Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Indirect, Direct Injection & Common Rail

Indirect, Direct Injection & Common Rail

galau indirect injetion

Sering Kita Mendengar Kalimat, Kalau Isuzu Panther 2300 cc itu Indirect Injection,

Kalau Panther 2500 cc Itu Sudah Direct Injection.
Kalau sudah Direct Injection Maka Terikan mesin Lebih Wush Wush Wush....
Kalau Kijang Kapsul Diesel Itu Indirect Injection.
Diesel Kijang Innova Sudah Common Rail makanya Halus 
Mesin Commonrail Lebih Irit, Lebih Bertenaga dll.
Daripada Berpolemik ngak jelas seperti Para Politisi dan Pemerintah,
Ayo Kita Bedah Satu Persatu

Sebelum membahasnya terlebih dahulu ayo Kita pelajari Siklus Kerja Mesin 4 Langkah ( 4 Langkah Diesel dan 4 Langkah Mesin Bensin)

Siklus Kerja Mesin 4 Langkah
Siklus Kerja Mesin 4 Langkah
Ada 4 langkah kerja dalam mesin 4 langkah, seperti namanya maka dinamakan 4 langkah, karena selain 4 langkah ada pula mesin 2 langkah, masih ingat mesin motor motor yamaha dan suzuki jaman dulu yang pakai olie samping. atau ada juga Diesel 2 langkah juga. ( akan kita bahas dilain kesempatan) 

  • Langkah Pertama namanya langkah hisap ( gambar pertama) pada keadaan ini bahan bakar beserta udara dihisap oleh piston (mesin bensin) sedang pada mesin diesel hanya udara saja yang masuk) 
  • Langkah kedua bahan bakar dan udara dimampatkan oleh kompresi dan setelah mencapai titik Mati Atas Maka Busi memercikkan api sehingga udara dan bensin akan terbakar (Sedang dalam diesel pada titik inilah Bahan Bakar Solar disemprotkan kedalam ruang bakar).
  • Langkah ketiga dinamakan Langkah Tenaga Piston terdorong kebawah.
  • Langkah Pembilasan, Bahan bakar sisa akan didorong untuk dibuang melalui klep buang dan untuk selanjutnya Piston akan memulai lagi langkah Pertama lagi, ini dinamakan 1 siklus Pembakaran. Semoga Jelas Ya .... 
Indirect Injection
Indirect Injection Pada Mesin Diesel
Indirect Injection
Indirect Injection
Sesuai Namanya artinya adalah injeksi tidak langsung, dalam sebuah mesin pembakaran internal, Mesin Indirect Injection bahan bakar disuntikkan secara tidak langsung ke dalam ruang pembakaran. Mesin ini dilengkapi Kamar Terpisah. Jadi Pada Mesin indirect injection ada 2 kamar yaitu ruang bakar utama dan Kamar yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat Nosel ( pengabut bahan bakar) dan Busi Pemanas. Jadi Sistem kerjanya adalah ketika mencapai TOP, Maka Solar disemprokan ke ruang kamar kecil, lalu terjadi Pembakaran dan pembakaran tersebut akan diteruskan kedalam ruang bakar utama. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar. 
Pada sistem Indirect Injection ini Biasanya dilengkapi dengan Busi Pemanas, Untuk membantu membakar bahan bakar pada waktu dihidupkan pada mesin dingin. 
Indirect Injection Pada Mesin Bensin
Indirect injection pada mesin bensin
Indirect Injection Pada Mesin Bensin
Bila Indirect Injection Mesin Diesel, Bahan Bakar Disemprotkan Pada Ruang Kamar Terpisah, Pada Mesin Bensin Indirect Injection Letak Nosel berada di sebelum ruang bakar atau berada di jalur intake ( biasanya berada di belakang katup hisap ) Jadi Ketika Terjadi Langkah Hisap Bahan bakar bensin disemprotkan nosel untuk kemudian terbawa bersama udara masuk, dan ketika langkah kompresi bahan bakar tersebut dibuang. Pada Mesin Karburator Tugas Nosel Injeksi digantikan oleh karburator.
Direct Injection
Direct Injection Pada Mesin Bensin
direct injection pada mesin bensin
Direct Injection Pada Mesin Bensin
Pada Mesin Injeksi Langsung Pada Bensin Nosel Penyemprot berada diruang bakar, jadi ketika langkah hisap maka bahan bakar langsung disemprotkan. Secara Garis Besar konstruksi sama hanya mungkin desain dan penempatan Nosel berbeda dari setiap pabrik mengingat pada bensin selain penempatan multi katup Nosel Injeksi, pada mesin bensin masih harus ada satu tempat lagi yang ditempati oleh Pemantik Api ( Busi )
Direct Injection Pada Mesin Diesel
direct injection pada diesel
Diesel Direct Injection
Sesuai Namanya Injeksi Langsung Pada Diesel jenis Ini, Sudah tidak memakai Kamar terpisah, akan tetapi konstruksinya sudah mirip seperti mobil bensin dimana letak nosel langsung di ruang bakar. dimana ketika langkah isap dan kemudian dilanjutkan langkah kompresi maka Bahan bakar Solar disemprotkan oleh nosel. ( pada beberapa varian diesel direct injection juga dilengkapi dengan glow plug atau busi pemanas seperti pada mesin indirect injection. Hal ini tergantung sepenuhnya dari desain masing masing pabrikan. 
Contohnya pada mesin Isuzu Panther 2500 tipe 4JA1 dia adalah tipe Mesin Diesel Direct Injection Tanpa busi Pemanas. 



Direct Injection Tipe Injection Pump
Injection Pump
Injection Pump 
Pada Mesin Diesel yang lama Mekanime Semprotan Diatur oleh Injection Pump atau kalau bahasa montirnya sering kita dengar Istilah BosPom. Injection Pump adalah Sebuah Pompa Injeksi yang memompa bahan bakar ke silinder mesin diesel. Secara tradisional, pompa injeksi didorong langsung dari poros engkol dengan roda gigi, rantai atau sabuk bergigi (sering timing belt) yang juga mendorong camshaft. Berputar pada kecepatan setengah poros engkol dalam mesin empat-stroke konvensional. Waktu penyemprotan bahan bakar hanya beberapa derajat sebelum sebelum Titik Mati Atas. Waktu penyemprotan biasanya kita dengar dengan Timing Pengabutan, Timing Pengabutan bisa dimajukan atau diundurkan sesuai dengan keinginan kita yang akan berpengaruh pada performa Mesin ( Kapan Kapan Kita ulas ya ...). Besarnya sistem tekanan injeksi dapat setinggi 200 Bar (sekitar 3000psi). 
Diesel Direct Injection Commonrail
Commonrail
Commonrail Sistem
Pada Sistem ini Fungsi dari Injection Pump digantikan Oleh Rail, Pada sistem common rail, bahan bakar dari tangki bahan bakar disuplai ke akumulator. Bahan bakar ini kemudian dikirim melalui pipa ke injectors (rail), yang kemudian disuntikkan ke dalam ruang pembakaran melalui nosel. Pada  Generasi awal Tekanan Bahan bakar sistem  commonrail mencapai 600-800 Bar, Sedangkan pada generasi ketiga common rail diesel menggunakan injector piezoelektrik untuk meningkatkan presisi, dengan tekanan bahan bakar hingga 1.800 bar atau 26.000 psi.
Beberapa Keuntungan Dari Common rail
  • Dengan tekanan injeksi (pengabutan yang sangat tinggi maka efisiensi dari mesin akan lebih tinggi ( efisinsi lebih tinggi tentunya bahan bakar akan semakin irit dan tenaga jauh lebih baik)
  • Mesin diperoleh getaran dan suara yang lebih halus.
  • Unit dilengkapi dengan Control electronik ( ECU) sehingga waktu pengabutan, timing pengabutan dapat dengan mudah dimanipulasi oleh Piggy back untuk diperoleh tenaga yang lebih baik.
Kerugian dari Common Rail
Mesin 4JK1
Hanya dengan menganti Injection Pump
dengan Commonrail (4JA1 ke 4JK1)
Torsi akan meningkat dengan Signifikan 

  • Karena bekerja pada tekanan yang sangat tinggi maka diperlukan lubang nosel yang sangat kecil di ruang bakar, oleh karenanya diperlukan bahan bakar bagus yang berkadar sulphur rendah. 
  • Kadar sulphur yang tinggi pada solar akan menyebabkan kebuntuan pada kepala nosel common rail. sedangkan sulphur sendiri bersifat seperti Timbal pada Bensin  yaitu berfungsi sebagai pelumas. dengan kadar sulphur yang rendah maka sering ditemukan Kematian dan kerusakan dini pada Perangkat Injection
Semoga Bermanfaat

117 comments:

  1. info yang bagus om iwan,direct injection yang memakai busi pemanas contohnya apa ya om??

    ReplyDelete
  2. Um Anonpm= beberapa varian Peugeot HDI atau Ford Ranger lama masih pake busi pemanas :)

    ReplyDelete
  3. om setel timing pengabutan itu darimana ya..
    artikelnya bagus om.

    ReplyDelete
  4. @um octtenz= setel timing pengabutan adalah menyetel waktu semprotan solar pada TMA, Biasanya kalau pada mesin sistem Injection pump, itu tinggal mengendori baut pemegang injection pump dan kemudian injection pump digeser kekanan searah jarum jam buat memajukan dan kebalikannya buat memundurkan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo gt ya.
      ntar klo maen kebengkel tak coba tanya2.
      thanks om yamato..

      Delete
    2. memajukan sdikit timing bisa mendapatkan sdikit tenaga, walau suara mesin akan lebih kasar :)

      Delete
    3. Klo mo stel katup si kucing 2.5 pake tanda top d fly wheel nga om,sebelah mana ya,gambarnya dunk bos...

      Delete
  5. Om, adakah hub yg signifikan, antara ketidakberesan bospom dengan temperatur mesin? Kucing 94, sudah ganti paking head silinder, ganti semua klep plus seal2nya, ganti water pump, korok radiator (kondisi coolant tidak berkurang/tidak ada kebocoran pd sistem pendingin), tapi sampai saat ini temperatur masih tinggi (jalan norma plus ac posisi jarum di setengah, kalau macet plus panas bisa sampa 3/4) Mtr nuwun. Eh iya, mana oleh2 dari Ghuang zhou?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau semua sudah normal, dan ternyata suhu di dasboard tetap tinggi ( setengah) ada banyak kemungkinan.
      1. yang dirasa benar sebenarnya belon benar. kadang ada kasus tertentu pengerjaan mobil yang menyalahi aturan, misal gasket silinder kop di beri sealer, sehingga sealr ketika ditekan malah menghambat manter jaket jalur air. itu ya bisa ...
      2. apakah benar sensor temeperatur di mobil anda? kadang itu ngaco juga berakibat seperti itu.
      3. Bospum adalah mekanisme [pengatur jumlah solar yang harus disemprok melalui nosel, bila kondisi bospump bermasalah tentunya aka menjadi masalah ke semua mesin secra keseluruhan. bukankah mesin bekerja secara sinergi antara satu dengan yang lain?
      Oleh olehnya foto di FB um wkwkwkwkkwww

      Delete
  6. Tambahan, asap normal, tenaga bagus, FC 1:13, silicone oil dalam visco fan sudah saya ganti dan sy isi sampai 3,5 tube @18ml.
    PM296

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila asap bagusm FC 1:13 ( untuk ispan 2300 FC segitu adalah istimewa (irit) maka temperatur di dasboard biarin saja, asal ngak melebihihi tiba tiba naik kesampe garis merah.coba ntar kalau hujan lebat diamati bila temperatur tiba2 anjlok jadi dingin brarti thermosthat anda sudah dilepas.

      Delete
  7. Betul Om, thermostat sy lepas dengan pertimbangan menghemat denyut jantung wkkk.... sebab kalau thermos dipasang maka siang maupun malam jarum temperatur nongkrong stabil di 3/4 so denyut jantung saya jadi gak karu2an Om wkkk....
    Tambahan info lagi nih Om, kemarin saya perhatikan jarum fuel juga tidak stabil, sebelum ac hidup jarum di setengah, tapi jika AC on maka jarum fuel ada di setengah lebih dikit Om... Kira2 apa nih penyakitnya Om?

    Wah mantap2 fotonya Om... ternyata di Guang Zhou gak ada tukang parkir yah wkkk...

    ReplyDelete
  8. @um 295= paling itu kabelnya ada yang ngeground, jadi jalur AC bersingungan dengan jalur kabel bahan bakar, atau kurang massa ya bisa. he9

    ReplyDelete
  9. Makasih om informasinya, sangat bermanfaat. Jadi keuntungan Common rail itu bisa lebih hemat Solar, mesin bisa lebih tenang, kurangnya tergantung kota di mana kita tinggal, apakah kualitas Solarnya sulphur rendah atau sebaliknya... Ok.. untuk investasi jangka panjang mobil bermesin diesel dengan teknologi Common rail yang paling baik (untuk saat ini) hehehe makasih banyak om ..

    ReplyDelete
  10. Sedikit masukan dari beberapa referensi yang pernah saya baca om, untuk mesin diesel sekarang sebenarnya solar yang dibutuhkan untuk pembakaran sudah tidak membutuhkan sulphur (belerang) sebagai pelumas. Seperti yang disampaikan diatas, kandungan sulphur dalam solar justru akan menjadikan endapan dalam injektor dan menjadikan injektor mampet. Sulphur hanya digunakan sebagai pelumas untuk mesin diesel keluaran lama. tapi yang terjadi di negara kita bahan bakar yang diproduksi terutama solar kualitasnya tidak ada yang memenuhi standar UERO. walaupun mesin yang digunakan sudah diklaim UERO 4 sekalipun kalau menggunakan bahan bakar yang ada dipasaran hanya akan bertahan beberapa bulan setelah itu emisinya sama dengan mesin dengan UERO 0. Dari pengalaman Uji Emisi di Lapangan, Fortuner belum ada 6000km menggunakan Bio Diesel menunjukan opasitasnya melebihi 50% ambang batas emisi untuk diesel baru dari LH maksimal 40%. hal tersebut menunjukan bahwa kualitas bahan bakar diesel (terutama kandungan sulphur) sangat mempengaruhi kinerja mesin tidak peduli menggunakan teknologi yang canggih sekalipun.
    sedikit yang bisa saya tuliskan, bukan bersifat menyangkal. hanya ingin sharing informasi saja.
    ada kurang lebih mohon maaf, wasalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkiu atas sharing dan masukannya um, ... disini kita saling berbagi ilmu dan bertukar pikiran, ditunggu komentarnya di topik topik yang lain um, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua ... :)

      Delete
  11. diantara mobil diesel yg sudah ada di indonesia yg sudah common-rail apa saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. truck Giga, Navara, triton, ranger terbaru, everst, bmw x1, 320d, pajero, fortie, ipah d4d, captiva, dmax, spin, peugeot hdi, dll

      Delete
  12. malem oom,,sy pemilik serena c26 2013,direct injeksi kaya diesel..barusan ini brebet,eeit ternyata injektor sama ruang bakarnya minta di bersihkan,karna kotor..haaaa padahal bru 11.000km plus min pertamax..kok bisa yaa..brati direct injeksi tu mmg harus oktan tinggi ya oom,sama harus bersih spbu nya?..tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bukan karena oktan yang rendah yang bikin mampet, yang bikin mampet itu sebenarnya kandungan sulphur dalam bahan bakar, ( ingat kan kejadian beberapa taun silan yang mobil2 bensin banyak tersumbat rotaknya karena kandungan sulphur yang tinggi), untuk semakin mengejar efisiensi sebuah mesin maka pabrikan akan memperbesar tekanan pengabutan, tekanan makin besar maka jalan satu satunya ya hanya memperkecil lubang nosel, biar bisa mengabut lebih sempurna, makin kecil maka makin rentan mampet bukan... Maka selalu pakailah bahan bakar yang sesuai rekomendasi. Maklum diIndonesia ini kan sebenarnya banyak mesin yang dipaksakan memakai bahan bakar yang klebih rendah mutunya karena alasan ekonomi ::

      Delete
  13. Om min bisa gak mesin direct injection dimodifikasi Jadi common rail??
    Tx Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Direct Injection adalah Penamaan Untuk Injeksi Langsung ( Pengabutan langsung ke Ruang bakar) Dewasa ini biasanya kalau sistem Common Rail Pastilah Direct Injection. Mungkin yang anda maksud adalah Modifikasi Injection Pump menjadi sistem Commonrail ?? Kalau itu sangat bisa karena hanya merubah sistem injeksi nya saja ....

      Delete
    2. kalo kia carnival TDI bisa d ubah gk mas, pengaruhnya apa aja? kisaran biaya berapa? tx om

      Delete
    3. semua bisa dirubah tapi ya apakah susuai biaya dan hasilnya, lebih muddah swap mesin ke yg udah commonrail saja.

      Delete
  14. mau nanyak mas iwan ; kalau mesin direc injention spt panther 2.5 kan masih memakai timing gear, berarti kalau sistem nya common real sudah ga pakai timming gear atau timing belt ya? ulasan di atas kan mengatakan kalau sistemnya sudah pki ICU,apakah ganti nya timming gear adalah sensor pada ruang bakar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dibedakan antara Timing Gear/ timing Belt dengan ECU, Timing Gear/ Timing Belt adalah sebuah penerus daya yang menyingkronkan gerak langkah piston dengan buka tutup katup/klep. Sedang Commonrail adalah sistem Injeksi bahan bakar yang mekanisme semprot diatur oleh sensor lalu di oleh oleh ECU. jangan Rancu.

      Delete
  15. Kang mobil saya panther mesin 2500cc direct injektion kandalanya klo nahan di gigi 2 kaya msin mo ceket pndah ke gigi 3 gtu jg malah mogok di tanjakan ..filter solar dan pompa solar ( glow) udh di bersihiin ..kira2 apa nya ya ..nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada beban berat lalu gigi 2 bisa pindah ke 3 itu bahasa jawanya adalah "Nglepeh" ada kerusakan pada unit gigi verneling.

      Delete
  16. Mas Iwan...mau tanya ispan 1997 aku ganti kampas kopling dan ganti seal...setelah jd dan aku pakai kok ada rembesan oli...dan aku tanya bengkelnya karena sealnya nggak pakai per sehingga mudah bocor... Apakah bener Mas?... dan apa yang perlu aku dilakukan supaya tidak rembes...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemasangan seal ngak bener itu, solusinya ya hanya bongkar lagi dan diganti seal lagi

      Delete
  17. numpang tanya mas bro; kucing saya nda mau distater padahal kontrol pemanas nyala (secara manual) selama 2menit tp tetep aja nda mau stater sampe akhirnya hrs didorong; yang bermasalah apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau didorong langsung Hidup, ya kemungkinan cuman ada di sektor pengerak ( dinamo stater dan accu) sehingga putaran mesin waktu stater kurang kencang jadi ngak hidup.

      Delete
  18. Kira-kira apa tandanya timing gear panter touring harus sudah diganti...mungkin dari suara misal gemana...atau dari getaran mesin semisal gemana juga...maaf om aku nanya serba gemana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya agak sulit mendeteksi suara timing gear rusak, kecuali kalau rusaknya sudah parah,... jalan satu satunya ya cuman melakukan pengecekan periodik misal tiap 200.000 rb km, atau ketika ada suara suara aneh yang tidak biasanya.

      Delete
  19. Bagaimana cara setting injection pump kendaraan bus hino agar irit

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk bus hino maaf saya ngak bisa membantu, sebenarnya di diesel kebersihan filter udara sangat berpengaruh pada keiritan mesin itu sendiri, coba selalu bersihkan filter udara bus anda secara priodik. ntar kan konsumsi solar akan turun dengan sendirinya + enaga didapat dan mesin lebih awet karena mesin menjadi lebih lean/ egt menurun

      Delete
  20. Kang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims

    ReplyDelete
  21. Kang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims

    ReplyDelete
  22. Kang kalu phanter sporty 97 pakai busi pemans apa gak? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk panther mesin 4ja1 dirct inc udah ngak memakai busi pemanas

      Delete
  23. Mau tanya pak iwan,, saya ada rencana mau beli mobil diesel mesin 1.3 common rail injection dgn turbo dan juga katanya sudah include dobel fuel filter,,, akan sejauh apa toleransi pada mesinnya jika nantinya minum solar subsidi minimal dalam waktu 5 tahun kedepannya?
    Apakah sama seperti toleransi mobil bensin yg diisi premium secara terus menerus? ,,FYI sekarang saya menggunakan sedan 1500cc vvt dgn konsumsi selalu premium sudah 6tahun dengan sekali turun tangki untuk membersihkan fuel filter dan sekarang baik-baik saja, apakah akan sama toleransi dr mesin diesel tersebut??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang ditakutkan dari solar subsidi adalah angka cetane number rendah dan angka sulphur yang tinggi, angka cetane berpengaruh performa sedang angka sulphur tinggi akan biki mampet nosel injction, tapi sekarang tampaknya konon bio solar udah sulphurnya lebih rendah. jadi melihat trend macam mesin D4D dan DID mitsubishi toyota itu kliatan sejauh ini aman konsumsi solar subsidi.

      Delete
  24. thanks infonya gan, sangat bermanfaat sekali buat kita...
    jika ada yang butuh perlengkapan bengkel, perkakas las, dll anda bisa kunjungi web kami http://goo.gl/aXB4wg
    kami menyediakan berbagai macam alat-alat bengkel, perkakas dll yang anda butuhkan.
    Trims

    ReplyDelete
  25. Om, kenapa mitsubishi kuda diesel saya kalau mesinnya dingin/pagi hari susah start (mesti 2-3x)..kalau nyala terus sesaat keluar asap putih berbau menyengat...tapi setelah itu hilang...dan kalau sudah panas..normal..startnya mudah...dan performa juga masih enak...pernah cek glowplug normal...menurut mekanik,kemungkinan kompresinya sudah turun...apa iya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kompresi turun ya mesin dapam keadaan panas tetap sulit hidupnya, coba check tegangan accu jangan jangan udah mulai soak sehingga putaran stater kurang maksmial. atau kemungkinan anda tinggal didaerah dingin, hingga bahan bakar sedikit beku

      Delete
  26. om..tipe pompa injeksi pada panther 2300c itu apa ya ? inline, distributor, jerk pump ?

    ReplyDelete
  27. Untuk direct injection bisa dipasang ecu atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. direct injection adalah sistem injecsi sedang ecu adalah pengaturan semprotan memakai unit electonik/komputer. direct injection manual seperti panther diatur ip sedang direct injection pada D4D udah diatur ecu.

      Delete
    2. Mas iwan blognya bagus sangat membantu memahami jenis mesin". Kalo yang seperti panther diatur ip, apakah mas iwan bisa menjelaskan tentang ip terserbut, terima kasih

      Delete
    3. Blognya bagus, sangat membantu memahami jenis" kinerja mesin mobil, kalo seperti panther kan diaturnya oleh ip, tolong pencerahannya tentang ip terserbut

      Delete
  28. Mohon sarannya Pak Iwan..Saya berencana mau ngambil mpv. Ambil solar atau bensin ya? Panther atau Innova? Soalnya selama ini saya pake Kijang Super '94 sampe sekarang msh enak bawanya, hanya kaki2 depannya aja yg beberapa kali ngulah..Tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat sulit menjawabnya karena itu lebih ke kegunaan dan fungsi dari mobil anda sendiri. setiap diesel dan bensin punya keuntungan dan kerugian sendiri sendiri hanya anda akan memanfaatkan yang mana. bila anda cenderung ke diesel ada panther dan innova diesel itu lebih ke kegunaan nya anda mau kemana, bila mobil hanya buat rekreasi, membawa keluarga dll alangkah idealnya anda mengambil innova diesel. tapi bila mobil anda juga digunakan untuk mobilitas tinggi, sewaktu waktu butuh muatan dll tentu panther lebih disarankan.

      Delete
    2. Pak iwan mohon saran, ford everest saya 2011 boros sekali, 1:6,5km apa yg harus dilakukan, saat ini pakai solar mix bio dan dex 50:50 and sudah ke ford 4-5 kali bulak balik dan permalsahan tsk selesai.

      Delete
  29. Mohon saran pak Iwan, mobil saya ford everest 2011-2012 common rail, keluhan boros 1:6,5 km sudah ke ford jaksel 4-5x keluhan tetap sama. Solar yg saya pakai skrng 50 bio : 50 dex (campur)

    ReplyDelete
    Replies
    1. commonrail semua semprotan sudah diatur oleh ecu, sedang anda sudah ke ford/ beres. tentunya sudah di engine scanner tapi mengapa masih boros. coba anda perhatikan pemakaian solar 1:6 itu kondisi macet atau tidak karena pengukuran jarak tempuh dgn pemakaian bbm di kota besar ya kurang mewakali pemakaian bbm karena macet. bila masih merasa sangat boros mungkin ada faktor x misal lem lengket, AC kompresor bermasalah dll. sehingga memberatkan laju kendaraan.

      Delete
  30. Mohon saran dan petunjuknya Pak Iwan, mobil kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk skali dan tdk bertenaga. thn lalu coba di Kalibrasi nozel sdh berkurang asapnya dan skg kambuh lg, ada yg bilang bospom nya rusak. Apakah benar indikasi kerusakan pd bospom nya pak karna mobilnya sdh lama.. Matur nuwun sblmnya Pak

    ReplyDelete
  31. Pagi Pak iwan, sharing ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih sebelumnya. Pak sy minta saran, kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk dan tidak ada tenaga. Setahun lalu sdh cb di Kalibrasi nozel dan asap berkurang trus skg kambuh lg. Apa ada indikasi injeksi pump sy rusak sesuai info mekanik... Matur nuwun pak.

    ReplyDelete
  32. Pagi Pak iwan, sharing ilmunya sangat bermanfaat, terima kasih sebelumnya. Pak sy minta saran, kia carnival diesel sy asap hitam nya ngebul byk dan tidak ada tenaga. Setahun lalu sdh cb di Kalibrasi nozel dan asap berkurang trus skg kambuh lg. Apa ada indikasi injeksi pump sy rusak sesuai info mekanik... Matur nuwun pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. diesel asap hitam tebal itu adalah identik dengan solar yang terlalu banyak diruang bakar sehingga tidak terbakar sempurna. sedang tidak sempurna pembakaran banyak faktor bisa dari nosel yang kencing , setelan solar berlebihan/ krn ada kerusakan, filter udara kotor , jalur bahan bakar terganggu, atau pemakaian bahan bakar sendiri yang jelek ya bisa berakibat seperti itu.

      Delete
  33. kalo mesin nissan RD10 pernah lihat gak mas,,, saya mau tanya soalnya..

    ReplyDelete
  34. Om iwan...mau tanya...saya punya ford ranger turbo 2008 dobel cabin..sekarang mobil masih dibengkel udah selesai ganti piston ama ring, bospomp dan nosel udah diservis dan distel tapi turbonya dinonaktifkan dengan menutup oli yg masuk ke turbo dan kipas turbo jg diambil..masalahnya..mobil kok masih berasap putih kalo digas/ dibleyer2 ..sampe2 bengkelnya pusing dan sudah konsultasi kemana2 tetep belum beres..mohon bantuan om iwan kira2 apanya om? Terima kasih..

    ReplyDelete
  35. Om iwan..mau tanya..saya punya ford ranger dobel cabin turbo,sekarang masih dibengkel baru aja ganti piston ama ring, bospomp ama nosel jg udah diservis dan disetting tapi turbo dinonfungsikan dg cara oli yg ke turbo ditutup dan kipas yg diturbo dicopot..masalahnya asap masih berwarna putih kalo digas/ bleyer2..kalo distart udah jreng..kenapa masih putih pekat asapnya om..,udah konsultasi ke mana2 kok tetep sama..mohon bantuan solusinya gmn om? Soalnya bengkelnya jg pusing mikirnya om..baru nemuin ini katanya...terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asap putih bisa macam macam, bisa dari bahan bakar/ karena kita kan sekaran solarnya dah bio, bisa juga dari top pengapian yang ngak tepat. tapi bila selama tidak ada konsumsi oli mesin ( berkurang) saya kira ngak terlalu bermasalah untuk asap yang putih

      Delete
  36. Mas Iwan, Injection pump Trooper saya mesin c223 ngerembes solar dari bagian atas injection pump, apakah bisa dibetulkan saja tanpa angkat injection pump? atau harus diangkat dan dikalibrasi ulang?

    ReplyDelete
  37. dear om iwan,
    saya pengguna panther miyabi 95 (2300cc)
    untuk mesin saya kurang paham, jadi mungkin bahasnya kurang tajam ke otomotif
    mobil saya dalam beberapa waktu ini sering sulit di starter, padahal aki baru pake yg 75amper, lalu asap hitam pekat sering menghiasi udara saat saya kendarai, selain itu pun tenaga jagoan saya kurang mantap, selain itu saat saya sedang stanby manasin jagoan rpm menurun perlahan dan jika tidak di injak gasnya sempet mati eh susah lagi di staternya.
    nah saya mau minta saran apa yg harus saya lakukan? apakah ada kerusakan dan yg harus di ganti?
    terimakasih atas respound dan ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sulit stater bila staternya putaran mesin kenceng (dinamao dan accu bagus) lalu sulit nyala, kemungkinan jgn jgn busi pijar nya bermasalah coba periksa.
      bila semua filter dah bagus dan jalur bahan bakar lancar, cobalah untuk memeriksa test nosel dulu sebelum kalibrasi

      Delete
  38. Mlm om iwan.
    Bagaimana cara menyetel irit bertenaga untuk mesin diesel degan sistem commonrail??

    ReplyDelete
  39. Mlm om.
    Gimana cara menyetel mesin diesel degan sistem commonrail biar jadi irit bertenaga? Soalnya saya punya truck boros tapi tidak ada tenaganya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. commonrail ngak bisa distel bisanya distel dengan mengunakan program, kalau cuman agar bertenaga anda bisa membuat kondisi filter udara selalu bersih da sedikit ganjal wastegate turbonya biar boost naik

      Delete
  40. numpang tanya ni om iwan,punyaku krista diesel 2003 busi bbrpa bln yg lalu susah buat stater trus sm bengkel katanta harus dipasang saklar manual busi pemanas yg harus dipencet slma 1mnt.mnurut om iwan gmn tuh?mksh atas pencerahannya

    ReplyDelete
  41. punyaku krista diesel 2003 bbrpa bln yg lalu susah buat stater terus kt bengkel dibuatin saklar busi pemanas manual yg hrs dipencet slma 1mnt sblm di stater.mnurut om gmn tu,atau ada pencerahan yg lbh baik.suwun.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. brarti ada kerusakan sensornya jadi kemudian di bypass, itu sih bagus daripada mengandalkan sensor ntar malah hidup terus kan repot. itu sistemnya jadi kayak diesel jadul kalau pagi harus pijit dulu 10-20 detik biar manasin ruang bakar, setelah mesin hidup dan panas anda ngak perlu pejet busi pemanas

      Delete
  42. Om iwan,bagi ilmunya dong. Saya punya ispan 1997. Belakangan saya perhatikan ada solar yg netes dr daerah inj pump. Kira2 yg biasa bocor itu di bagian mana ya om. Apa hrs ganti atau bisa diperbaiki om?

    ReplyDelete
  43. Om iwan,mau tanya ni. Saya punya ispan 1997,ada solar yg netes di sekitaran inj pump kira2 itu yg bermasalah apanya om. Harus gantikah atau msh bisa diperbaiki om? Trims

    ReplyDelete
  44. Saya memakai panther higrade 2.3 rencana mau ganti yang 2.5 mohon saran apakah banyak perbedaannya antara keduanya. Kalau sedikit saya tetap 2.3 saja trim

    ReplyDelete
  45. Mohon saran saya selama ini nyaman pakai panther 2.3 rencana mau ganti 2.5 bgmna keuntungan dan kelemahan keduanya trims terutama konsumsi bbm dan tenaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. keuntungan tentunya dgn direct ijection torsi dan tenaga mesin lebih baik, dan konsumsi bbm leih hemat, secara garis besar bila anda pernah memakai mesin 2,5 tentunya akan malas bila disuruh migrasi ke mesin 2,3 ...

      Delete
  46. Misi om panther saya 2500l turbo thn 2012 masalahnya sering kena nozle dan spring nozelnnya sudah 2kali putus,apa penyebabnya om dan gmn solusinya,thanks om

    ReplyDelete
    Replies
    1. nosel sering rusak dan ip sering bermasalah, penyebabnya selain pemakaian dan tipe pengemudi adalah kualitas bahan bakar, kualitas bahan bakar disini adalah filter solar, selalu jaga filter solar dan sedimenter selalu dala kondisi baik, dan jangan telat ganti filter solar

      Delete
  47. Mas Iwan Ysh.
    Saya punya Nissan Frontier 'ZD30DDTI 2005' injection/Boschpump sering bermasalah (2 x ganti). Ada info pompa solarnya dirubah dari semi elektrik ke Manual? (http://otomotifnet.com/Mobil/Tips/Ganti-Pompa-Solar-Semi-Elektrik-Jadi-Manual-Murah-Dan-Mudah).
    Kira-kira Injection pump jenis apa yg cocok ke Frontier?

    Demikian mas, terimakasih sebelumnya dan mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pompa electrick maksudnya pompa solar atau rotax?? bila rotax anda bisa memakai punya daihatsu zebra, lalu sumber tenaga diambilka dari kontak on, jadi ketika mesin hidup otak akan bekerja

      Delete
  48. Mohon bantuannya mas iwan.
    Saya ada mobil ford ranger 2.200 cc tahun 2012 kmren awal nya mobil ford ranger saya pernah mengeluarkan asap putih pak tetapi oli saya lihat tidak pernah berkurang dan mobil ford itu saya sewakan ke perusahaan pertamina pengeboran dan setelah selesai saya melihat mobil tersebut sudah di ganti di filter solarnya kata si pemakainya tetapi saya tidak melihatnya.
    Pas mobil itu hidup mobil itu tidak lagi mengeluarkan asap putih akan tetapi mobil tersebut kalau mau menghidupkannya di beri bensin dulu di injeksi ya yg kayak karburator baru dia mau hidup kalau gak di pancing pake bensin mobil tersebut tidak akan hidup terus mobil tersebut tidak mau naik rpm nya walaupun di pijak gas full rpm tetap di angka 2 .walaupun di jalankan iya tetap di angka 2.
    Tolong bener pak apa penyebab mobil tersebut soal ya udah 2 bulan ini mobil gak berjalan jalan pak saya bingung pak tolong bantu saya pak untuk selanjutnya terima kasih pak.
    Hendi sumatra selatan

    ReplyDelete
  49. Mas mohon maaf sebelumnya mas.
    Saya ada mobil ford ranger 2.200 tahun 2012 pak.
    Mobil saya ini gak bisa hidup apabila gak di pancing dengan bensin di injeksi ya yg kayak karburator itu pak di basahi dulu pakai bensin baru bisa hidup.
    Dan setelah hidup mobil saya rpm ya gak bisa naik pak walaupun di pinjak gas full tetap di angka 2 pak.
    Di jalankan tetap sama iya di angka 2 gak lebih.
    Tolong pak di beri masukan soal ya udah 2 bulan mobil gak terpakai pak.
    Selanjutnya terima kasih pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari ceritanya brarti unit ip bermasalah pak,

      Delete
  50. Mas iwan,..baru saja saya overhoul engine nissan TD42..marking di timing gear front cover sdh sesuai dan saat di start fuel sdh sampai ke ruang bakar dan menimbulkan asap..tapi kok masih belum mau running yah..type indirect injection dan glow plug not function..kalau memang masalah di derajat pengapian gmn caranya menentukan 15 derajatnya yah..??.trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf saya ngak bisa membantu, untuk mesin TD42.

      Delete
  51. Bang iwan,captiva diesel saya baru selesai overhoul (ganti liner dan ring piston),injektor sama mekanik ada di bersihkan lubang2 nya,kenapa yasekarang mesin jadi begetar dan tenaga bekurang (berat tarikan nya)
    Thanks

    ReplyDelete
  52. Mas iwan,captiva diesel saya baru turun mesin (bubut liner dan ganti ring piston),dan injektor ada di buka sama mekanik untuk di bersihkan lubang nya,tetapi sekarang mesin jadi begetar dan lemot tenaganya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan jangan ecunya ikut berubah, coba lakukan scan di beres, utuk mengetahui apakah ada yang berubah

      Delete
  53. Mas iwan... saya pemakai L300 diesel..., mobil mudah di start cuman kalau pagi keluar asap putih dan mesin bergetar.... kira2 10 menit semua normal lagi.. apa sebabnya ya mas...

    ReplyDelete
  54. MAS KNAPA INJEKPOM L300 SEMPROTAN DARI ROTER GK SAMA KIRA2 AP YG HARUS DI STEL BIAR SEMPROTAN Y SAMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ini kerjaan bengkel kalibrasi, salah sati servis kalibrasi ip, ya itu untuk meratakan jumlah debit solar tiap nosel agar sama

      Delete
  55. Mas, mohon bantuannya, saya py all new ranger tapi minyak boros sekali, asapnya hitam kalo digeber kira2 apanya yg salah mas, hidupnya stabil ngak ada kepincangan bunyi mesinnya, tolong bantuan nya mas

    ReplyDelete
  56. mo nanya ni gan,mobil saya ford everest 2008,kalo mesin panas starter panjang tp mesin g mau hidup..dibawa kebengkel katanya injektornya yang 2 rusak,tp giliran udh di ganti msh aja..dan skrg aki dipasang 2..mohon penjelasanya gan.

    ReplyDelete
  57. mau nanya gan..mobil saya ford everest 2008..kalau mesin panas starter panjang tp mesin gak mau hidup,di baa kebenkel katanya injektornya yang 2 rusak,giliran udah di ganti masih aja..mohon penejelasanya gan

    ReplyDelete
  58. Slm knal gan, sy dr papua. Mw nanya klw injector ford ranger 2,2 selenoidnya memerlukan arus brp volt ya..?? Maklum Gan, kita di pedalaman spa tau bisa di tes manul,heheheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selenoid kan dari accu tentunya arusnya 12 volt??

      Delete
  59. Saya berencana ganti mobil ke jenis MPV yg kapasitas muatannya lebih banyak, irit BBM krn selain utk bawa keluarga jln2 jg kemungkinan utk mobilitas rutin kerja. ALternatif pilihan saya saat ini adalah mobil bensin <1300cc dan panther 2.3 ato 2.5cc. Mohon bantuannya dijelaskan alternatif pilihan tsb. Makasih Pak Iwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk alternatif tergantung dananya juga, anda ngak menjelaskan dana tersedia berapa, utnuk mobil bensin yg muat banyak ya cuman seputaran daihatsu espas atau carry futura/ luxio atau kijang , sedang untuk diesel ada unit panther sedang untuk jalan jalan kluarga dewasa ini pilihan mayoritas masih ada untuk mobil berhidung macam kijang atau panther, sedang bila anda milih panther diusahakan anda harus mendapatkan mesin yang 2500

      Delete
    2. Om Iwan Yth mhn penjelsan sy punya pajero did v78 mesin 4m41 tiba2 bila posisi lansam mesinnya bergetar spt pincang gitu tp kl di rpm 1300 ke atas aman getaran hilang, sejak itu bila mau dibunyikan pertamakali di pagi hari begitu bunyi rpm naik smp 3200 br turun ke lansam mhn petunjuk n pencerahannya trims Om

      Delete
    3. Om Iwan Yth mhn penjelsan sy punya pajero did v78 mesin 4m41 tiba2 bila posisi lansam mesinnya bergetar spt pincang gitu tp kl di rpm 1300 ke atas aman getaran hilang, sejak itu bila mau dibunyikan pertamakali di pagi hari begitu bunyi rpm naik smp 3200 br turun ke lansam mhn petunjuk n pencerahannya trims Om

      Delete
  60. Mas minta nopenya, sy sdang cari bospom panther 2.3 buat chevy. Mator sakalangkong

    ReplyDelete
  61. Numpang blajar..Mas gmn ya caranya mau nambah debit solar,dbody injeksi in line ada bnyak bautnya.mhon maaf klo salah brtnya..

    ReplyDelete
  62. Mas mohon bantuannya mas panter pick up turbo susah di star kalau lagi dingin. Pernah tes nosel tekanannya 200 apa itu normal mas. Tapi kalau panas di star langsung nyambar. Pompa solar baru juga mas . Kira kira apa masalahnya mas.. makasih

    ReplyDelete
  63. Mas Iwan Yth, saya mengalami permasalahan dengan mobil isuzu d-max 2005 4JH1-TC, saya ingin mengganti bospom (fuel injector pump) dengan yg type manual tanpa harus melibatkan ECU atau perangkat electroniknya, karna setelah saya crosscheck, ternyata terdapat banyak permasalahan pada system Engine Control nya, jadi daripada saya harus mengganti terlalu banyak komponen yg notabene harganya "WOW", lebih baik saya rubah sistem pengapianya dengan menggunakan tipe manual seperti halnya panther, untuk itu, saya mohon pencerahanya dan pertimbanganya, kira kira bospom apa yg bisa dipasang pada D-MAX ini, agar saya tidak perlu melakukan perubahan yg terlalu banyak, demikian dari saya, terimakasih

    ReplyDelete
  64. Om mau tanya mazda bt 50 sudah pakai ecu tidak

    ReplyDelete
  65. bang mau tanya, mobil panther saya keluar asap ngebul dari selang pernapasan tapi tidak pada knalpot? apakah ada kemungkinan pernah mogok dipancing kompresi dengan BB bensin? suara mesin normal cuma asapnya yang gag tahan

    ReplyDelete
  66. om..saya penasaran dengan mobil panther touring saya th 2002, ketika cek bos pom kata mekaniknya bospomnya sdh bkn aslinya, katanya milik pather 2 5... jd mesinya tdk bias halus suaranya, susah di setel... mhn pendapatnya dan ciri2 bospom 25 sama yg punya touring itu gmna ya...trims iwan PM 889

    ReplyDelete
  67. Izin mas mau curhat, saya punya isuzu d max tahun 2005 mesin 4JH dan saat ini injection pump nya rusak dan sering kontak2, apa bila hidup lampu indikator engine suaranya pada saat di gas kasar dan ga ada tenaga,setelah di periksa menggunakan komputer yang di usuzu analisa komputer itu time running sircuit injection pump malfungsion.mengingat harga injection pump isuzu d max mahal jadi saya rencana mau menggantinya dengan injection pump yang manual, kira2 dengan injection pump apa ya yang cocok dan tidak mempengaruhi tenaganya krn tenaga d max ini cukup mempuni sekali pun kita ajak offroad yang sadis. Mohon pencerahan mas klu ada yang tau

    ReplyDelete
  68. Blognya sangat membantu memahami jenis" mesin. Mas iwan, saya punya panther 2.5 seri yang Ls yang tipe sebelum capsul, jika saya mau menambahkan turbo dengan intercoller apakah bisa ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  69. Pagi pak iwan, terima kasih share ilmunya. pak iwan bagi ilmunya lg. Sy mau tanya apakah proses kalibrasi bospom setiap merk mobil berbeda ya?

    ReplyDelete
  70. Saya punya panther 2,3....kalo bos pom nya d ganti punya 2,5 apa bisa ya?terus cilinder kop tempat busi pemanas di tutup aj pake las....so pake nozle sebangsa punya 2,5 ato pnya colt diesel kan mirip2 apa bisa ya jadi kayak direc injektion....kan dah langsung ke ruang bakar piston nyemprot nozelnya.mhon pencerahan

    ReplyDelete
  71. Mas iwan mw tanya ranger 2012 tidak mw di gas yg salah apanya mas pada pompa injeksinya...apakah bandul gasnya kebalik ya mas...

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)