Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membersihkan Pompa Sedimenter Isuzu Panther

Membersihkan Pompa Sedimenter 

Bagi anda yang melakukan ritual Do it yourself mengganti filter solar kendaraan anda, tentunya pasti akan melakukan rutinitas buang angin dengan memompa Solar bukan. Nah bila ternyata suatu waktu pompa anda menjadi Loss alias tidak mau menjadi padat. Jangan buru buru stres, karena kemungkinan itu unit pompa terganjal kotoran sehingga menjadi tidak berfungsi. Sebelum memvonis rusak sedimenter, alangkah baiknya coba kita bersihkan terlebih dahulu. caranya?
Tata Cara Pengerjaan
Tata Cara Pengerjaan

Prosedur Pekerjaan

1. Silahkan anda buka Kap Mesin Mobil Anda dan ambil kunci no.10 lalu buka baut yang saya lingkari warna hijau.
2. Lalu temukan juga sebuah baut dibawahnya yang agak tersembunyi.
3. Dengan menggunakan kunci buka ketiga baut tadi (gambar1-2)
4. Lalu Lepaskan Kabel dibawah sedimenter. Jangan lupa lepaskan Selang bahan bakar out dan in nya.
5. Buka Tabung sedimenternya anda bisa menggunakan bantuan Kunci pembuka filter solar. Bersihkan tabung dari kotoran kotoran.
6. Dengan bantuan Alat peniup kompresor silahkan tiup lubang lubang in dan outnya, silahkan pake tekanan angin yang ngak terlalu kencang dengan cara menekan kompresor tidak penuh. Bila anda tidak mempunyai kompresor anda bisa meniupnya memakai Mulut. (tapi jangan diminum ya residu solarnya)
7. Bersihkan dari kotoran lalu silahkan rakit kembali ingat hati hati dengan karet karet sealnya jangan terbalik memasangnya. dan kencangkan tabung sedimenter hanya dengan tangan (jangan memakai bantuab alat pembuka filter) karena dikuatirkan bisa pecah. berhubung terbuat dari almunium tipis mur pengguncinya.
8. Sebelum dipasang kembali anda bisa mengetes pompa anda dengan cara memasang selang dari tangki sementara ujung outnya silahkan memakai botol minuman bekas, untuk menampung solar. lalu coba anda Pompa, bila sudah lancar dan mengalir silahkan dengan memakai ujung tangan silahkan tutup lubang outnya lalu pompa, bila pompa sudah bisa mengeras berarti pompa sudah normal. Setelah itu silahkan pasang kembali semuanya.

Semoga Bermanfaat 

40 comments:

  1. ini blog bengkel yah?
    >mantap nih panduan panduan nya mass..

    ReplyDelete
  2. kalo indikator sedimenter di dashboard itu fungsi gak om. Soalnya panther saya 12 ga tahun ga pernah di bersihkan sedimenternya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. indikator sedimenter di dasboard itu hanya nyala ketika sedimenter mengandung banyak air, jadi bila hanya kotor tentunya indikator ngak nyala, karena kotoran lalu akan masuk ke filter solar. jadi dengan membersihkan sedimenter sebenarnya juga memperawet dan memperpanjang usia filter solar

      Delete
  3. Numpang tanya om, panther saya kalau lewat jalan gronjal kok glodagan ya.
    itu masalah di shock absorber apa per - nya ya.
    makasih om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya semua bisa um mulai shock, joint2, karet2, bahkan gantungan ban serep ngak kencang aja juga bisa bikin glodakan. :)

      Delete
  4. Pompa sedimenter panther 92 emang kosong ya oom.kl pny truck(toyota dyna/colt diesel)koq ada filter di dalamnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mmang kosong, dia hanya berfungsi sebagai penyaring air dan pemompa saja, filter hanya satu di filter solar setelah sedimenter

      Delete
  5. mau nanya om, kalo udah jalan jauh bila AC dimatikan, gas nya kok jadi drop RPM bisa dibawah 500, tapi kalo mesin dimatikan sekitar 1jam, tanpa AC, RPM bisa stabil diatas 500, apa pengaruh dari sediment juga ? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedimenter atau jalur solar mampet ya bisa , tetapi rpm 500 itu terlalu rendah coba tingkatkan dulu rpm disekitar 800-900 rpm, apakah masih seperti itu?

      Delete
  6. om,ispan saya rpmnya kadang² ga stabil..klu ac ga nyala rpmnya ngedrop dan klu ac nyala rpm naik tp kadang² bisa ngedrop jg klu lg diam(gak jalan)...
    dan klu keadaan diam ac nyala klu stir di putar rpm ngedrop jg o...
    kira² apa masalahnya tuh om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pastikan jalur solar bagus ngak ad yang mampet, lalu periksa stationer ispan beserta setel kembali tuas vakum penaik stationer acnya, lalu cek belt dan kekencangannya. bila keadaan diam stir diputar rpm ngedrop ada 2 kemungkinan 1. rpm kurang tinggi. 2 ada masalah di pompa power steringnya jadi kerja sangat berat sehingga menggangu kerja stationer mesin waktu dibelokkan rodannya

      Delete
    2. pernah saya tanya kebengkel katanya bagian boscpumpnya(rotor head) yg bermasalah,kira² benar gak om?

      Delete
  7. Om panter saya hampir sebulan masuk angin gara2 ganti filter solar d bengkel tp di cek gak ad kebocoran d pinggiran filter...apakah bisa efek sering di pompa kepala pompa bisa mengalami kebocoran??kalau ganti pompa berapa om ap bisa di perbaiki sendiri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja diperiksa jangan jangan baut dikepala pompa atau seal ada yang bocor, bisa kok direkondisi sebelon divonis diganti, karena konon harganya yang asli mencapairatusan ribu rupiah

      Delete
  8. Om gmn cara mmperbaiki pompa solar x sudah dvonis bocor sama bengkel????thnk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bocor gimana, apakah masuk angin/ dipompa ngak mau keras. kalau memang kondisi klepnya ngak sehat ya agak repot mungkin ganti atau kanibal dengan pompa lain (misal pompa lain ada yang rusak / retak lalu bisa anda ambil klepnya aja) jalan satu satunya.

      Delete
  9. Bos...
    Klw pompa solar ada rembesan dibwh kepala pompa bisa diperbaiki apa gk...
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa, itu kemungkinan hanya sealnya yang ngak pas atau ada yang udah aus

      Delete
  10. om, ni hino dutro, pas masuk angin dipompa gak mau keras. pompa dah ganti baru, tetep ndak mau keras. akhirnya, kalo setiap stater digas besar, trus jalan normal. mhon bantuannya.

    ReplyDelete
  11. om, ni hino dutro, pas masuk angin dipompa gak mau keras. pompa dah ganti baru, tetep ndak mau keras. akhirnya, kalo setiap stater digas besar, trus jalan normal. mhon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa sambungan sambungan solar selang selangnya dari tangki menuku pompa sedimenter, sambungan selang udah kaku ya bisa bikin masuk angin, atau mungkin ada retak2 rambut pada selang. itu juga bisa bikin masuk angin

      Delete
  12. Om.. Ane punya panthern2009. Dipompa keras namun ane sedikit binggung , Selang Pompa ke Filter Minyak ane kasih selang bening untuk lihat apakah pompanya masih masuk angin tau gx. Eh ketika mesin hidup di selang bening itu masih terlihat ronga udara dgn mesin hidup dan ketika mesin di matiin ronga udara itu hilang dan minyak kembali memenuhi selang benong tsb.. Apakah itu masih masuk angin atau angin palsu. Tks om

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mesin dihidupkan lalu coba pompa waktu kondisi mesin hidup dan lihat apakah udara itu hilang atau tidak

      Delete
  13. Kpd bpk yg terhormat, trima kasih tlah membagikan blog ini. Sangat bermanfaat skali bgi saya dan pengguna mobil panter lainnya. Trims

    ReplyDelete
  14. Om panther, panther saya klu kecepatan tinggi ban blkg suka ngegaung kenapa ya. mungkin krn laher roda belakang.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 2 sumber dengung utama, iasaya dari gardan dan dari laker/ban kalau gardan dengung hanya waktu anda injak gas lepas gas gendung berkurang, tapi bila lager roda suara akan konstan di kecepatan tertentu

      Delete
  15. Panther saya ss matic turbo 2001 pak, trio filter sdh diganti, sedimenter sdh dibersihin. jg sdh pake STP fuel injector cleaner dimasukin lwt filter solar. Masalahnya mesin tdh bisa idle/stasioner, ketika dinyalain RPM di 800 sesaat normal tp skitar 1/2 menit kemudian RPM langsung turun sampe mesin mati. dan jika di start lg tidak ada masalah tetap nyala di RPM 800 tp kmudian ngedrop lg hingga mesin mati. tindakan sementara yg saya lakukan yaitu dengan memainkan gas tangan, ketika ada tanda RPM mau ngedrop saya putar naik gas tangan. Ketika AC dinyalakan, RPM langsung turun. bgitu jg ketika dlm perjalanan, jika gigi masuk N maka RPM naik, tp ketika masuk D, RPM turun. Mohon pencerahannya pak Iwan dan trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa jalur bahan bakar apakah lancar atau tidak ada angin palsu, bila semua baik ya sedotan dari ip bermasalah.

      Delete
  16. Om panther.. pantherq ppl'95, kalo mesin blom panas indikator gambar aki di spedometer nyala nanti klo uda panas indikator aki mati, nanti klo buat puter audio 15 menit aja indikatornya nyala lg.. Tp untuk starter gak prnah rewel, itu akinya yg usang atau dinamo amperenya atau apanya ya om.. Mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dengan multitester tegangan accu waktu mesin mati mesin hidup

      Delete
  17. Om panther. Saya baru ambil mbil hi sporty. Saya cek di pompa solarnya, ternyata tidak dismbungkan selang solar kearah tangki dan yg kearah injekstor. Jd pnther ni gk lgi mnggunakan pompa solar. Pertanyaan saya Om, mobil pnther tdk mnggunakn pompa solar apa tdk mengganggu kinerja mesin.

    ReplyDelete
  18. Mlm Om pnther. Sya bru beli mobkas pnther. Saya cek ternyata ni mobil tidak menggunakn pompa solar. Soalnya saya lhat slang solar dri tangki langsung menuju injekstor. Pertnyaan saya om, apa tdk trpngaruh kinerja mesin atau gnguan yg lainnya. Tlong infonya om

    ReplyDelete
  19. Tlong infonya om. Pnther tdk menggunak pom solar. Apa pngaruhny. Mks

    ReplyDelete
  20. Panther saya thn 94, lampu indicator pompa oli di dashboard kadang nyala se sudah di starter, tapi kadang jg normal, mati se sudah di starter, mohon pencerahan nya pa penyebab nya, oli dan filter oli , dan pressure switch oli sudah di ganti dgn yg ori. terima kasih

    ReplyDelete
  21. Om, saya ada panther 2.5 turbo. Yg mau saya tanya
    1. Mesin agak susah hidup, mesti distart 2-3x baru hidup.
    2. Pas di gas rpm cuma Mentok di 3000 rpm aja om.
    3. Sudah saya coba utk buang angin (setelah itu mesin bisa di gas >4500 rpm & mudah di start) tapi pas mesin dalam keadaan dingin lagi, susah di start lagi om.
    Mohon pencerahannya suhu.

    ReplyDelete
  22. Panther hi sporty 2000
    RPM di naikkan dengan cara gas diinjak, laju mobil menjadi tersendat.
    Apa masalahnya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Om Eko, panther saya LV th 2007, boospump sudah pernah dibongkar dan dibersihin dan dites jg udah, tapi kenapa tarikannya berat ya ? Setiap di tanjakan yg ringan pun berat dan ketika injakan gas dalam kadang langsung kencang dan knalpot kluar asap hitam yg awalnya gak ada asap, seperti ada yg mampet gitu om, mohon bantuannya untuk masalah kucing saya om. Terima kasih. Matur nuwun.

    ReplyDelete
  24. om, panther grandroyal 96 ga bisa idle knp ya, kmrn dibengkel ganti gigi penghubung yg kondisi mmg sudah aus/penyok,, masih ttp sj ga bisa idle.. agak bisa bertahan idle di rpm 1500, tp selang beberapa saat lsg rpm drop dan mati mesin.. saluran bbm dan fuel filter baru serta filter sedimenter sudah dibersihkan jg klem selang diganti.. suara ketika drop rpm seperti bbm tekor/tertahan.. mohon pencerahan nya.. trims

    ReplyDelete
  25. Panther th 1996.
    Selamat mlm pak,saya mau minta bantuan untuk memperbaiki mobil saya sering mati mati pada waktu mesin hidup atau lagi jalan.sudah diperbaiki kebengkel masih blum bagus.dicoba pompanya digantinmenjadi satu(pompanya jd sebadan dgn saringan).masih blm bagus.pompa yg dipake seperti pompa L300.apakah yg harus dilakukan?trimks.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)