Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Tips memeriksa Ketinggian air Accu

Tips memeriksa ketinggian air Accu

plastik putih akan sulit melihat ketinggian air accu
Plastik putih akan sulit
melihat ketinggian air accu
Bagi anda yang hobi dan suka otak atik mobil sendiri dirumah, tentunya sudah mengenal dan sangat akrab dengan ritual menambah air accu pada accu basah. (karena bila anda accunya accu jenis MF maka tidak diperlukan menambahan cairan electrolit accu). Anda bisa menambah air accu sampai mendekati atau pas pada garis level atas atau upper level.
Yang menjadi masalah adalah accu mobil kebanyakan dindingnya berwarna putih dan kusam tentunya kadang kita sangat sulit melihat apakah air accu tersebut berkurang atau pada waktu menambah dengan air accu.
Apalagi ditambah seringnya kita mengecek dan mengisi air accunya biasanya dilakukan di dalam garasi yang biasanya agak gelap karena cahanyanya kurang.
Ada Trick singkat dan cara termudah untuk melihat sampai dimana batas ketinggian air accu tersebut.

Silahkan amati gambar dan langkah di bawah ini.

memeriksa ketinggian air accu
Memeriksa ketinggian air accu
1. Cara Pertama
Silahkan anda membuka kap mesin dan kemudian membuka tutup accu dalam tutup accu anda perhatikan (gambar1). Pada ujung tutup accu tersebut sebenarnya bisa digunakan sebagai dipstik untuk melihat air accu tersebut. (fungsinya hampir sama seperti dipstik oli mesin). Caranya adalah anda lap kering ujung tutup accu tersebut lalu tutupkan kembali ke accu lalu kemudian anda buka kembali tutup accu lalu perhatikan cairan yang menempel pada ujung badan tutup accu tersebut. bila cair cukup maka tutup accu akan terlihat basah pada bagian ujung yang miring.
Tetapi cara ini tidak praktis dan juga sulit karena yang kita lihat adalah cairan bening dan cairan tersebut adalah asam pekat (H2SO4) tentunya tidak disarankan bila sampe menetes di bagian lain dari mobil.
2. Cara Kedua
Silahkan buka tutup accu dan anda perhatikan lubang tempat pengisian air accu. (gambar2) pada gambar tersebut akan nampak dinding lubang dengan ada dua pembatas. Dinding tersebut merupakan batas atas dari air accu. jadi silahkan anda isi air accu sampai air accu tersebut menyentuh ujung dari dinding lubang tadi. ketika air acu sudah menyentuh dinding nya maka dapat dipastikan air accu telah mencapai upper level (batas teratas dari accu)
Mudah bukan
Semoga Bermanfaat

7 comments:

  1. thanks informasinya
    sangat bagus tu,nanti di infokan ke istri
    up date terus ya artikelnya
    salam

    ReplyDelete
  2. Sy baca tread memberi relay agar klakson lbh nyaring.udah sy praktekkan pak iwan,tp ternyata yg ber masalah adalah massa/ground yg dr stir(tombol).mungkinkotor/karat.buktinya kl kabel klajson langsung ke body/massa bs nyaring pak.gmn cara membongkar stir kucing ya pak,agar bs dibersihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. knop klaxson ya cuman model clip bisa ditarik keatas, lalu ntar dia model jarum melingkar di as stir. anda akan tahu ketika unit udah dibongkar.

      Delete
  3. Kl saya cek air aki pk alat bantu lampu senter yg dinyalakan ditemoelkan ke salah satu dinding aki mk bayangan level air aki akan terlihat lbh jelas

    ReplyDelete
  4. Makasih mas gan cukup jelas, sebab selama ini saya takut dengan tumpahan air accu, salam kenal resep pepes ikan

    ReplyDelete
  5. Pak iwan, makasih banyak atas penjelasannya mengenai lampu sein untuk phanter, tapi .... sein phanter saya lampu depan kanan/kiri memakai 23/8 Watt dan belakang kanan/kiri juga dah pakai 23 Watt, tapi tetep aja kedipnya cepet banget, trus sama bapak katanya ada yang kurang masa, lha mohon pencerahannya pak iwan, gimana caranya nambah masa pada lampu sein tsb, makasih pak iwan n salam

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)