Memeriksa Thermostat Isuzu Panther 4JA1
Cegah sebelum mobil anda overheating di jalan |
Dengan berjalannya waktu terutama untuk mobil yang tidak dilengkapi dengan cairan coolant maka akan timbul kerak dalam jalur pendinginan, kerak isini berpotensi untuk menghambat proses buka tutup dari thermostat. Jadi ketika tiba tiba mobil anda tiba tiba jarum penunjuk temperatur menunjukkan tanda tanda overheating, waspadalah kemungkinan unit thermostat bermasalah.
dibawah ini ada cara cara untuk memeriksa atau mengganti thermostat pada isuzu panther 4ja1 mesin 2500cc.
Langkah Kerjanya
Langkah pekerjaan |
2. Buka kap mesin anda, Lalu Temukan letak rumah thermostat itu ada di depan lubang pengisian olie mesin.
3. Dengan mengunakan kunci sock no 12 silahkan buka baut no 12. ada dua baut didepan dan dibelakang. pada waktu membuka baut anda boleh membuka klem jalur selang radiator, tapi bila anda tidak mau membuka juga tidak masalah karena selang tersebut fleksible.
4. Setelah terbuka akan nampak thermostat. silahkan cabut keatas dengan mengunakan tangan.
5. Thermostat yang sudah dipasang kembali dan sudah dibersihkan.
6. Sebelum memasang kembali silahkan bersihkan dari kotoran kotoran sisa sealer dan gasket, lalu pasang gasket baru beserta sealer. kencangkan baut seperlunya, lalu isi kembali air radiator dan hidupkan mesin untuk memeriksa terhadap kebocoran.
Gambar dan Artikel sumbangan dari
Mr Saipul Hamdi Marsjudi
Om judulnya kan memeriksa... kok tidak ada acara periksa memeriksanya... tambahi dunk memeriksa cara kerjanya thermostatnya. qiqiqiqiqiqi... salam cool
ReplyDeletelha itu kan juga diperiksa lalu dibersihkan. he99
Deletedi ispan saya rumah termostatnya kok ga ada gasketnya ya om?tp ga bocor jg...
ReplyDeletekalau ngak bocor ya ngak apa apa, brarti permukaannya masih bagus itu jadi bisa menutup rapat.
DeleteUm I Want, waktu mesin panas, posisi air radiator di reservoir naik. Begitu mesin dingin, posisi air di reservoir mbalik lagi keposisi semula. Memang normalnya begitu, apa kondisi itu termasuk kategori abnormal.
ReplyDeleteThx atas petuahnya. Suwun........
Um I Want, waktu mesin panas, posisi air radiator di reservoir naik. Begitu mesin dingin, posisi air di reservoir mbalik lagi keposisi semula. Memang normalnya begitu, apa kondisi itu termasuk kategori abnormal.
ReplyDeleteThx atas petuahnya. Suwun........
selama air nambahnya sedikit dan air diradiator selalu penuh ya normal itu.
Deletekucing royal 2.5 siang temp setengah kurang dikit , hujan sangat deras seperempat, Termostat terpasang setahun lalu , radiator pakai coolant juga sudah setahun , apakah normal om?
ReplyDeleteselama jarum ngak menuju keangka overheat dan masih di separo/ seperempat normal normal aja
DeleteSayang... info ini terlambat saya baca. Panther LS 2005 saya sdh mengalami overheat 3x, baik pada saat pake AC maupun tidak, saat itu langsung mesin saya matikan, karena air panas muncrat dari tabung penampung air radiator dan air di dalam mesin bergemuruh jlak jluk jlak jluk....., setengah jam kemudian dengan mesin hidup saya buka tutup radiator dan langsung saya matikan, terus saya isi radiator hingga 5 liter. Baru berjalan 10 km terjadi overheat lagi dan mesin lsg saya matikan, dan ini terjadi berulang. Berdasarkan info/baca sebelumnya dari mas Iwan ttg sebab2 overheat, saya mulai menyervis radiator, tutup radiator saya ganti baru, silikon kipas radiator saya ganti, dan waterpump saya ganti baru, tetapi TERMOSTAT SAYA COPOT. Apa yang terjadi?... aneh.... Perjalanan Banyumas - Sragen pp, timbul gejala2 sbb : 1.Indikator suhu ajeg pada posisi 1/4 (biasanya 1/2 jika normal), 2. tangan telanjang bisa menyentuh radiator tanpa kepanasan(dingin), 3. perlu menekan pedal gas lebih dalam, krn tenaga spontan berkurang, 4. solar lebih boros, 5. jika tidak cekatan, begitu kopling diinjak mesin langsung mati (apa terlalu dingin ya?) 6. mesin lebih bergetar pada rpm rendah. Akhir SAYA PASANG TERMOSTAT BARU, eeh sekarang jadi normal. Kesimpulannya : semuanya ini mungkin penyebabnya berawal dari termostat? Bgm mas Iwan? saya minta tanggapannya, terima kasih atas pencerahannya, dari pak Hari - PM 116
ReplyDeletekalau dari ceritanya ya itu adalah gejala mesin dingin alias overcool. mesin optimum bekerja bila suhunya juga optimum disekitaran 90an derajat celcius. ketika mesin terlalu dingin maka pembakaran kurang sempurna yang berakibat seperti yg anda tulis itu. salam PM whusss whussss
DeleteOh klo itu yang cocok tema nya bongkar pasang termostat mobil
ReplyDeleteOm iwant apakah termostat wajub di ganti yg ori...?? Karena di tpt saya lampung sudah keliling toko tidak ada yg ori di beres pun barangnya kosong. Sy puutuskan beli yg mw dgn hrg 150k ga jauh beda dgn ori di beres 175k. Setelah di pasang indikator menunjukan setengah lebih. Tp tdk sampe overhet dan ga berubah selalu manteng di situ.. normalkah om....
ReplyDelete