Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memperbaiki Aki MF ( Maintenance Free Accu )

Memperbaiki Aki MF 

Accu MF sebenarnya  berisi Cairan Juga
Accu MF sebenarnya
berisi Cairan Juga
Anda pernah dengar Istilah aki Kering pada sepedamotor Bukan? ya Pada dewasa ini pemakaian Aki Kering ( yang sebenarnya bukan Aki Kering ) udah meluas dimulai dari Suzuki Shogun 125 dan Honda Kharisma. Ya Karena sudah terlanjur salah kaprah di masyarakat bahwa menyebut Aki MF ( maintenance Free ) dengan sebutan aki kering. 
Tahukah anda bahwa Sebenarnya Aki MF itu juga Aki Basah yang hanya disegel dari Pabrik dengan desain sedikit beda agar laju penguapannya rendah sehingga tidak bisa diisi ulang dengan tambahan air ( electrolit ) istilah kerennya begitu rusak ya Buang ganti dengan baru.
Sebenarnya ada cara sederahana dan simple untuk menaikkan performa Aki MF yang sudah menurun performanya yaitu dengan cara mengisi / menambahnya dengan Cairan. Dari Pengalaman selama Aki MF anda belon Matot ( Mati Total ) maka kadang cara penambahan air ini bisa meningkatkan performa dari Aki tersebut, ( bila anda beruntung Aki yang tadinya ngak kuat mengangkat electric stater motor akan kembali bisa bekerja seperti baru ) 
Anda Tertarik Ayo Kita operasi sedikit Aki MF anda. Mudah Kok.

Urutan Tata Kerja

Urutan Kerja Servis Accu MF
Urutan Kerja Servis Accu MF
1. Siapkan Alat dan bahannya, alat suntikan (optional) Air Accu, Cutter, dan Obeng Minus yang runcing ujungnya. Kalau ada bubuk Edta ya bisa ditambahkan di Air Accu ).
2. dengan Cutter bikin Luka sedikit pada sudut Accu tempat garis penutup.
3. Setelah itu dengan bantuan Obeng Minus ungkitlah / congkel tutup aki tersebut.
4-5. Adalah gambar aki sudah terlepas tutupnya.
6. Lepaskanlah penutup karet pelindung pada aki tersebut ( jumlahnya 6 biji ya )
7. Dengan Bantuan Alat suntik yang sudah dilepas jarumnya segeralah isi Aki dengan Air Accu yang sudah dipersiapkan diatas. Anda bisa memulainya dengan 5cc tiap lubang. dan pengisian tidak perlu banyak banyak 10cc tiap lubang sudah lebih dari cukup.
8. Bila anda memiliki Alat Charger aki boleh dicharge / di strum / tapi bila tidak mempunyai alat strum aki ya lewati proses ini.
9-10. Kembalikan penutup karet dan tutup kembali Aki, lalu perkuat kembali dengan Lakban atau anda mau memberi lem juga bisa.
11. Aki yang sudah tertutup rapat.
12. Aki yang sudah di isi air accu biasanya daya strumnya sudah mulai membaik.
Mudah Bukan Selamat Mencoba.
Sekedar mengingatkan anda bisa merefresh kembali tentang bubuk Edta
http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/03/memperpanjang-usia-accu-dengan-edta.html

Semoga Bermanfaat

44 comments:

  1. bagaimana cara memelihara aki agar bisa awet dipakai,atau tergantung merknya pak dan bagaiman cara memanaskan mobil yang benar apa harus di gas terus..? maaf panther saya jarang dipakai....terima kasih mas Iwan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memelihara Accu agar awet ya selalu bersihkan electroda dengan rutin, selalu jaga cairan di antara upper dan lower level, kalau anda menstater mobil dan ngak hidup jangan distaer terus, tapi beri jeda waktu sebentar untuk accu beristirahat.
      sedang memanaskan panther ya cukup distater lalu lihat indikator Olie bila sudah naik tunggu 15 -atau 30 detik udah cukup bagi mobil untuk digerakkan atau jalan, cuman diingat waktu anda jalan jangan langsung memacu mobil tapi perlakukan dengan halus, tunggu sampe suhu temepratur menjadi normal baru mobil siap bejek 100 %

      Delete
  2. kalau ga pernah dipakai berapa hari sekali mas harus dipanaskan...dan gimana cara memanaskan..apa dibiarkan stationer atau harus di gas gas...trim mas Iwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngak dipakai kalau masih sehat 1 minggu sekali dipanaskan dah lebih dari ckup, memanaskan mesin diesel cukup distater, hidup dan biarkan stationer, atau kalau mau bisa memutar choke pada dasbord untuk menaikkan putaran mesin, ketika sudu temperatur udah beranjak naik sudah cukup

      Delete
  3. air accunya yg botol tutup merah atau biru mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini air accu yang buat ngisi, jangan accu zuur :)

      Delete
  4. Tp ada yg posting pakai zuur. Klo boleh tau knapa hrus yg isi(biru) bukan zuur(merah)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut teori pertama kali kita isi accu zuur ( h2s04) dan ketika air berkurang itu yang menguap adalah airnya, sedang kandungan sukfatnya tetap, dan bahkan ketika menguap semuanya pun kandungan sulfatnya pasti masih ada dielelem accu, sebenarnya cara terbaik adalah diukur berat jenisnya pake alat higrometer, tapi apa ya kita harus beli alat itu untuk DIT ACCU yang belum tentu berhasil. he99

      Delete
  5. mau numpang tanya pak :
    1. katanya kalo mau isi ulang air aki (botol biru) harus dilakukan pd pagi hari/sblm msn spd motor dihidupkan/dijalankan (dlm keadaan dingin), tetapi kalo mau isi ulang air aki setelah motor digunakan (keadaan panas) harus pake air aki panas (air nya berwarna merah). betulkah begitu pk ?

    2. jika (pertanyaan sy no 1 diatas ) adalah benar aturan pengisian aki basah hrs spt itu, nah kmdian terkait dgn pembahasan mengenai memperbaiki aki MF dgn cara isi ulang air aki nya, apakah aturannya jg sama spt isi ulang air aki basah spt no. 1 tsb. dlm artian bhwa memperbaiki aki MF dgn menggunakan air aki biasa (biru) mesin hrs benar2 dlm keadaan dingin/belum dijalankan, tp kalo spd mtr sdh pernah dihidupkan/dipake, maka air aki nya hrs air aki panas ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ngak ada hubungannya antara accu dalam keadaan panas atau dingin. dan air accu hanya satu yaitu air destilasi. bila air accu anda warna merah tentunya sudah ada campuran bahan lain yang bukan merupakan air murni ( jangan jangan warna merah itu adalah keliru dengan accu zuur merah) hati hati
      2. Sudah terjawab no 1

      Delete
  6. Mau tanya apakah pengisian dilakukan ketika aki dalam kondisi panas kendaraan habis dipakai atau dalam kondidsi dingin kendaraan atau aki belum dipakai.terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kondisi ngak bermasalah bos, mau dingin atau panas,.. itu kan cuman nambah electrolit aja.

      Delete
  7. wah... saya salah ngisi pake accu zuur 20ml, gmn neh pak solusiny, apa harus saya buang/kuras dlu air aki zuur-ny?
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha kira kira Accunya nambah performa strumnya ngak? kalau membaik ya biarin aja. he99

      Delete
  8. mantap pak sdh sy buktikan sndiri di skutik sy. skrg starter lgsg jreng dan hemat sampe 200rb di banding bli baru. trmksh

    ReplyDelete
  9. Untuk accu mobil 60A MF apa langkahnya sama juga pak? Kira2 bisa langsung ditambahkan berapa cc air accu setiap cell nya?
    Satu hal lagi, apa tidak perlu dikuras dan dibersihkan total terlebih dahulu cairan yang ada di dalamnya?

    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya inikan cuman buat accu yang sakit pak, mungkin air yang dibutuhkan bisa diukur dari ketinggian air kira kira 2-3 cm dari lubang pengisian

      Delete
  10. Berapa lama daya tahannya gan untuk aki yg sudah direkondisi seperti itu..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngak bisa menjawab gan, karena tergantung dari kondisi accu itu sendiri,

      Delete
  11. saya sudah mencoba metodenya mas, tapi kenapa aki nya masih mati / da setrumnya
    suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau accu nya sudah RIP ya percuma diisi cairan lagi, ini biasanya hanya efektif bila accu masih bisa simpan arus.

      Delete
    2. Kebanyakan, kawan-2 itu salah dalam mengisi air aki tambahan, beberapa hari yl kawan saya juga melakukan hal yg sama. Jadi kalau menambah air accu sebaiknya dalam keadaan mesin sedang hidup, setelah selesai ditunggu beberapa saat sampai "charge" pada aki cukup. Apabila menambahkan air pada saat mesin mati, power nya habis sehingga seakan-2 akinya mati. Kalau itu terjadi bisa dilakukan charge Tandem dengan mobil lain atau akinya di charge terpisah.

      Delete
    3. sebenernya cairan dalam accu adalah cuman electrolit, dia tidak bisa menyimpan arus, dan ngak ada hubungannya dengan power habis atau tidak karena daya strumnya disimpan dalam sel timahnya. justru mengisi accu dalam mesin hidup itu berbahaya karena ketika mesin hidup brarti ada arus ada getaran dll sementara kita bermain main dengan air didekat daerah kelistrikan.

      Delete
  12. Sekarang saya jadi lebih lemat tanpa membeli aki baru.

    ReplyDelete
  13. saya ganti aki baru merek yu.sa, belum ada seminggu sudah gak bisa starter lagi. mungkin saya akan mencoba cara ini (beli baru lagi 200rbu melayang).

    ReplyDelete
  14. apa beda air aki zurr dengan air aki biasanya mas??

    trus apa keuntungan dan kerugian dari aki tersebut di atas bila kita masukkan ke dalam sell nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. air accu adalah air suling sedang accu zuur adalah asam sulfat h2s04

      Delete
  15. Misi mas mau nanya,,,knpa orng jual accu zuur dalam kemasan sedangkan kita kalo beli aki kan sdh sama zuurnya,,kalo ada orang jual akinya aja masuk akal,,,,trimss

    ReplyDelete
  16. Maap mas mau nanya lagi,,,,aki yg sdh kondisi drop walaupun kita sdh kasih air tambah apa masi bisa baik kondisinya kalau kita kuras dan ganti dengan accu zuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. accu yang sudah keabisa air akan sangat tergantung dari kondisi kerusakan dari accu tersebut untuk bisa puih, sedang penjual masih ada yang jual azzu zuur kan emang jaman dulu accu zuur ngak dibawain dari pabrik, hanya akhir akhir aja yang beberapa pabrik accu menyertakan accu zuur juga

      Delete
  17. Misi mas iwan.
    Aki saya soak ga bsa starter, klo psang lampu sein lampu display speedometer kedap-kedip. Sya ukur voltase aki 11,xx . Kira" sya isi accu zuur (merah) atau air accu (biru) ?
    Thx 4 respon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan nambah pake accu zuur itu nanti kepekatan azamnya jadi terlalu pekat sel accu bisa rip. votase yang rendah ya cuman bisa di strumm saja, dan setelah distrumm bila satu -2 hari oltase hilang/ menurun banyak tentunya itu menandakan accu sudah minta pensiun

      Delete
  18. Terimakasih atas informasinya gan, sangat bermanfaat sekali.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  19. Permisi mas iwan.
    To the point aja, saya punya aki bwaan hond4 be4t FI..
    Saya mau pake ke UPS, pertama kali saya ukur pake multimeter tegangan di bawah 10V terus saya coba cass pake UPS sampai tegangan udh 12V.
    Tapi saat UPS mulai di fungsikan, tegangan lngsung drop lg..
    Kira² apa yg harus sy lakukan?
    Mohon pencerahan nya.
    Thanks ☺☺

    ReplyDelete
  20. Permisi mas iwan.
    To the point aja, saya punya aki bwaan hond4 be4t FI..
    Saya mau pake ke UPS, pertama kali saya ukur pake multimeter tegangan di bawah 10V terus saya coba cass pake UPS sampai tegangan udh 12V.
    Tapi saat UPS mulai di fungsikan, tegangan lngsung drop lg..
    Kira² apa yg harus sy lakukan?
    Mohon pencerahan nya.
    Thanks ☺☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu namanya accu soak, alias ngak mau yimpan strum lagi. cara paling bisa ya cuman ditambah air aja, kalau ditambah air ngak membaik ya accu minta pensiun

      Delete
  21. apakah aki jenis MF jika pernah tekor (gak kuat utk starter) bisa dicas kembali? trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman dari beberapa kasus sih accu mf yang pernah tekor karena pengisian rusak masih bisa untuk dicas kembali. dan masih bisa untuk stater kok.

      Delete
  22. Gan gimana cara membuka penutup aki kering yuasa ?
    Saya sudah coba seperti di atas, tapi keras / susah bener gan
    Gimana solusinya ?

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)