Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memeriksa kondisi Per Daun (leaf spring)

Memeriksa kondisi Per Daun 

proses me rol per daun
Proses me Rol per daun 
Anda memiliki mobil dengan suspensi belakang model per daun. (misalnya Daihatsu taft non independen, Kijang kapsul, isuzu panther, mitsubishi kuda, Suzuki carry dan lain lainnya)
Dengan berjalannya waktu mungkin anda merasakan mengapa tunggangan kesayangan anda makin lama menjadi makin keras terutama suspensi belakang.
Salah satu kambing hitam pertama tentunya adalah kondisi shock absorber belakang. Tetapi bagaimana seandainya setelah diganti dengan shock yang baru, ternyata suspensinya masih keras juga.
Bila itu kejadiannya coba anda luangkan waktu sejenak untuk mengamati kondisi per daun suspensi anda. Jangan jangan sudah menjadi Lurus dan tidak parabolik lagi.
Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita tahu kalau peer daun tersebut menjadi lurus dan berkurang paraboliknya. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah melihat kondisi Anting dari per daun itu sendiri.
Kondisi perbandingan per daun
Kondisi perbandingan per daun
Coba anda amati gambar disamping kanan ini bawah ini. disitu ada 2 buah gambar perbandingan. Kebetulan saya memiliki gambar dua buah mobil sejenis dan setipe (Isuzu Panther Grand Touring) dengan kondisi per yang sama sama masih orisinil dari pabrik. dan kedua mobil dalam kondisi kosong dan tanpa beban. Dari gambar terlihat bahwa salah satu anting per tersebut telah menjorok kebelakang (gambar didalam lingkaran)sedang yang satunya masih tegak. Anting Per yang sudah menjorok kebelakang mengindikasikan bahwa peer tersebut sudah menjadi lebih lurus non parabolik sehingga membuat anting tersebut bergeser kebelakang.

Kesimpulan dan Solusi

  • Per daun yang sudah menjadi lurus non parabolik akan lebih keras, karena jarak main menjadi lebih sedikit. (dengan catatan diperbandingkan dengan kondisi desain awal lho ya)
  • Solusi termudah dan termurah adalah dengan cara me rol kembali per daun anda agar menjadi lebih parabolik atau kembali ke kondisi awal.
  • Solusi terbaik adalah dengan mengganti per dengan yang lebih baru. karena bila dengan me rol per daun maka ada kemungkinan hasil rol rolan tidak bisa sama kekerasaan dan tingkat paraboliknya, dan bila mobil anda selalu diberi muatan berat maka hasil rol rolan per akan lebih mudah menjadi lurus lagi.

Semoga Bermanfaat

13 comments:

  1. semoga secepatnya saya bisa punya mobil sendiri.. O:)

    ReplyDelete
  2. klu mengganti harus satu set per atw cukup per bagian atas aja om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau peer daun biasanya diperiksa dulu, kebanyakan yang diganti yang pertama, lalu yang ke2 ke 3 dst disesuaikan/ dirol lagi ngikutin paraboliknya peer 1.

      Delete
  3. terima kasih infonya,
    kalau ada saya minta gambar detail per mobil hiace, thx !

    ReplyDelete
  4. Om, mobil saya panther toring, abis ganti velg r15 lbr 7inch, udah saya naikkan torsi depan kira2 naik 3 jari tapi kadang2 klo belokan tajam n naik selalu natap spakbor. Kmrn saya bw ke bengkel, disuruh ngerol per daun belakang juga, baru dinaikan torsinya lagi. Apakah betul begitu?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake shock depan yg lebih keras ya bisa, kalau belakang kalau peernya masih parabolic jangan diroll lebih baik ganti anting aja yg lebih tinggi

      Delete
  5. Harga per daun yg bagus merk ap? Dan harganya brapa?

    ReplyDelete
  6. Harga per daun berapa om & yg bgus merk ap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. peer daun banyak macamnya merk ada indopart dsbnya, untuk harga dan kualitas saya kurang begitu paham pak

      Delete
  7. Sore Om ikwan, panther saya ls 2001 jumlah per 4, soalnya kan ada yang jumlah Pernya 5. Mobil sering muatan penuh kondisi per udah lurus, solusi agar tetap empuk saat muatan penuh dan tidak bagaimana pak? SA KYB gas pak!

    ReplyDelete
  8. Sore Om ikwan, panther saya ls 2001 jumlah per 4, soalnya kan ada yang jumlah Pernya 5. Mobil sering muatan penuh kondisi per udah lurus, solusi agar tetap empuk saat muatan penuh dan tidak bagaimana pak? SA KYB gas pak!

    ReplyDelete
  9. Malam Om , saya punya mobil carry pick up lalu shobrecker saya keluar oli.. apa perlu di service atau beli yang baru... Lalu kalau saya nambah per daun gimana ya Om , mohon pencerahannya Om thx

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)