Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

5 Menit Sebelum Menjalankan Mobil Anda


5 menit sebelum menjalankan Mobil Anda

Pengecekan Bisa mencegah mobil mogok dijalan
Pengecekan  Rutin Bisa
Mencegah mobil Mogok dijalan

Tidak ada salahnya sebagai pengemudi yang baik & bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri , Penumpang & Orang lain anda wajib melakukan check kendaraan anda, 

Kadang Kala Pengecekan yang Rutin bisa menghindari anda Trouble & Masalah di jalan raya, yang ujung-ujungnya bisa menghemat pengeluaran karena mobil bisa tercegah dari kerusakan sejak dini. Untuk Caranya Mudah kok, bisa anda lakukan di garasi mobil sebelum anda memulai aktifitas dengan mobil anda :

1. Periksalah tekanan ban dan kondisi ban. Bila anda memiliki alat pengukur tekanan itu baik, bisa anda ukur dan sesuaikan tekanan dengan yang tertera di mobil dan disyaratkan oleh pabrikan. atau bila anda tidak mempunyai alat pengukur tekanan udara, anda bisa berjalan mengitari mobil dan perhatikan kondisi ban anda, Ban yang kurang angin tentunya akan tampak lebih rendah dan tipis.
2. Coba cek kekencangan mur roda ( tidak perlu seluruhnya tapi trial aja ). 
3. Kemudian bukalah ruang apartemen mesin, periksa ketinggian air accu, dan tambahkan bila perlu, ingat ketinggian air harus berada di batas lower level dan upper level, tambahkan hanya dengan air Accu ( air destilata ) atau anda mau menambah dengan Treat bubuk edta juga boleh ( sudah saya bahas juga di blog ini ).
4. Periksa air radiator ( dengan mengintip dari water reservoir ) jangan dilihat dengan membuka tutup radiator,
5. Cek ketinggian olie pelumas, minyak rem, minyak power stering. Waspadalah bila olie mesin berkurang itu brarti jangan2 terjadi kebocoran atau olie mesin ikut terbakar (bocor kompresi), sedang bila minyak rem dan minyak power stering terjadi penurunan ketinggian minyak brarti ada kebocoran. Waspadalah 
6. periksa kekencangan belt. dengan cara ditekan pada belt, (sudah saya bahas di tulisan blog disini , silahkan anda membacanya)
7Setelah masuk kekabin, setel spion, kaca spion dalam, posisi jok,
8. Periksa kondisi lampu lampu terutama lampu rem ada yang mati tidak. anda tinggal duduk di dalam kabin lalu injak rem anda, dan lihat melalui spion kondisi lampu rem menyala atau tidak dengan melihat pantulan dari cahaya rem tersebut.
9. Setelah mesin hidup lihatlah instrument2 apakah ada indikator yang tidak nyala seperti biasanya, lalu staterlah mesin lalu dengarkan irama mesin apakah ada suara yang aneh tidak seperti biasanya. waspadalah terhadap ketukan ketukan suara yang tidak seperti biasanya. 
Setelah Pengecekan Mobilpun Siap bertugas
Setelah Pengecekan Rutin
Mobilpun Siap bertugas 

10. Sebelum mobil bergerak periksa rem anda / hand rem dengan cara menginjaknya / Tarik ( priksa nyeplos atau tidak ) ini berguna bila sewaktu2 rem anda ngak berfungsi sementara garasi anda menurun maka akan fatal.
11. Periksalah Dompet, Surat2 kendaraan anda apakah tertinggal atau terbawa
12. Setelah itu berkendaralah dengan sopan tertib dan patuhi aturan lalu lintas yang ada. Safety First 

Semoga Bermanfaat 

5 comments:

  1. sori bro, boleh nih saya kopas ke FB ? trims

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas tip - tip nya uraian diatas merupakan prosedur untuk memulai menjalankan kendaraan secara baik dan benar.

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)