Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Menaikkan Performa Turbocharger anda dengan Instan

Maksimalkan Turbocharger Mobil Diesel anda hanya dengan Rp 3000 rupiah

Anda memiliki mobil yang dilengkapi dengan turbocharger?
Anda senang mengutak atik mesin mobil anda?
Anda seorang pengemudi yang enthusiast dan agresif ?
Bila ya berbahagialah anda karena dengan sedikit trik dan dapat dilakukan sendiri,

DIY ( do it yourself) anda dapat meningkatkan power mesin anda.

Ulasan Singkat =

turbocharger
Turbo Produksi IHI
Turbocharger adalah sebuah perangkat yang memanfaatkan gas buang dari exhaust manifold untuk memutar turbin kompresor, yang kemudian menghasilkan udara yang dimampatkan untuk meningkatkan kinerja dari sebuah mesin.

Udara yang dimampatkan itu kemudian diatur oleh wastegate (biasanya diatur oleh pegas), dari sinilah pabrikan mobil / Turbo Mematok angka Boost ( tekanan ) turbo di angka sekian psi (pound per squaer). Wastegate turbo akan mulai bekerja ketika boost mencapai titik yang udah dipatok dari pabrik, dengan cara katupnya akan membuka sehingga tekanan udara exhaust akan berkurang sehingga akan mengurangi kecepatan turbin pemutar sehingga boost akan menurun.
4JA1-T euro2
4JA1-L euro2
Dengan sedikit akal akalan kita bisa menganjal peer wastegate sehingga dari situ akan didapat boost yang lebih besar. ( tapi hal ini mohon hati hati bila diterapkan pada mesin bensin. Karena mesin bensin lebih ringkih dan lebih mudah jebol)

Dari pada pusing pusing yuk kita langsung praktekan saja. Kita ambil contoh Isuzu Panther  (dengan mesin 4JA1-T euro2) yang memang dari aslinya udah Dilengkapi dengan Turbocharger IHI RHF-5.


gambar 1
Gambar 1
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan :
  1. Tang Besar / Atau Tang Kecil.
  2. Peer Standar samping dari motor (gambar1). Sembarang motor mau Motor Honda,Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Atau bahkan Mocin (Motor Cina) sekalian juga bisa. Peer ini bisa ditebus seharga Rp 3000,00 ( harga tergantung toko yang menjualnya )
Cara Kerja : 
gambar 2
Gambar 2
1. Sebelum menonaktifkan wastegate terlebih dahulu kita harus menemukan unit turbo dulu. Unit turbo berasa di sebelah kanan mobil letaknya di exhaust manifold ( knalpot ). Gambar2
2. Setelah unit turbo ketemu coba periksa bagian bawahnya, ada sebatang tongkat besi yang bermuara di lengan dan berujung di alat semacam vakum. Yang ujungnya bulat ada plastiknya. 
3. Untuk lebih jelasnya lihat gambar2 .  disitu tampak sebatang besi kira kira sepanjang 12an cm, coba anda tarik batang besi kearah kiri, akan terasa ringan seperti ada peer yang menahan.
4. Tugas kita adalah membuat batang tadi lebih kaku (dengan bantuan peer ). Dengan dibuat lebih kaku maka peer wastegate akan lebih keras sehingga akan memperlambat bukaan katup waste gate. Caranya cantolkan peer ke tuas waste gate dan ujung peer satunya ke dudukan wastegate actuator. Hasil akhir gambar3
gambar 3
Gambar 3

Keuntungan Penganjalan WasteGate:
  1. Untuk Turbo yang udah di ganjal wastegate nya mesin akan terasa lebih responsif di putaran atas ( karena mendapat tekanan boost yang lebih besar )
  2. Pada mesin Diesel  dengan Menganjal Wastegate tidak akan mengakibatkan pemakaian Solar yang lebih boros. Karena kita hanya menambah boost saja ( karena diesel pengaturan tenaga di lakukan oleh injection pump).
  3. Mesin akan lebih responsif mencapai titik redline mesin (4250 rpm). Ketika mesin dengan mudah mencapai redline, tentunya daya maksimal yang diperoleh juga bisa lebih signifikan.
  4. Dengan Naiknya besar nilai boost dari mesin diesel, tentunya akan mengakibatkan semakin turunnya nilai EGT  (exhaust Gas Temperature) yang akan berakibat mesin Diesel makin dingin. Tentu akan memberikan efek keawetan yang lebih baik kepada mesin.
Kerugian Penganjalan Wastegate:
  1. Dengan Peningkatan boost turbo tentunya mesin akan dipaksa bekerja lebih keras ( mendapat tekanan lebih besar) yang kemungkinan akan menurunkan daya  tahan mesin. perangkat turbopun akan dipaksa bekerja lebih keras, tentunya durabilitynya akan menurun.
  2. Diminta hati hati pada waktu penerapan pada mesin bensin. Peningkatan Suplay udara pada mesin bensin harus juga di imbangi dengan pasokan bensin yang lebih banyak juga, jadi penerapan pada mesin bensin yang turbonya tidak dilengkapi dengan boost compensator.
Selamat mencoba.
ganjal wastegate turbo

85 comments:

  1. mantap pak tehniknya, klo wasgate saya ganjel sampe udah gak gerak lagi gimana pak???, sudah saya coba dan dari 60-80-100-120 naiknya cepat, dan mentok di140an

    ReplyDelete
  2. @anonim= kalau diganjal sampe ngak gerak brarti itu 100% full dimatikan, untuk kondisi ekstrim ada baiknya anda memasang Turbo Boost meter, Jadi Waktu High RPM anda bisa memantau tekanan Boost jangan sampai mendekati limit ekstrim ( diatas 2 Bar) ketika udah tekanan tinggi anda tinggal mengurangi pijakan gas untuk menurunkan tekanan boost di Turbo,... demi keamanan agar Impeler Turbo ngak Rontok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om.. tuas batang besi pada wastage turbo ispan saya keras di tarik ke kiri.. mohon intruksinya..

      Delete
  3. Om iwan kalo std nya panther boostnya sampe brp ya? Trus wastegate nya mulai buka di rpm brp? Punya sy suara turbonya sayup2 terdengar mulai rpm 1500 ke atas tapi diatas 2500 bunyinya sdh tetap (frequensinya) apa itu tandanya wastegate sdh mbuka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. standarnya brapa ngak trlalu tahu aku, kmungkinan biasanya bermain diangka 0,4-0,6 Bar, waste gate mulai bkrja bila dimesin ada suara desis, itu brarti katup buang dimanifold exht mulai membuka. :)

      Delete
    2. thx om iwan.. mungkin kalo ada rekaman suara yg dimaksud biar lbh jelas mohon di upload om thx..

      Delete
    3. Sangat Sulit merekam suara waste gate ketika kerja, karena anda tau sendiri kan Ispan Suaranya kayak Truck,... desisnya hanya sayup2 terdengar :)

      Delete
    4. Hehe betul jg ya..

      Delete
  4. Replies
    1. Sangat Bisa, ngak ada hubungan antara matic dan thurbocharger, itu adalah dua hal yang berbeda, satunya bekerja berdasar tekanan angin dari knalpot, satunya bekerja berdasar tekanan minyak hidrolid di ruang verneling .. :)

      Delete
  5. saya udah mencoba untuk trik yang ini, hasilnya memang memuaskan tenaganya terasa....

    sangat bermanfaat ilmu ya...
    thank's Om Iwan

    ReplyDelete
  6. Om Iwan gak takut panthernya bocor kompresi? Kan tekanan turbonya bisa naik dan menekan lebih ruang bakar tuh... :) Oya ada yang pernah mengalami bocor kompresi gak dengan melakukan trik ini yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap upaya peningkatan tenaga tentunya ada efek sampingannya ,,,, bila takut ya silahkan anda memakai unit standart saja, ... dan jangan mengeluhkan lagi soal tenaga yang pas pasan, karena modifikasi peningkat performa hanya untuk para pengguna Enthusiast ... :)

      Delete
    2. Klo untuk turbo bus hino rk..apa bisa om iwan dgn cara seperti tersebut...

      Delete
    3. Untuk Detail Turbo pada Bus saya tidak begitu paham, seharusnya sih sama aja, cuman beda dimensinya aja varian turbo pada bus dan mobil ber cc kecil...
      Sebenarnya pada turbo charger ada beberapa macam varian dari jenis wastegatenyam bisa model seperti isuzu (IHI RHF5) atau bisa juga dengan bantuan katup blow off ... :)

      Delete
    4. Saya pake panther LV 4JA1, non turbo. Add on turbo sdh +/- 10 taun, pakai CT 20, dgn Air ratio lbh besar dari turbo Panther std. boost di angka 1.5 Bar. Alhamdullilah aman sampai sekarang. Cmn krn sdh umur (km 200.000 an) Ring kompresi sdh mulai lemah, bs dilihat dr breather krn saya pakai oil catch tank & selang hawa saya buang keluar tdk masuk lg ke intake.

      Delete
  7. Itu sebenar'nya juga cuma seperti membuka katup udara gtu yg bang iwan fungsi dari wastegate ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar, wastegate turbo jenis ini hanya seperti jalur bypass dari knalpot untuk membuang sebagian tekanan gas buang agar tidak melewati bilah turbo sehingga pada akhirnya putaran impeler turbo akan turun dengan sendirinya :)

      Delete
  8. Om untuk kondisi standart turbo mulai aktif di RPM berapa...? terus untuk meningkatkan torsi mobil diesel di rpm bawah apakah turbo bisa di oprek..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk turbo panther euro 2 waktu stationer aja udah ngeboost .... jadi binun njawabnya ... he99

      Delete
  9. sore om iwan,mau tanya tanya soal turbo,puya saya elf nkr 55,suara turbonya kok gak begitu kedengaran ya,trus waktu diajak jalan gigi 3 gitu mentok di km50,seperti rpm gak mau naik,apa ada kerusakan pada turbocharger atau kebocoran kompressi ya om...mohon jawabannya..terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mengetahui kebocoran kompresi ya harus ditest di bengkel ada alatnya, setahu saya nkr 55, ya kan emang turbonya ngak terlalu besar suaranya boost ya emang ngak terlalu kencang, kecuali anda memodifikasi wastegatenya. urusan gigi 3 mentok 50 kpj itu saya ngak segitu paham perbandingan gigi pada small truck macam nkr, coba diperhatikan dulu trio filter dan jalur bahan bakar sapa tau ada yang mampet, kadang kala diesel itu penyakitnya hanya berasal dari hal hal kecil dan sepele. jgn kuatir mesin diesel ngak semudah itu bocor kompresi dan jebol turbonya he99

      Delete
    2. om numpang tanya?bisa bekerjakah wastegate saat rpm di naikan dlm keadaan mobil berhenti?trims

      Delete
    3. Turbo dan waste gate bkerja berdasarkan tekanan exhaust manifold dan intake manifod, jadi waktu anda mengeber2 mobil anda waktu diam, bila sudah mencapai tekanan peak tentunya waste gate tetap akan bekerja.

      Delete
  10. keras kali peer nya, susah nyankutinnya gak sukses- sukses aku --" (curhat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya pakai teknik dung, jangan cuman modal nekad aja, coba anda ambil kabel kopling bekas, lalu gulung menjadi lingkaran, lalu cantolkan peer ke wate gate, minta bantuan teman menarik kabel tersebut, sementara anda mengarahkan kait peer yang lain di turbo. xi99

      Delete
    2. Hahha,tehknik nya sama sperti saya pasng per standar tengah pada motor

      Delete
  11. Untuk canter turbo intercooler bisa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Unit teurbo Canter bisa saja diaplikasikan tapi kalau saran saya
      Kalau untuk truck lebih baik jangan diaplikasikan karena truck biasanya bekerja ekstra keras dengan mengangkut beban overload diatas Spesifikasi, Unit turbo sudah bekerja keras ngak perlu ki9ta paksa lagi mendekati limit, Beda ama mopbil penumpang yang penggunaan tenaga maksimumnya paling hanya sebentar ( buat overtaking dll)

      Delete
  12. Om iwan mw tanya ini benar yang bendolan yang bisa gerak ke belakang kan ? karena ini saya coba pada dasarnya klap nya sudah keras goyanginnya setelah di ganjel per motor ga bisa gerak.. apa tidak apa2 ya ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya benar, makin keras brarti tekanan boost turbo akan makin membesar

      Delete
  13. Om I Want, ganjel pake per standar motor dah tak aplikasikan. Lumayan banget tarikannya.
    Nah pertanyaannya, kira2 (dg ganjal per itu) pada rpm berapa katup akan terbuka.... ???

    Buat jaga-jaga biar kaki nggak kebablasan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena nga ada boost mternya ya silahkan dijga ritme mesin aja, hindari menekan pedal mesin pada redline pada waktu yang lama. kalau misal lagi kebut kebutan ya bila ada waktu istirahatkn turbo anda misal pada waktu menguntit mobil lain, oper gigi lima agar rpm turun atau ketika akan menyalip pke gigi besar dulu waktu nunggu ,ketika mau menyalib baru oper gigi rendah.

      Delete
  14. om untuk truk nkr 71 boleh nggak di setel kelep,karena truk saya udh 18 bulan dri daeler belum di setel kelep

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bukan stel klep, tetapi memeriksa celah kerenggangan klep, karena ketika dibuka dan diukur memakai puller, bila celah masih normal maka klep tidak distel.

      Delete
    2. slam om... cnter hd125,mnyk bros,tnga kurang.. apakah prlu turbo d stel..? trims...

      Delete
  15. Maaf om mau nanya, yang gambar 5, sangkutan per bagian kanan itu ga takut lepas ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama pemasangannya benar harusnya tidak lepas,

      Delete
  16. Mau tanya mas.. saya pake boost control di innova matic 2012. Meskipun hampir separo dibuka boost contronya tetap aja di boost meter terbaca 1.2. Boost meter merk shadow. Apakah itu karena udah dipatok ama pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang begitu hapal dengan boost control, maaf jadi tidak bisa membantu

      Delete
  17. Om iwan mau tanya,,biar suara turbo bisa kenceng di apkn ya om,,canter sya mlai beli bru suara trbuy plan bnget,,nyris gk ad suaray ,,mhon srany om

    ReplyDelete
  18. Biar suara turbo bisa kenceng di apkn om iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee ganti dengan turbo yang lebih besar. :)

      Delete
  19. pak kalo mau beli sensor kecepatan turbo dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin yang anda maksud boost controler atau boost meter??

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak ada peer hanya dicantolkan di badan turbo, ngak apa apa aman dan ngak bakalan lepas.

      Delete
    2. Wastage turbo ispan saya kenapa keras om.. padahal gak saya ganjal per... mohon intruksinya...?

      Delete
    3. Om.. wastage turbo ispan saya knp keras ditarik ke kiri atau ke blkng.. pdahal belum saya ganjal per.. mohon intruksinya mksh,.

      Delete
    4. Om wastage turbo saya stang besi keras saya tariknya.. padahal blm saya ganjal per.. mohon intruksinya

      Delete
  21. 1 Lg.. om. Iwan , saya dah coba di ispan smart saya.. ternyata wastage keras bener.. saya coba tarik ke kiri dan kanan keras.. kira2 apa wastagenya suda menutup apa bgmna.. om.. mohon penjelasanya..om.. minta tolong no.telf om iwan.. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuas wstegate ya cuman ditarik sesuai arah lengannya jadi kalau diispan maju mundur sesuai arah mobil, bila memang sudah keras kemungkinan peernya sudah diganjal. atu faktor lain misal macet dll

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Stang wastage pada turbo ispan saya knpa keras.. blm saya ganjal.. mohon infonya om..

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Numpang jualan ya oom2https://m.bukalapak.com/p/onderdil-mobil/mesin-mobil/turbo-parts/c9yoj-jual-turbochargers-td05h-14g-10

    Siapa tau ada yg memerlukan. Makasih banyak

    ReplyDelete
  28. om....minta infonya dong....kekurangan dan kelebihan mobil yang pakai trubo.....dan gunanya itu untuk apa...kebetulan saya baru mau ambil panther GT....mohon infonya om iwan...terimakasih..

    ReplyDelete
  29. om....minta infonya dong....kekurangan dan kelebihan mobil yang pakai trubo.....dan gunanya itu untuk apa...kebetulan saya baru mau ambil panther GT....mohon infonya om iwan...terimakasih..

    ReplyDelete
  30. om iwan saya mau beranya dan sedikit share aja nih...
    kelebihan dan kekurangan mobl yang menggunakan turbo itu apa khususnya di panther, dan gunanya turbo itu apa, saya ada rencana mau ngambil panther gt, sekali lagi mohon infonya ya om iwan. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelebihan turbo tentunya akan mendapat tenaga dan torsi yang lebih pada mesin/ dgn pemasangan yg benar tentunya. sedang kekurangannya karena ada alat tambahan tentunya akan membawa konsekuensi ada biaya tambahan bila dikemudian hari alat tersebut bermasalah. fungsi utama turbo adalah memberikan tekanan udara di intake manifold sehingga udara yg dikompresi akan lebih besar.

      Delete
  31. mas iwan kalo d mitsubisi canter 125 ps cara setel turbo nya gimana????? biar power nya naik?,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sama aja, anda harus memperkeras waste gate agar boostnya naik sebelum terbuant waste gate, atau dengan cara membuat filter udara lebih free flow juga naik itu ntar tenaganya karena udara yg diisap turbo lebih lancar

      Delete
  32. kalo mobil canter 110 ps engkel hilang tenaganya gimana???kecepatannya cuma 80km/jam,padahal km baru 8000

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mobil masih baru kan masih ada garansinya pak, bawa aja ke beres. mungkin itu jalur solarnya bermasalah atau setelan klepnya ngak rata ya bisa.

      Delete
  33. Berapa harga turbocharge panter touring 2005 yah mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda tanya ke dealer aja harga baru berapa, lalu bila mau murah bisa nyari turbo exp copotan / eks singapore. biasanya malah harga miring ama anda bisa mendapat turbo yg lebih besar

      Delete
  34. asslmm, mas iwan,, hino dutro 300 , lemot tenaga, tpi boros solar nya, pdahl mobil baru 2015. mhon arahan nya mas' agar ngacir , and irit solar nya, tks sblum'nya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau filter udara bersih masih lemot coba di periksa kerengaggan katup klepnya

      Delete
  35. Misi om iwan,kalau saya punya isuzu panther turbo,kalau di pasang blow off bisa gak? Biar gaya2 bunyi ces...ces...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung blow off nya pengaktifnya manual atau electronik bila electronik butuh ecu ya ngak bisa

      Delete
  36. Om iwan kalau panther bisa pake bloww off tidak?

    ReplyDelete
  37. Om kalo truk mitsubishi ps 120 bisa ngak dipasangkan turbo ps 125,,, mohon penjelasannya om,,

    ReplyDelete
  38. Kalau truk ps 120 bisa ngak dipasangkan turbo intercooler juga mas,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua mobil pada dasarnya bisa dipasang turbo beserta intercooler tambahan

      Delete
  39. Salam kenal mas.. saya pemakai innova diesel AT.. setiap pagi kalau saya brgkt kerja, saya dengerin mesin ada suara siulan meski saya injek gasnya cmn sedikit...RPM 1000 an.. saya bandingkan dgn mobil teman saya koq tidak begitu... kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara siulan itu dari suara turbo, terutama untuk yang mesin vnt atau vgt siulan sangat kentara, utnuk unit innova siulannya tidak sama suarannya itu tergantung dari penggunaan filter udara free flow atau ada modifikasi ganjel wastegate dll juga kondisi turbo itu sendiri

      Delete
  40. bang iwan mau nanya ni, pada bosch pump panther turbo ada semacam IC hitam bulat yg berhubungan dengan poros gas terus ada kabel 3 buah fungsinya utk apa ya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan selenoid, berfungsi sebagai pemutus suplai solar kemesin berfungsi juga sebagai pemati mesin jadi ketika kontak off maka selenoid menghentikan pasokan solar ke ip maka mesin akan mati

      Delete
  41. Om sorry ane newbie, kalo turbo bawaan pabrik saya kecil, mau ubah ke besar. Kira2 yang diganti apa saja selain turbo ya? Apa positif dan negatif nya? Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Sorry nih mas saya newbie, mobil saya peugeot RCZ, saya merasa perfoma nya kurang. Katanya turbonya terlalu kecil. Jika saya ubah ke yang lebih besar. Kira2 apa yang diubah ya? Dan keuntungan dan resiko yang akan terjadi? Rekomen dong merk apa turbo bolt on nya

    ReplyDelete
  43. Mas iwan bengkel Yg biasa pasang wastgate dimana ya. Tks mobil saya innova diesel matic thn 2008, tks

    ReplyDelete
  44. Aku liat dari kesimpulan berarti kalau udh di ganjel kyk gini abis itu di pakai blow off manual bisa ya om?terus suara turbo bakal lebih terdengar gak om setelah di ganjal?

    ReplyDelete
  45. Hallou mass, saya marcel dari papua (Jayapura), kami di jayapura lebih kebanyakan memakai Truck Canter Super HD 135, Saya pengen truck saya kuat kalau naik tanjakan (Gunung), ingin tenaganya kuat. Truck saya baru setahun dan belum di utak atik, bagaimana caranya agar saya dapat menaikan tenaganya ? mohon ilmunya, Hormat dan Salam dari saya PAPEDA(Papua Penuh Damai). Trimakasi

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)