Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

High Mileage Cars

Mengamati High Mileage Cars

Memilih mobil baru mudah.  Susahnya kalau membeli mobil bekas
Memilih mobil baru mudah
Susahnya kalau membeli mobil bekas
Anda mau berburu mobil bekas? Tentunya anda pernah mendengar gosip bahwa kalau mobil bekas taksi atau plat kuning lebih baik dihindari waktu dibeli? mengapa? karena mereka jam terbangnya kilometer yang ditempuh sudah sangat tinggi. Dengan mesin dan mobil berjalan jauh tentunya keausan dan kerusakan akan mengikuti berbarengan.
Lalu yang menjadi pertanyaan?, bagaimana kita mengetahui kalau mobil yang harus kita incar menunjukkan sudah berapa jauh dia berjalan. Jalan satu satunya adalah dengan melihat odometer pada dasboard. akan tetapi dengan kemajuan teknologi dan kepandaian seseorang maka angka pada odometer pun dapat direset kembali.
Untuk menghadapi demikian, ada beberapa cara dan trick sederhana untuk melihat apakah mobil tersebut memang sudah berjalan jauh atau memang masih asli. Di bawah ini sedikit panduan yang mungkin bermanfaat bagi anda, sebagai contoh saya pakai mobil Isuzu Grand Touring keluaran tahun 2007 yang sudah menempuh angka 90 ribu km, jadi kondisi bagaimanakah bila kendaraan sudah menempuh 90 ribu kilometer.

Beberapa Kriteria:

Detail yang bisa diperiksa
Detail yang bisa diperiksa
1. Odomoter di spedometer menunjukkan angka 90 ribu lebih.
2. Anda pertama-tama bisa memeriksa busa pengemudi. Ternyata setelah menempuh jarak 90 ribu kilometer busa pengemudi masih keras, Waspadalah bila jok dan busa kendaraan yang anda pilih ternyata sudah amburadul dan lunak.
3. Amati Pedal karet verneling, Rem dan Pedal Gas. Ternyata setelah melaju 90ribu km pedal karet dan injakan pedal gas belum mengalami keausan yang berarti. Waspadalah bila menemukan mobil dengan kilometer sedikit ternyata karetnya udah aus atau malah sudah di ganti baru.
4. Amati juga detail detail dari tuas tuas macam electrik mirror dan lain lain. untuk mobil high mileage tentunya udah mengalami keausan yang berarti. terutama dari sablonan tulisan tulisan di dasboardnya.
5. Cara yang sama amati juga tuas tuas lampu, stir dan lain lain. untuk kendaraan 90ribu km hampir dikata kulit stir dan lain lain belum menunjukkan kerusakan dan kelapukan yang berarti.
6. Setelah itu cobalah lirik doortrim, beserta handle handlenya, tuas tuas power windows dan lain lain. bila udah kacau berarti pemiliknya sangat kemproh dan jorok.
7. Setelah itu anda bisa melonggok ke ruang mesin, amatilah kepala kepala baut baut mesin dan lain lain. mobil jarang dipakai tentunya baut bautnya akan masih orisinal dan utuh belum ada tanda tanda kerusakan. waspada juga bila ada baut yang tidak simetri bentuknya, kemungkinan udah pernah sering dibongkar dilepas sehingga akhirnya menjadi aus.
8. Amati tanggal bikinan pabrik.di gambar tertulis 2207 brarti itu ban diproduksi pada minggu ke 22 tahun 2007 sesuai dengan umur Kendaraan. sebagai patokan untuk ban besar bisa aman sampe 100ribu km, bila ban R14 kemungkinan dalam 70rb km sudah aus (tergantung nilai kompon).
Jadi ketika misal anda menemukan mobil masih berkilometer 50 ribu lalu bannya sudah gundul tentunya odometer udah disulap atau ban masih tebal tapi tanggal pembuatan udah tidak sesuai mobil brarti juga sudah disulap itu.
9. Sebagai tambahan anda bisa mengamati kotak sekring AC dan lain sebagainnya. mobil makin utuh dan kabel rapi menunjukkan kalau mobil tidak pernah aneh aneh ama pemiliknya dan itu menjamin durabilitas di kemudian hari.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)