Mengganti Lager Roda Depan
Berikut ini adalah langkah langkah mengganti lager roda depan. sebagai contoh kita gunakan Isuzu Panther (untuk kendaraan lain macam Kijang, Kuda dan lain lain prosesnya sama saja hanya beda dimensinya.Cara Pengerjaan
Mengganti lager roda depan |
2. Buka master rem, lalu beri ganjal, supaya master rem tidak menggantung karena bisa merusak selang rem.
3. Buka pin pengunci mur as roda, sekalian cabut juga washer/ locker nya (yang bentuk nya seperti piring bergelombang).
4. Lepaskan mur nya roda.
5. lepaskan pelat penekan laher
6. Hub assembly (hub front axle) sudah bisa dilepas, laher kecil di depan (sisi luar hub)
7. Laher besar di belakang (sisi dalam hub)
8. Bila anda mempunyai trekker bisa dipakai atau pinjam trekker (bearing puller) untuk melepas bearing nya. Kalo tidak ada silahkan diketok dari arah belakang dengan benda tumpul, misalnya gagang palu lumasi laher baru dengan grease secukupnya
9. Pasang outer race nya dulu. Harus lurus masuknya, kalau tidak, anda dalam masalah besar. bisa pakai bearing lama untuk menekan, atau besi yg rata, pada intinya hindari memukul satu sisi lingkar bearing, nanti jadi miring masuknya, usahakan sekali pukul, dua sisi yg berlawanan dari lingkar bearing kena pukulan (lihat contoh di foto). Ganti-ganti posisi memukulnya, jangan kencang-kencang, kalau terlanjur miring akan sulit membetulkannya, pelan-pelan saja
10. Pasang inner race nya
11. Oil seal hanya untuk sisi dalam, setelah pasang bearing besa
12. hati-hati masangnya, frame nya logam tipis, gampang penyok .. . kuncinya pasang dulu dengan tangan selurus mungkin, kemudian diketok pelan-pelan dengan prinsip yg sama dengan masang outer race bearing tadi
13. Inner race bearing kecil sebaiknya dipasang setelah hub dipasang dulu, karena tidak ada penahannya, ngerepoting kalau jatoh selagi kita masang hub
14. Setelah itu pasang lagi pelat penahan, perhatikan bagian yg ada tonjolan di lingkar dalam nya dipasang di ceruk di as roda
15. Kemudian pasang mur, jangan terlalu kencang. Pasang dulu secukupnya, kemudian putar-putar hub beberapa putaran, kencangkan lagi secukupnya, putar lagi sampai dirasa cukup berat, tapi tidak seret. Kemudian pasang washer pengunci, Berikut pin penguncinya
16. Sebelum ditutup kasi grease lagi, Lalu pasang master rem beserta roda. lalu beberapa hari kemudian lakukan pengecekan kembali mur roda apakah ada kekendoran dan lain lain.
Gambar dan Properti milikMr Djoni Ringgo PM-024 (Member Panther Mania Club)
Bagi yang membutuhkan gambar berukuran besar (Klik Disini)
Mas Iwan Untuk ukuran kunci Mur nya ukuran berapa yah?
ReplyDelete