Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Panduan Penggunaan Tang Crimping

Panduan Penggunaan Tang Crimping 

Tang Crimping
Tang Crimping
Bagi anda yang senang ber DIY terutama pada waktu pemasangan dan mengotak atik kabel tentunya tidak asing dengan nama Tang Crimping atau yang sering kita sebut dengan Tang Press. 
Tang crimping atau Tang press adalah suatu alat yang berfungsi untuk pengencangan cable lug terhadap cable.Yakni dengan cara menyatukan kabel dan cable lug dalam keadaan longgar dan ditekan dalam Tang Crimping. dengan memakai ntang Crimping akan dipastikan kekuatan dan kekencangan sambungan antara kabel beserta soketnya. Gambar disamping adalah contoh gambar Tang Crimping. untuk jenis dan modelnya bisa bermacam macam tergantung pembuatnya akan tetapi biasanya penggunaan dan caranya hampir sama. Anda Tertarik, ayo kita lihat tata cara penggunaan dibawah ini.

Cara Kerja 

Cara Penggunaan Tang Crimping
Cara Penggunaan Tang Crimping
1. Siapkan Tang Crimping anda beserta soket dan kabel. Usahakan dan sesuaikan besarnya kabel dengan soket/ skun yang tersedia.
2. Gambar Mata dari Tang Crimping dari berbagai posisi.
3. Silahkan Siapkan Kabel dan skun/ fiting kabel yang akan dipasang. Kupas juga kabel sesuai dengan skun yang tersedia. Pastikan Potongan kabel serapi mungkin dan tidak ada kawat tembaga yang putus akibat pengelupasan badan kabel. Kabel yang putus sebagian kawat tembagannya akan mengurangi kapasitas dan fungsi maksimal dari kabel 
4. Gambar kabel yang diletakkan di atas skun. Selalu ingat dalam skun ada 2 penjepit dimana jepitan pertama untuk menjepit tembaga dari kabel sementara bagian pangkalnya untuk menjepit badan kabel.
5. Masukkan skun tadi ke dalam tang lalu tekan hingga terdengar bunyi klik sekali.
6-9. Masukkan Kabel lalu jepit tang sehingga berbunyi klik sampai lock pin dari tang terlepas. dan tang akan terbuka secara otomatis.
10. Hasil Akhir.
Dari hasil gambar akan terlihat pemotongan dan pengelupasan panjang dan pendek kabel akan mempengaruhi hasil akhir. anda bisa menambah plastik pelindung pada skun pada waktu pemasangan

Gambar dan Properti adalah Karya dari

Mr. Niko Satrio (Panther Mania Club Member)

Semoga Bermanfaat

4 comments:

  1. Berapa harga tang crimping tersebut gan? Referensi agan membantu dalam penggunaan tang jenis ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. harge tergantung merk ada yang 100 ribua bahkan ada yang 300 ribu

      Delete
    2. itu tang yg dipake merk apa? harganya berapa?

      Delete
  2. saya mencari tang crimping seperti gambar di atas kog susah ya?

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)