Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Perubahan fisik Bahan Bakar yang disimpan

Perubahan fisik Bahan Bakar yang disimpan

Antrian BBM di SPBU
Antrian BBM di SPBU
Akhir akhir banyak berita tentang penimbunan bahan bakar bersubsidi, apalagi bila ada isyu akan ada kenaikan BBM bersubsidi, maka masyarakat berbondong-bondong memborong bahan bakar bersubsidi terutama jenis premium dan solar untuk ditampung dirumah.
Disini saya hanya mau sharing pengamatan perubahan fisik dari bahan bakar tersebut. Ternyata bahan bakar yang disimpan pada jarak waktu tertentu mengalami perubahan warna dari fisiknya. (maaf ya ini saya hanya mengamati dari perubahan fisik, bukan dari segi kualitas, karena kalau ingin mengamati perubahan kualitas tentunya harus melalui uji laboraterium untuk menganalisa struktur kimianya).

Hasil Pengamatan

gambar 1
Gambar 1
# Saya menggunakan 3 buah botol plastik ukuran 100ml, untuk pengamatan dan solar sebagai bahan pengamatan.
# Coba anda perhatikan gambar1 disamping ini, pada no1 ada 3 buah botol pada botol sebelah kiri yang jernih itu adalah solar fres yang baru saja dibeli di SPBU, sementara yang tengah adalah solar yang sudah disimpan selama 1 bulan, sedangkan yang sebelah kanan yang lebih kecoklatan itu sudah disimpang selama 3 bulan.
# Pada gambar no2 itu foto dari tampak samping.
# Pada gambar no3, ketiga botol saya kocok kocok sehingga timbul buih.
# Pada gambar no4, itu foto sesaat setelah dikocok dan diletakkan, ternyata semakin lama solar disimpan buih yang dihasilkan makin banyak.
# Sedangkan untuk bahan bakar jenis premium juga mengalami hal yang sama, warnanya berubah menjadi makin kekuningan dan terjadi perubahan bau, sedang pada solar relatif baunya masih sama.

Semoga Bermanfaat

2 comments:

  1. Sekedar sharing saja, pengalaman saya memakai solar yg disimpan lama mobil jadi ndut2an, pedal gas di injek2 tetep nggak ngangkat, terus mati, akhirnya harus kuras tanki dan ganti pompa solar, gara2 mau hemat akhirnya jebol juga......

    ReplyDelete
  2. Bagus om artikelny...lanjutkan...Perbanyak tentang diy diesel om...👍

    ReplyDelete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)