Belajar Econo Driving
Dengan Econo Driving anda tidak perlu sering ke SPBU |
Masak sih mobil saya yang CCnya besar bisa irit? jawabannya sederhana "Sangat bisa", minimal konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih baik 10-25% dari sebelumnya, misalkan sehari-hari konsumsinya 1 liter untuk 10 kilometer dengan peningkatan hingga 25% maka konsumsinya menjadi 1 liter untuk 12,5 kilometer. Dan tinggal dikalikan dengan 100 liter berapa jauh jarak yang bisa ditempuh dan berapa rupiah yang dihemat.
Bagaimana caranya agar bisa hemat? untuk pertanyaan ini jawaban sederhananya adalah "Eco Driving" tapi penjelasannya memang tidak sesederhana jawabannya. Untuk bisa memaksimalkan eco driving ada 10 hal yang sebaiknya dilakukan :
Pertama
Kenali mobil, Kita harus tahu karakter dari mobil yang kita pakai, seperti pada putaran berapa (RPM) momen puntir mencapai puncaknya, dari sini kita tahu berapa RPM yang baik dijalankan agar mendapat daya dorong yang optimum. Perlu diingat beda kendaraan berbeda juga karakternya. Umumnya mesin mobil rata2 momen puntir (torque) mulai naik pada RPM 1500 hingga 2200 (lihat contoh grafik mesin), dari sini kita berpatokan kalau melakukan pengoperan gigi persneling ketika RPM diantara 2000 hingga 2200 jangan lebih karena hanya akan membuang bahan bakar saja dan jangan kurang agar momentum mobil belum tercapai. Otomatis dengan membatasi putaran mesin disetiap tingkat persneling kecepatan mobil akan menurun secara drastis dan juga pemakaian bahan bakar dihemat cukup banyak. Perlu diingat injakan kecil pada pedal gas sudah cukup untuk menggerakan roda mobil, tetapi ingat jika mobil sudah mencapai kecepatan 60 kpj maka kemampuan mesin 25% digunakan untuk memutar roda sementara 75% digunakan untuk melawan angin, semakin tinggi kecepatan yang dicapai semakin besar tenaga mesin yang digunakan untuk melawan angin (bisa mencapai 95%).
Kedua
Dengan eco driving, mobil yang ber CC besarpun bisa hemat |
Ketiga
Bahan bakar, seperti kita ketahui bahan bakar bersubsidi yang beredar di Indonesia secara umum bisa dikatakan berada diambang bawah batas standar bahan bakar sehingga gangguan kecil pada bahan bakar berdampak besar terhadap konsumsi BBM. Disisi lain banyak operator SPBU yang "nakal" (jarang merawat SPBU) sehingga memperburuk kualitas BBM tsb. Untuk itu coba lakukan riset kecil terhadap beberapa SPBU, misalkan tangki sudah dianggap kosong isi kira2 10-15 liter kemudian gunakan rasakan tenaganya, jika sudah mendekati kosong isi lagi dari SPBU yang berbeda dan bedakan tenaganya, pilihlah SPBU yang dirasakan tenaga mesinnya paling baik (tidak terasa bolot). Cara lain melihat suatu SPBU baik atau buruk jika pada SPBU tsb banyak terlihat kendaraan umum yang membeli karena para pengemudi kendaraan umum sangat sensitif dengan kualitas dan takaran BBM.Keempat
Tekanan angin ban, jika ban bertekanan kurang dari seharusnya maka tingkat gesekan roda dengan aspal menjadi lebih tinggi sehingga mesin membutuhkan tenaga lebih besar untuk memutarkan lebih rendah tetapi mobil akan menjadi sulit dikendalikan dan cenderung berbahaya. Untuk itu pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan petunjuk yang ada dibuku manual atau biasanya terdapat pada stiker yang ada pada pintu pengemudi. Bagaimana dengan penggunaan gas nitrogen? secara teoritis gas nitrogen mempunyai suhu yang lebih rendah dan molekulnya lebih besar dibanding oksigen sehingga gas nitrogen akan tidak mudah berubah suhu dan tekanannya ketika menerima panas yang ditimbulkan gesekan ban dengan aspal. Soal perlu atau tidaknya dikembalikan kepada kemauan dari pemilik kendaraannya. Umumnya kendaraan optimumnya diberi tekanan ban antara 32-33.Kelima
Rute perjalanan, sebelum melakukan perjalanan biasakan untuk mempelajari rute perjalanannya agar dapat mengetahui kondisinya jika akan macet sebaiknya mencari rute alternatif yang lebih sedikit kemacetannya atau jika tidak ada alternatif berangkatlah lebih awal agar dapat menikmati perjalan. Beberapa hal yang saya sudah pelajari antara lain: hindari jalan yang ada sekolahan pada jam masuk dan keluar sekolah karena jalan tersebut akan lebih padat daripada seharusnya, juga hindari pasar pada jam2nya atau restoran2 pada jam makan siangatau sore hari, hindari jalanan yang banyak kendaraan umumnya karena mereka mempunyai kebiasaan yang tidak terduga, hindari juga rute yang banyak lampu setopan karena akan membuat anda harus berhenti dan berakselerasi berulangkali. Dengan mempersiapkan rute dengan baik termasuk alternatifnya otomatis mental kita lebih siap dan sabar menghadapi situasi yang akan terjadi dan hal ini sangat membantu proses eco driving (kesabaran).
Keenam
Dengan eco driving ikut membantu lingkungan |
Ketujuh
Perpindahan persneling, dalam eco driving kita bisa melakukan perpindahan gigi dengan cara melompat antar gigi. Tidak perlu harus berurutan seperti 1-2-3-4-5 atau sebaliknya, jika memang kita yakin kita bisa memindahkan gigi persneling seperti ini 1-2-3-5 yang penting kita sadar pada saat memindahkannya (jika kearah yang lebih tinggi atau lebih rendah) momentum kendaraan cukup memadai misalkan dari gigi 3 ketemu turunan maka dapat kita oper langsung ke gigi 5 dan mempertahankan dengan menginjak pedal gas sedikit saja. Nah dalam melakukan perpindahan secara lompat sangat dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai mobil yang dikendarai, kapan bisa dilakukan dan kapan tidak bisa dan ini juga perlu latihan.Kedelapan
Matikan mesin, jika kita berhenti pada lampu lalu lintas dan kita tahu dari merah ke hijau lebih dari 60 detik (jika pada lampu ada timer bisa sangat membantu) sebaiknya matikan mesin karena hal ini walaupun hanya 15 ini akan menghemat bahan bakar. Dibeberapa mobil modern sudah ada fitur mesin mati ketika mobil berhenti lebih dari 10 detik dan akan kembali hidup ketika pedal gas ditekan. Hal lain yang dapat diperoleh adalah kita akan lebih relaks dan ini sangat membantu menurunkan stress kita.Kesembilan
Gunakan AC secukupnya, Perangkat AC sangat membantu dalam menjaga kita agar tetap adem (baik suhu maupun perasaan) tetapi AC sangat membutuhkan bahan bakar untuk beroperasi, untuk itu biasakan untuk mengatur temperatur dalam mobil seefisien mungkin, ingat perangkat AC digunakan untuk mengkondisikan suhu udara menjadi nyaman bukan menjadi dingin seperti kulkas. Jika dirasa sudah sejuk (bukan dingin) perangkat AC dapat dimatikan baik total atau hanya menggeser switch suhu (thermostat) kearah lebih panas dan ini juga akan mematikan kompresor AC tetapi tidak mematikan blower AC, dan geser kembali kesuhu yang dimaksud kalau sudah berasa gerah. Lagi-lagi hal ini butuh waktu untuk beradaptasi, lama kelamaan kita akan terbiasa dijam-jam tertentu (pagi hari/malam hari) untuk tidak menyalakan AC sama sekali. Perlu ditanamkan dalam diri kita (mind set) kalau badan kita sering terkena udara AC akan mengakibatkan kulit kering dan tidak baik untuk kesehatan.Kesepuluh
Hindari berat berlebihan, Terkadang tanpa kita sadari didalam mobil terdapat berbagai macam barang yang sebetulnya tidak terpakai dan cukup membebani, bahkan kita memasang aksesoris yang tanpa disadari membuat aliran udara menjadi terhambat (drag) seperti memasang lamputambahan yang diletakan pada atap mobil, rak bagasi dan lain sebagainya yang membuat aliran udara terhambat dan juga menambah beban yang tidak perlu. Jika dirasakan dalam waktu dekat (2-3 bulan) belum akan digunakan sebaiknya aksesoris tersebut dilepaskan termasuk menurunkan barang2 yang tidak diperlukan karena barang2 dan perangkat ini jika dilepas atau diturunkan bisa membantu penghematan bahan bakar hingga 2%.
Sempurnanya kita melakukan 10 hal diatas, tapi jika belum bisa lakukan beberapa terutama nomor 1, 6, 9 dan perlahan-lahan ditambah hingga genap 10
Artikel dari
Mr Raswan Aditya Harjono (Member Panther Mania Club)
Pemenang Juara 1 Lomba Eco Rally
Dengan pemakaian 1liter solar untuk jarak 28km
(Isuzu Panther Higrade LS th 2001 dengan kondisi mesin standart)
Kementrian Lingkungan Hidup
(Kategori mobil berbahan solar diatas 2000cc)
No comments:
Post a Comment
Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)