Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memperpanjang Usia Accu dengan EDTA

ACCU

Accu
Accu
Seiring dengan masa/ usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi.
Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.


Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita. Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“.

Sekilas Dasar Teori


enam bergigi
Enam Bergigi
Asam ethylenediaminetetraacetic, luas disingkat EDTA , adalah asam karboksilat dan polyamino, tidak berwarna larut dalam air yang solid. Basa konjugasinya bernama ethylenediaminetetraacetate. Hal ini banyak digunakan untuk melarutkan limescale. Kegunaannya muncul karena perannya sebagai ("enam-bergigi") hexadentate ligan dan pengkelat, yaitu kemampuannya untuk ion "menyita" logam seperti Ca2 + dan Fe3 +. Setelah terikat oleh EDTA, ion logam dalam larutan tetap, tetapi menunjukkan reaktivitas berkurang. EDTA diproduksi sebagai garam beberapa, terutama dinatrium EDTA dan kalsium dinatrium EDTA.
EDTA4-adalah anggota dari keluarga asam karboksilat polyamino dari ligan. EDTA4-biasanya mengikat kation logam melalui dua amina dan empat karboksilat. Banyak dari senyawa koordinasi yang dihasilkan mengadopsi geometri oktahedral. Meskipun konsekuensi kecil untuk aplikasi nya, ini kompleks oktahedral kiral. Anion [Co (EDTA)] - telah diselesaikan menjadi enantiomer Banyak kompleks dari EDTA4-mengadopsi struktur yang lebih kompleks karena  pembentukan ikatan tambahan untuk air, yaitu tujuh koordinat kompleks, atau  perpindahan dari satu lengan karboksilat oleh air. Ferri kompleks EDTA adalah tujuh-koordinat.

Fe-Edta
Fe-Edta


Awal bekerja pada pengembangan EDTA dilakukan oleh  Gerold Schwarzenbachada 1940-an.  EDTA membentuk kompleks sangat kuat dengan Mn (II), Cu (II), Fe (III ), Pb (II) dan Co (III).

Beberapa fitur dari kompleks EDTA yang relevan dengan aplikasi. Pertama, karena denticity tinggi, ligan ini memiliki afinitas tinggi untuk kation logam:

[Fe (H2O) 6] 3 + + H4EDTA [Fe (EDTA)] - + 6 H2O + 4 H + (Keq = 1025,1)


Ditulis dalam cara ini, hasil bagi keseimbangan menunjukkan bahwa ion logam bersaing dengan proton untuk mengikat EDTA. Karena ion logam secara luas diselimuti oleh EDTA, sifat katalitik mereka sering ditekan. Akhirnya, karena kompleks dari EDTA4-adalah anionik, mereka cenderung sangat larut dalam air.
Untuk alasan ini, EDTA mampu melarutkan endapan oksida logam dan karbonat.

PUSING Mbaca Teorinya ... SAMMMMAAAA ........  /(*0*)\

Pokoknya kita ambil kalimat terakhir aja Untuk alasan ini, EDTA mampu melarutkan endapan oksida logam dan karbonat.


Cara Kerja


Ayo Kita Langsung Praktek saja daripada Pusing, Pertama kita beli EDTA ditoko Kimia,
Saya Bagi 2 Cara Penangganan,
1. Pengunaan Untuk Dosis Tinggi (Pertama Kali Pengunaan)
2. Pengunaan Perawatan.

1. Pengunaan Dosis Tinggi.


Edta, Alat Suntik dan Air Accu
Edta, Alat Suntik dan Air Accu
Siapkan Alat dan Bahan Seperti Gambar disamping ini, 
- Alat Suntik Bekas untuk mempermudah pekerjaan
- Gelas Kecil.
- Air Accu Ukuran Kecil (Maaf Kertas saya ambil - non Iklan)


Masukkan Cairan kedalam Accu
Masukkan Cairan kedalam Accu
Cara nya Ambil  Air accu Kira-kira setengah gelas penuh , lalu ambil bubuk Edta 1 sendok makan, Lalu aduk sampe merata, setelah tercampur merata, Kita buka accu yang akan dirawat, lalu ambil air accu yang sudah mengandung edta terlarut untuk kemudian dimasukkan secara merata kedalam Accu

2. Pengunaan Perawatan


Sedang dalam Dosisi Perawatan Tinggal Kita Isi Air Accu sisa dalam Botol dengan Edta sebanyak 1/2 Sendok Teh, Larutkan, Dan Kemudian Air Accu Tersebut Kita Simpan Untuk Mengisi Accu bila kelak Accu Kita tinggi permukaan Cairannya menurun


Semoga Bermanfaat


31 comments:

  1. Artikel yg menarik, patut dicoba. Tapi yg saya ingin tahu, larutan EDTA ini penanganannya gimana om? Kalau kena tangan bahaya ndak? Kalau bahaya akibatnya seperti apa?
    Trims om Unta....;)

    ReplyDelete
  2. bubuk EDTA berbentuk tepung dan larut dalam air, tidak berbahaya bila kena tangan (ngak menyebabkan panas atau iritasi)kalau ada apa apa kan tinggal bilas dengan air bersih beres.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Mengenai harganya saya kurang tahu pak, karena bubuk
      edta saya cuman dikasih PM-188 um Joko Lasono

      Delete
  4. mantap... numpang tenar ach
    Foto foto panther lover ada di sini http://galerypanther.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Brarti habis ntu dikuras donk oom. Kan jamur²-e pada rontok. Kotor dong jeroane aki.
    Oh iya....... Pake Bodr*x piye........???????

    ReplyDelete
  6. @mas dwi= ya ngak lah coba anda baca lagi teorinya, itu bukan rontok kayak ngelupas cat. he99

    ReplyDelete
  7. Sip..28 dan 188...langsung tak praktekin ke aki motor yg sdh soak....

    ReplyDelete
  8. Mantap ..... Pingin coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan meluncur ke toko bahan kimia terdekat, berhubung butuhnya sedikit, anda bisa kongsi dengan teman2 yang lain ...he99

      Delete
    2. harga sekarang 115 rb pr kilogram, Oleh tokonya nggak boleh beli sedikit, minimal sekilo
      .

      Delete
  9. pake serbuk N4 EDTA memang bagus untuk aki, aki motor saya ngisi airnya saya tambahi serbuk tersebut, dan terbukti dah empat tahun ini masih kuat untuk double starter.....dengan catatan saya tambahi dengan kapasitor 10.000 uF 100 volt 2x yang saya hubung paralel dengan aki tersebut......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Tony, selain kapasitor apa ada rangkaian lain nya?

      Delete
  10. Wah, postingan yg ckup membantu. Trmksih y utk penjelasannya..

    ReplyDelete
  11. Sekarang kan ada Air Accu mobil yang berwarna merah, apakah sama juga bisa ditambah bubuk EDTA ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya yang berwarna merah itu adalah accu zuur, tetapi saya ngak tahu dengan pasti kandungan dari air accu. accu zuur yang berwarna merah itu. seharusnya bubuk edta bisa berdiri sendiri karena dia larut dalam air H2SO4

      Delete
  12. apakah sama penanganannya untuk accu motor?

    ReplyDelete
  13. saya sudah praktekkan ke semua armada truck dan mobil pribadi mantap abis jadi ngirit akinya jadi sehat kembali setelah dikasih EDTA

    ReplyDelete
  14. Om iwan.. ini aki saya sdh telanjur sy tap airnya, saya tuangin air panas dan dikocok2 berkali2 sampe air yg keluar dr dalam aki tsb tdk kotor lagi..
    Setelah itu sy jemur dgn posisi terbalik (lubang dibawah), nah selanjutnya apa yg harus sy lakukan agar aki saya GRENG kembali om..

    Junior [495]

    ReplyDelete
  15. Om iwan.. ini aki saya sdh telanjur sy tap airnya, saya tuangin air panas dan dikocok2 berkali2 sampe air yg keluar dr dalam aki tsb tdk kotor lagi..
    Setelah itu sy jemur dgn posisi terbalik (lubang dibawah), nah selanjutnya apa yg harus sy lakukan agar aki saya GRENG kembali om..

    Junior [495]

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya accu silahkan anda isi dengan air accu zuur, lalu coba strum kembali, bila setelah ais distrum kok aki ngak mau nyimpan strum bertanda accu sudah RIP

      Delete
  16. om Iwan,kalau bubuk EDTA di sini warnanya kuning kecoklatan gitu ya,tapi ak pernah beli lewat online ko warnanya putih kaya tepung halus ya om,apa ada macem2 warna apa jangan 2 yg saya beli palsu om?

    ReplyDelete
  17. artikel yang sangat membantu... just info barusan saya beli EDTA 1/2 kg 38rb

    numpang ya om siapa tau ada yg butuh sewa mobil disurabaya www.sewamobil-ganetasurabaya.com

    ReplyDelete
  18. Ijin share bro...moga" berguna juga untuk yg lain. Makasih

    ReplyDelete
  19. Bos knp pada aki saya sudah diberi bubuk edta tapi kok tetap tdk bisa nyala. Mohon pencerahnya. Makasih

    ReplyDelete
  20. ommmmm mau nanya bubuk edta tu sama gak dengan soda ass yang biasa di gunak untuk proses air galon

    ReplyDelete
  21. ommmm numpang tanya bubuk edta tu sama gak dengan soda ass yang biasa di gunakan untuk proses pembuatan air galon

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)