Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Melumasi Ball Joint dengan cara Suntik

Melumasi Ball Joint dengan cara Suntik

alat dan bahan menyuntik ball joint
Alat dan bahan
Seperti topik ulasan topik terdahulu tentang memberi grease pada ball joint, pada kali ini tulisan akan membahas bagaimana cara melumasi kembali ball joint yang sudah terpasang. Seperti yang kita ketahui karet boot pada ball joint biasannya melekat sangat kuat, dan dengan berjalannya waktu maka grease akan bisa mengering. sementara kita tidak mungkin melepas ball joint hanya untuk memberi grease tambahan bukan. Ada beberapa cara yang bisa di tempuh salah satunya adalah dengan cara menyuntiknya memakai oli, Bila anda tertarik silahkan sediakan alat dan bahannya sebagai berikut,
Alat suntik, (anda bisa membeli dari apotik atau memakai alat suntik catridge tinta printer, Sealer dan Oli Gardan SAE 90atau 140. (gambar di samping).

Cara Kerja

Cara kerja menyuntik ball joint
Cara Kerja
1. Silahkan ambil oli gardan dan kemudian taruh ke dalam wadah kecil, anda bisa menggunakan tutup botol oli dan sebagainya. lalu ambil alat suntik yang sudah dipersiapkan. lalu sedot olie tersebut, secara perlahan, mungkin waktu menyedot akan sangat berat. (karena olinya sangat kental bukan).. Alat suntik yang dipakai akan semakin baik kalau semakin besar diameter jarum suntiknya. waktu menyedot anda tidak perlu sampe penuh. cukup 3 atau 4 cc saja.
2. Lalu temukan karet boot pada ball joint, long tierod dan sebagainya. lalu ambillah kain basahi dengan air lalu bersihkan permukaan karet boot pelindung ball joint tersebut sampe bersih dan tidak mengandung tanah dan kotoran. (tujuannya agar mempermudah pengerjaan).
3. Setelah bersih silahkan anda Suntikkan alat suntik yang sudah berisi olie tersebut ke dalam boot ball joint. Setelah jarum masuk suntikkan dengan perlahan ( karena membutuhkan tenaga yang lumayan kuat untuk menekan alat suntik tersebut).
Jangan lupa untuk memperhatikan sudah beberapa cc cairan oli yang sudah masuk. sebagai pertimbangan anda cukup mengisi dengan 0,5 cc saja. jangan banyak banyak. Mengapa tidak boleh banyak banyak, karena itu nanti menyusahkan waktu anda akan menutup dengan sealernya. Sebenarnya tujuan menginjeksi oli gardan ini untuk mengaktifkan kembali sisa sisa grease didalam ball joint yang telah mengering. disamping juga akan memberi pelumasan dan sesuai sifat oli yang cairan maka bisa dengan mudah meresap kedalam ball joint tersebut.
4. Setelah selesai ritual menyuntiknya silahkan cabut alat suntik. lalu dengan bantuan tangan silahkan pijit pijit karet boot ball joint tersebut agar oli bisa merata terdestribusi ke semua permukaan ball joint. Waktu memijit jangan lupa salah satu jari anda menutup  bekas lubang tempat suntikan tadi agar oli tidak mengalir keluar. Setelah itu silahkan oleskan sealer diatas lubang bekas suntikan tadi untuk menjaga aga debu dan kotoran tidak masuk kedalam lubang bekas alat suntik tadi.
dengan cara yang sama anda bisa melakukan di karet boot lainnya.
NB: cara ini hanya efektif buat ball joint dan tierod dengan dendi putar dibawah (bolanya di bawah) sedang untuk joint yang menggantung tidak efektif karena oli akan mengalir kebawah.

Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Salam dari panther mania kutaibarat/kaltim.terutama utk mas yono di bojonegoro

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)