Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Membuat Baut Tap Sendiri ( The Taps )

The Taps

Lagi Ber DIY (Do It Your Self) Tiba Tiba Baut ngak mau Kencang/  Karena Rumahnya Aus ?
Lagi Ber DIY (Do It Your Self)
Tiba Tiba Baut ngak mau Kencang/
Karena Rumahnya Aus ?
Kadang Waktu Mengencangkan Baut Pada Mobil atau Motor, Kadang Ketika kita kencangkan kok ngak kunjung kencang-kencang, Baut diputar dikencangkan bukannya makin kencang Malahan semakin ringan putarannya, Itu Kondisinya ada 2 Jenis,
1. Ulir Bautnya Aus .
2. Ulir Murnya yang Aus.
Untuk Kondisi Pertama yaitu Ulir baut yang Aus ngak masalah karena Kita tinggal menganti dengan baut yang Baru, atau Kalau Ulir dari Mur tersebut yang aus ngak masalah juga karena bisa kita ganti yang baru. yang jadi masalah adalah ketika ternyata yang Aus adalah rumah tempat baut itu bersemayam
Ketika Menghadapi itu ada beberapa Trick yang Dapat Kita Lakukan.

Beberapa Teknik Menghadapi Baut yang Aus
Beberapa Teknik Menghadapi Baut yang Aus
1. Membalut Baut dengan selotif (dapat dipakai selotif yang digunakan pada pipa peralon) gambar diatas.
2. Atau bila ngak ada bisa mengunakan benang dari kain, caranya benang dibalutkan ke ulir baut, lalu kita bautkan baut yang udah dibalut benang tadi kedalam lubang yang udah aus.
3. Bila ausnya udah terlalu besar maka bisa digunakan cara Ganjal memakai potongan seng ( plat besi yang tipis (bekas kaleng)
4. Bila cara 3 Gagal maka bisa dikombinasikan cara ke-3 dengan Cara Ke-4 yaitu ujung baut kita pukul dengan martil besi ( digepengkan/ di bikin oval) sehingga diameternya menjadi lebih Besar)

Cara Cara Diatas sebenarnya hanya cara Darurat, Untuk Cara yang benar dan permanaen.  Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh Bengkel

1. Dengan Mengecor kembali rumah baut yang aus sehingga bisa dibuatjan drat yang baru.
2. Dengan Cara di Buatkan Ulir yang baru ( disock) dengan memakai baut yang lebih besar. Yang jadi masalah Kita kan ngak punya Alatnya ( The Taps ) karena biasanya hanya bengkel yang mempunyai.

Gambar dibawah ini adalah Alat Taps berbagai Ukuran Baut Mulai dari KKunci 17 sampai Kunci Baut 8 
The Taps
The Taps 
Detail The Taps
Detail The Taps










Engak Perlu Ragu dan Gak usah Galau, Bisa Kok Kita bikin sendiri dirumah ber DIY ( Do It Your self) 
Caranya:


Baut 12 Drat Halus dan Drat Kasar
Baut 12 Drat Halus dan Drat Kasar
1. Kita Cari Tentukan obyek dulu yang akan Kita Buat Misalnya Rumah yang Aus adalah baut no Kunci 12, Maka Kita tinggal membeli baut baru yang lebih besar  atau membeli baut dengan kunci yang sama tetapi yang dratnya lebih Kasar, seperti pada contoh gambar disamping. ( Kita Membutuhkan 2 buah baut, Satu untuk dirusak (dijadikan The Taps yang satunya digunakan sebagai baut penganti.

Dari Gambar Terlihat Bahwa yang sebelah Kiri adalah baut Kunci no 12 dengan drat ulir yang Halus. Sementara yang bagian kanan adalah Gambar Baut Kunci 12 juga tetapi memiliki alur yang lebih rengang ( bahasa Montirnya adalah Drat Kasar)

2. Kemudian Baut yang akan kita buat sebagai Tap (the Taps) kita potong dan haluskan ujung-nya dengan bantuan Gerinda ( bisa gerinda mesin atau Kikir Manual. Setelah ujungnya mengecil, seperti gambar, tinggal kita bikin selokan baut pada alurnya (seperti pada Gambar), Anda bisa mengunakan gergaji atau memakai gerinda tipis ( mata gerinda potong) sehingga hasil akhirnya menjadi seperti pada gambar.
Baut yang udah dibikin ala The Taps
Baut yang udah dibikin ala The Taps
3. Setelah selesai tinggal kita ambil kunci 12 lalu rumah baut yang aus tadi kita paksa bikin alur baru memkai baut ala the taps kita, sampai terbuat ulir baru lalu kita ambil baut yang baru ( baut ke dua) lalu kita pasangkan. So Simple Kan.

NB= Bila Rumah baut terlalu besar dan  baut drat kasar sudah ngak mampu menjangkau membuat ulir yang baru,  maka jalan satu satunya hanya dengan meningkatkan no dari baut Misalkan rumah baut yang aus adalah baut kunci 10 maka tinggal kita membeli Baut yang lebih besar yaitu no 11 lalu kita perlakukan cara yang sama seperti diatas.
Perbandingan The Taps dengan The Taps Aspal bikinan Sendiri
Perbandingan The Taps dengan The Taps Aspal bikinan Sendiri

Semoga Bermanfaat dan sampai Jumpa di Trick Berikutnya 



6 comments:

  1. waduh, mantafs x x tipsnya bos.....

    ReplyDelete
  2. top markotop . mungkin adalagi yang untuk ulir drat pipa

    ReplyDelete
  3. Bos kalau alat buat drat luar contohnya baut ada ga yg jual..

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)