Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Serba Serbi Mesin Diesel ( Diesel Engine )

Serba-Serbi Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel

Adalah sangat mengesankan jika kita mengamati perkembangan mobil yang tidak seperti sebelumnya, Dalam beberapa tahun terakhir ini kita melihat kemajuan begitu pesatnya, sebuah perkembangan yang begitu menakjubkan. Pada saat ini adalah sangat normal bila kita mengendarai sebuah mobil melaju dengan kecepatan diatas 200km jam pada sebuah jalan bebas hambatan, 
Pada Tahun 1896, Waktu pertama kali Diesel diciptakan oleh Rudolf Christian Karl Diesel, Mesin ini hanyalah sebuah benda Statis berukuran Besar dan Berat dan harus bersaing dengan mesin Uap. Diabad Milenium ini Mesin Diesel dikembangkan dengan sangat ekonomis oleh perusahaan MAN (ingat kan sering kita menjumpai ada Truck berlogo MAN). Turbin Turbin bertenaga Uap Pada Kapal juga telah bergeser oleh mesin diesel. dan DIESEL pun telah MEMPERSIAPKAN DIRI UNTUK MENGEBRAK DOMINASI MESIN BENSIN PADA PENGUNAAN MOBIL PRIBADI.
Semua Produsen Mobil khususnya mobil Eropa telah menaruh kepercayaan kepada diesel, karena mesin ini menawarkan spektrum yang sangat luas, mulai dari mesin 800 cc dari mesin 3 silinder sampai mesin V-12 6000 cc pada Audi Q-7 (dari grup VW) dan dengan ditemukannya Injeksi Piezzo (commonrail generasi ke-3) yang bisa memompa tekanan pengabutan lebih dari 2000bar pada sistem diesel Common rail, semakin membuat Mesin Bensin pun terasa begitu Kuno dan Memudar pamornya. Kombinasi dari Torsi Maksimum Mesin yang besar, Pemakaian Bahan Bakar yang Efisien, dan Mesin yang lebih Ramah Lingkungan Pada Diesel Semakin memangsa porsi dari kendaraan mesin Bensin. Bagaimanakah dengan Anda? Masihkah DIESEL PHOBIA?

Beberapa alasan teknis mengapa efisiensi mesin Diesel Jauh meninggalkan mesin Bensin 

Mesin Diesel Audi Q8 V-12
Mesin Diesel Audi Q8 V-12
1.  Kompresi = mesin bensin modern pun paling bekerja pada kompresi 1:7 sampai 1:13 ... (jarang sekali mobil bensin sampai 1:13 perbandingan kompresinya ( dibutuhkan oktan bahan bakar diatas 100 Ron ) sementara diesel bekerja dengan besar kompresi dari 1:14 sampai 1:24.
Dengan kompresi tinggi maka efisiensi pasti lebih tinggi.


2. Karakter mesin diesel dengan Torsi maksimal di sekitaran 2000 rpm dan tenaga maksimal hanya diputaran 4000an rpm, karena putaran kerja mesin rendah tentu juga konsumsi bahan bakar lebih sedikit, karena kerugian gesek dan lain lainnya juga lebih sedikit. 


3. Solar memiliki kandungan energi yang lebih banyak dari pada Premium. solar meliliki kandungan energi sekitar 135000 BTU pergalonnya sedang Premium hanya sekitar 120000 BTU. Kandungan energi lebih besar tentu energinya juga akan lebih besar


4. Dalam kondisi idle perbandingan solar dengan udara pada diesel bisa mencapai 1:60 ( bandingkan dengan mesin bensin yang harus di angka AFR 1:14,  tentu nya di kondisi macet seperti kota Jakarta tentu Diesel akan lebih efisien


5. Mesin bensin butuh perbandingan udara dan bensin yang tepat (AFR), sedang pada mesin diesel pengaturan tenaga di tentukan oleh semprotan solar, Jadi udara yang masuk bisa di bikin sebanyak mungkin, Sehingga efek engine pumping lost akan lebih sedikit di mesin diesel sehingga jelas lebih efisien

Mesin Diesel Terkecil

Tata NanoMemiliki predikat sebagai produsen mobil bensin termurah sejagat ternyata belum mebuat Tata Motors puas.. Produsen dari India ini berencana membuat mobil murah bermesin diesel.
Mobil itu tetap Tata Nano, tapi kini dibuat varian diesel. Direktur Tata Motors, Karl Slym, mengatakan versi diesel dari Tata Nano dijadwalkan meluncur pada akhir 2013 ini.
Mereka berharap Tata Nano diesel dapat memacu volume penjualan Nano hingga tumbuh 25 persen. Dengan adanya versi diesel penjualan Tata Nano diprediksi bakal meningkat dari 7.000-8.000 per bulan menjadi 10.000-11.000 unit.
Tata Nano versi diesel diproyeksi menggunakan mesin diesel terkecil di dunia, yakni mesin 800 cc dengan twin-cylinder dan turbocharged. Laporan terakhir menyebutkan, varian diesel ini sudah dalam tahap terakhir dari uji coba. Soal harga, Tata Nano versi diesel ini akan berada dikisaran Rp40,9 jutaan.

Mesin Truck yang Kencang 


Kenworth T400 Bandag Bullet:
Kenworth T400 Bandag Bullet:
Kenworth T400 Bandag Bullet: Fastest Truck in the World
Bandag Bullet yang memecahkan rekor dunia untuk satu kilometer lari. Dengan berbasis Delapan ton T400 Kenworth Bandag Bullet melaju mulai nol-kilometer 18,6 detik dengan kecepatan terminal lebih dari 300 km / jam.
Truck ini bisa secepat itu karena memiliki dua twin-turbo, nitro disuntikkan V8 mesin diesel dengan total kapasitas 24 liter (1500 cubic inches), yang menghasilkan 1100bhp dan 5.600 ft / lb torsi masing-masing.


Mesin Mobil Teririt



VW XL1
VW XL1 
Setelah VW memproduksi VW XL1 di Osnabrück. VW akan menggunakan metode handcrafting-like (seperti menggunakan tangan manusia) untuk memproduksi mobil teririt di dunia ini.
VW melengkapi XL1 dengan mesin 2-silinder TDI (48 hp), E-motor (27 hp), transmisi kopling ganda (DSG), serta baterai lithium-ion. VW XL1 hanya 1 liter diesel untuk menempuh jarak 111,111 km berkat sistem plug-in hybrid. 
Bahkan XL1 dapat menjelajah sejauh 50 km hanya menggunakan energi listrik. Mobil sanggup melaju konstan 100 kpj dengan hanya mengandalkan listrik. Semuanya itu memungkinkan XL1 mengeluarkan CO2 cuma 21 gr/km.
Kecepatan maksimal XL1 mencapai 160 kpj. Sementara akselerasi 0-100 kpj dituntaskan XL1 dalam 12,7 detik. Mobil 2-seat ini memiliki panjang 3,888 mm,
Pabrik Mesin Diesel Terbesar

Isuzu Motors Ltd. merupakan sebuah perusahaan otomotif Jepang yang memproduksi berbagai macam kendaraan bermesin diesel. Isuzu kebanyakan memproduksi kendaraan komersial dan truk berat. Perusahaan ini berpusat di Tokyo, didirikan pada tahun 1937. Tahun 2005, Isuzu menjadi produsen truk medium dan truk besar yang terbesar di dunia. Perusahaan ini mempunyai pabrik di Fujisawa, prefektur Tochigi dan Hokkaido.
isuzu
Isuzu motors ltd
Perusahaan ini terkenal dengan mesin dieselnya, dengan memproduksi 16 juta mesin dieseln tahun 2003, dan bisa ditemukan di seluruh dunia.
Perusahaan ini mempekerjakan 7.371 pekerjanya pada tahun 2007.
Kapal Terbesar 


MS Allure of the Seas
MS Allure of the Seas
MS Allure of the Seas

Dengan kapasitas penumpang sebanyak 1385 orang, dilengkapi 25 restoran, memiliki 2000 orang kru profesional. Royal Caribbean International Company membuat kapal ini pada tahun 2006.
Tinggi 72 meter dan panjang 360 meter, merupakan kapal pesiar termewah dan terbesar pertama.


Truck Terbesar
MaT Liebherr 282 B
MaT Liebherr 282 B
Truk bermesin diesel berkekuatan 3500 tenaga kuda ini memiliki daya angkut seberat 400 ton pada kecepatan 65 km / jam. Berat truk tambang ini mencapai 225 ton.
Tank


Tank memakai mesin diesel
Tank memakai mesin diesel
Tank pada umumnya memakai mesin diesel, karena diesel tidak mudah terbakar walaupun terkena panas yang sangat tinggi. Pada beberapa rancangan, seperti pada tank Merkava Israel, tangki bahan bakar diesel diletakkan mengitari kru, dan secara efektif menjadi lapisan pelindung kedua. Selain itu, mesin diesel juga lebih ekonomis dan bisa memberikan jangkauan yang lebih banyak dari mesin lain. Kelemahannya adalah mesin diesel sulit untuk dinyalakan dan terasa kurang bertenaga. Selain itu, asap tebal yang dihasilkan juga menyulitkan untuk menyerang secara diam-diam. Penggunaan mesin bensin memiliki kelemahan yang bertolak belakang dengan mesin diesel. Bensin sangat mudah terbakar, mengharuskan tangkinya diletakkan jauh dari kru. Selain itu, jarak jangkaunya lebih kecil. Keunggulannya adalah mesinnya dapat lebih mudah dinyalakan dan bertenaga tinggi, serta suaranya lebih kecil dari mesin diesel dan mesin turbin. 
Diesel Berkekuatan  109.000 Tenaga Kuda


Wartsila-Sulzer RTA96-C
Wartsila-Sulzer RTA96-C
Disebut Monster Machine diesel. Mesin ini menjadi mesin diesel terbesar di dunia. Adalah sebuah kapal raksasa pengangkut kontainer Emma Mærsk memiliki panjang 400 meter lebih, dengan total berat 170 ribu ton, mampu membawa 11 ribu kontainer ukuran 7 meter.
Kecepatan kapal dapat ditingkatkan dengan mesin ini, dari 18-20 knot menjadi 31 knot.
Seberapa besar kekuatan mesin ini, 109.000 tenaga kuda. Mesin Wartsila-Sulzer RTA96-C memiliki tinggi 11 meter dan panjang 30 meter.
Apa saja isi mesin ini. Ada 14 silinder, 2 stroke TRA96, beratnya 2.300 ton, dengan putaran cuman 102 rpm.
Konon Ada 25 mesin seperti ini sudah siap melayani pelayaran dunia, dan 86 buah sudah dipesan. 

Dan masih banyak Lagi 

4 comments:

  1. Wow.... nggak salah saya memilih mobil bermesin diesel... makasih lagi om .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masa depan mesin dengan efisiensi tertinggi lah yang akan lebih survive, sementara ini unit second diesel memiliki purna jual diatas rata2 mesin bensin, lihat aja unit innova bekas bensin dan diesel atau captiva diesel dan bensin, yang diesel harga bekasnya masih kuat dan cendrung stabil. :)

      Delete
  2. Apa mesin diesel sudah bisa dibilang mesin buatan manusia yang hampir "sempurna"? Karena dalam seumur hidupku ini saya bisa melihat berbagai macam ukuran mesin diesel mulai yang terkecil seperti mesin diesel produk Tata Motor 800 cc 2 silinder sampai mesin diesel Wartzila Sulzer yang hampir seukuran gedung perkantoran, dll. Ditambah lagi dengan kesederhanaan teknis pada mesin diesel yang tidak begitu tergantung pada kelistrikan (karena tidak pakai busi). Cuma mesin diesel commonrail EFI modern memang membutuhkan banyak kabel listrik untuk komputerisasi pada sistem injeksi listrik.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)