Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memasang Relay Set untuk Lampu Depan

Memasang Relay Set untuk Lampu Depan

Kabel relay Set
Kabel relay Set
Anda Memiliki mobil dan mengeluh cahaya lampu kurang terang?
Sementara anda tidak ingin mengganti dengan bohlam versi HID dengan berbagai alasan. Cara satu satunya adalah meningkatkan besar watt dari bohlam bawaan standar pabrik dari 60/55 watt ke watt yang lebih besar misalnya saja ke 100/80 atau 130/90 watt.
Tapi tunggu dulu anda tidak bisa mengganti dengan seenaknya saja!. Karena kita tahu bahwa kabel dari pabrik hanya didesain untuk dilewati arus 60 watt bukan, memaksa mengganti bohlam watt standar dengan watt yang lebih besar hanya akan menimbulkan masalah dikemudian hari ( kabel terbar, konsliting, bahkan salah salah karena panas yang berlebihan batok lampu anda bisa lumer ( yang batoknya dari mika/plastik) Serem bukan?
Solusi dan Cara termudah lagi tergampang adalah menambah kabel set lampu depan anda. Anda bisa membelinya di toko aksesori atau onderdil mobil . bila sudah terbeli ayo kita pasang sendiri mudah kok karena mereka sudah plug and play.

Cara Pemasangan

Pemasangan Relay Set
Pemasangan Relay Set
1. Setelah anda membeli kabel set seperti diatas maka langkah pertama adalah memasang kabel di kendaraan anda, anda bisa membuka gril depan agar mudah memasangnya. letakkan kabel sekiranya bebas dari gangguan.
2. Carikan tempat juga untuk ketiga relay beserta sekringnya. Carikan tempat yang mudah dijangkau dan sebisa mungkin terlindung dari terpaan air hujan secara langsung. ( mencegah konsleting dan agar awet )
3. Pasang kabel massa langsung ambil dari Accu negatif juga ambil dari strum Positif dari Accu. baut dengan kencang. Ingat jangan terbalik antara kabel massa dan strum ( kabel massa biasanya berwarna hitam sedang merah untuk yang positif )
4. ( maaf salah mencantumkan gambar - mohon dilewati ssaja)
5. Adalah Gambar fiting Lampu mobil ( sebelah kiri) sedang yang hitam adalah soket bawaan kabel set, hubungkan keduanya.
6. Kedua soket sudah terhubung lalu pasangkan soket dari relay ke lampu utama- lampu besar.
7. Adalah gambar sama dengan no 6.
8. Setelah lampu sebelah kiri selesai anda tinggal beralih ke lampu satunya, seperti awal Pasangkan kabel massa dari kabel set ke badan mobil, baut dengan kencang.
9. Lepaskan Fiting lampu bawaan mobil.
10. Lalu bungkus dengan plastik. ( karena sudah ngak terpakai dan menghindari konsleting).
11. Lalu Pasang Fiting bawaan Kabel Set ke lampu utama anda.
12. Detail gambarnya. Lalu coba hidupkan lampu dan silahkan check nyalanya.
Bagi yang menginginkan File berukuran besar silahkan (Klik disini)

Semoga Bermanfaat

27 comments:

  1. maaf om, jadi ini bohlamnya diganti ama yg lebih besar watt nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau diganti atau pake watt standar dengan menggunakan relay maka sumber strum akan di bypass dari Accu langsung, jadi ini bisa membuat nyala lampu mobil akan lebih terang :)

      Delete
  2. mohoh pencerahan, setelah pasang relay(3 buah) nyala lampu OK tetapi indikator highbeam menjadi gak nyala (ispan Higrade 1999 jika tanpa relay indikator nyala) Jika berkenan mohon dikirim skema lampu depan ispan diatas trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmana ya rangkaian relay 3buah buat kijang,biar lampu tanda jauh bisa hidup

      Delete
  3. Untuk Carry Pick up 2002 pakai relay 30 ampere, 1 atau 2bh om ? Sebelum & sesudahnya terima kasih banyak
    Sekalian invite ya om, mau belajar banyak nih
    Pin BB 2a9b6000
    Hp/WhatApp 082298521325
    Se x Lagi Terima Kasih Banyak Om.
    Sukses & Sehat Selalu

    ReplyDelete
  4. Salam kenal Om, saya mau tanya om. Untuk Mobil Carry Pick up 2002, pakai Relay 30 Ampere pakai 1 atau 2bh om (untuk lampu depan)
    Sebelum & sesudahnya Terima Kasih Banyak Om
    Sekalian Invite Ya Om, Saya Mau belajar dikit"
    Pin BB 2a9b6000
    Hp/WhatsApp 082298521325
    Se x lagi Terima Kasih Banyak
    Semoga Sukses & Sehat selalu

    ReplyDelete
  5. Mau tanya om...mobil saya panther total assy thn 1995...saat ini lg ada msalah sama lampu depan...minggu kmrn lmpu jarak dktnya mati...trus kmudian saya belikan lg lampu yg bru cm brthan 2 hri trus mati lagi yg jarak dekatnya..

    Udah dicek kabel2 sam relayny ktanya bagus..kemudian saya belikan lg lmpu yg bru lg msh sma aja mati lg yg jarak dekatnya...

    Lampu msh pake model lama/blm pake bohlam terpisah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gunakan bohlam yang bermerk misal osram/ phillips, lalu gunakan volt meter coba check tegangan accu/pengisian wktu mesin nyala, bila voltnya overcharge diatas 15 volt coba benahu dulu unit alternator.

      Delete
  6. biasanya kalau relay lampu depan yg pake 3 buah, indikator lampu pass beam di dashboard nggak nyala. ane biasa pake relay mx11

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada pengaruh 3 relya atau 2 relay terhadap nyala indikator lampu jauh. karena pemasangan relay sumber strum yang diambil adalah arus dari bohlam didepan.

      Delete
  7. Mau nanya gan, ane pake relay set max7 2relay lampu standar, stroom dari aki sebelum relay sekring sudah diganti-ganti dari yg ampere kecil ampe besar suka meleleh + kabel panas, apanya yg salah ya? Kabel2 bagus, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk arus yang besar dibutuhkan kabel dgn tembaga yang lebih besar juga setelah itu yang terpenting adalah koneksi/ fiting lampunya. bila fiting lampu anda sudah pernah terbakar/ ngefong. maka jalan satu satunya harus dipotong dan diganti dengan soket fiting yang baru. tembaga/kuningnan yang sudah ngefong walau dibersihkan akan tetap akan menghasilkan panas dn cenderung akan bikin melelh lagi.

      Delete
  8. om Iwan, mau tanya
    panther ane udah pakek relay dg lampu 90/100.
    Mau ane balikin ke 55 watt.
    Tinggal ganti lampu aja or relay-nya harus dilepas dulu?
    soalnya soket bawaan sebelah kiri yang tanpa relay udah rusak.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. om Iwan, mau tanya
    panther ane udah pakek relay dg lampu 90/100.
    Mau ane balikin ke 55 watt.
    Tinggal ganti lampu aja or relay-nya harus dilepas dulu?
    soalnya soket bawaan sebelah kiri yang tanpa relay udah rusak.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti aja bohlamnya relaynya ngak perlu dilepas, malah dengan memakai relay akan memastikan pasokan listrik yang optimal buat bohlam.

      Delete
  10. Halo mas Iwan..
    Mau nannya, Mobil saya kijang grand '94. Semenjak saya pasang lampu tembak,lampu mobil saya selalu bermasalah mas.Sering relaynya terbakar. Yg terakhir fittingnya gosong mas.Trus saya pasang sekring yg bentuknya bulat agak panjang,saya perhatikan bagian luarnya sdh mulai meleleh mas. Kira2 kenapa ya mas?apa watt lampu tembaknya yg kegedean?alternator udh saya ganti dgn punya kapsul mas. Mohon bantuannya mas.Tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. melelelh itu hanya karena pemasangan sambungan kabel ngak bener/ atau bila sudah bener anda memkai kabel yang kurang besar. solusinya coba ganti kabel dengan kawat tembaga yang lebih besar terutama yang jalur dari accu ke lampu (no 30 dan 87) lalu ganti sekring dengan model tancap. karena kalau model bulat / neon itu kurang sip. untuk lampu tembak biasanya 100 atau 140 watt masih ngak terlalu besar. yang perlu diingat ketika kabel atau soket dah meleleh/ ngefong wajib dibuang ganti baru. itu hambatannya dah berubah akan menimbulkan panas walau dah dibersihkan

      Delete
  11. om iwan, relay yg cocok untuk lampu 100w/130w merek apa>?
    thnks om iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. relay yang banyak beredar dipasaran adalah semacam hella atau bosch, keduanya memiliki kapasitas 30 amper, jadi 30amperex12 itu masih 360 watt. masih sangat cukup untuk menghandle 2 buah lampu 2x130 watt

      Delete
  12. Untuk mobil granmax menggunakan 2 relay atau 3 relay ya gan.
    Mohon masukannya.
    Trims ^-^

    ReplyDelete
  13. Untuk mobil granmax menggunakan 2 relay atau 3 relay ya gan.
    Mohon masukannya..
    Trims ^-^

    ReplyDelete
  14. Om minta pencerahan dong, saya habis pasang relay set terus ganti bohlam philips watt 100 keatas( lupa detail ) nah kok sampe tekor ya aki saya, sampe harus dijeglak mobilnya terus pas dicheck kalo pake bohlam watt besar itu aki turun volt nya habis itu saya ganti osram 55watt normal lagi, nah masalah saat ini padahal bohlam udah normal tapi indikator beam/lampu jauh saya mati dan itu pengaruh ya buat pencahayaan ? Lampu saya malah kurang terang padahal udah pasang relay set..
    Mohon bgt pencerahannya om.
    Makasihhhh

    ReplyDelete
  15. Maaf om mau tanya..saya cb pasang sndiri led projector di vitara..disna ad 2 kabel yg ngga saya ngerti buat dim.jd utk projector saya g utak atik,yg bagian dim nya..ad 2 kabel yg satu ada setrum (kondisi lampu mobil mati) yg ini kalo di dim setrum mati..kalo normal setrum idup..kabel 1 lg ad setrum sewaktu lampu utama hidup.yg saya tanyakan..mksd dr 2 kabel ini gmn? Soalnya kabel dr led projector sndiri cm ad 3kabel (merah buat dim,kuning utk angel eyes,hitam massa)

    ReplyDelete
  16. Om mu tanya tdi udah ganti aki baru kata petugas shop masalah kalau dnyalain lampu besar aki g naik k tiga belas diem d 12,5 yg lain bagus mohon masukannya masalahnya dimana on

    ReplyDelete
  17. Siang om iwan,
    Saya mo nanya, 1bulan yg lalu saya beli osram NB laser + relay set autovision 4relay 2lampu H4 buat di innova 2010, tp cahaya msh kurang terang, rencana mo ganti lg ke watt yg lebih besar 100/90w atau 140/135w, kira2 bikin replektor innova ane meleleh ga om?

    ReplyDelete
  18. Maaf Om mau tanya ....mobil saya katana 2000 gmna ya supaya lampu utama lebih terang. Terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Mau nanya om, kalo lampu depan 55watt diganti ke yg 60watt, ga perlu relay ya om? Aman ya?

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)