Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther Bekas (TBR 541)

Panduan Singkat Membeli Isuzu Panther Bekas (TBR 541)

Fokus mengamati Mobil bekas
Tetap Fokus mengamati Mobil Bekas
Jangan tergoda Rayuan Penjual Mobil

Sering kali kita bingung ketika akan membeli Mobil Bekas, Terutama bila mobil itu adalah jenis Diesel, khususnya Jenis Isuzu Panther. Isuzu Panther adalah tipe mobil Pekerja Keras dengan Minim Perawatan (Mobil Badak istilah orang dunia otomotif menyebutnya), Kondisi inilah menyebabkan Unit Isuzu Panther Bekas yang ada dipasaran juga menjadi kurang perawatan, Karena merasa sudah Badak maka unitpun jarang dirawat dan terawat oleh pemiliknya ( tidak semua begitu lho ya) :)

Dari pada Pusing Ayo kita coba pelajari uraian singkat dari saya, siapa tahu bisa membantu anda yang kebetulan sedang mencari unit Ispan Panther Bekas, Untuk Contoh Saya ambil ISUZU PANTHER LV kode body TBR541 dan Kode Mesin 4JA1 (normaly aspirated) (Spesial Thangkiu Buat Um Andrie Setia Pradana (PM-218) yang menyediakan Unit Dagangannya sebagai Objek Foto)

Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering
Lay out dipstik olie, knalpot dan daerah powerstering
1. Pertama kali dalam membeli mobil tentu anda akan membuka mesinnya bukan, mari kita coba telusuri dari mesinnya, karena kita tahu unit Diesel mesin adalah vital, karena bila anda dapat bermasalah tentunya akan membuat Kantong menjadi jebol. Dari gambar pertama itu adalah gambar dipstik olie, daerah knalpot ( exhaust Manifold) dan power stering. Seperti Patron pertama yang harus kita ikuti adalah Mesin harus Kering, untuk itu silahkan teliti daerah-daerah tersebut apakah ada rembesan olie, kondisi baut-baut beserta ringnya, bila masih utuh dan simetri, misal baut masih bentuknya sama, kepala baut masih utuh belum banyak yang luka, ganjal ganjalan ring dan lain-lain brarti anda mendapat mesin yang berkategori utuh.
2. Waspada terhadap olie mesin, anda harus memeriksa olie mesin, dari mobil itu, caranya tarik dipstik olie mesin tersebut, olie mesin harus normal, tidak boleh kental, bila olie kental maka waspada penjual telah memberi olie yang lebih kental agar mesin lebih halus ( menyembunyikan suara kasar). Jika Mesin masih dingin silahkan buka tutup radiator, bila radiator keruh berwarna coklat itu menandakan pemiliknya ngak terawat, tapi bila dibuka air radiator berwana hijau atau merah berarti unit pendinginan mesin terawat (mempengaruhi performa dan durabilitutas dikemudian hari)
3. Setelah semua dirasa bagus mulailah anda menghidupkan mesin, Waspadai dengan bunyi bunyian aneh yang tidak wajar, coba gas dengan pelan, mesin yang bagus suaranya masih Padat dan pada waktu gas dilepas seelah diinjak ngak ada bunyi bunyian yang mencurigakan waktu mesin kembali ke posisi idle (stationer)
Ketika mesin hidup dan setelah agak panas, cobalah buka tutup olie mesin, bila keluar asap tebal waspadalah unit mesin sudah bocor kompresi. bocor kompresi brarti unit mesin sudah memberi aba aba untuk minta di overhoul.
Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan
Daerah transmisi, Kolong, dan Gardan
4. Setelah mesin di check dan bila anda sudah cocok, maka teruskan pengecekan, tapi bila sudah merasa ragu ragu segera tinggalkan mobil itu untuk mencari unit yang lain. Pada gambar berikutnya, Seperti halnya bagian mesin priksalah dari kebocoran pada unit transmisi dan gardan, sambil mengecek bagian bawah tidak ada salahnya anda melihat sekalian kondisi dari lantai body bagian bawah, lihat dari karat, baut2 dan lipatan lipatan body (pertemuan plat-plat) mencurigakan.
daerah body
Daerah body
5. Setelah semua baik mari kita melangkah lebih lanjut untuk melihat body, Body non Spet ( cat ulang) akan lebih baik, tapi itu tidak terlalu menjadi soal, yang lebih penting adalah keutuhan dan orisinal dari plat2 body tersebut. Karena Mobil adalah unit bekas, dan Isuzu Panther sendiri berbodi Besar (MPV medium) tentunya body lecet2 atau luka adalah wajar. Unit mobil bekas yang sudah dicat ulang selama Plat2 bodynya masih utuh tentunya bagi Penulis tidak menjadi masalah, (malah bila mendapat body yang habis dibangun, tapi dengan catatan bahannya mentah mobil bagus itu akan menghemat anda merawat cat body untuk beberapa tahun kedepan) Perhatikan gambar2 diatas, setiap plat plat perbatasan pintu, engsel semua harus simetri dan berjarak sama, dengan berjarak sama dapat dikatakan bahwa unit itu tidak ada masalah dengan engsel pintu, bekas kenteng dan bekas dempul, Ada cara Kuno dari Orang2 dengan memukul memakai tangan bagian body bila terdengar nyaring brarti body masih kaleng, Cara ini sih benar tapi ngak sepenuhnya benar, karena hanya bisa untuk unit yang berdempul tebal, sementara yang berdempul tipis bunyinya tetap nyaring, akan tetapi dengan melihat Nat Nat (Sambungan Plat-plat body) perbatasan dari pintu kita sudah tahu mobil itu utuh atau tidak tanpa mengetuk2 bodynya memakai tangan.
Interior
Interior 
6. Bagian Interior, Pastikan unit2 engsel2, kait2 pintu juga bagus, coba banting pintu untuk melihatnya menutup, pintu yang masih bagus akan terdengar menutup dengan mantap. lihat juga detai2 dari AC, Tuas-tuas, indikator spedometer semua harus berfungsi dengan baik. Selagi anda di Kabin Pengemudi Ketika mesinsudah hidup cobalah putar kemudi kekanan mentok dan kembali ke posisi normal ( mengetes kerja power steering) waspada bila ada bunyi aneh, mesin beradu. Lalu coba injak kopling dan masukkan gigi verneling dari angka satu sampe ke R, semua harus lancar dan ringan, Bila terasa ada sendatan, waspada terhadap unit gigi transmisi.
7. Tak kalah pentingnya adalah silahkan anda melihat kolong dari dasboard mobil , bila kabel2 nya masih tertata rapi brarti anda mendapat mobil yang utuh ( pemilik lama tidak suka memodifikasi elektronik yang berlebihan, kabel rapi dan asli menjamin mobil lebih sedikit mendapat masalah wiring dan konslet dikemudian hari.
8. Jangan lupa lihat ujung2 dan lipatan2 besi dari kolong dasboard bila ternyata ada karat dan kotor karena tanah, waspadalah unit mobil itu bisa saja adalah bekas terkena banjir. mobil bekas banjir memang bisa di rekondisi tapi itu akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.
9. Priksa plafon plafon (langit-langit), Plafon yang utuh harus rajin, bila sudah direkondisi tidak akan bisa terlihat seperti gambar. juga periksa sambungan plafon dengan karet karet list pintu. Sembari memeriksa tidak ada salahnya anda mencoba kerja powerwindow, bila ngak dilengkapi power window silahkan putar tuas engkolnya,
10. Demikian beberapa titik yang perlu anda periksa, tidak ada salahnya anda membawa teman (Kir Master) yang lebih advanced dari anda mengenai permobilan, bila mau membeli mobil (dengan catatan, Ajaklah teman yang jujur jangan sampai anda malah kena double makelar dari kir master anda) ( teman yang anda bawa ternyata lalu meminta komisi tambahan dari penjual mobil secara diam diam (permufakatan Jahat) untuk kemudian akan membelokkan image dan pendapat anda agar segera membeli mobil itu) (Maaf Kejadian seperti ini sangat banyak dan sudah wajar terjadi di dunia Jual Beli mobil yang kejam).

11. Urutan pengecekan mobil bisa dibalik, anda dapat memeriksa body terlebih dahulu, karena biasanya kontak fisik pertama dalam membeli mobil adalah melihat body dulu, terutama bila anda melihat di showrum mobil bekas, jangan terburu-buru jatuh cinta kepada kemulusan body, karena kita tahu mobil di showrum bekas semua sudah dipoles dengan maksimal, beda halnya bila anda membeli dari pemilik pribadi.

Semoga Bermanfaat

203 comments:

  1. Salam kenal lebih dulu ...

    Mohon kesediaan nya untuk bagi2 pengalaman tetang SHOCK BREAKER BELAKANG NEW PANTHER TH 2000.

    Selain SB bawaan ( original ), mungkin ada SB yg lain atas dasar pengalaman anda, unyuk lebih mendapatkan kenyamanan.

    Bila berkenan ... jawaban kami tunggu via email.

    Terima kasih

    Hormat kami yang minat jadi anggota

    lukman santoso
    lukmansan@gmail.com
    di bandung


    ReplyDelete
    Replies
    1. shock belakang itu tergantung dari selera pengemudi, bila anda pengemudi yang enthusiast pada kecepatan maka disarankan untuk memakai shock yang lebih keras, dan sebaliknya, untuk shock belakang dapat mengunakan merk lain selama asal memperhatikan jarak main shock pada waktu bebas mendapat beban dan mengantung.
      Salam kenal bos, bila anda ingin bergabung dengan Klub Panther Mania, silahkan meluncur ke Panther-mania.org, atau klik aja gambar Panther mania disamping blog saya, :)

      Delete
    2. mohon bantuan informasi penyebab lampo o/d aff menyala pada panther ls matic 2011, dan berapa biaya perbaikan pada sepionnya yang tidak berfungsi lagi... trimakasih.

      Delete
  2. gambarnya kekecilan,mohon diganti yang resolusinya lebih besar,biar kalau di zoom bisa terlihat jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gambar memang saya perkecil seukuran WEB agar blog menjadi tidak berat waktu di buka, Gambar disini hanya sebagai panduan saja, :)

      Delete
  3. Maaf om Iwan saya nubie mau tanya....Untuk cari panther yang pake turbo, hal apakah yang harus pertama kita liat terutama di bagian mesin????

    thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. khusus turbo panther = perhatikan suara suara di sekitar turbo, bila ada denggung yng keras waspada unit turbo bermasalah, lalu perhatikan wastegate dll apakah ada kelainan ) sangat sulit untuk melihat kerusakan turbo hanya berdasarr visual aja krn penyakit nya biasanya kebocoran ada seal seal olie atau jalur pendingin .

      Delete
    2. lihat fisiknya aja, ngk boleh ada rembesan olie dll, juga ketika idup nga aada bunyi2 kaasar dsb.

      Delete
  4. Lam kenal om.
    Mohon masukannya untuk yang matic.
    Apa saja yang perlu diperhatikan saat hunting.
    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. matic ya silahkan ngolong dilihat fisik dari rembesan2, lalu hidupkan mesin lihat indikator instrumen di dasbord, lalu test jlan untuk mencoba kick downnya berfungsi tidak, smbil rasakan perpindahan gigi otomatisnya .... :)

      Delete
  5. Salam kenal, Om, klo melihat AC nya masih bagus ato tidak gimana caranya ? thks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling gampang ya hidupkan AC, terus harus dingin, lalu cobalah periksa kerja thermostatnya dengan cara mengeser tombol suhu harus bisa mati atau tidak kompresor. terakhir waktu AC bekerja periksa kompresor AC deteksi terhadap suara suara yang tidak wajar. :)

      Delete
  6. Slm panther mania...
    Maaf pak sy mau tanya panther sy thn.2000 dlm keadaan mesin hidup lalu mesin dimatikan ada bunyi klotok2 ?
    Dan ada suara gemuruh tp kalau koplingx diinjak suara gemuruhx hilang !
    Mohon pencerahan & solusix !!
    Sblmx terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara mesin dimatikan ada bunyi klotok klotok itu bisa bermacam2 asumsinya, bila dari luar mesin maka bisa saja datang daari gantungan knalpot dll karena goncangan terklalu keras ( efek engine mounting sudah keras)
      Sedang kalau suara gemuruh lalu kopling diinjak hilang kemungkinan bisa dari lagernya kopling atau kemungkinan terbesar bisa saja dari metal jalan/ duduk yang goblak sehingga ketika dikopling maka kedua area itu ikut tertekan sehinga bunyi berkurang ( tapi sangat jarang kasusnya). deteksi suara sangat bermacam2. :)

      Delete
  7. maaf mau tanya om Iwan...asap panther saya koq putih kenapa ya,saya chek oli mesinnya nggak kurang..solusinya gimana om..?Trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap putih itu bisa macam macam pak, kalau memang olire mesin ngak berkurang, coba setel klep dulu sesuai spek, lalu chek timing pengabutan, setelah semua normal anda bisa melakukan purging dulu ke unit mobil anda beserta memastikan kesemua filter bagus. lalu cobalah melakaukan Italian Tune Up .... dan coba dilihat apakah asap putihnya masih keluar.

      Delete
    2. trima kasih masukan nya mas yamato.....sangat bermanfaat

      Delete
    3. Maaf pa mau tanya, panther saya tahun 1994 klo udh jalan jauh kira2 10km air radiator keluar dari selang pembuangan uap oli itu kenapa ya? Kadang aliran airnya lumayan banyak pernah sampai habis. Tapi air yg keluar bersih tidak bercampur oli. Mohon pencerahannya. Trims

      Delete
    4. Kasus yang aneh, harusnya air itu kalau ada kebocoran di mantel jaket ya harus bercampur dengan olie dari mesin, Kalau air radiator dampe keluar dari napas hawa mesin brarti mantel jaket radiator ada yang bocor ( bisa bocor dari perpack atau dari silinder head yang pernah melengkung ( tidak rata)

      Delete
    5. Trima kasih atas jawabannya pa. Tapi apakah panther 2300 itu ada masalah karena temperature nya selalu di atas c satu baris? Jd bekerja dibawah suhu normal sehingga terjadi kebocoran radiator? Tetapi kondisi oli normal tidak berkurang dan tidak bercampur dgn air. Trims sebelumnya

      Delete
    6. Ya ada salah kaprah dari beberapa orang mengenai posisi jarum temperatur mesin, mereka beranggapan bahwa mesin harus dingin dengan jarum berada di C, padahal tiap mobil setelan dari kondisi normal saja udah berbeda letak jarumnya, ambil contoh panther kotak 2500cc itu tempertaur standarnya ada di 1/4 sementara buat panther kapsul standarnya ada di 1/2. jadi ngak perlu dirisaukan. Anda boleh risau ketika temperatur berada diatas 1/2 atau 3/4 atau malah masuk ke garis merah ... lha itu baru darurat, wajib minggirkan mesin untuk diperiksa

      Delete
    7. Ok pa terima kasih informasinya sangat bermanfaat. Salam

      Delete
  8. Mau nanya Mas,
    1. apa fungsi turbo pd mesin.
    2. Ispan generasi pertama apa sdh. sistem turbo?
    3. Apa mesin yg blum turbo dapat dipasang turbo?
    Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Turbo alat yang dipasang di exhaust manifold memanfaatkan gas buang untuk memutar turbo yang kemudian turbo akan menghasilkan udara bertekanan yang disalurkan ke intake manifold,
      2. Ispan mulai turbo ada di generasi kapsul matic. turing dan kemudian semua unit panther setelah 2007 (euro2)
      3. Semua mesin pada hakekatnya bisa dipasang turbo

      Delete
  9. Trims jawabannya. Mau nanya satu hal lagim panther sy (TBR 52 thn 95) itu tda. difungsikan lagi pompa olinya. Istilah bengkel sdh di bypass. Bgmn mEnurut Mas Iwan...? Apa tdk ada pengaruh ke mesin atau akselerasi...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya pompa olie di bypass gimana? apakah maksudnya udah ngak pake filter olie lagi ? atau gimana ?? kan unit pompa olie harus bekerja ketika mesin bekerja kalau ngak ya 1-2 menit mesin pasti hancur bila pompa olie ngak berfungsi

      Delete
  10. Mw tanya Mas Iwan, panther 2008 sudah jalan 100 rb km,apakah sudah wajib ganti engine mounting. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. engine mounting itu hanya piranti kenyamanan, sebenarnya kalau mau bagus ya tiap beberapa tahun sekali wajib ganti karena karet sudah mampat mengendong mesin

      Delete
  11. MAaf Mas, maksunya Yang dibaypass itu pompa solarnya Bukan pompa oli.
    Trimakasih jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pompa Solar pada Isuzu panther itu selain berfungsi sebagai pompa dia berfungsi sebagai sedimenter alias alat penangkap air pada solar, jadi apakah bermasalah atau tidak ya namanya juga kehilangan sebuah fungsi tentunya akan kurang maksimal.

      Delete
  12. Maaf om mau tanya, klau kemudi dputr kekanan mentok n ad suara mesin beradu, tu mksdnya gmn om ??

    mohon penjelasannya n ap yg hrus dwspadai ?? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika stir diputar maksimal ke kanan, itu yang bekerja adalah pompa powestering dan unit stering dari roda seperti joint dan terot,.. jadi coba silahkan periksa kondisi kaki kaki mobil anda.

      Delete
    2. Aki sering nge drop ga bisa suplay strom ke dinamo starter, bahkan sudah ganti dgn yang baru tetap drop. Apa yang hrs diperiksa...?

      Delete
    3. Kemungkinan Alternator anda tidak berfungsi optimum, silahkan meluncur ke topik
      http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/mengenal-accu-aki-akumulator-baterai.html

      Delete
  13. Maaf om, mau nanya..saya punya panther 95 (2,3)..klo setiap oper gigi persneling dari 1 ke 2 koq agak susah tp 3 ke 5 terasa lembut. Trus lampu hazard dan lampu sein nya gak mau hidup, pernah ada keluar bau gosong dr bwh dashboard, apa ad mslh dgn kabel body ya..! Mohon komentarnya om trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa dulu Olie verneling ganti sesuai spesifikasi dan cek Kabel kopling anda, setel sesuai dengan aturan. Kadang Setelan kurang Prei juga bikin perindhan gigi alot, tapi bila semua oke ya siap siap aja fifi transmisi anda udah ada yang aus.

      Delete
    2. Sam Nawi kucing ayas hi sporty 1998 jarang diajak jalan2 smp skr blm nyampai 100 rb km. Hanya dibawa ke kantor aja yang jaraknya pp g smp 10 km. Barusan ayas beliin prestone diesel fuel treatment. Disitu tertulis " treats up to 35 gallons". Apa ayas tuang seluruhnya untuk satu kali full tank atw separo aja, yang separo untuk diisikan full tank berikutnya? tengqu sblmx

      Delete
    3. kalau 35 galon lebih dari 120 liter, ya sebaiknya anda bagi 2, dan sisanya disimpan untuk treat 5000 km yang akan datang.

      Delete
  14. Kamsia Sam. Boleh tanya lg ya Sam, kucing ayas klo pedal gas ditekan mendadak bukannya kontan lari , tp malah terkesan tenaganya berkurang. Apa terlalu boros BBM? Tolong ayas dikasih pencerahan. Juga artikel ttg plus minus memajukan timing pengapian selalu ayas tunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu tergantung dari kondisi um, bila misal anda masih pake gigi 4 jalan pelan lalu gas ditekan mendadak tentunya mesin akan seperti kehilangan tenaga, wajar itu, tapi bila anda pake gigi sesuai dengan kecepatan harusnya ketika di gas mendadak ya mesin akan lebih responsif, :)

      Delete
  15. Gigi sesuai kecepatan Sam. Misal dari gigi satu ke gigi dua gitu. Jadi hrs "nggiring". Trus kenapa ya Sam n minta tips solusinya sekalian. Pengalaman yg membuat jantung deg2an ayas alami wkt naik tanjakan di cangar klo qt parkir di bawah. Gigi satu , pas mau belokan patah + tanjakan, ayas tekan gas eh malah libom tmbah krg tenaga n mw melorot. Akhirnya gas sedikit ayas kurangi n libom mau jalan walau ban belakang sempat muter kenceng terlebih dulu. Penumpang 3 org, 2 dpn n 1 ditengah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sistem gardan panther kan belum LSD jadi bila salah satu roda kehilangan traksi tentunya tenaga mesin hanya terjadi di roda yang berputar, Bahaya itu bisa nguling kalau ekstrim. Tanjakan Curam dan belok mendadak lalu ban belakang selip itu hanya faktor ketrampilan pengemudi saja. itu sama kasusnya ketika anda nanjak lalu salah satu roda belakang menginjak tanah basah bukan aspal tentunya mobil akan spin dan kehilangan traksi,

      Delete
  16. Tambahan Sam, filter oli, filter solar baru n ori. Filter udara karena msh bgs cuman dibersihin aja. Pelumas baru ganti smua dr jenis terbaik.

    ReplyDelete
  17. mas iwan, sy punya panther pick up 2005 , kalau ac di nyalain kok getaran mesin bertambah besar,sehingga pas nanjak kalo posisi ganti gigi ngga pas mesin bisa mati, pas di matikan ac nya kembali getaran normal kembali, apakah penyebab nya..mungkin mas iwan bisa punya solusi nya...trims berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah ketika AC dihidupkan kondisi stationer mesin anda menurun?
      Bila ya kemungkinan vakum AC nya ngak bekerja ( kabel copot dll0 atau setelan kurang besar, atau untuk kondisi yang ekstrim ada kerusakan pada kompresor AC anda sehingga putaran menjadi sangat berat sehingga membebani mesin anda

      Delete
  18. panther terkenal sangat irit. bagaimana perbandingan konsumsi bahan bakar antara mesin konvensional dan menggunakan turbo?mana yg lebih irit?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Diesel Konvensional pengaturan pemakaian Solar diatur oleh injection pump, jadi misal anda memeliki mesin A non turbo pemakaian Solar 1:14km, Lalu cuman dicangkok Turbo, Sementara Injection Pump tidak direbuh tentunya pemakaian Solar adalah tetap. Hal ini berbeda dengan mesin bensin yang harus memakai udara dan bensin AFR 1:14,7
      Dalam Diesel udara mau di pasok berapapun tidak menjadi masalah buat mesin.
      Jadi Kesimpulan tergampang pemakaian Turbo pada mesin diesel justru meningkatkan tenaga/ efisiensi mesin tanpa mengorbankan pemakaian BBM ( syarat dan ketentuan berlaku)

      Delete
  19. bos mau tanya nich kemarin habis ambil panther ls 2001 matic turbo mau tanya apakah tuas matic bisa dipindahkan saat kondisi jalan misalkan waktu tanjakan di D pindah ke 2 gitu??idesalnya kalu matic ini 1l bisa tembus brp KM Y??sama untuk suara mesin biar halus gimana ya bukannya yang model 2kapsul suara udah lmayan halus apa oli pengaruh saya pakai valvoline.tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat Bisa, anda bisa bisa mengubah ke 2 atau L waktu mobil berjalan dturunan agar bisa mengunci gigi ngak lebih dari 2 ( Efek Rem mesin), Untuk unit mesin Panther dimana masih sistem lama, pemakaian olie ngak akan terlalu merubah suara mesinnya he99
      untuk pemakaian Solar untuk matic Ispan biasanya lebih boros 20% dari Panther manual ya kira kira mungkin 1:11-12km buat luar kota,

      Delete
  20. Ikut nimbrung om,mo nanya kenapa foglamp ispan 01 saya sgt sering putus bolamnya,trmz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohlam putus ada 2 kondisi, kondisi internal, (9 arus yang besar, konsleting, dan kualitas bohlam yang jelek) sedang kondisi eksternalnya bisa karena kondisi foglam yang ngak rapat sehingga misal kena air, dll itu juga bikin bohlam cepat putus.

      Delete
  21. Gan, apa bener phanter tangguh n bandel? Soalnya aku rencana mau beli phanter gen 3, tapi masih ragu takut salah pilih. Trus perawatan mudah ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil itu dilihat Ketangguhan dan Kemudahan perawatan silahkan dilihat dari purna jual bekasnya pak, misal semua orang tahu kalau mesin carry 1000 cc itu terkenal tangguh dan badak, demikian juga mesin yang dipasang pada jimny dan katana ( karena mesin sama) mereka bisa dikaakan badak karena mudah perawatab dan harga sparpart yang murah. Demikian juga panther apalagi generasi 3 (kapsul) dimana mesin berupa mesin konvensional non timing belt jadi perawatannya hanya ganti olie dan filter2nya saja. he99 Tapi hati hati kalau beli panther bekas, harus teliti, karena biasanya panther mobil perang, jarang dirawat ama pemilik sebelumnya

      Delete
  22. Mas iwan mau nanya,ini aku baru beli panther 2005 standar,kemarin hbs ganti pompa solar dan filter solar serta filter oli,cm saya kow merasa kecepatan mobil saya nggak maksimal di jalan tol,sering disalip mobil2 kecil kayak xenia avansa,pada saat gigi sdh mencapai 5 sdh berat di kecapatan 110km/jam dan masih sering disalip mobil2 kecil apa yg salah speedo meter saya,karena pada saat di gigi 5 kecepatan sdh berat dan kayaknya pengen oper di gigi lbh besar,kayak blm max kecepatannya,temperatur saya stabil tp diatas 1/2 dikit itu normal nggak,tp kl ac dimatikan dibawah 1/2,kemarin stir mobil saya agak spelling trus sdh distel warm stirnya di bengkel cm koq agak berat kalau habis belok tidak langsung balik sendiri secara ringan seperti sebelumnya...mohon pendapatnya ...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ispan 2005 seharusnya top speednya bisa 130-160an tergantungkondisi mobil dan keberanian pemilik. untuk temperatur coba anda baca di blog ini bagian radiator adan overheat mesin. kalau worm stir disetel agak berat ya jadi seperti itu, hati hati setelan diluar normal bisa bikin cepet jebol unit PS.

      Delete
  23. salam kenal om....
    saya mau tanya letak nomer rangka dan nomer mesin panther pick up th 1994,
    dimananya om..??
    mohon jawabannya,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk no mesin ada didekat silinder kop bagian belakang, sedang nomer rangka persis di sasis sebelah kiri belakang ban depan kiri dekat baut torsi

      Delete
  24. mohon jawabannya ke email saya om,www.fortuna9000@gmail.com

    ReplyDelete
  25. terimakasih jawabannya om,sangat berguna.
    saya mau tanya lagi om...tongkat operan persneling sering aus,selama ini hanya di las bubut tp gk tahan lama,klu diganti bagusnya merk apa om dan berapa kira2 harganya..??
    tankz om...!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya tongkat verneling itu apa ya um, a[akah tongkat di ruang kemudi yang buat mengoper verneling? bukankah tongkat itu hampir dikata jarang rusak?

      Delete
    2. betul om,tongkat buat ngoper persneling diruang kamudi,bagian yg msk kedalam,disitu ada bulatan,nah dibawah bulatan itulah yang sering aus om....terimakasih pencerahannya,sukses sllu bwt om...

      Delete
    3. oya om,maaf banyak nanya ni...tolong om rangkaian jalur klakson beserta warna kabelnya..terimakasih..!!!!!

      Delete
    4. Untuk tongkat kalau dengan las bubut tentunya anda hanya mendapat besi yang muda kekerasannya kurang, anda bisa pakai cara reskritalisasi tongkat tersebut dengan cara dipanaskan sampai membara lalu tiba tiba dicelupkan kedalam olie atau air (hardening)
      Untuk kabel klaxson saya ngak hapal detail warna kabelnya

      Delete
  26. om iwan mau nanya,..Panther saya higrade 97' timing nya pakai timing belt ato pakai gigi ? trus soal pemakaian cairan pembersih kerak yg dcampur B,bakar apakah tdk merusak komponen ruang kompresi(ikut menggerus klep2 , ring piston dan cylinder liner ) trims atas pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin panther semua memakai timing gear, untuk pembersih kerak sih konon tidak berbahaya buat metal (klaim pembuatnya)

      Delete
  27. oom, tinggal dimana/kerjaan dimana? bisa kopdar? saya di jakarta barat, dan saya ingin konsultasi gratis heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya di Jateng Selatan, Untuk bantuan Konsultasi bisa berkonsultasi ama member Panther Mania lain di Jakarta um, silahkan ikut kopdar aja tiap minggu akhir bulan, waktu dan tempat coba panthau di panther-mania.org

      Delete
  28. pak iwan mau nanya. panther HS 97 sekarang kalo kondisi macet panasnya 3/4 lebih, tapi kalo jalan kondisi normal 1/2 kurang dikit. apakah itu normal atau apa yang perlu di cek?soalnya dulu waktu pakai pertama panasnya cuma 1/4 kondisi normal. tapi dulu juga kalo pas macet panasnya 3/4 lebih.radiator sudah dibersihkan tapi masih tetap sama.mohon saran pak iwan. trims...

    ReplyDelete
  29. Coba diperiksa kondisi Thermosthatnya, (walau saya curiga itu udah ngak pake thermostat).

    ReplyDelete
  30. Pak iwan mau tanya,
    -kalo panther 2002 itu generasi keberapa ya? Apakah trgolong kapsul?
    -Terus apakah benar 1500cc? Krn bukannya mesin diesel cc nya besar2 ?
    Maaf msh awam untuk mesin diesel,
    Trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. panther 2002 itu generasi ke 3, atau sering disebut kapsul untuk ccnya adalah 2500cc directj injection dan untuk yang varian turing udah memakai turbo

      Delete
  31. Maaf mnta bantuan jawabannya pak Iwan segera, krn mau ambil unit punya tmn. Trm ksh

    ReplyDelete
  32. kemarin sempet cek ternyata tidak ada thermostatnya, dan saya coba bongkar fan kemudian saya tambahi oli silicon akhirnya temperatur 1/4. tetapi kondisi macet naik jadi 3/4.apakah ada thermostat temperatur jadi stabil pak iwan, sedangkan tanpa thermostat aja temperatur bisa naik sampe 3/4.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai fungsinya maka tanpa thermostat suhu mesin akan naik turun sesuai kerja mesin, bila mesin bekerja keras (akselari/ macet tentu suhu naik) bila mesin sedang jalan menurun atau hujan deras suhu temperatur akan anjlok karena overcooling. saran sebaiknya silahkan anda pasang thermostat dan kemudian lakukan flush radiator dan beri coolant agar maintenance menjadi free.

      Delete
    2. maaf pak iwan mau nanya lagi
      ispan HS 97 kalo jalan 1/4 kalo macet panas sampe 3/4
      sesuai saran pak iwan dipasang thermostat.
      sekarang selang satu jam mobil nyala dalam keadaan berhenti panas mobil 1/2 lebih sedikit. apakah itu normal atau ada yang perlu di cek lagi?

      Delete
    3. ada 2 kondisi ispan kalau kotak normalnya 1/4 kalau yang jenis kapsul 1/2, tampaknya itu beda spsifikasi thermostatnya (beda bukaan suhunya) kalau HS anda 1/2 kemungkinan itu kurang dingin sedikit, tapi bila ternyata suhunya tetap di 1/2 terus mau nanjak mau macet dll tetap1/2 ya itu brrti masih normal pak, yang ngak normal itu setelah pasang thermostat suhu tetap naik turun. ngak mau stabil

      Delete
    4. lha ini kan masih kotak pak HS 97
      kalo di termostatnya tulisannya 82 c
      coba nanti saya cek beberapa kali buat perjalanan...semoga lancar pak
      terima kasih atas saran dan masukannya

      Delete
  33. Selamat malam p iwan
    kira2 mending pilih higrade thn 1997 atau panther LV tahun 2000 dilihat secara fitur dan ketangguhan mesin
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mesin tidak ada perubahan yg signifikan, sedang untuk fitur tentunya sangat berbeda karena dalam varian hi grade itu adalah varian tertinggi, meliputi doble blower, central lock dan lain lain, tentunya tidak anda dapatkan pada varian medium level macam LV. Untuk memilih tentunya akan sangat tergantung dari selera anda karena sudah melibatkan bentuk body yang berbeda.

      Delete
  34. pak iwan.sya mau tanya.kenapa panther higrade 2000 saya keluar asap dr tutup oli mesin..? mhon pnjelasan nya..trmkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika mesin bekerja, dia melakukan pembakaran, ketika terjadi kebocoran maka sebagian hasil kompresi pembakaran tersebut akan menerobos sela sela ring piston dan menuju ke ruang mesin. ketika anda membuka tutup olie mesin maka asap dari sisa pembakaran itu yang anda lihat.

      Delete
  35. pak iwan saya rencana mau beli panther LS matic tahun 2001....
    ada saran apa pak? yang harus saya perhatikan dari mesin dll...karena saya tidak terlalu mengerti mengenai mesin mobil... apalagi matic... karena biasa bawa kijang super bensin manual....
    mohon balasannya ke email saya di : heavenorth@gmail.com

    makasih pak iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya pak iwan, panther LS semua sudah pakai Turbo kan ya pak? pak iwan di jateng selatan kota mana pak? hehehe

      Delete
    2. Untuk matic atau manual sama seperti petunjuk pembelian mobil pada umumnya, untuk turbo hanya ada pada ispan matic dan LS tahun 2005 keatas.
      Kalau sekedar saran sih ada baiknya anda mengambil unit manual saja. karena pada matic BBM akan lebih boros dan terasa bolot pada mesinnya.

      Delete
  36. saya berencana mau bei ispan bekas Thuan 1997 ke atas antara Hi Sporty dan HI grade recomended mana mas terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masalah selera um, hi sporty dan hi grade relatif sama, cuman beda kalau hi grade ada kipas kaca belakangnya. hi sporty ngak ada kipas kaca belakangnya.

      Delete
  37. om iwan, saya mau nanya, kalau spedometer mati di penunjuk kecepatan sedangkan yang lainnya hidup. itu cek kabel/switchnya disebelah mana ya om? dekat bospom?
    tks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua sensor ada di bak verneling bukan di IP, di IP cuman ada kabel selenoid buat stater.

      Delete
  38. pak saya mau membeli panther ppl thn 1995....hal -hal apa saja yang perlu di cek...trimakasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan cek mesin suaranya, juga kering tidak mesinnya, waspada suara2 gesekan / kasar, lalu test jalan, pastikan perpindahan verneling lancar dan waspada suara dengung2, lalu amati body (relatif tidak bisa dijelaskan) terakhir pastikan surat2 dan no rangka mesin bagus (bila perlu ke samsat buat cek bantu fisik)

      Delete
  39. numpang nanya gan apa bener kalau mobil diesel itu tarikannya berat pada awalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah berat atau tidak itu kita harus membandingkan kriteria dengan mobil yang sekelas, misalnya captiva diesel 2000cc dengan crv 2000cc bensin. tentunya kita ngak bisa membandingkan misal tarikan bmw x1 diesel ama misal kijang inova bensin. atau honda civic terbaru dengan isuzu panther. masalah berat tidak itu tergantung dari teknologi yang menyertai.

      Delete
  40. salam kenal mas.....saya mau tanya dimana letak nomor mesin dan rangka panther hi gread thn 96..trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. no mesin ada di bagian belakang di body mesin bawah silinder cop, sedang no rangka ada di sasis depan sebelah kiri dibawah pintu depan kiri

      Delete
  41. mas iwan mau tnya nee...nilai yang resistansi (ohm) yng terukur pada coolant temperature sensor panther pada saat temperatur kerja berapa ya??mohon jawabannya...trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pak iwan panther hi sporty saya kalu pas gelontor perseneling netral itu bunyi kleteg kleteg di bawah kemudi itu apa ya pak apa gardannya

      Delete
    2. coba periksa unit stir mulai dari worm stir kopel as stir beserta tirod2nya, stationer getar sehingga bunyi itu.

      Delete
  42. Tentang isuzu panther ls turbo?
    permisi gan,..nih ane mau tanya seputaran mobil nyokap ane..

    begini,..nyokap ane punya isuzu panther turbo 2006 yang baru dibelinya dari showroom di kota ane,..

    katanya setelah di setel klep dan ganti oli,..
    asapnya masih ttep putih,..ya meskipun bukan asap putih pekat,..cman tipis,..kalo digeber ntar ilang...
    trus dari sistem turbonya,..di selang turbonya, yg dri intake,..ada sejenis oli gtu,..apakah itu normal?

    dan apa emang turbo isuzu panther tidak bersiul kayak turbo2 lainnya?
    trimakasih atas jawabannya,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asap putih itu banyak faktor, bisa karena pembakaan tidak sempurna atau karena timing tidak pas bisa juga karena kualitas bahan bakar, edang kalau intake manifold turbo ada olie brarti kemungkinan itu olie berasar dari selang hawa mesin, untuk turbo ngak bersiul sihemang harusnya udah bersiul tapi kan panther suaranya mesin keras jadi siulan ngak begitu kedengaran, he9

      Delete
    2. owalah,..gtu ya pak,...bukan dari jeroan mesin kn klo asap putih?
      soalnya ane ikut khawatir nih,..mklum dlu bawaannya ispan yg N/A....

      untuk tubo sendiri gpp kan klo ada oli d saluran intakenya?

      trimakasih jawabannya pak,..
      sukses selalu,..^^

      Delete
    3. cara termudah melihat kesehatan mesin adalah melihat jumlah olie mesin didalam mesin. bila olie mesin berkurang itu berbahaya, brarti olie sudah naik, bila olie mesin berubah warna itu brarti tercemar kotoran/ air dari luar. selama cuman asap putih olie tetap dan tidak menggangu performa ya dibiarin aja, siapa tau cuman karena penggatuh bio solar saja

      Delete
    4. okee pak,..matursuwun pencerahan.e..

      sukses selalu,...^^

      Delete
  43. Salam Boss,,,,

    Saya memakai Pather Grand Royal 1996, beberapa hari lalu selang radiator bagian belakang (sambungan antara selang karet dengan pipa) bocor. dan mesin sempat mengalami over heat. Sudah diperbaiki, hanya masalahnya adalah :
    1. Indikator temperatur selalu naik (padahal sebelumnya tidak).
    2. Asap kendaraan sering putih, dan sangat jarang hitam.

    Mohon pencerahannya, terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1, coba periksa thermostat dan kebocoran
      2, kalau putih macammacamsebabnya bisa dari timing pengabutan ngak pas, kualitas bbm,atau olie mesin naik juga bisa.

      Delete
    2. Salam mas Iwan,
      Sy rencana mau pakai panther tp belum mengenal mesinnya, tolong dijelaskan :
      1. Panther tertua tahun berapa yg sdh direct-injection? th 96 apakah sdh direct injection?
      2. Apakah indirect bisa dirubah jd direct? Komponen apa yg dirubah / ditambah?
      3. Apakah mesin generasi 2 & 3 bisa ditambah turbocharger / yg tahun berapa saja yg masih bisa / pantas pakai turbo?
      4. Touring 2001 matic bisa dirubah jd manual?
      Tolong infokan ( kalau ada ) alamat bengkel yg bisa mengerjakan poin 2-4 disekitar Semarang, dan kalau mungkin perkiraan biaya komponen+jasanya.
      Mohon kesediaannya utk mengirim jawabannya ke : mike3me@gmail.com
      Terimakasih banyak atas semua jawabannya, semoga mas Iwan tambah sukses.

      Delete
    3. Disebutkan oleh mas Iwan diatas, bahwa H Sporty = Hi Grade, apakah spek engine dan body 99% sama, perbedaan hanya 1 yaitu di wiper belakang?
      Terimakasih.

      Delete
    4. 1, 1996 itu th peralihan ada yang 2300cc ada yang 2500. kalau semua 2500cc pasti udah direct injection
      2. bisa tapi terlalu ribet karena menganti desain dome ruang bakar.
      3. semua mesin bisa dikasih turbo
      4. bisa. kalau bisa sih lebih baik matic anda dijual untukganti yang manual.
      higrade dan hi sporti itu beda pelek dan ban dan body lift aja + sidekirt , sementara minus wiper belakang.

      Delete
  44. Mas Iwan, mohon infonya :

    1. Banyak yang bilang kalo AC panther (dalam kondisi normal) lebih dingin dibanding mobil bensin karena kompresornya lebih besar. Apakah benar ?

    2. Apa bedanya solar non subsidi pertamina dengan solar milik shell/total/petronas ?

    3. Ada referensi penjual mobil yang bisa dipercaya karena saya rencana mau beli panther 2500 tahun 1998.

    Terima kasih banyak Mas Iwan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. karakteristik diesel yang besar torsi maks di putaran rendah, tentunya akan membuat mesin bisa didesain mengunakan kompresor dengan daya yang besar. kompresor daya besartentunya hasilpendinginan akan maksimal.
      2. hampir dikatakan 11=12 hampir sama.
      3. referensinya ngak ada bos, belilah mobil sesuai dengan feeling dan selera anda. he99

      Delete
  45. om iwan saya ada maalah ni di selang pernapasan panther saya keluar asap, katanyamah seal klepnya harus ganti ada tutorial ganti kepala silinder ga? rencananya saya mau DIY juga. Kemarin ganti air radiator ke coolant alhamdulilah berhasil mudah2an bagus terus. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mobil lama dan highmileage adalah wajar kluar asap karena kebocoran kompresi. selama jumlah olie mesin tidak berkurang drastis, tentunya proses perbaikan tidak terlalu diperlukan. karena kalau tidak menemukan bengkel dan montir yang baik tentunya proses bongkar mesin belum tentu menyelesaikan masalah.

      Delete
    2. Tadinya ga keluar asap, cuma kemarintuh ceritanya mesin baunya ga enak terus sy lihat ternyata air radiator kurang ada 1 botol aqua lebih. Sejak itu mobil jadi ada asap putih di selang hawa. Kemarin sy DIY ganti seal klep. Kyknya masih berasap kyknya harus ganti ring jg ya? Mohon pencerahannya

      Delete
    3. hampir sama mas, malah saya habis ganti oli dan filter oli malah jadi ngasap di selang pernapasan cuma di knalpot tidak keluar. apa yang salah ya mas? kenapa bisa seperti itu. mohon pencerahannya

      Delete
  46. Lampu dasboar tidak menyala pada isuzu dmax stater jadi susah apa solusinya si

    ReplyDelete
  47. Salam kenal mas, panther sy HG 96, larinya kencang, solar 13-14 km/ liter, AC dingin, kelisttikan normal. Masalah ada pada kaki2. Klo jalan pelan2 terasa bunyi kruk2 sekitar roda depan dan dari bawah belakang bunyi nguuk2. Tp klo jalannya kencang bunyi2 itu hilang semua. Roda sdh sy dongkrak dan sy goyang2, terasa kuat tdk terasa 'oblak'. Mohon sarannya, tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pastikan semua baut2 suspensi kencang kalau jalan kencang hilang itu mungkin karena ketutup ama suara angin dan mesin

      Delete
  48. OM cari buku manual kelistrikan untuk phanter pick up dan phanter touring dimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu di manual service ada, anda bisa mencari kenalan bengkel atau toko sparepart untuk memfotokopi

      Delete
    2. Gan mulai tahun brp panther turbo keluar ? , menurut saran agan enak.nya beli panther mulai tahun brp aja yg perawatannya gampang , trima ksh gan mohon pencerahannya lg cri2 panther bekas gan budget 100jtan

      Delete
  49. Gan mulai tahun brp panther unit turbo mulai keluar , saran agan enaknya beli panther mulai tahun brp ? Yg menurut agan gk rewel ragat

    ReplyDelete
  50. Halo salam kenal...saya berniat beli Panther LS Matic tahun 2001 atau 2002. Apakah susah dan mahal untuk merawat transmisinya dan apabila harus diservis berapakah biayanya...?. Dan apakah juga rutin mengganti kanvas kopling seperti transmisi manual..?. Mohon pencerahannya karena saya masih awam...Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk matic perawatannya ya hanya menganganti olie secara periodik dan karena jumlahnya volume banyak maka tentunya perawatan akan lebih mahal. Bila memang anda masih awam dan dengan kondisi ispan matic sendiri yang sudah berumur alangkah baiknya anda membeli yang manual saja. karena perbaikan dari transmisi matic bisa 5-10x lipat dari unit manual. disamping anda akan kehilangan performa dari mesin anda karena memakai unit matic.

      Delete
  51. Terima kasih pak Iwan atas masukkannya...berarti harus berganti haluan ya....salam.

    ReplyDelete
  52. Pak Iwan yang baik hati. saya masih awam tentang mobil panther. Saya berencana ingin membeli mobil panther LM 25 tahun 2003. yang saya baca dari beberapa literatur tentang generasi panther bahwa mobil panther keluaran tahun 1996 keatas sudah menggunakan mesin 2500 cc, tetapi yang saya heran di STNK mobil LM tahun 2003 tersebut isi silinder nya tertulis 2300 cc. yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah memang ada mobil panther LM keluaran tahun 2003 yang masih menggunakan mesin 2300cc?

    2. ketika mesin hidup saya mencabut dipstik olinya untuk melihat kondisi olinya sebagaimana tips dari artikel pak iwan diatas. ketika mulai dicabut ada sedikit (tidak banyak) keluar asap putih gelap keluar dari lubang dipstik,pertanda apakah itu?

    3. ketika dicabut dipstiknya posisi oli kira-kira hanya hanya 1 (satu) cm pada ujung dipstik oli, bagaimana dengan hal itu?

    4. stir agak kosong/ngeloyor? kira-kira berapa biaya memperbaikinya stir yang kosong tersebut?

    Terima kasih atas kebaikan Bapak. semoga bapak Sukses Selalu. Adi

    ReplyDelete
  53. Pak Iwan yang baik hati. saya masih awam tentang mobil panther. Saya berencana ingin membeli mobil panther LM 25 tahun 2003. yang saya baca dari beberapa literatur tentang generasi panther bahwa mobil panther keluaran tahun 1996 keatas sudah menggunakan mesin 2500 cc, tetapi yang saya heran di STNK mobil LM tahun 2003 tersebut isi silinder nya tertulis 2300 cc. yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah memang ada mobil panther LM keluaran tahun 2003 yang masih menggunakan mesin 2300cc?

    2. ketika mesin hidup saya mencabut dipstik olinya untuk melihat kondisi olinya sebagaimana tips dari artikel pak iwan diatas. ketika mulai dicabut ada sedikit (tidak banyak) keluar asap putih gelap keluar dari lubang dipstik,pertanda apakah itu?

    3. ketika dicabut dipstiknya posisi oli kira-kira hanya hanya 1 (satu) cm pada ujung dipstik oli, bagaimana dengan hal itu?

    4. stir agak kosong/ngeloyor? kira-kira berapa biaya memperbaikinya stir yang kosong tersebut?

    Terima kasih atas kebaikan Bapak. semoga bapak Sukses Selalu. Adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. tidak ada itu mungkin hanya kesalahan pengetikan aja di samsat.
      2. mungkin ada sedikit kebocoran kompresi
      3. untuk memeriksa dipstik olie slalu pastikan mesin dalam keadaan dingin (menunggu olie mesin turun ke bak calter semua)
      4. stir ngeloyor banyak penyebabnya mulai dari kaki kaki sampe suspensi depan kondisi ban pelek dll. perbaikan tergantung sikon

      Delete
  54. Selamat Sore Pak Iwan, salam kenal, saya pengguna baru untuk panther tahun 97. Namum sepertinya ada masalah di elektriknya. Jadi itu terlihat saat saya menyalakan sign atau wiper indikator voltage nya kok ikut turun bersamaan dengan kedipnya lampu sign atau geraknya wiper. Terus itu juga saya rasakan saat saya menyalakan AC, suara mesin tiba2 jadi berat dan seolah seperti mau mati saat mesin posisi idle. Nah itu permasalahannya kenapa ya Pak, apa ada yang short atau bagaimana? Mohon pencerahannya Pak, terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. bilakondisi alternator dan accu sehat tentunya itu hanya masalah kekurangan massa/ ground aja, coba priksa di kabel jkabelsein dan motor wiper pastikan soket soket menempel dengan baik
      2. kalau ac nyala 9kompresor bekerja) dan mesin menjadi turun putaran stationernya kemungkinan cuman idle up ac ngak bekerja atau bekerja tappi kurang besar atau bila idle bekerja kemungkinan kompresor bermasalah jadi putaran menjadi berat. banyak faktornya

      Delete
  55. Salam kenal mas iwan,
    Saya imam dr semarang.

    Kemarin ditawarin panther generasi pertama (th 1992).
    Mau tanya ni mas, yg taun segitu ap sudah power steering? :D
    Terus, kelemahannya apa saja ya mas? Jd nanti lgsung saya ganti kalau udah kebeli.

    matursuwun

    ReplyDelete
  56. Salam kenal mas iwan,
    Saya imam dr semarang.

    Kemarin ditawarin panther generasi pertama (th 1992).
    Mau tanya ni mas, yg taun segitu ap sudah power steering? :D
    Terus, kelemahannya apa saja ya mas? Jd nanti lgsung saya ganti kalau udah kebeli.

    matursuwun

    ReplyDelete
  57. sy dr salatiga mau nanya om?

    sy pingin coba ganti sendiri filter solar,
    tapi adakah yang penting/berbahaya jika dilakukan sendiri tanpa bengkel ahli??
    mohon panduannya...mkh sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. filter solar sangat mudah diganti sendiri, ritual yg harus diperhatikan ya cuman jangan lupa melumasi dengan solar/olie karet filter solarnya lalu pasang dengan tangan dan pastikan memasangnya dengan benar setelah terpasang kencang boleh dikencangkan dengan kunci kira2 1/8 putaran saja. lalu setelah itu ritual yang terpenting harus dipompa untuk mengeluarkan angin di filter solar pompa sampe pompa menjadi keras. selesai

      Delete
  58. makaasih gan tips membeli mobil isuzu bekasnya hehe
    jadi makin lihai deh ane untuk memilah mobil bekas
    sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  59. Mas iwan..grill phanter turbo ls 2007 bisa ndak ya di pasang di phanter 1993.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. urusan dipasang tentu saja bisa, hanya saja harus banyak modifikasi beserta bikin dudukan baru

      Delete
  60. Alhamdulillah, jadi mantap milih panther... forumnya adem dan merakyat... tunggu tabungan kumpul...

    ReplyDelete
  61. Pak Iwan... mau nanya ...Dimana timing mark Ispan ...Aku mau kalibrasi FIP....Apakah ada tanda ( mark ) front mesin? Dan apakah timing gear2 Ispan selalu mendapat pelumasan oil... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tandanya ya didekat IPnya, timing gear ispan selalu mendapat pelumasan olie mesin

      Delete
  62. salam kenal,2 tahun yg lalu saya prnh ngrawat kijang,lalu kami jual krn ada kprluan,nah skrg kami kpngin pelihara kucing,kr2 pilih hi grade apa hi sporty ya?mengingat sy ni awam thdp mesin,trus krmrn hmpir dpt tp kata ipar saya tu kucing hasil sulapan,itu maksudnya gmn?..sblmnya maturnuwun atas bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sporty atau hi grade itu tergantung selara anda bos, untuk jenis hi sporty dan sporty ada penambahan body kit da pengunaan ban lebih besar, akan tetapi penambahan besar ban tersebut tidak diikuti dengan kalibrasi spedometer dan final geer, jadi hasil akhirnya pembacaan spedometer ngak akurat. dan tentunya tarikan agak lebih berat karena finalgeernya sama dengan yang digunakan untuk ban standart.

      Delete
  63. Pak iwan saya baru beli panther royal 96...dri penjelasan mengenai thermostat saya trtarik utk pasang...sprtinya ispan saya blm pakai gejalanya klo macet naik smpe 1/4 klo jln lancar apalagi di pagi hari suka drop sampai dibawah garis C...pertanyaannya utk ispan kotak thermostat yg cocok yg suhunya brp?biar bsa ttp jarum temp di 1/4 apapun kondisinya...makasi pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang aja ke penjualnya untuk panther kotak th 96 nanti dia akan membaca dari tabelnya suhunya tertera di badan termostat itu kalau ngak salah sekitar 84 derajat

      Delete
  64. Saya Mau Beli ispan 93, ada stiker hi-grade, Tp kok tidak double blower dan central lock, mohon penjelasannya????

    ReplyDelete
  65. Saya Mau Beli ispan 93 TBR 52PRLC, ada stiker hi-grade, Tp kenapa Belum double blower dan central lock??? Mohon penjelasannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 kemungkinan, stikernya palsu tempelan ulang atau stiker asli emang panther higrade tapi blower dan cl udah di amputasi

      Delete
  66. Mas saya mau tanya, saya punya ispan deluxe tahun 1996. Saat mesin stationer lalu kopling diinjak seperti ada perbedaan suara mesin. Suara mesin terdengar lebih diredam saat kopling diinjak, penyebabnya apa ya? Sukses selalu mas Iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemmungkinan lager verneling anda kering/ kocak. memang untuk dikopling akan terasa lebih halus karena matahari kopling anda aka menekan unit kampas kopling . kalau anda lepas pedal maka kampas kopling dkk akan bebas + ditambah getaran mesin tentunya akan jadi terasa lebih bergetar.

      Delete
  67. Selamat sore pak ikwan, saya punya ispan kapsul 2.5, kemarin sebelum service bispom asapnya enggak begitu banyak, tetapi setelah service kenapa asap putihnya tebal dan agak perih? Hanya saat baru distart, baik kondisi mesin dingin ataupun panas, tapi lama2 asapnya hilang. Oli+filter baru, filter udara baru. Mohon pencerahanya, terima kasih

    ReplyDelete
  68. Panther saya tahun 2001, dan baru servis bospom...

    ReplyDelete
  69. Selamat sore pak ikwan, saya punya ispan kapsul 2.5, kemarin sebelum service bispom asapnya enggak begitu banyak, tetapi setelah service kenapa asap putihnya tebal dan agak perih? Hanya saat baru distart, baik kondisi mesin dingin ataupun panas, tapi lama2 asapnya hilang. Oli+filter baru, filter udara baru. Mohon pencerahanya, terima kasih

    ReplyDelete
  70. {\rtf1\ansi\ansicpg1252
    {\fonttbl\f0\fnil\fcharset0 ArialMT;}
    {\colortbl;\red255\green255\blue255;\red34\green34\blue34;\red255\green255\blue255;}
    \deftab720
    \pard\pardeftab720\partightenfactor0

    \f0\fs26 \cf2 \cb3 \expnd0\expndtw0\kerning0
    \outl0\strokewidth0 \strokec2 Salam kenal pak Iwan,\
    Saya berencana adopsi panther secepatnya...mohon infonya untuk...\
    1. Apa bedannya untuk tipe LM, LV & LS ( apa hanya di kosmetik exterior/interior atau engine Nya juga berbeda?)\
    2. Mohon masukannya untuk pilihan panther dengan budget dibawah 100jt...\
    \
    Terimakasih....}

    ReplyDelete
    Replies
    1. lm lv dan ls dibedakan dari aksesorinya, sedang mesin sama
      untuk budjet dibawah 100 saran saya ya cobalah beli yang tipe kasta tertinggi LS. karena lebih kumplit dgn danan 90an jeti anda bisa mendapat LS th 2002-2004

      Delete
  71. Bos iwan saya mau nanya dimanakah letak no cat body panther kotak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih ngak ada no serinya cat, karena dulu saya punya panther GR thn 1997 cuman diberi cat bawaan pabriknya adalah merk blinken dgn nama dragon green pearl. jadi mungkin warna cat katalognya hanya tukang cat dan dealaer yang tahu daftarnya

      Delete
  72. Malem iwan mau numpang tanya sy pake panther 97 2500cc setiap di idupin suka keluar asap putih tapi kalo udah jalan ilang kenapa ya? Sy test speed masih kuat 140km apakah tanda2x ngobos bukan? Makasih

    ReplyDelete
  73. Ada tetangga yang mau jual panther matic LS Turbo tahun 2000, cat masih baik, tangan pertama, kondisi mesin kering, dan tarikan maticnya masih cukup baik bahkan spontan. Menurut pemiliknya di tol masih sanggup lari 140 km / jam. Tetapi saya jadi ragu, setelah baca forum ini yang menyatakan biaya servicenya bisa 5 - 10 kali lipat manual, sementara kalau baca di internet perawatan matic semestinya lebih murah dari manual asal terawat baik.
    1. Apakah betul harga pasaran panther matic lebih murah dibanding manual dan faktor apa yang menjadi penyebabnya ?
    2. Apa yang perlu diperhatikan kalau membeli panther matic ?
    3. Panther matic apakah masih diproduksi sampai saat ini ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. untuk panther memang maticnya lebih murah, itu mungkin disebabkan karena under power dari matic. hal ini agak berbeda kasusnya untuk matik mobil yg lain.
      2. coba aja dipakai lalu rasakan ada getaran dan lain lain waktu pindah gigi, lalu cobalah kick down untuk mengetahui masih bekerja tidak dll.
      3. tidak

      Delete
  74. Om iwan, saya pakai panther LM 2003, udh 12 thun pakai ini mobil, saya pengen nyoba pakai ban besar, tetapi saya bingung untuk ukuran ban, velg, dan setting ketinggian suspensi nya supaya terlihat lebih garang karena selama pemakaian saya cuma pakai ban dan velg standar , om iwan punya saran gak ? Butuh referensi nih hhe

    ReplyDelete
  75. Pak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.

    ReplyDelete
  76. Pak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.

    ReplyDelete
  77. Pak iwan saya ingin membeli panther, budge saya 120,kira'' varian apa yg cocok & klu mesin blum turbo apa bsa di pasangturbo+kira2 biayanya...mksh jawaban pak iwan sukses slalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dgn budjet 120 juta anda sudah bisa mendapat varian touring atau ls dengan thn yang agak muda, dan touring sudah berturbo. hati hati waktu beli karena harga mobkas sekarang sudah banyak jatuh,

      Delete
  78. Pak Iwan Ysh...mhn pencerahannya, sy rcn meminang Panther LV th 2001, rcn mau sy bkin double blower. pertanyaannya :
    1. apakah jenis kompresor ac panther LV sama dengan panther LS?
    2. apakah kinerja double blower tbhn tsb bs sma dengan panther LS?
    3. estimasi biaya pnbhn blower dimaksud berapa jeti pak?
    4. untuk pasaran LV th 2001 dg kondisi normal sp brp juta pak?
    sekian,sblmnya sy ucpkan terimakasih atas perhatian dan pencerahannya...

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. harusnya sama.
      2. doble blower mesin sendiri dibelakang tentunya tergantun jenis dan teknik pemasangan
      3-4 konon bisa 4-8 juta tergantung merk dan jenis yg mau dipasang krn jenisnya banyak

      Delete
  79. mas iwan numpang nanya..barusan saya beli panther th 95 warna merah metalic,di sticker smping kanan kiri tulisannya HI-grade, tapi di STNKnya type phanter bonet/TBR52 PRL. apakah type bonet tsb artinya jenis hy grade ya.mohon pencerahannya.suwun

    ReplyDelete
  80. mas,numpang pencerahannya..panther 95 merah metalic sticker di sisi samping tulisannya hi-grade,tapi di STNK tertulis type panther bonet . apakah type tsb sama,atau styckernya yg tempelan ya.suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. urusan stnk saya ngak gitu paham karena itu tergantung yang ngetik di stnk, sedang panther higrade anda bisa lihat dari ciri cirinya seperti ada rpm, power window dikelima pintu dan ac doble blower, tanpa itu brarti higrade palsu dan stiker cuman cuman tempelan

      Delete
  81. Salam Bp. Iwan
    Saya Budi dari cilegon banten
    Saya menggunakan panther matic tahun 2002
    yang ingin saya tanyakan,

    1. Berapa kapasitas olie matic secara keseluruhan kalau kita kuras ?
    2. Berapa kapasitas olie matic yang ada di carter perseneleng nya bila kita hanya buang dari bawah saja ?
    3. Bagai mana cara menyetel atau ukuran nya sebagai patokan untuk menyetel seling perpindahan matic nya yang terhubung ke kabel gas ?
    4. Mobil saya jika pagi hari harus lama manasin mesin nya , bisa sampai 15 menit, kalau langsung di gas mesin mati, belakangan saya jumper langsung selang solar dari tangki langsung ke filter solar, tidak melalui pompa. mesin langsam nya enak bisa rendah, tarikan enak, dan kalau pagi hari cukup di panasin 2 menit sudah bisa langsung gas tidak mati matian lagi.
    kalau saya tidak menggunakan pompa solar yg di sebelah filter solar itu, APA MASALAH NYA ?
    5. perpindahan matic saya di top speed sering tdk mau pindah, setelah saya lepas gas sedikit baru dia pindah, kenapa itu ?
    6. Apakah matic menggunakan plat kopling, apakah plat kopling nya jika haus bisa di ganti seperti perseneling manual.
    7. Spedometer dan rpm saya mati, apa kah bisa di perbaiki, jika memang harus di ganti, berapa kisaran harga nya, kemana saya bisa pesan spedometer nya.

    Terima kasih, pa iwan.
    mohon info nya

    ReplyDelete
  82. Salam Bp. Iwan
    Saya Budi dari cilegon banten
    Saya menggunakan panther matic tahun 2002
    yang ingin saya tanyakan,

    1. Berapa kapasitas olie matic secara keseluruhan kalau kita kuras ?
    2. Berapa kapasitas olie matic yang ada di carter perseneleng nya bila kita hanya buang dari bawah saja ?
    3. Bagai mana cara menyetel atau ukuran nya sebagai patokan untuk menyetel seling perpindahan matic nya yang terhubung ke kabel gas ?
    4. Mobil saya jika pagi hari harus lama manasin mesin nya , bisa sampai 15 menit, kalau langsung di gas mesin mati, belakangan saya jumper langsung selang solar dari tangki langsung ke filter solar, tidak melalui pompa. mesin langsam nya enak bisa rendah, tarikan enak, dan kalau pagi hari cukup di panasin 2 menit sudah bisa langsung gas tidak mati matian lagi.
    kalau saya tidak menggunakan pompa solar yg di sebelah filter solar itu, APA MASALAH NYA ?
    5. perpindahan matic saya di top speed sering tdk mau pindah, setelah saya lepas gas sedikit baru dia pindah, kenapa itu ?
    6. Apakah matic menggunakan plat kopling, apakah plat kopling nya jika haus bisa di ganti seperti perseneling manual.
    7. Spedometer dan rpm saya mati, apa kah bisa di perbaiki, jika memang harus di ganti, berapa kisaran harga nya, kemana saya bisa pesan spedometer nya.

    Terima kasih, pa iwan.
    mohon info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. kapsitas olie sekitar 8 literan saya kurang pasti jumlahnya tepat berapa
      2. kapasitas di carter sekitar 2 liter
      3. maaf hal ini saya kurang tahu
      4. pompa solar atau sedimenter ada 2 fungsi pertama dia sebagai tampungan penangkap air dari tangki bahan bakar, selain penangkap air dia juga semi filter/ tandon endapan kotoran solar. yang kedua dia berfungsi sebagai pompa ketika ada penggantia filter solar atau ada gejala masuk angin,
      5, coba di ganti oli maticnya dulu
      6. matic mengunakan beberapa plat kopling, dan harus diganti bila aus.
      7. coba anda ke beres untuk memastikan harga, baru kemudian surve ke toko sparepart biasa.

      Delete
  83. pagi pak iwan,
    info nya bagus sekali,

    kebetulan ada unit nih tahun 2003 LM,
    apakah itu sudah kategori turbo apa belum ya?

    terus pernah baca-baca untuk generasi ketiga ini agak ringkih ya ketimbang generasi kedua?
    swun

    ReplyDelete
    Replies
    1. unit 2003 belum berturbo masih normaly aspirated, sebenarnya bukan lebih ringkih, karena mesin tidak stagnan dia selalu dikembangkan oleh pabrikan untuk lebih baik, efisiensi dll ditingkatkan, alhasil dengan itu maka semakin mesin dipaksa bekerja lebih efisien tentunya umurnya akan lebih pendek bila bahan materialnya dan teknologinya sama

      Delete
  84. malem pak iwan ,, saya yitno ,, mu nyak nih ,, saya punya masalah pada panter picup turbo 25 ,,, mesen kalau di gas suara mbrebet kayak masuk angin ,, saya pompa minyak ngak mau naik ,,, trus tak pompa lewat tangki pake pompa genjot (untuk pompa ban sepeda motor) ,,minyak mau naik ,,tak pake jalan enak ,, tapi cuma sehari aja trus mbrebet lagi ,, kira2 apa yang ngak beres ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila pompa anda tidak bermasalah kemungkinan ya saluran selang dari tangki ke pompa buntu/ sludge coba periksa dan jangan lupa periksa juga selang angin dari lubang pengisian ke tangki/ selang hawa

      Delete
  85. Malam Pak, mohon pencerahan. Rencana saya mau beli panther LS 2010. Kira2 untuk panther yg berumur lebih dari 5 tahun, biaya perawatannya mahal atau tidak? KM baru 80rb. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya perawatan ya tergantung kondisi mobil anda apakah masih fressh atau sudah capai, bila masih fress tentunya perawatan hanya seputar ganti sparepart fast moving macam oli, filter dan kampas rem dkk

      Delete
  86. siang om hari ini sy sempat cari2 panther pick up th'2011...ada 1 yg sy incar tp sy rembesan olie di bawah terletak di atas box carter dan satu lg ada rembesan di bawah tuas perseneling yg dari bawah kelihatan kotak bentuknya ada baut 4buah...kira2 buat perbaikannya dua titik rembes itu brp ya dan termasuk mbl yang layak sy pilih atau tidak..terimakasih sebelumnya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kemungkinan rembesan dari bak calter oli, coba anda kencangkan dulu baut baut dari bawah kadang itu ada yg kendor, kalau untuk verneling itu mungkin karet bootnya obek yg bagian atas , di ganti aja daripada musim hujan ntar air bisa masuk utnuk harga aya kurang paham

      Delete
  87. Salam Pak Iwan. Saya bulan lalu beli panther bonnet th 94. Saya kurang teliti waktu beli. Kondisi mesin ngablas. Keluar asap cukup banyak dari lubang pernapasan mesin. Juga klo dibuka tutup pengisian oli saat mesin hidup keluar asap. Saya baca di forum dan juga kata bengkel ring piston harus ganti. Benarkah biaya turun mesin bisa sampai 8 bahkan 10jt??? Saya jadi males ngerawatnya dan pengen dijual lagi aja secepatnya. Mohon pencerahan Pak Iwan.. Terimakasih.

    ReplyDelete
  88. selamat pagi pak iwan
    saya mau tanya temperatur panther ls 2001 (kapsul) kalo normal apa menunjukan angka 1/2 ?
    soalnya kalo pas hujan langsung turun drastis, pas macet naik 1/2
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. normalnya ada di setengah bila hujan langsung anjlok bisa dipastikan mobil anda non thermostat / udah dicopot

      Delete
  89. Pak sy punya Pather hi sporty 98. Tiap over gigi dr 1 ke 2 kok agak susah yaa?? Apa yg mnjadi kendala. Terus tiap kali rem. Bunyi terus tuu rem. Kdng udah gak d rem jg msh ada bunyi kya d Rem. Solusinya gmn yaa pak. Udah d benerin tp tetep z. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda ganti oli verneling dulu sesuai oli yang disyaratkan yaitu oli sae 40, bila masih alot kemungkinan gigi udah mulai kena atau mungkin setelan kopling kurang nekan / kurang prei ya bisa. untuk rem bila bunyi kemungkinan ada bos bos master rem yang sudah longgar jadi ketika rem bekerja ada clearen antara master rem beserta as asnya. atau bisa juga anting anting penahan kampas remnya pemasangan tidak mapan ditempatnya dengan sempurna

      Delete
  90. Salam kenal bung iwan...
    Saya mau tanya:
    1.apakah panther touring 2002 matic bisa diubah menjadi manual
    2.cara membedakan panther touring matic 2002 yang sudah di ubah kemanual gimana bung.
    Mohon pencerahan nya...trim's :-) :-) :-)

    ReplyDelete
  91. Selamat pagi Om iwan, saya punya LS01, kenapa jika suara mesin dikasarkan banyak asap keluar d waktu mesin dingin, dan jika d haluskan asap berkurang tapi starteran susah,,, jika mesin panas asap hilang, Udah servis bospom, nozel, n filter baru semua, mohon pencerahannya om..

    ReplyDelete
  92. Mas iwan
    Saya baru saja beli panther hi grade 2001 seken.. overall okay.. sesuai petunjuk dan pedoman di blog ini.. tapi saya masih bingung masalah stoplamp belakang kan ada tiga lampu.. lampu rem lampu sen dan yang satu lagi untuk lampu apa ya? Apakah lampu mundur/atret?kok milik saya mati.. jadi yang lampu tengah itu gak pernah menyala.. saya cari letak fuse untuk lampu atret jg tidak ketemu
    Bisa mohon pencerahan mas.... maturnuwun

    ReplyDelete
  93. Slmt pagi pak,Tana dr Garut Isuzu Panther thn 92 TBR masalah di dinamo staternya,kalau di start susah sincron dan bunyi krek krek kadang lancar start.terus dibawa k tukang dinamo katanya bendik masih bagus,yang diganti malah bearing rotor dan kontak relay otomatis untuk start dinamo.setelah diganti dan sy pasang terus di start tetap tidak ada perubaha.apakah bendiknya atau relay untuk nonjok bendiknya sudah lemah.atau gigi gendengnya? Kalau bw k tukang dinamo takutnya beli ini dan itu sayang biaya pak mohon solusinya pak trim's

    ReplyDelete
  94. rencana mau ambil panther generasi 3 tahun 2007 LM, mohon masukan donk hu. mulai panther turbo tahun brp hu, baca artikel katanya 2007 akhir? bedanya apa sih kalo yg udah turbo atau yg blon, apa lebih irit atau pegimane hehe.. kan skr ada alat yg dipasang di moncong karbu seperti turbo cyclone + turbo ventilator, apakah aplikasi seperti ini apakah fungsinya sama sbg menambah suplai udara ke karbu? kalo emang turbo ga ngaruh di irit mending ngambil LS 2001. peruntukan mobil utk bawa barang di kabin berat sekitar 200kg (supir + barang) tiap hari + sabtu minggu lukot jakarta bandung via cipularang. mohon saran hu. makasih :)

    ReplyDelete
  95. Permisi om,numpang nanya,kalo membawa mobil panther di tanjakan biar trtap narek gimana ya om,mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  96. Salam kenal mas, saya mau tanya pada knalpot mobil panther saya keluar asap putih pekat penyebab nya apa ya ? Padahal ring seher baru saya ganti. Mohon pencerahan nya.

    ReplyDelete
  97. Salam kenal mas.Iwan, maaf saya mau tanya. Kalau keluar asap putih pekat pada knalpot mobil panther penyebab nya apa ya ? Padahal ring seher baru saya ganti.

    ReplyDelete
  98. Salam pak Iwan,
    Artikel anda sangat banyak membantu saya dalam menikmati perjalanan bersama panther.
    Terimakasih.
    Panther saya Ls Matic 2001 hampir 3 tahun belum ganti kampas rem depan belakang, kalau dilihat fisik kampas masih tebal hanya daya cengkram pengereman jadi berkurang, sebelumnya injak pedal rem sedikit langsung jedud tapi sekarang harus tambah sedikit tenaga supaya pakem. Apakah ada batasan waktu penggantian berkala kampas rem ? Master rem atas dan bawah tidak terlihat kebocoran.
    Mohon informasi dan sarannya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  99. Harga yng pantas black phanter ls, lb thn 2012 kira2 brapaan ya mas..
    Terimakasih .

    ReplyDelete
  100. Pak mohon info, saya punya Panther Hi-Sporty '97, kalau dinyalain AC Centralnya sampai speed 3 hanya kedengaran bunyi blower keras sekali tapi angin ac yg keluar dari kisi-kisinya pelan sekali jga tpi blower depan masih normal.
    Kemudian klu dipanasin pagi hari keluar asap putih dan klu sdh lama dipanasin asapnya hilang tpi oli mesin tdk berkurang, kira2 apa yg perlu di sting lgi, mohon petunjuknya terima kasih.

    ReplyDelete
  101. Pak mohon informasinya saya punya Panther Hi-Sporty '97, kalau AC Central dinyalain sampai di speed 3 angin AC yg keluar dari kisi-kisinya pelan sekali.
    Kemudian kalau saya panasin pagi hari keluar asap putih nanti lama kelamaan baru hilang tpi oli mesin tidak berkurang, kira2 apa yg disetting lgi... terima kasih

    ReplyDelete
  102. Om. Panther ls matic 2001 udah ada shift lock belum. Terus letaknya dimana. ( biar mobil bisa di parkir pada posisi gigi netral ) mkasih

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)