Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memeriksa & Mengganti Thermostat Isuzu Panther 4JA1

Memeriksa Thermostat Isuzu Panther 4JA1

Cegah sebelum mobil anda  overheating dijalan
Cegah sebelum mobil anda
 overheating di jalan
Seperti beberapa artikel yang lalu yang membahas tentang overheating dan pendinginan mobil, salah satu bagian terpenting dari unit pendingin adalah thermostat. Thermostat di sini berfungsi sangat vital karena dia bekerja sebagai pintu masuk antara air radiator dan air di dalam mantel mantel jaket ruang mesin. ketika suhu mesin sudah meningkat maka katup thermostat akan membuka sehingga air dingin dari radiator akan mengalir menggantikan air panas di dalam mesin. dan ketika suhu air di mesin sudah tercapai maka thermostat akan menutup kembali.Proses itu terjadi berulang ulang sehingga suhu mesin akan selalu terjaga. tidak overheating dan tidak overcooled.
Dengan berjalannya waktu terutama untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan cairan coolant maka akan timbul kerak dalam jalur pendinginan, kerak isini berpotensi untuk menghambat proses buka tutup dari thermostat. Jadi ketika tiba tiba mobil anda tiba tiba jarum penunjuk temperatur menunjukkan tanda tanda overheating, waspadalah kemungkinan unit thermostat bermasalah.
dibawah ini ada cara cara untuk memeriksa atau mengganti thermostat pada isuzu panther 4ja1 mesin 2500cc.

Langkah Kerjanya

langkah pengerjaan melepas thermostat
Langkah pekerjaan
1. Siapkan kunci shock no.12 beserta gasket dan sealer yang diperlukan.
2. Buka kap mesin anda, Lalu Temukan letak rumah thermostat itu ada di depan lubang pengisian olie mesin.
3. Dengan mengunakan kunci sock no 12 silahkan buka baut no 12. ada dua baut didepan dan dibelakang. pada waktu membuka baut anda boleh membuka klem jalur selang radiator, tapi bila anda tidak mau membuka juga tidak masalah karena selang tersebut fleksible.
4. Setelah terbuka akan nampak thermostat. silahkan cabut keatas dengan mengunakan tangan.
5. Thermostat yang sudah dipasang kembali dan sudah dibersihkan.
6. Sebelum memasang kembali silahkan bersihkan dari kotoran kotoran sisa sealer dan gasket, lalu pasang gasket baru beserta sealer. kencangkan baut seperlunya, lalu isi kembali air radiator dan hidupkan mesin untuk memeriksa terhadap kebocoran.
Gambar dan Artikel sumbangan dari
Mr Saipul Hamdi Marsjudi 

Semoga Bermanfaat

11 comments:

  1. Om judulnya kan memeriksa... kok tidak ada acara periksa memeriksanya... tambahi dunk memeriksa cara kerjanya thermostatnya. qiqiqiqiqiqi... salam cool

    ReplyDelete
    Replies
    1. lha itu kan juga diperiksa lalu dibersihkan. he99

      Delete
  2. di ispan saya rumah termostatnya kok ga ada gasketnya ya om?tp ga bocor jg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngak bocor ya ngak apa apa, brarti permukaannya masih bagus itu jadi bisa menutup rapat.

      Delete
  3. Um I Want, waktu mesin panas, posisi air radiator di reservoir naik. Begitu mesin dingin, posisi air di reservoir mbalik lagi keposisi semula. Memang normalnya begitu, apa kondisi itu termasuk kategori abnormal.
    Thx atas petuahnya. Suwun........

    ReplyDelete
  4. Um I Want, waktu mesin panas, posisi air radiator di reservoir naik. Begitu mesin dingin, posisi air di reservoir mbalik lagi keposisi semula. Memang normalnya begitu, apa kondisi itu termasuk kategori abnormal.
    Thx atas petuahnya. Suwun........

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama air nambahnya sedikit dan air diradiator selalu penuh ya normal itu.

      Delete
  5. kucing royal 2.5 siang temp setengah kurang dikit , hujan sangat deras seperempat, Termostat terpasang setahun lalu , radiator pakai coolant juga sudah setahun , apakah normal om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama jarum ngak menuju keangka overheat dan masih di separo/ seperempat normal normal aja

      Delete
  6. Sayang... info ini terlambat saya baca. Panther LS 2005 saya sdh mengalami overheat 3x, baik pada saat pake AC maupun tidak, saat itu langsung mesin saya matikan, karena air panas muncrat dari tabung penampung air radiator dan air di dalam mesin bergemuruh jlak jluk jlak jluk....., setengah jam kemudian dengan mesin hidup saya buka tutup radiator dan langsung saya matikan, terus saya isi radiator hingga 5 liter. Baru berjalan 10 km terjadi overheat lagi dan mesin lsg saya matikan, dan ini terjadi berulang. Berdasarkan info/baca sebelumnya dari mas Iwan ttg sebab2 overheat, saya mulai menyervis radiator, tutup radiator saya ganti baru, silikon kipas radiator saya ganti, dan waterpump saya ganti baru, tetapi TERMOSTAT SAYA COPOT. Apa yang terjadi?... aneh.... Perjalanan Banyumas - Sragen pp, timbul gejala2 sbb : 1.Indikator suhu ajeg pada posisi 1/4 (biasanya 1/2 jika normal), 2. tangan telanjang bisa menyentuh radiator tanpa kepanasan(dingin), 3. perlu menekan pedal gas lebih dalam, krn tenaga spontan berkurang, 4. solar lebih boros, 5. jika tidak cekatan, begitu kopling diinjak mesin langsung mati (apa terlalu dingin ya?) 6. mesin lebih bergetar pada rpm rendah. Akhir SAYA PASANG TERMOSTAT BARU, eeh sekarang jadi normal. Kesimpulannya : semuanya ini mungkin penyebabnya berawal dari termostat? Bgm mas Iwan? saya minta tanggapannya, terima kasih atas pencerahannya, dari pak Hari - PM 116

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari ceritanya ya itu adalah gejala mesin dingin alias overcool. mesin optimum bekerja bila suhunya juga optimum disekitaran 90an derajat celcius. ketika mesin terlalu dingin maka pembakaran kurang sempurna yang berakibat seperti yg anda tulis itu. salam PM whusss whussss

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)