Siklus Atkinson
Anda mungkin pernah mendengar Siklus Atkinson?Ya beberapa waktu yang lalu ramai dibicarakan Siklus Atkinson pada beberapa produk Toyota dan Honda.
Siklus Otto
Siklus Atkinson |
Siklus Atkinson
Sedang Pada Siklus Atkinson sebenarnya sama persis dengan Siklus Otto hanya dalam siklus Atkinson terjadi modifikasi di mana katup intake akan terbuka lebih lama,Pada awalnya teknologi ini sangat sulit diterapkan karena ini akan membuat revolusi yang besar dengan desain langkah torak dan durasi bukaan katup juga akan berbeda. Akan tetapi sejalan dengan perkembangan teknologi dengan ditemukannya Katup variabele macam VVti, Mivec atau Vanos memungkinkan mesin bekerja dalam siklus Atkinson, Karena dalam hal ini kerja nya hanya sedikit memanipulasi durasi bukaan klep intake mesin.
Keunggulan & Kekurangan Siklus Atkinson
Toyota Aqua dng Silus Aykinson |
Torsi mesin kecil yang dihasilkan dapat dengan mudah diakali oleh para insinyur pabrikan mobil melalui penyesuaian rasio gigi pada sistem transmisinya. konon penurunan torsi yang dihasilkan bisa mencapai 10-20%.
Dengan Siklus Hisap yang lebih pendek maka langkah tenaga akan terjadi secara penuh sepanjang langkah pistonnya. Ini menghasilkan tenaga lebih besar karena energi yang terbuang menjadi jauh lebih kecil. Itu yang menyebabkan mobil dengan siklus ini lebih efisien yang tentunya akan menjadi irit bahan bakar.
Mesin agya atau ayla masih siklus otto mas. Rasio kompresi jg ga tinggi2 banget, kalo gasalah sih 1:10 atau 1:11 gitu. Setau saya, siklus atkinson itu identik dengan rasio kompresi tinggi. Dan faktanya, mesin2 lcgc itu mesin tanpa teknologi penghematan bahan bakar. Paling cuma honda yang berani ngasih brio satya pake 1200 iVtec. CMIIW
ReplyDelete