Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

How to change brake fluid easily (menguras minyak rem)

Menguras minyak rem dengan mudah

Mengapa Minyak Rem harus diganti?

Minyak rem pun  wajib diganti
Minyak rem pun
wajib diganti
Seperti kita mengganti olie mesin secara periodik, maka sebenarnya minyak rem dalam kendaraan kita lama lama akan menurun juga kualitasnya. mengapa demikian, karena fungsi dan kerja dari minyak rem itu sendiri, selain berfungsi sebagai penyalur tekanan hidrolis, ternyata minyak rem juga berfungsi merawat seal seal, peer peer dalam booster rem, disamping itu minyak rem bersifat hidroskopis yaitu menyerap air, sifat hidroskopis disini diperlukan untuk menjaga performa dan kinerja dari rem itu sendiri, bila ada kandungan air dan tidak bisa bercampur dengan minyak rem tentunya ketika rem bekerja dengan suhu tinggi maka akan terjadi kegagalan pengereman.
Cara termudah untuk mengamati apakah minyak rem kendaraan kita sudah waktunya diganti atau tidak cukup mudah, amati saja kondisi fisiknya. bila sudah mulai keruh dan berwarna gelap dan menghitam. itu menunjukkan kalau minyak sudah waktunya dikuras dan diganti
Ada beberapa cara penggantian dan pengurasan minyak rem. 
# Pertama dengan membuka unit rem itu sendiri (waktu servis rem dan perbaikan unit rem).
# Kedua dengan prosedur buang angin, buang angin disini juga akan mendorong minyak rem terbuang.
Yang jadi masalah cara pertama adalah anda harus membongkar unit rem. sedang cara kedua diperlukan 2 orang (satu untuk menekan pedal rem, sedang orang yang lain untuk membuka nepel pembuangan minyak rem.
Seandainya anda hanya sendiri lalu bagaimana? 
Ada cara termudah dan bebas resiko. Anda tertarik Silahkan ikuti Langkah kerja di bawah ini. Seperti biasa sebagai contoh saya gunakan Isuzu Panther , untuk kendaraan lain sama saja caranya.

Langkah Kerja

mengganti minyak rem
mengganti minyak rem
1. Siapkan selang bening, kunci no8 dan 10, botol bekas dan minyak rem secukupnya.
2. Bukalah kap mesin dan isi tabung rem dengan minyak sampe penuh.
3. Temukan nepel rem dibalik tromol roda. pada gambar ini adalah roda belakang kiri nepel ada dibagian atas.
4. Ambil pentil karetnya.
5. Masukkan selang bening kedalam mata nepel.
6. Lalu dengan kunci no 10. (tergantung kendaraan anda ada yang kunci 8 kunci 10 atau 12)
7. kendorkan sedikit saja sehingga minyak akan mengalir melalui selang.
8. Lalu tampung ujung selang tadi dengan botol bekas yang sudah disiapkan. agar tidak kotor. biarkan minyak mengalir sampai kelihatan jernih minyaknya. sementara itu silahkan anda ke ruang mesin untuk mengontrol ketinggian minyak rem (gambar no.2) isi kembali bila minyak menurun. setelah dirasa cukup kencangkan kembali baut nepel, pasang karet pelindung. lalu anda bisa beralih ke roda yang lain.
9. Ini adalah gambar roda belakang sebelah kanan.
10. Gambar letak nepel pada roda depan kiri. (rem cakram).
Setelah keempat roda selesai, kemudian hidupkan mesin, lalu injak pedal rem dengan kuat lakukan beberapa kali, lalu periksa kembali ketinggian minyak rem, lalu periksa ke empat nepel roda apakah ada kebocoran. bila tidak ritual mengganti minyak rem selesai.
NB: 
# Hari hati waktu membuka nepel jangan sampai terbalik. dan waktu mengencangkan jangan sangat kencang. ingat baut nepel itu berongga kekuatan bautnya tidak seperti baut biasa.kencangkan secukupnya.
# Waktu menguras ada baiknya buka nepel dengan sedikit agar minyak mengalir perlahan - menetes. walau ini nanti akan memakan waktu lebih lama, tapi menghindarkan tabung rem utama tidak sampe kehabisan minyak sehingga anda tidak akan kehilangan waktu untuk mengisi lagi.
# Untuk File berukuran besar bisa di (Klik disini)

Semoga Bermanfaat

13 comments:

  1. Om, setelah ritual selesai apa perlu dilanjut dengan buang angin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak perlu buang angin, karena bila prosesnya benar sesuai tutorial saya maka ngak akan ada angin yang masuk, anda hanya perlu mencoba me rem kendaraan anda setelah pengurasan selesai untuk memastikan rem bekerja.

      Delete
  2. rata² per napel kita ambil minyak remnya berapa banyak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk rem cakram bisa diambil 100cc sedang model teromor karena volume lebih dikit ambil aja 50cc, dengan catatan minyak yang keluar sudah jernih.

      Delete
  3. Maaf, minyak di penampung disedot dulu apa tidak?
    Maturnuwun. Salam wuss wuss...

    ReplyDelete
  4. Maaf, minyak di penampung disedot dulu apa tidak?
    Maturnuwun. Salam wuss wuss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda lihat minyak di bak penampungan itu bila hitam dan keruh ya disedot dulu bolehh, tapi bila masih jernih ya ngak perlu brarti minyak terbut masih layak untuk dipakai.

      Delete
  5. Saya Tidak tanya Cuma mau ngucapkan trimakasih semoga p.Iwan sehat dan bisa terus bantu sesama.

    ReplyDelete
  6. saya tidak tanya, cuma mau ngucapin trimakasih. semoga p.IWAN sehat dan terus berbagi.

    ReplyDelete
  7. Terimakasih Pak Iwan, tehnik yang bapak ajarkan sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  8. Kalo terjadi sampai masuk angin...bisakah dikerjakan sendiri juga..adakah caranya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sampe masuk angin ya harus butuh 2 orang, pertama tama rem dikocok kocok lalu ditekan terus, kemudian orang ke2 harus mbuka nepel sampe minyak beserta angin kluar, lalu nepel dikencangkan kembali. proses dilakukan sampe angin sudah kluar semua

      Delete
  9. berhasil, lumayan gan dari pada ke bangkel

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)