Memeriksa kondisi Per Daun
Proses me Rol per daun |
Dengan berjalannya waktu mungkin anda merasakan mengapa tunggangan kesayangan anda makin lama menjadi makin keras terutama suspensi belakang.
Salah satu kambing hitam pertama tentunya adalah kondisi shock absorber belakang. Tetapi bagaimana seandainya setelah diganti dengan shock yang baru, ternyata suspensinya masih keras juga.
Bila itu kejadiannya coba anda luangkan waktu sejenak untuk mengamati kondisi per daun suspensi anda. Jangan jangan sudah menjadi Lurus dan tidak parabolik lagi.
Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita tahu kalau peer daun tersebut menjadi lurus dan berkurang paraboliknya. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah melihat kondisi Anting dari per daun itu sendiri.
Kondisi perbandingan per daun |
Kesimpulan dan Solusi
- Per daun yang sudah menjadi lurus non parabolik akan lebih keras, karena jarak main menjadi lebih sedikit. (dengan catatan diperbandingkan dengan kondisi desain awal lho ya)
- Solusi termudah dan termurah adalah dengan cara me rol kembali per daun anda agar menjadi lebih parabolik atau kembali ke kondisi awal.
- Solusi terbaik adalah dengan mengganti per dengan yang lebih baru. karena bila dengan me rol per daun maka ada kemungkinan hasil rol rolan tidak bisa sama kekerasaan dan tingkat paraboliknya, dan bila mobil anda selalu diberi muatan berat maka hasil rol rolan per akan lebih mudah menjadi lurus lagi.
semoga secepatnya saya bisa punya mobil sendiri.. O:)
ReplyDeleteklu mengganti harus satu set per atw cukup per bagian atas aja om?
ReplyDeletekalau peer daun biasanya diperiksa dulu, kebanyakan yang diganti yang pertama, lalu yang ke2 ke 3 dst disesuaikan/ dirol lagi ngikutin paraboliknya peer 1.
Deleteterima kasih infonya,
ReplyDeletekalau ada saya minta gambar detail per mobil hiace, thx !
Om, mobil saya panther toring, abis ganti velg r15 lbr 7inch, udah saya naikkan torsi depan kira2 naik 3 jari tapi kadang2 klo belokan tajam n naik selalu natap spakbor. Kmrn saya bw ke bengkel, disuruh ngerol per daun belakang juga, baru dinaikan torsinya lagi. Apakah betul begitu?trims
ReplyDeletecoba pake shock depan yg lebih keras ya bisa, kalau belakang kalau peernya masih parabolic jangan diroll lebih baik ganti anting aja yg lebih tinggi
DeleteHarga per daun yg bagus merk ap? Dan harganya brapa?
ReplyDeleteHarga per daun berapa om & yg bgus merk ap?
ReplyDeletepeer daun banyak macamnya merk ada indopart dsbnya, untuk harga dan kualitas saya kurang begitu paham pak
DeleteMaaf sebelumnya ya om. Saya mau bantu jawab. Per daun yang bagus merk CHI. Cuma barang nya sudah jarang. Indospring juga bagus
DeleteSore Om ikwan, panther saya ls 2001 jumlah per 4, soalnya kan ada yang jumlah Pernya 5. Mobil sering muatan penuh kondisi per udah lurus, solusi agar tetap empuk saat muatan penuh dan tidak bagaimana pak? SA KYB gas pak!
ReplyDeleteSore Om ikwan, panther saya ls 2001 jumlah per 4, soalnya kan ada yang jumlah Pernya 5. Mobil sering muatan penuh kondisi per udah lurus, solusi agar tetap empuk saat muatan penuh dan tidak bagaimana pak? SA KYB gas pak!
ReplyDeleteMalam Om , saya punya mobil carry pick up lalu shobrecker saya keluar oli.. apa perlu di service atau beli yang baru... Lalu kalau saya nambah per daun gimana ya Om , mohon pencerahannya Om thx
ReplyDeletePer daun panther standart jumlahnya berapa?
ReplyDeleteOm iwan mau tanya kl panther touring 2002 jumlah pernya berapa yah aslinya kok saya punya cuman 4 yah bantingannya kerasbanget dan posisi anting sudah mundur mohon pencerahannya terimakasih
ReplyDeleteOm.. Mobil sya kijang lgx.. Klo ganti per daun kisaran harga berapa yh om
ReplyDeleteMaaf om mau tanya sedikit,lgx saya klo pas polisi tidur pas posisi turun bunyi jegluk
ReplyDeletePadahal baru saya bangun,td nya ceper.
Kira2 apanya yg harus drubah lagi