Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Exhaust Brake ( Rem Knalpot )

Exhaust Brake 

Exhaust Rem banyak diaplikasikan  pada bus dan Truck Medium
Exhaust Brake banyak diaplikasikan
pada Bus dan Truck Medium
Exhaust Brake Sesuai namanya adalah Rem Knalpot? Ya Rem yang diperoleh dari menutup lubang knalpot. Exhaust Brake biasanya diaplikasikan pada mesin diesel dengan menutup jalan buang dari mesin, menyebabkan gas buang yang akan dikompresi dalam exhaust manifold, dan silinder. Karena knalpot yang dikompresi, dan tidak ada bahan bakar yang dibakar, putaran mesin akan terhambat yang pada akhirnya akan memperlambat kendaraan. Jumlah torsi negatif yang dihasilkan biasanya berbanding lurus dengan tekanan balik dari mesin.
Mengapa Rem Exhaust Brake banyak diaplikasikan pada mesin diesel? Ya Karena mesin diesel tidak memiliki katup throttle pada intake manifold, tidak ada vacuum intake saat mesin tidak menggunakan bahan bakar.
Tentu bagi anda yang pernah memakai mesin diesel dan mesin bensin tentunya akan merasakan perbedaaannya pada waktu anda melepas gas misalnya waktu anda menuruni jalanan menurun, ya pada mesin bensin engine brake akan terasa sedangkan pada mesin diesel akan lebih nyelonong bukan.
Exhaust Brake sering disalah artikan menjadi Rem Angin pada sebagian Besar Orang, Padahal Rem Angin dan Exhaust Brake adalah sesuatu yang berbeda, walau sama sama memanfaatkan angin ( Gas ) sebagai media nya.

Cara Kerja Sederhana

Diagram Exhaust Brake
Exhaust Brake
Ketika Mesin melepaskan udara terkompresi melalui katup buang, tapi dengan saluran gas buang pada knalpot dihambat maka hasil kompresi didalam ruang bakarpun akan terhambat untuk dibuang sehingga akan menghasilkan Gaya yang pada akhirnya memperlambat rotasi poros engkol, yang kemudian mengurangi kecepatan kendaraan.

Dengan sistem kerja seperti itu maka Exhaust rem biasanya dipasang pada sisi outlet dari turbocharger yang akan menghambat kemampuan mesin untuk mendorong keluar sisa gas buang hasil kompresi. Sebuah katup kupu-kupu akan tetap terbuka sampai ketika Rem diaktifkan. Kemudian menutup dan membatasi aliran knalpot dengan menjaganya agar tetap dalam silinder. Hal ini menyebabkan piston untuk sementara memaksa kompresi, yang menyerap energi . Agak membingungkan? Sama Dong.
Mungkin begini jalan ceritanya , Coba Ambil napas dalam-dalam dan tahan napas. lalu kemudian dengan mulut anda coba anda hirup udara melalui mulut, susah bukan. analoginya sama dengan Exhaust Rem Ketika Udara hasil pembakaran tidak bisa dibuang sementara poros engkol mesin masih berputar maka putaran mesin pun akan terhambat. Semoga sedikit jelas :) 

Perkembangan Exhaust Brake

Salah satu produsen Exhaust Brake adalah PACbrakeDengan lebih dari seperempat juta knalpot rem telah diproduksi dan dipasarkan, Pacbrake telah menguasai pengembangan produk berkualitas. Pacbrake telah merevolusi hari knalpot yang modern pengereman dengan desain dipatenkan dari PRXB tersebut.
http://www.pacbrake.com/index.php?page=mechanics
Sedangkan Pabrikan lain yang membuat Exhaust Brake diantaranya adalah Rumah Produksi Racing Bank Power 
http://www.bankspower.com/products/group/
BD Power juga mengeluarkan Exhaust Brake juga
http://www.dieselperformance.com/index.php/product/index/47P

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. pak' kalau mesin besutan 'MiTSUKiDi' L300 dipasang "exhaus brake" resikonya apa ya pak?

    ReplyDelete
  2. pak numpang tanya truk saya mitsubishi canter br keluar dr dealer tp brake exhaustnya kok ga nyala ya...mohon infonya pak...trims

    ReplyDelete
  3. brake exhaust truk canter sy br keluar dr dealer tp ga nyala...mohon infonya pak

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)