Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memasang CAI pada 2KD-FTV (Fortuner dan Innova Diesel)

Memasang CAI pada 2KD-FTV 

( Toyota Fortuner dan Innova Diesel )


dgn cai intake akan bersih
Dgn CAI intake akan bersih
Anda memakai mobil Toyota berjenis mesin 2KD-FTV. Anda ingin agar intake manifold mobil anda dan jalur Turbo anda bersih dan tidak kotor oleh polutan oli mesin (yang berasal dari breather napas mesin)
Bila ya andan bisa menerapkan teknik yang saya terapkan dahulu pada obil jenis panther. Coba anda bisa me refresh kembali ingatan anda  (Klik disini) . Bila sudah di klik anda membutuhkan alat dan bahan seperti yang tercantum disitu. Disini anda hanya perlu mengerjakan sampe ke point 4, dimana kita hanya membutuhkan isi dari filter solar yang berisi filter yang akan kita gunakan sebagai penyaring debu. (untuk kita posisikan sebagai filter udara ke dua pada filter utama).
Jadi Prinsip kerja dari CAI (cold air intake ) adalah:

  • Kita membuang panas mesin/ uap breather mesin yang mengandung uap oli ke udara bebas.
  • Kita memanfaatkan lubang intake manifold yang ditinggalkan untuk diberi saringan udara ke dua, yang berfungsi sebagai filter udara tambahan,

cara pembuatan CAI
Cara pembuatan CAI

Cara Pembuatan

1. Anda memerlukan filter solar milik Isuzu Panther, silahkan buka tutupnya maka anda akan menemukan filter. anda bisa melihat detailnya dengan mengeklik tulisan klik disini diatas.
2. Setelah Filternya siap, anda memerlukan 2 buah selang berukuran 5/8 atau anda bisa membeli selang dengan diameter dalamnya 1,25 cm. (sesuai besar selang breather dari mesin innova atau fortuner anda. dan kebetulan ukurannya sama dengan milik isuzu panther. 2 buah selang masing masing sepanjang 1 meter. dan sebuah pipa almunium sebagai penyambung.
3. Lalu silahkan anda menuju ke intake manifold, seperti pada gambar silahkan cabut selangnya, lalu selang yang menuju mesin silahkan sambung dengan pipa almunium pendek (pada gambar 2) lalu sambung dengan satu selang pada gambar adalah selang warna kuning. lalu selang kuning tersebut silahkan anda carikan jalur untuk dijuntaikan kebawah. (membuang nafas mesin yang panas dan mengandung uap oli ke udara bebas dibawab mesin). Pastikan posisi selang tidak menggangu suspensi, tidak mengenai ban cat dll.
Sementara selang satu meter yang satunya anda pasangkan pada intake yang diatasnya.
4. Lalu selang intake tadi ujungnya kita beri filter udara yang telah kita buat pada gambar no1. lalu tempatkan filter tadi tempat terdingin dari ruang mesin . Mudah bukan.

Semoga Bermanfaat

7 comments:

  1. alangkah baiknya membuang uap oli (panas) ke udara melalui oil catch tank terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  2. Kondisi blade turbonya apa gak terlalu kering..efek jangka panjang turbo cepat aus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blade turbo atau ada yang menyebutnya impeler tidak dilumasi dari breather, dia hanya kipas, sementara turbo sendori sudah mempunyai jalur pelumasan dan pendinginan sendiri ikut dari mesin, makanya sangat diharamkan bagi mesin bertubo untuk mengeber geber mesin sebelum mematikan mesin.

      Delete
    2. Sy yg lagi galau mohon pencerahan om Iwan. Sesungguhnya maksud pabrik apa sih kok selang breather (udara pernapasan mesin) dibuang / dimasukkan kembali kesaluran intake manifold..??
      Sy ingin selang breather di buang ke udara bebas dikolong mobil....tp masih galau,..jangan2 pabrikpunya maksud tertentu dgn memasukkan kembali ke saluran intake. Lha..kalo cuma tujuannya utk mengurangi POLUSI,.. lgsung selang breather tsb sy buang ke udara bebas..(gak peduli lah kecuali asap dari truk-2 besar sdh dibenahi sm pemerintah) Terus, saluran intake yg ditinggalkan sy ganti dgn selang CAI yg ujungnya ada filternya.

      Delete
    3. tujuannya adalah untuk lingkungan pak, ini dulu pertama diterapkan pada motor motor honda sonic dgn tajuk hcs kalau ngak salah, tetapi ada beberapa teori dan anggapan dari orang orang diantarannya. 1 uap breather yang mengandung olie diperlukan buat pelumasan turbo dan 2. diperlukan buat pelumasan klep. saya tidak mau berdebat dengan teori itu hanya saya mau katakan, bila memang tujuannya untuk pelumasan turbo dan klep, kan turbo dan klep ada 2 kondisi satu ikut knalpot satunya ikut pembuangan pembakaran, lalu yang turbo bagian knalpot dan klep exhaust lalu pelumasannya dari mana. karena turbo sudah dilumasi asnya dari oli mesin sementara klep in dan out pelumasannya juga ikut mesin dn dibatasi oleh sealklep.

      Delete
  3. Ninggalin jejak di bloknya om iwan hehehe :D

    Terimakasih ilmunya om

    ReplyDelete
  4. Om iwan kalo untuk ANKI gimana yah? Apakah sama?

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)