Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membedakan Kemasan Oli Asli dengan Oli Palsu Bag.1

Kemasan Oli Asli dan Palsu bag.1

Telitilah sebelum membeli
Telitilah sebelum membeli
Tentunya anda sudah sering mendegar berita tentang maraknya pemalsuan oli, terutama oli yang laris dipasaran, Sebagai konsumen mungkin anda pernah sekilas membaca berbagai referensi dari artikel artikel tentang cara membedakan oli asli dan oli yang telah dipalsukan. Sebenarnya olie palsu sangat mudah di deteksi. karena oli palsu biasanya dari segi kemasan dan bau sangat berbeda dengan yang asli. Yang menjadi pertanyaan adalah, untuk mengetahui oli asli dan tidak dari ujud fisik dan baunya tentunya tidak bisa, karena itu berarti anda harus membeli lalu membuka olie terlebih dahulu.
Sebagai konsumen kita hanya bisa mendeteksi dari kemasannya. dibawah ini ada beberapa sharing gambar letak titik titik yang wajib dikontrol waktu kita membeli oli. tidak ada salahnya kita tidak 100% mempercayai penjual oli bukan.

Prosedur Pengecekan

Kode huruf pada oli
Kode huruf pada oli
1. Gambar diamping adalah beberapa produk oli dipasaran, (maaf tidak bisa menampilkan semua produk, karena olie relatif sama antar produk yang satu dengan yang lain. Anda mungkin pernah membaca pemalsuanterbesar dari olie biasanya adalah dengan mengumpulkan botol bekas oli lalu mendaur ulang dan diberi tutup yang baru. Nah di bawah ini adalah titik titik huruf pengamanan oli yang telah dibuat pabrik untuk mencover pemalsuan oli.
2. Pada Gambar 2 adalah tutup oli merk Evalube pada gambar ada huruf cetak pada tutup dan pada badan oli. untuk yang asli huruf dan angka harus sejajar dan sama. karena itu dicetak bersamaan.
3. Demikian juga dengan oli merk enduro Pertamina. Juga sama pada tutup dan badannya harus sama hurufnya.
4. Sedang pada Olie Castrol Power 1, Silahkan anda amati Stiker pada kemasannya disana ada kode huruf yang menabrak pada stiker dan badan kemasan olie, (huruf tulisan hitam diatas Tulisan Castrol) Tulisan huruf itu tidak boleh terputus. Sedang pada tutupnya (gambar disampingnya) ada tulisan Castrol.
5. Sedangkan untuk Olie Top1 silahkan anda periksa tulisan dan kode pada kaleng tutup atas dan bawah kodenya harus sama.
6. Adalah gambar untuk olie Federal Supreme, sama statusnya dengan oli Evalube dan olie Produk Pertamina, (simbul dan anngka ada di tutup dan badan Oli)

Semoga Bermanfaat

5 comments:

  1. om maaf OOT mau tanya kalo kapasitas oli kijang diesel 2L berapa liter? ada yang bilang 5 liter ada 4 liter jadi bingung tiap mau ganti oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelihatannya sih sekitar 4,5 liter, untuk memastikan silahkan colok dari dipstiknya um, ketika mesin dingin. pastikan olie selalu berada di upper level.

      Delete
  2. Salam kenal dr kalimantan timur suhu iwan.kucing sy th 92,pk oli pertamina kemasan drum sama yg dipakai truck2 ditmpt krj.sy pk 4,5 liter, trs sy tmbh STP oil additif.gmn mrnurut suhu,amankah oli dr drum tsb?matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya olie curah di drum ama yang dikemas itu kualitasnya sama. cuman masalahnya kalau oil drum itu kan sangat tergantung dari penyimpanan dan lain lain, jadi kemungkinan oli tercemar atau di selewengkan lebih mudah (misal bengkel yang nakala lalu olie dioplos dll)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)