Do It Yourself, ..........,,,,, Optimization Engine for better Live ,,,,,.......... Bila Bisa Diperbaiki Mengapa Harus DiGanti,..Bila Bisa Bikin Sendiri Mengapa Harus Beli....... All4One,1ForAll ....... \(^o^)/

Search This Blog

Memberi Lapisan Isolator Jalur AC

Memberi isolator Pada Jalur AC


isolator Jalur AC
Isolator Dari AC

Waktu Kita Membuka kap mesin dan menghidupkan mesin dengan AC dihidupkan, kalau kita lihat dengan seksama maka di daerah Pipa AC yang dingin akan mengembun (berkondensasi) ( pipa dari pabrik tidak diberi isolator)
hal ini walau kecil tapi akan sangat merugikan efisiensi dari pendinginan,

Kalau anda berjiwa DO IT YOURSELF ,
ayo kita bikin isolator sendiri, Kalau tidak bisa mencari isolator dari AC ayo kita bikin sendiri, yang penting tujuannya akhir sama, mudah kok (dalam hal ini saya ambil contoh AC pada Isuzu Panther, (treat ini bisa diterapkan ke semua merk mobil)
Alat Dan Bahan:

- Lem Castol

- Gunting
- Isolasi Hitam
- Spons Ati (seperti Gambar)
Cara Pengerjaan:
Memberi Lapisan Isolator Jalur AC
Memberi Lapisan Isolator Jalur AC


Spons dipotong memanjang, lalu ujungnya diberi lem untuk direkatkan di pipa yang akan kita kerjakan ( dalam ini saya memberi contoh pengerjaan pada sepotong pipa )


Setelah selesai dengan spons, kita ambil isolasi hitam lalu kita balut lagi bagian spons agar terlihat rapi dan waterproof 


Lalu Gambar 5-6 adalah titik2 yang perlu diberi isolator 


Mudah Bukan ?

Tambahan=

  •  Isolasi hitam kalau bisa mencari yang kualitas bagus (khusus buat membungkus Kabel (karena kalau isolasi biasa kurang lentur dan kualitas lem jelek).
  • Untuk Ketebalan spons bisa sesuai selera anda. pada contoh saya memakai spons setebal 3mm, (3mm waktu kompresor AC hidup) dingin sudah dapat terisolasi dengan baik).

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

2 comments:

  1. Salam kenal mas Iwan, sy tertarik utk buat isolator ac spt mas iwan ini, tapi sewaktu sy tanyakan ke tukang ac malah tidak di sarankan karena bisa membuat si pipanya ini berkarat yg disebabkan air kondensasi terperangkap di dlm isolator. Tanggapan mas iwan? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan yang masuk akal dari si tukang AC, itu terjadi kalau bahan pipa terbuat dari besi,... setahu saya pipa yang saya balut ini terbuat dari almunium, dan apabila anda merasa takut akan terjadi karat, ada win win solution ya itu sebelum anda balut anda dapat melapisinya dengan cat ... So Simple bukan :)

      Delete

Terimakasih Atas Komentar Anda,
Maaf Komentar yang berisi spam, kalimat tidak sopan dan tidak berhubungan dengan topik terpaksa saya hapus.
Bila anda ingin mendapat back link silahkan gunakan Open Id,
Link Aktif akan saya hapus
Terima Kasih (admin)