Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Merawat Mesin Diesel ( 4 Sehat 5 Sempurna part I )

Merawat Mesin Diesel 

( 4 Sehat 5 Sempurna part I )

Jaga Mesin Diesel anda jangan sampai berasap hitam
Jaga Mesin Diesel anda
jangan sampai berasap hitam
Anda Memiliki mobil berMesin Diesel jadul ( masih pake Injection Pump ) macam Isuzu Panther, Kijang Diesel, Mitsubishi Kuda, Daihatsu Taft, Mitsubishi L300, Toyota Hi Ace, Toyota Hardtop Diesel dan lain lain.
Anda masih awam dengan mesin diesel?
Jangan Kuatir , Mesin Diesel dengan Teknologi Injection Pump perawatannya so simple bahkan dibilang sangat mudah dan gampang bisa anda rawat sendiri,
Untuk Menjaga performa mesin anda berikut ini saya bagi menjadi 5 langkah yang saya singkat menjadi
4 Sehat 5 Sempurna Part I

Merawat Mesin Diesel ( 4 Sehat 5 Sempurna part I )

Filter Oli, Udara dan Solar
Filter Oli, Udara dan Solar
1. Selalu ganti Trio Filter nya sesuai dengan rekomendasi.
Trio filter disini yang saya maksud adalah 3 filter utama yaitu Filter udara/ angin, Filter solar dan Filter Oli. Filter Angin menurut spesifikasi pengunaan biasanya bisa bertahan sampai 40ribu km ( dengan syarat dan tergantung dari daerah kerjanya), Pada diesel bila Filter udara kotor akan menghambat proses udara masuk sehingga akan menurunkan tenaga, membuat solar menjadi boros dan membuat asap kendaran menjadi Hitam pekat. maka dari itu rajin rajinlah membersihkan filter udara anda. anda dapat membersihkannya dengan minta bantuan tukang tambal ban/ bengkel terdekat untuk menyemprot dengan kompresor.
Filter Solar. Sama seperti filter angin filter solar juga merupakan nyawa dari mesin diesel dia adalah penjaga pertama yang bertugas menyaring kotoran kotoran dari bahan bakar sebelum masuk ke Injection pump. Filter solar biasanya bisa bertahan 10000-15000 km ( tergantung dari kualitas bahan bakar). Filter solar yang kotor akan membuat kerja Injection pump menjadi berat dalam menyedot bahan bakar, sehingga akan membuat performa mesin menurun dan bahkan bila sangat ekstrim kotornya mobil bisa tersendat atau bahkan mogok,
Filter Oli. Selalu gantilah filter oli sesuai syarat yang udah ditentukan, misalnya untuk mesin Isuzu Panther disarankan untuk diganti tiap 10000 km sekali ( bila anda memakai interval ganti oklie tiap 7500km sekali maka tentunya anda menggantinya tiap 15 ribu km sekali ). Atau bila anda ragu ragu anda bisa melihat dari instrumen check olie di dasboard mobil anda, bila nyala lampunya lama mati berarti filter olie sudah mampat, segera ganti dengan baru, Mengingat harga Filter oli sangat murah (hanya sekitar 30 ribu untuk isuzu )
Pilih olie sesuai Spesifikasi bukan atas dasar bujuk rayu Penjual
Pilih olie sesuai
Spesifikasi bukan atas
dasar bujuk rayu Penjual
2. Pergunakan olie mesin, verneling dan gardan sesuai dengan speks yang ditentukan.
Selalu gunakan olie sesuai spesifikasi dari pabrik, anda bisa menggunakan olie dengan kualitas yang lebih tinggi, tapi selalu ingat dan waspada selalu gunakan olie dengan kekentalan yang disyarankan. Misal Mesin anda sisyaratkan memakai oli dengan kekentalan SAE 40 tentunya jangan coba coba mengunakan olie yang lebih kental atau malah lebih encer ( bertujuan agar performa meningkat) Oli lebih kental akan membuat kerja pompa oli bekerja lebih keras, sedang olie yang lebih encer, bila mesin anda sudah berumur maka oli mesin akan lebih mudah ikut terbakar di celah clearence mesin waktu kompresi.
Sedangkan untuk olie gardan dan verneling gunakan juga sesuai spesifikasi kekentalannya. Terutama buat para pengguna Isuzu Panther, Sering terjadi salah kaprah dengan mengisi olie dengan kekentalan sama dengan gardan padahal olie verneling panther hanya dibutuhkan olie dengan kekentalan sesuai keketnetalan mesin SAE 40
3. Luangkan 5 menit untuk Selalu memeriksa kendaraan anda 
Selalu periksa sebelum anda mengoperasikan kendaraan anda. Tekanan Angin sesuai anjuran ( disarankan punya alat pengukur tekanan ban dirumah), air radiator, dipstik olie sebelum menghidupkan mesin, check minyak kopling, rem dll, waspada kebocoran. dll ( pre inspektion sebelum menjalankan kendaraan udah ada di thread) (klik disini)
4. Setel Kembali Baut setelan solar sesuai kebutuhan,
Anggapan bahwa baut setelan solar yang disegel selalu benar dan presisi sesuai kebutuhan mesin adalah hoax, Karena mesin adalah dinamis dan kebutuhan pasokan solar mesin beserta tipe pengendaranya berbeda satu dengan yang lain. Tidak diharamkan bagi anda yang menyetel kembali baut load solar anda disesuaikan dengan kebutuhan dan mobilitas anda. bila anda mobil anda setelah ritual no 1 dan 2 sudah dilakukan dan ternyata asap masih menghitam , tidak ada salahnya anda mengirikan setelan solar anda. dan bila mobil anda kok dirasa kurang bertenaga ada baiknya anda bisa menambah sedikit pasokan solar. yang akan meningkatkan tenaga dan torsi mobil anda ( Menyetel baut load solar klik disini )

Injection Cleaner
Injection Cleaner
5. Beri Aditif Bahan bakar setiap 5000-10000 km sekali 
Memberikan treatment injector cleaner pada mesin diesel sudah menjadi tren dan solusi agar menjaga salur bahan bakar terutama di injection pump dan nosel selalu bersih dan tidak tersumbat, Karena jalur bahan bakar , Injection Pump beserta nosel pada mesin diesel mekanik adalah sangat vital. Treatment banyak beredar di pasaran mulai dari yang umum macam STP, Prestone, Top1 sampai kepada yang agak mahal seperti Liquidmoly, Relline dan lain. gunakan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan pada waktu anda membelinya.

@NB :

Tidak disarankan untuk berbuat aneh2 pada mesin diesel anda seperti
1. Memajukan Timing pengabutan, Getok mata kucing, Modifikasi nosel agar tekanan naik. ( ntar kapan kapan akan saya bahas mengapa hal tersebut tabu,

Semoga Bermanfaat

12 comments:

  1. bagus . tingkat kan ya bloger nya ...

    ReplyDelete
  2. apakah beda aditif injection cleaner dengan octane boster ya um . thangs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Injection cleaner itu untuk merawat dan membersihkan saluran bahan bakar, sedang octane boster (kalau di diesel namanya cetane bukan octan itu untuk menaikkan nilai angka cetane pada solar sehingga akan mempercepat pembakaran silahkan membaca kembali pada http://yamatoikwan.blogspot.com/2013/11/angka-setana-pada-solar-cetane-number.html

      Delete
  3. Mantab gan
    trima kasih kunjugan sbelumnya
    Sukses yah gan

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong... Saya masih pake Panther Touring Matic. Akhir2 ini kok sering sekali mengalami penurunan power secara tiba tiba, terutama ketika di gas... Apakah ini karena Injection Pumpnya? Bila iya, apa yang harus dilakukan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuman digas ekstrem lalu tiba tiba lost power kemungkinan cuman karena filter solar kotor atau sedimenter kotor/ jalur solar. coba bersihkan dulu unit itu

      Delete
  5. Selamat malam pak, mohon solusinya donk, ford ranger saya tahun 2011 belum commonrail, akselerasi dan larinya berat, padahal filter solar dan filter udara sudah diganti dengan yang baru, asap tidak ada, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipastikan dulu setelan timing pengabutan dan setelan klep disetel sesuai spec dari pabrik. bila masih lemot anda bisa mulai upgrade sedikit dengan menganjal turbo dan setelah turbo diganjal wastegatenya tentunya pasokan udara diputaran atas naik, anda bisa menambah debit solar masuk dengan memutar baut load solar. itu sudah signifikan naik tenagannya.

      Delete
  6. apakah diesel injection cleaner juga bisa dibuat aditif untuk mesin diesel tua macam taft gt f73???

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)