Topik Perdebatan Abadi Sepanjang Masa
|
Topik Abadi |
Dalam setiap hal selalu ada
Pro dan Kontra, Demikian juga mengenai Kendaraan Khususnya Mobil, Selalu ada Pendapat Pro dan Kontra,
Walau sebenarnya semua sudah
diketahui Jawabannya tetapi masih ada saja
Perdebatan yang alot, dimana
masing masing kubu merasa paling Benar dan disertai dengan Testimoni pengalaman Pribadi. Dibawah ini saya kumpulkan beberapa perdebatan abadi itu, Silahkan anda ambil kesimpulan sendiri. dan
Maaf jangan Tanyakan Pendapat saya di kolom Komentar ya, Topik ini hanya sebagai selayang Pandang Saja. :)
Karena masing masing pendapat mengklaim punya pengalaman dan Teori sendiri.
Apakah Topik Itu?
Thermostat
# Thermostat Harus Dilepas.
|
Thermostat |
- Indonesia Adalah Negara Tropis, Dengan Suhu iklim yang selalu Panas maka Pemasangan Thermostat dalam Mesin adalah tidak Perlu bahkan mubasir, Malah kadang kadang Thermostat bisa Macet, sehingga kendaraan bisa overheating dan bisa Jebol.
# Thermostat Wajib Dipasang.
- Mesin Memiliki Suhu Kerja untuk bisa bekerja dengan Optimal, Untuk itu maka diperlukan thermostat untuk tetap menjaga mesin selalu tercapai suhu kerja ideal. Melepas thermostat brarti mesin tidak mendapat suhu kerja yang optimal sehingga pada akhirnya bisa mempengaruhi durabilitas dan efesiensi pemakaian bahan bakar dari mesin itu sendiri.
Water Coolant
|
Coolant |
# Mobil Harus Non Coolant (untuk yg terlanjur pakai Air biasa)
- Mobil yang lama terutama yang sudah berkerak karena korosi, di haramkan untuk diisi coolant, karena dengan migrasi coolant maka coolant tersebut akan mengikis kerak pada radiator sehingga kerak tersebut menjadi abrasif yang pada akhirnya akan membuat radiator rentang menjadi bocor.
- Solusi termudah hanya melakukan periodik pengurasan radiator bila keruh dan bila udah mampet silahkan pergi ke tukang radiator untuk dibersihkan.
# Mobil Memakai Water Coolant.
- Mobil yang sudah berkerak bisa bermigrasi ke water coolant dengan terlebih dahulu di flush sehingga bersih dari kerak. dengan migrasi ke coolant maka mesin akan mendapat keuntungan. Mesin lebih optimal pendinginannya, Unit Water Pump dll akan mendapat pelumasan dari Coolant, Terbebas dari maintenance Kuras dan Korok Radiator.
Letak Pemasangan Ban Baru / Terbaik
|
Ban baru dipasang dimana? |
# Ban Baru Wajib dipasang di Roda Belakang
- Selalu memasang ban terbaik ada di belakang, Karena ban belakang adalah sumber beban terberat dari kendaraan, sehingga dibutuhkan ban yang lebih berperforma terbaik.
- Untuk Ban Baru juga wajib diletakkan di belakang karena Lapisan Karetnya masih baru belum mendapat traksi maksimal di jalan raya.
- Waktu Panic braking Akan lebih aman Karena ban belakang dengan beban terberat akan memberikan pengereman yang lebih maksimal.
# Ban Baru/ Terbaik wajib dipasang di Roda Depan
- Selalu memasang ban terbaik di depan, karena di depan ban adalah memegang kemudi dan bertugas terberat (memecah air pertama kali ketika hujan) sementara ban belakang hanya mengikuti ban belakang.
- Bila Ban meletus maka mobil akan lebih relatif mudah dikemudikan bila yang meletus ban belakang.
- Mobil dirancang dengan Understeer, maka Ban terbaik di depan akan mengurangi gejala Understeer
Sementara baru ini ya, nanti akan ditambah sesuai dengan Perkembangan
Semoga Bermanfaat.
1. pendapat bahwa lubang lubang kapiler disekitar ruang bakar akan menjadi semakin melebar bila memakai water coolent...itu apa benar pak iwan
ReplyDelete2. Ada cairan warna coklat keruh(warna air karena besi karat an) di radiator....itu yang karatan radiatornya apa mesin dari dalam
1. Apa benar pak iwan pendapat bahwa lubang lubang kapiler disekitar ruang bakar akan semakin melebar bila memakai water coolent
ReplyDelete2. Air warna KERUH COKLAT ( SEPERTI AIR DARI BESI KARATAN) ITU BERASAL DARI RADIATOR APA DARI RUANG MESIN PAK IWAN
1. untuk itu saya ngak bisa menjawabnya pak.
Delete2. coklat biasanya dari kerak air seperti panci dengan air sadah itu, kadang kala juga disertai korosi dari bilah2 pendingin atau mantel jaket mesin beserta logam2nya.