurang tahu

      Delete
    2. Halo mas,mau tanya.kalo mau nambah tenaga taft kebo dimana ya stelan minyak nya?makasih suluan mas

      Delete
    3. coba stel klep, timing pengabutan sesuai standar dan jaga jalur kebersihan filter udara

      Delete
  55. Moo nanya mas.... mobil sy daihatsu. delta kode mesin DG... bisa hidup kalo dipancing bensin... apa sebab ya mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipancing bensin kok kayak mesin molen dongfeng aja, hehehee dgn dipancing bensin banyak faktor bisa dari busi pemanas kurang sehat, atau dinamo stater sudah nga sehat jadi putaran mesin kurang cepet waktu distater , atau jalur solar, ip dll sulit mengatakan itu kondisi dari mana

      Delete
  56. Mas iwan saya mau tanya ini...untuk ps 100 mitsubishi...supaya tenaganya joss...dan npass pnjang... Bagaimna caranya mohon di jelaskn trimakasihh...untuk muatan 5 ton

    ReplyDelete
    Replies
    1. didiesel ya anda bisa selalu menjaga agar filter udara selalu bersih, itu vital untuk tenaga sementara untuk mobil unit niaga saya ngak terlalu concern untuk menganjal turbo dan memboroskan setelan solar karena ityu bikin operasional membengkak dan membuat mesin menjadi panas karena egt naik signifikan ketika solar diboroskan

      Delete
  57. sy punya phanter higrid 95 mas Iwan.sebulan yang lalu sy ganti oli mesin,la pas ganti oli gardan,perseneling,kata tukang ganti olinya bilang oli mesin tinggal dikit.terpaksa sy ganti lagi tuh oli mesin.kenapa yah mas,kok cepet berkurang?padahal gak ada yang netes.terus kl pas narik gas dlm keadaan berat asapnya keluar banyak dari knalpot.tolong bantuanya mas.tanks mas Iwan.

    ReplyDelete
  58. sy punya phanter higrid 95 mas Iwan.sebulan yang lalu sy ganti oli mesin,la pas ganti oli gardan,perseneling,kata tukang ganti olinya bilang oli mesin tinggal dikit.terpaksa sy ganti lagi tuh oli mesin.kenapa yah mas,kok cepet berkurang?padahal gak ada yang netes.terus kl pas narik gas dlm keadaan berat asapnya keluar banyak dari knalpot.tolong bantuanya mas.tanks mas Iwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila tidak ada yang netes brarti olie mesin sudah kemakan mesin istilah motor bensinnya adalah ngebul, karena didiesel asapnya jadi tersamarkan oleh asap pembakaran solar. solusi ya turun mesin

      Delete
    2. Permisi pak.saya punya kia travello 2700 cc Permasalahan yg saya alami mobil spontannya kurang dan setiap saya start enggine mengeluarkan asap hitam dri knalpot.mobil boros tp tenaga kurang.mohon penjelasan dan solusinya pak.trims

      Delete
  59. Sore Om ikwan, panther saya LS01, jika suara mesin garing/kasar stateran enak tp kok keluar asap putih, terus klo agak d alusin stateran susah 2-3 kali baru nyala, kira kira apanya ya Om? Pengabutan sata otak Atik sendri Om, capek bolak balik bengkel karena hal ini....

    ReplyDelete
  60. pak saya bingung, mau setel baut load solar tapi konsultasi ke bengkel malah takut mesin panas katanya ,setau saya sih itu kan kalau mesin bensin bukannya diesel makin irit malah adem yah ? oh iya mobil saya kuda diesel 2001

    ReplyDelete
  61. Pak Sujatmiko, mudah-mudahan anda masih mengelola blog ini. Sy mau nanya sedikit.
    Tahun lalu sy beli Panther 2.5 th 97. Kondisi asap tebal dan hitam, Konsumsi bbm dalkot medan1: 10 (sebagai perbandingan dgn rute yg sama, inova reborn diesel 1:8.3 atoz 1:6, all new corolla 1:6. All metode full to full, Begitu macetnya kota medan, rata2 kec. 15kph jam brgkt & plg kerja)

    Setelah dilakukan cuci / bersihkan nozel dan turunkan boschpomp (disetel pakai alat canggih) kondisi asap tipis sekali, tarikan enteng spt inova diesel 2.5

    Namun konsumsi solar jadi boros 1: 8.5

    Apa gerangan Pak?
    Apakah tarikan enteng jd sebab boros?
    Solusi apakah bs hanya dengan putar baut load solar?
    Sementara ongkos serv boschpom dan injektor habis rp750rb. Terimakasih. Salam

    ReplyDelete
  62. Siang pak, saya punya LS01, kenapa tiap pagi asap tebal? Apa pengaruh dari pengabutan karena suara mesin kasar, sedang kalo suara mesin d halusin stateran susah tapi asap tipis, mohon pencerahannya Om....

    ReplyDelete
  63. Siang pak, saya punya LS01, kenapa tiap pagi asap tebal? Apa pengaruh dari pengabutan karena suara mesin kasar, sedang kalo suara mesin d halusin stateran susah tapi asap tipis, mohon pencerahannya Om....

    ReplyDelete
  64. Mas iwan. . nunpang nanya kalau untuk truk canter 125 super speed stelan fuel nya di sebelah mana ya mas. Sama di boshpum ada pipa terhubung dengananifol intake trus ada stelan di segel. Itu stelan apa ya mas sama kalau di stel, stelannya ke kanan apa Ke kiri mas. . trimakasih

    ReplyDelete
  65. Lam kenal mas iwan, mau nanya panther'01 saya pas nyalain mesin masih dingin harus tahan gas di rpm tinggi itu jg kadang masih suka mati mesin dan air radiator ada minyak kalo liat ganti oli mesin dan matic ga ada air kenapa ya, terima kasih sekali mohon bantuannya

    ReplyDelete
  66. Lam kenal mas iwan mau tanya panther01 saya pas nyalain mesin masih dingin harus tahan gas di rpm tinggi itu jg masih suka mati mesin dan air radiator ada minyak kalo perhatiin ganti oli mesin dan matic mah ga ada air kenapa ya mohon bantuan nya matur nuwun

    ReplyDelete
  67. Lam kenal mas iwan mau tanya panther01 saya pas nyalain mesin masih dingin harus tahan gas di rpm tinggi itu jg masih suka mati mesin dan air radiator ada minyak kalo perhatiin ganti oli mesin dan matic mah ga ada air dan asap knalpot sedikit keluar warna putih kenapa ya mohon bantuan nya matur nuwun

    ReplyDelete
  68. Ms iwan Untuk Isuzu dmax 2003; tidak bertenaga drop tarikannya, masalah biasanya dimana tq....

    ReplyDelete
  69. Pak Iwan...maaf nggak baca semua diatas,
    saya mau nanya nich mobil panther sy LM 2008 turbo, habis ganti piston dan ring nya, tapi begitu di pake perjalan Surabaya malang kok rasanyan nggak ada tenaganya kalau dipake nanjak (terasa berat sekali),
    kira2 apa saran nya ya? makasih Banyak

    ReplyDelete
  70. Maaf Pak Iwan mau nanya, panther saya hbs ganti piston dan ring nya
    tp sekarang kalau dipake nanjak malah kurang tenaga alias berat dan loyo, bias minta pencerah nya pak Iwan?

    suwun

    ReplyDelete
  71. Met pagi pak iwann...saya mo tanya nih kalo buat ngiritin putar jarum nya ke kiri apa ke kanan. Coalnya saya dah di stel ke bengkel klo tenaga lumayan puas. Tp solar nya ttp boros

    ReplyDelete
  72. slmt siang mas... minta bantuanya, mobil saya l300 diesel, ngga bisa stasioner terus keluar asap putih tebal, kalo di star musti di tahan gasnya, terus mendadak mati , udah di cek kompresinya kuat, semprotan noselnya juga baik sama kaya radiatornya baik,
    apinya bagus... trimaksasih sebelumnya

    ReplyDelete
  73. Selamat malam mas iwan mau tanya, taft diesel saya kalo start mesin belom panas asep putih tebal banyak bgt, dan tenaga tidak ada, apakah dari setingan timming nya? kalo mesin sudah panas asep nya normal tipis..

    ReplyDelete
  74. om iwan sekali kali tak tanya di sini.. Menurut analisa saya kikikikiki... Klo baut load solar di turunkan,konsumsi solar sedikit. Berarti kn suara mesin seperti mau mati? Trs baut stasioner di stel jd kn bunyi mesin sprti naik. Begitupun sebaliknya,baut load solar naik jd boros trs stasioner di turunkan. Skrg pertanyaan saya hehehe... tu apa Gak sama ja konsumsi solarnya? Edisi urung phm om

    ReplyDelete
  75. Mobil saya dina 130. Saya mau tanya, setiap di gas kenapa ada suara seperti banting klep ya. Ada yang menyaran kan saya di suruh setel kemiringan filpum nya..

    ReplyDelete
  76. Mas Iwan saya mau tanya: saya punya isuzu ELF NKR 71 masih Standart Pabrik, suaranya lembek asapnya ngak tipis sekali, sudah saya ikuti tutorial di atas tapi masih tetap sama, saya mohon solisinya mas Iwan, sebelumnya Terimah Kasih.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)